Pengalaman Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

Mual saat hamil muda

Mual dan muntah kerap kali dialami oleh seorang ibu yang baru saja memasuki fase awal kehamilan. Hampir 70% ibu hamil mengalami morning sickness atau rasa mual di pagi hari. Begitu juga dengan saya. Dua kali hamil, dua kali juga saya mengalami mual dan muntah.

Di kehamilan ke-dua, saya kira akan lebih santai. Ternyata tidak, Alfonso. Hamil ke-dua saya malah merasa lebay dangdut. Mual dan muntah berkali-kali. Belum lagi ditambah kondisi WFH dan harus sambil jaga anak pertama.

Sebetulnya sih, mual dan muntah itu pertanda baik. Artinya, hormon kehamilan memang sedang bekerja dan janin sedang berkembang. Namun bagi sebagian ibu hamil, mual dan muntah bisa sangat mengganggu bahkan menyebabkan dehidrasi.

Nah, kali ini saya ingin berbagi tips dan pengalaman bagaimana saya mengatasi mual dan muntah selama trimester pertama kehamilan.

Tips Mengatasi Mual Saat Hamil Muda


1. Makan dengan Porsi Kecil tapi Sering


Mual memang bikin nafsu makan berkurang, namun asupan makanan harus tetap terjaga. Makan dengan porsi kecil namun dengan frekuensi yang sering bagi saya cukup ampuh untuk menjaga asupan makanan. Bisa dimulai dengan makanan yang disukai terlebih dahulu. Jangan memaksakan makanan yang tidak disukai.

2. Pakai Masker


Salah satu pemicu mual biasanya adalah bau-bauan yang mendadak tidak kita sukai. Saat trimester awal, saya paling tidak suka bau bawang dan parfum tertentu. Saya juga tidak bisa mencegah orang lain untuk memasak bawang atau memakai parfum. Jadi daripada repot sendiri, ya lebih baik saya memakai masker untuk mengurangi terciumnya bau-bau yang tidak saya sukai.

3. Tetap Terhidrasi dengan Minum Air Putih


Seperti yang sudah saya sebutkan tadi, mual dan muntah bisa berakibat dehidrasi. Maka dari itu, konsumsi air putih harus cukup. Jika merasa sulit dalam meminum air putih, bisa coba dengan minum air hangat atau air dingin (air es). Pilih saja sesuai kenyamanan dan kondisi badan, yang penting tubuh tetap terhidrasi.

air


4. Konsumsi Jahe di Pagi Hari dan Vitamin B6


Rata-rata, rasa mual saat hamil muda muncul di pagi hari. Ini wajar, karena saat malam hari, perut kita kosong. Smentara hormon terus bekerja dan memproduksi asam lambung berlebih. Sehingga di pagi hari muncul rasa mual dan muntah.

Karenanya, tiap malam saya selalu mempersiapkan minuman yang terbuat dari jahe dan gula merah. Lalu saya tuang ke dalam gelas dan diletakkan dekat dengan tempat tidur. Jadi pagi hari saat saya merasa mual, saya buru-buru minum larutan jahe. Dan ini terbukti ampuh meredakan mual. Setelah mual reda, saya langsung lanjut konsumsi cemilan.

Konsumsi vitamin B6 juga cukup ampuh untuk meredakan mual. Biasanya saya minum dalam bentuk tablet.

Sebetulnya agak ribet sih ya, di malam hari saya harus menyiapkan rebusan jahe terlebih dahulu. Nah, Alhamdulillah, sekarang saya menemukan minuman supplemen yang praktis dan sudah mengandung jahe juga vitamin B6. Namanya, Mama's Choice Pregnancy Supplement.

mamas choice pregnancy supplement

Apa Itu Mama's Choice Pregnancy Supplement?


Mama's Choice Pregnancy Supplement adalah minuman supplemen khusus ibu hamil yang berkhasiat untuk mengurangi gejala mual saat kehamilan. Supplemen ini sudah mengandung jahe, lemon, dan vitamin B6. Ekstrak jahe dapat mengurangi mual, meningkatkan imunitas tubuh, serta meningkatkan nafsu makan. Lemon berkhasiat untuk melegakan tenggorokan dan melancarkan pencernaan. Sementara vitamin B6 dapat membantu meningkatkan metabolisme energi, mendukung pembentukan jaringan dan perkembangan otak bayi.

Mama's Choice sendiri adalah brand lokal yang berfokus pada produk yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil dan menyusui. Mama's Choice mengusung tagline "Aman di Hati, untuk Mama dan Bayi". Produk-produk Mama's Choice selalu terbuat dari bahan yang aman, natural, dan halal. Sehingga bisa #KurangiWorry para ibu dalam perjalanannya sejak hamil, menyusui, hingga membesarkan anak-anaknya.

Review Mama's Choice Pregnancy Supplement

Kemasan

Mama's Choice Pregnancy Supplement dikemas dalam sebuah dus berukuran kurang lebih 15cmx15cmx10cm. Kemasannya didominasi dengan warna pink dan putih, menggambarkan bahwa ini memang produk untuk wanita.

Dalam satu dus, terdapat 15 sachet dengan berat masing-masing 5 gram. Menurut saya ini bagus ya, jadi kita tidak perlu repot menakar. Lalu, jika ingin dibawa bepergian, tinggal dibawa beberapa sachet, seperlunya saja.

Pada kemasan sudah tercantum informasi produk seperti kegunaan, kandungan, dan cara penyajian. Di kemasan juga kita dapat dengan mudah menemukan logo Halal MUI, nomor POM, dan tanggal kadaluarsa.

supplement kehamilan


Rasa, Tekstur, dan After Taste Mama's Choice Pregnancy Supplement

1 sachet Mama's Choice Pregnancy Supplement diseduh dengan 150ml air hangat. Warna larutannya coklat muda, mirip seperti larutan jahe yang biasa saya buat. Dari mulai suplemen ini diseduh, wangi jahenya itu sudah terasa. Oh ya, larutan ini ada sedikit ampas nya, tapi ga mengganggu.

Awalnya saya kira rasanya akan cenderung asam karena ada ekstrak lemonnya. Ternyata perkiraan saya salah, justru rasa jahenya sangat kuat dan Alhamdulillah, rasa jahe ini betul-betul membantu saya dalam mengurngi rasa mual. Rasa lemonnya terasa samar-samar, tapi masih menyatu dan nyambung dengan rasa jahenya. Manisnya juga pas, ga terlalu manis, dan juga ga terlalu tawar.

Mama's Choice Pregnancy Supplement cocok banget diminum di pagi hari. Akan lebih nikmat lagi jika ditemani dengan cemilan. Saya konsumsi ini tiap pagi, Alhamdulillah gejala mual saya selalu berkurang tiap pagi. Bonusnya, perasaan hangat dan nyaman di tubuh yang membuat saya jadi semangat menjalani hari.

mamas choice

Harga dan Tempat Pembelian Mama's Choice Pregnancy Supplement

1 box Mama's Choice Pregnancy Supplement harganya sekitar Rp 120.000,-. Suplemen ini dapat dengan mudah ditemukan di marketplace Shopee.

Jangan lupa jika ingin berbelanja produk Mama's Choice, gunakan kode voucher MAMAFIFAH untuk mendapatkan diskon 25.000 dengan minimal pembelanjaan 150.000. Lumayan banget kan diskonnya.

Untuk info lebih lanjut, yuk kunjungi dan follow website dan media sosial resmi Mama's Choice. Ga cuma info tentang produk, di sana kita juga bisa menemukan informasi seputar ibu dan bayi.

Instagram: @mamaschoiceid
Facebook: Mama's Choice

Related Posts

17 comments

  1. Wah Mama's choice sekarang udah ada suplemen buat ibu hamil ya..
    Lengkap pake banget ya ada ekstrak jahe dan B 6 yang bikin mual dan muntah jauh berkurang .

    ReplyDelete
  2. Bumil happy banget nih ada supplement yg enak dan nggak bikin worry

    ReplyDelete
  3. Kebetulan ada sahabatku sedang hamil dan dia sedang mengalami masa mual, aku kasih tau si Mamas Choice ini ke dia, apalagi produk-produknya Mamas Choice memang untuk bumil dan busui ya.

    ReplyDelete
  4. Asyik banget ya zaman now, ada mamas Choice yang memudahkan melewati masa kehamilan dengan bahagia.

    Saya kemarn pas anak kedua mabok berat, dan semua nggak mempan, minum jahe lah, makan sedikit lah.
    Hanya bisa minum air hangat, itupun dipaksakan, makan sekali sehari, itupun dengan tersiksa, Alhamdulillah janinnya kuat.

    Kalau ada mamas choice gini kan bakal sangat membantu nih :)

    ReplyDelete
  5. Tentu menjadi impian semua pasangan bisa merasakan mual saat masa kehamilan ya mba.

    Dan ngomongin soal mual saat hamil,adik perempuanku yang nomer 2 pernah share gimana dia mengatasinya. Biasanya sih coba makan buah jeruk atau nggak secangkir teh tanpa gula gunanya menetralisir rasa mual diperut.

    ReplyDelete
  6. Wah mama's choice ini sangat mengerti kebutuhan ibu hamil dan ibu menyusui ya

    ReplyDelete
  7. Asik banget ya sekarang mbak dengan Mama Choice bisa mengatasi mual berlebih hamil muda. Dua kali hamil dan memang mualnya luar biasa sampai kurus banget.

    ReplyDelete
  8. Kalau membaca artikel soal kehamilan, daku memang belum memahaminya. Jadi ini buat pengetahuan berharga yang besoknya pasti bermanfaat buat daku

    ReplyDelete
  9. Huaaah produk baru Mama's Choice yah? Bener bener bisa ngevantu banget nih. Akupun semasa hamil mual muntahnya parah :')

    ReplyDelete
  10. Wah, praktis ya tinggal seduh saja. Yang pasti sih dengan produk yang memang diformulasikan untuk ibu hamil kita jadi tenang mengkonsumsinya. Tidak khawatir ada zat berbahaya yang dapat mengganggu kehamilan kita..semoga sehat terus ya mb...

    ReplyDelete
  11. Wah enak banget sekarang udah ada jahe sachetan khusus bumil, dulu aku kalau mual dan mau minum jahe mesti nyari abang2 SUHE dulu

    ReplyDelete
  12. emang ya mual saat hamil itu gak enak banget. bikin stress. tapi sekarang ada mama's choice yang bantu bumil supaya gak mual-mual lagi. ah jadi kangen hamil. hehe

    ReplyDelete
  13. Aku alhamdulillah selama hamil ga ada drama mual muntah, tapi kalau ngomongin soal product selama kehamilan mama's choice ini juara sih, sayang waktu aku hamil ga kulik product ini

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah sewaktu saya hamil muda kemarin tidak merasakan mual-mual seperti ini, tapi tipsnya menarik sekali nih :) nanti akan saya coba praktekkan kalau hamil (lagi)

    ReplyDelete
  15. aku waktu hamil anak pertama dan kedua dulu sempat mual juga tapi nggak terlalu berat sih. coba ya dulu sudah ada mama's choice ini pasti lebih nyaman mengatasi mualnya

    ReplyDelete
  16. Karena aku belum nikah jadi aku belum kebayang rasanya mual muntah pas hamil itu kaya gimana, hehe.. Cuman kalo inget mual pas lagi sakit atau pas lagi naik kendaraan, gitu aja rasanya udah tersiksa banget.. Perjuangan para ibu itu luar biasa banget ya mbak.

    ReplyDelete
  17. Waktu hamil anak pertama pernah ngalamin hyperemesis gravidarum sampe 9 bulan, duh coba kalau waktu itu ada produk ini kayaknya bakal membantu banget nih. Secara mual muntah mulu huhu

    ReplyDelete

Post a Comment