Biaya Masuk SD Islam Swasta di Bandung Timur 2023 - PART 1

biaya SD swasta islam bandung timur 2023

Akhirnya ngalamin juga, bingung milih sekolah terbaik buat anak. Sebagai orangtua tentu punya beberapa pertimbangan ya. Mulai dari biaya, visi misi sekolah, jarak dari rumah, dan masih banyak lagi.

Saya sendiri sih inginnya si sulung masuk sekolah islam supaya lingkungan yang didapatkan ya lingkungan islami. Trus kenapa pilih swasta? Bukan karena gengsi sih, tapi lebih ke masalah administrasi. Meski tinggal di Bandung, tapi KTP saya ikut suami yang berdomisili Cimahi. Kalau mau masuk SD Negeri ya harus pilih di Cimahi. Sementara kondisinya saat ini belum memungkinkan untuk kami tinggal di Cimahi.

Saya akhirnya survey ke beberapa tempat. Dan baru tahu kalau beberapa sekolah bahkan sudah membuka PPDB sejak September 2022. Karena saya tinggal di daerah Bandung Timur jadi saya survey ke beberapa sekolah yang ada di Bandung Timur. Dan ini dia biaya nya:

1. SD Islam Qurrata A'yun

Qurrata A'yun ini sekolah islami dan juga inklusi, jadi sekolah ini menerima murid ABK.

Kurikulum yang dipakai sekolah ini adalah kurikulum nasional plus kurikulum khas Qurrata A'yun. Salah satu program unggulan dari sekolah ini adalah hafalan dengan metode Tahsin Ummi, dan ini juga ada tes nya.

Selain kegiatan belajar, sekolah ini juga mengadakan kegiatan lain seperti field trip tiap satu semester sekali, renang tiap satu bulan sekali, dan kegiatan lain yang melatih softskill siswanya.

Sekolah ini ada di bawah naungan Yayasan Thoifah Manshuroh. Berlokasi di Komplek Giri Mekar Permai, Cijambe, Bandung.

Biaya masuk total untuk alumni TK Qurrata A'yun sebesar Rp 7.800.000,-, alumni TK Qurrata ABK Rp 9.000.000,-, untuk murid baru Rp 9.800.000-, dan untuk siswa ABK Rp 11.000.000. Berikut rinciannya:

Biaya SD Qurrata Ayun Cijambe Bandung

2. SDIT Amanah Ummah

Sekolah ini terbilang baru dan berada di bawah naungan Yayasan Amanah Ummah. Letak sekolah ini dekat sekali dengan rumah nenek saya, yaitu di Jl. Cicukang, Cisaranten, Bandung.

Sekolah ini juga menggabungkan kurikulum nasional dan kurikulum khas madrasah. Di sekolah ini, siswa-siswinya juga dididik untuk menghafal Al-Qur'an. Waktu belajar di sini untuk kelas 1-2 SD dimulai dari pukul 8 hingga 12 siang. Sementara untuk kelas 3-6 SD, dimulai pukul 8 hingga 3 sore.

Adapun rincian biaya masuk SDIT Amanah Ummah adalah sebagai berikut:

Biaya Pengembangan Rp 3.500.000,-

Seragam Rp 600.000,-

SPP/Bulan + Biaya Kegiatan Rp 375.000,-

3. SDIT Ahsanul Fikri

Diantara beberapa pilihan sekolah yang saya survey, sekolah ini yang paling dekat jaraknya dengan tempat saya tinggal. SDIT Ahsanul Fikri terletak di Jl. Batusari, Cikoneng, Bandung.

Dilansir dari website nya, sekolah ini mempunyai program khusus yaitu MABIT, Pengenalan Lingkungan, BTAQ dan tahfidz, shalat berjama'ah, dan market day. Sekolah ini juga mempunyai banyak prestasi melalui siswa-siswinya.

Adapun biaya total masuk SD ini yaitu sebesar Rp 9.290.000,- untuk ikhwan dan Rp 9.390.000,- untuk akhwat dengan rincian sebagai berikut:

biaya SDIT Ahsanul Fikri 2023

4. SD Juara

Setahu saya, dulu Sekolah Juara itu ada di bawah naungan Yayasan Rumah Zakat. Jadi sekolah ini menerima siswa umum dan juga siswa dengan jalur beasiswa.

Sekolah ini menerapkan sistem fullday, dari pukul 6.55 hingga 14.30. SD Juara menggunakan 2 kurikulum, yaitu kurikulum Nasional dan kurikulum khas SD Juara.

Keunggulan lain dari SD Juara adalah adanya seminar parenting yang diadakan setiap satu bulan sekali. Jadi, tak hanya murid, orangtua pun mendapatkan ilmu.

Untuk biaya siswa umum, total nya adalah Rp 19.885.000,- untuk ikhwan dan Rp 19.985.000,- untuk akhwat dengan rincian sebagai berikut:

biaya SD Juara Bandung

5. MI Sunan Gunung Djati

Sekolah ini juga terbilang baru. MI Sunan Gunung Djati berada di lingkungan kampus 2 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, yaitu di Jl. Cimencrang, Gedebage, Bandung.

Dikutip dari akun instagramnya, sekolah ini punya 10 program unggulan:

  1. Umroh
  2. One day one knowledge
  3. One day one mufradhat
  4. One day one vocab
  5. Telling story
  6. Tahsin Al-Qur'an
  7. Tahfidz Al-Qur'an (One Day One Ayat)
  8. Shalat wajib berjama'ah
  9. Shalat dhuha berjama'ah
  10. Pembinaan dan pembiasaan akhlak karimah
Menariknya lagi, di sini juga ada kegiatan tidur siang setelah makan dan shalat zhuhur.

Biaya masuk MI SGD sebesar Rp 12.250.000,- ditambah biaya pendaftaran dan psikotes Rp 300.000,- plus biaya pengembangan karakter Rp 2.000.000,-. Rinciannya sebagai berikut:

biaya MI Sunan Gunung Djati


6. MI At-Taqwa

Sekolah ini sudah berdiri cukup lama. Saya sendiri adalah alumni dari TPA At-Taqwa. Dulu sih, sekolah ini biasa banget (hehe maaf). Tapi sekarang setelah berubah manajemen, sekolah ini jadi sekolah favorit bahkan bisa waiting list.

MI At-Taqwa berlokasi di komplek Bina Harapan, Cisaranten, Bandung.

Sekolah ini memadukan kurikulum nasional dan kurikulum khas madrasah. Jam belajarnya dimulai dari pukul 7.30 sampai pukul 12 untuk siswa kelas 1-2, sementara untuk kelas 3-6. sudah fullday sampai pukul 4 sore.

Untuk biaya masuknya adalah sebesar Rp 21.500.000,- belum termasuk ung pendaftaran. Sementara untuk biaya SPP per bulannya adalah Rp 1.200.000,-. Menariknya, di sini tidak ada lagi biaya kegiatan per tahun. Jadi saat daftar ulang, orangtua sudah tidak perlu mengeluarkan biaya lagi.

7. SD Islam Al-Azhar 62 Summarecon Bandung

Sekolah SD Islam Al-Azhar 62 terbilang baru di Summarecon. Sekolah ini menggunakan kurikulum nasional dan kurikulum khas Al-Azhar. Sekolah ini juga menerapkan bilingual pada pembelajaran math dan science nya.

Dari segi fasilitas baik itu sarana dan prasarana, SDI Al-Azhar Summarecon terbilang sangat lengkap dan menunjang kegiatan belajar mengajar. Tak heran jika biaya masuknya pun terbilang tak murah, yaitu sebesar Rp 35.900.000,- dengan rincian sebagai berikut:

Biaya SD Al-Azhar Summarecon Bandung

8. MI Zakaria Bandung

Sampai lupa sama almamater sendiri, hehe. Saya alumni TK&SD Zakaria. Kalau tidak salah saya adalah angkatan ke-3. Waktu berjalan begitu cepat ya.

Terletak di Jl. Cijawura Girang V, Soekarno Hatta, Bandung, sekolah ini menerapkan sistem full day, dari pukul 8 hingga ba'da ashar. Saya lupa sih tepatnya jam berapa, pokoknya waktu itu saya pulang seleapas shalat Ashar berjama'ah. Di sini juga disediakan snack, makan siang, layanan antar jemput, dan layanan kesehatan (klinik).

Untuk biayanya sendiri, saya baru dapat biaya tahun 2021 dengan total biaya Rp 16.950.000,-. Mungkin untuk tahun 2023 ada kenaikan. Nanti saya update lagi deh ya kalau sudah dapat yang terbaru. Sementara ini, saya tuliskan rincian biaya masuk MI Zakaria tahun 2021:
Dana Sumbangan Pendidikan Rp 12.500.000,-
Seragam Rp 1.000.000,-
Layanan Kesehatan (1 tahun) Rp 450.000,-
Bahan Belajar dan Penilaian (1 tahun) Rp 3.000.000,-
SPP Per bulan Rp 850.000,-
Biaya makanan bulanan Rp 350.000,-

Sekian dulu penjelasan tentang biaya SD di Bandung Timur. Kalau ada waktu, saya akan survey lagi ke beberapa tempat dan pasti artikel ini akan saya update. Atau mungkin, moms di sini punya referensi lain dan biaya dari sekolah yang belum saya tulis? Boleh banget berbagi di kolom komentar yaa.

Lanjut PART 2


Related Posts

6 comments

  1. Uhuk-uhukk.. Ternyata sekolah Islam di mana-mana memang cukup mihil yah, mbak, hihi.. Termasuk di Bali nih. Tapi yah semua pasti udah disesuaikan sama fasilitas dan pendidikannya.

    ReplyDelete
  2. Akhirnya sampai tahap ini ya, Mbak. Aku sudah melaluinya beberapa waktu lalu. Ada yang sempat ta'aruf, tapi enggak jadi. Hihihi.

    Btw, program unggulan MI Sunan Gunung Djati keren banget ya, Mbak. Menarik bangett.

    ReplyDelete
  3. Gak dimana-mana ya sekolah islam mahal hhhuu, padahal bagus dan generasi kita butuh sekolah kayak ini. Harapanku moga ke depan ada sekolah bagus yang terjangkau ya, aamiin

    ReplyDelete
  4. Emang investasi pendidikan nggak murah juga buat aku, tp aku ngerasa beruntung banget sekarang di bandung barat, klo kami tinggal di bandung kota duh makin galau deh pilih sekolah hehe semoga Allah mudahkan langkah kita ya bebs

    ReplyDelete
  5. Masih ada yang SPP nya 300 dan 500 ribu mbak. Termasuk terjangkau lah. Namanya juga SDIT atau SD swasta lain

    ReplyDelete

Post a Comment