Hiking ke Gunung Papandayan Bersama si Kecil

Saya dan suami kebetulan memiliki hobi yang sama, yaitu traveling dan melakukan kegiatan outdoor. Tapi semenjak hamil dan punya bayi, otomatis hobi saya ini terhenti. Lama tak keluyuran bikin saya kangen. Kangen jalan berjam-jam, kangen ngos-ngosan, kangen wangi hutan, kangen dinginnya gunung, pokonya kangen semuanya deh! Nah, tahun ini kebetulan si bayi menginjak usia satu tahun. Dengan sedikit rasa nekat dalam diri, saya merencanakan untuk pergi hiking sambil bawa si kecil. Hehee..

Gunung Papandayan jadi tujuan saya. Kenapa? karena gunung ini trek-nya tergolong mudah, tidak sesulit trek di gunung-gunung lain. Pemandangannya juga cantik dan menurut saya ga ngebosenin. Lokasinya pun tidak begitu jauh dari Bandung.

Sabtu, 28 April lalu saya bergegas dari rumah pukul 04.00 WIB. Sedikit ngaret, karena rencana sebelumnya kami berangkat jam 3 subuh. Namanya juga orang Indonesia.. hehe. Si kecil masih tertidur pulas saat kami bersiap-siap. Karena saya tak ingin mengganggu tidurnya si kecil, saya hanya menggantikan popok dan bajunya pelan-pelan. Tak lupa saya oleskan minyak telon supaya dia tidak kedinginan di jalan.

Gunung Papandayan terletak di daerah Cisurupan, kabupaten Garut, Jawa Barat. Perlu waktu kurang lebih 3 jam untuk sampai di pintu masuk Gunung Papandayan dari kota Bandung. Itu jika lalu lntas normal.

Rute Menuju Papandayan dari Bandung

Jika menggunakan kendaraan pribadi, arahkan kendaraan menuju Rancaekek-Nagreg-Garut. Setelah sampai di Garut, langsung arahkan kendaraan menuju Jalan Raya Samarang. Lurus terus, sampai tiba di pasar Cisurupan. Patokannya adalah Indomaret Cisurupan, di sebrang indomaret ada jalan masuk ke kanan menuju pintu masuk gunung Papandayan.

Jika menggunakan kendaraan umum, bisa menaiki mobil elf jurusan Cikajang atau bus jurusan Pameungpeuk, lalu turun di pasar Cisurupan. Dari situ, lanjutkan perjalanan menggunakan ojek menuju pintu masuk gunung Papandayan. Jika datang dengan rombongan bisa menyewa kolbak.

Nah, perjalanan kali ini kami ingin menggunakan rute yang berbeda. Dari Bandung, kami berencana untuk tidak melewati jalan Nagrek. Kami melalui jalan Sapan lalu belok ke jalan raya Cijapati. Jalannya masih sepi dan sepertinya akan selalu sepi kecuali musim mudik tiba. Siapkan kendaraan yang prima karena jalannya penuh tikungan tajam dan tanjakan yang lumayan bikin kendaraan ngos-ngosan. Tapiii dibalik semua 'perjuangan' melewati jalan ini.. terselip keindahan yang luarbiasa yang mungkin tidak akan saya lihat jika melalui jalan Nagrek. Ini diaaa..

Pemandangan di samping kiri jalan raya Cijapati, indah ya?

Perjalanan normal dari Bandung memang 3 jam, tapi kami harus beberapa kali berhenti untuk sholat Subuh, sarapan, dan mengganti popok si kecil karena ternyata dia pup. Perjalanan menjadi lebih lama, tak apa, yang penting si kecil happy dan ga rewel.

Singkat cerita, sampailah kami di pintu masuk kawasan wisata Gunung Papandayan. Dan petualangan pun dimulai..

Kawah Papandayan dilihat dari tempat parkir

Titik awal pendakian
Gunung Papandayan di zaman saya masih jomblo dulu berbeda dengan sekarang. Gunung Papandayan sekarang sudah dikelola oleh pihak swasta. Semuanya jadi serba tertata dan rapi bahkan mulai dari tempat parkir. Fasilitasnya juga lebih baik dibandingkan dengan Papandayan 6 tahun yang lalu.

Perjalanan dari tempat parkir menuju kawah Gunung Papandayan idealnya sekitar 1-2jam. Jalannya sudah lumayan enak. Pihak pengelola sudah membuatkan tangga dari bebatuan. Tapi walaupun jalannya sudah nyaman, saya tetap menyarankan untuk pakai sepatu yang nyaman dan tidak licin ya. Pemandangan khas bekas letusan gunung tahun 2002 lalu akan kita jumpai selama perjalanan menuju kawah.

60 menit pertama perjalanan, si kecil masih saya yang gendong. Rasanya? yaa dinikmati saja lah yaa namanya juga naik gunung, pasti capek, hehe.. Sebetulnya si kecil sudah bisa jalan, tapi kalau dia dibiarkan jalan, saya khawatir dia berjalan semaunya dia, sementara di samping kanan kiri jalan banyak jurang, jadi ku putuskan untuk digendong saja.

Semakin mendekati kawah, aroma belerang semakin menyengat. Tak mau mencium bau belerang terlalu lama, suami saya akhirnya 'mengambil alih si kecil dari gendongan saya ke pangkuannya. Biar lebih cepat sampai atas katanya.. (hmm, dia meragukan kekuatan emak-emak).

1 jam kemudian kami sampai di kawah Papandayan. Ada beberapa warung yang menjajakan makanan ringan di sekitar area ini. Makanan yang saya buru adalah semangka..! Setelah cape keringetan lalu makan semangka itu rasanya wah nikmattt tiada tara. Kebetulan si kecil juga seneng banget sama semangka.  Oya di dekat warung juga sudah ada toilet. Saya jadi ga repot waktu si kecil pup, dengan leluasa saya bisa membersihkan dan mengganti popoknya di toilet.

Ada beberapa spot menarik di Gunung Papandayan ini. Mulai dari menara pandang dan pemandian air hangat di area tempat parkir, kawah Papandayan yang khas, Hutan Mati, Pondok Seladah yang sering dijadikan tempat berkemah, Tegal Alun dengan padang Edelweis nya yang luas, dan puncak Papandayan yang indah. Namun karena membawa bayi, target saya hanya sampai Hutan Mati saja.

Normalnya orang bisa mencapai hutan mati dalam waktu 3 jam dari tempat parkir. Tapi karena membawa si kecil perjalanan jadi agak lambat. Penting sekali untuk menjaga mood si kecil agar tidak bosan, karena kebosanan akan membuatnya rewel tak karuan. Si kecil juga masih minta mimi, saat menyusui saya sih cari semak-semak biar ga keliatan orang hehehe..

Kira-kira pukul 1 siang akhirnya kami bertiga sampai di Hutan Mati. By the way, dari kawah Papandayan sampai ke hutan mati si kecil saya yang gendong lagi. Dann sepanjang perjalanan menuju hutan mati doi tidur syantik di gendongan sementara emaknya ngos-ngosan.

Eeh pas nyampe Hutan Mati si doi bangun

Oke, jadi jika dirangkum, seperti inilah itinerary perjalanan menuju Gunung Papandayan:

• Bandung - Pintu Masuk Papandayan: 3-4jam

• Tiket motor Rp 17.000,-
  • Tiket mobil Rp 35.000,-
  • Biaya parkir Rp 5.000,-

Untuk info tiket lengkap (tiket saat weekday, tiket untuk rombongan pelajar, dll) silakan cek di website resmi TWA Papandayan.

Cukup mahal sih jika dibandingkan dengan tiket masuk gunung-gunung lainnya. Tapi ini sebanding dengan fasilitas yang ada.

Sekian cerita-cerita saya dari Papandayan. Ada yang berminat ke sini? :)

Related Posts

32 comments

1. waaah, hebat berani bawa bocah ke gunung. aku bawa ke mall aja masih sering kerepotan, hihi :D

Replies
    1. This comment has been removed by the author.

2. Ahaha iya nekat aku mbak :P

2. udah seriing banget ke garut, tapi belum pernah ke papandayan. Btw, salam kenal ya teh :)

Replies
    1. Ada saudara di Garut kah? Yuk cobain Papandayan :D salak kenal juga :)

2. *salam kenal maksudnya haha typo maaf

3. Wahhhh keren banget mbak, masih single aja blm prnh naik gunung hhihihi, mbak ajak anak naik gunung, keren banget

1. hehehe lumayan buat turunin berat badan :P

4. Waah ... dedek kecil diajak travelling ke kawah ..😁
    Ntar kalo udah gede, dia pasti jadi pecinta lama 👍

Weuueew ... tarif tiket untuk turif mancanegara ... jauh banget selisihnya sama tiket turis lokal ya 🤔

Replies
    1. hihi iya diajak soalnya ga tega ninggalin anak sementara emak bapaknya bersenang-senang :p iyaa harga nya hampir 10x lipat nyaa, :p

2. Eh,maaf ya tadi komentarnya typo,kak 😊
      Harusnya : pecinta alam, bukan pecinta lama.

Untuung, kita bukan turis mancanegara ya 😁
      Harga tiketnya itu loh .. wuih bangeet

3. ehehe its ok :)

ahaha iya, tapi temenku pernah disangka turis asing gara-gara kulitnya putih dan matanya sipit :p

5. Wah asik banget nih, Teh. Saya juga pengen deh gitu suatu saat nanti kalau udah berkeluarga..hehe

Belum lama juga habis mendaki, tapi kalau udah baca dan foto diatas gunung. Pengennya mendaki lagi.

Kebetulan minggu2 lalu dari Merbabu, rencana mau ke merapi tapi belum jadi, rasanya belum sreg aja gitu ke merapi dalam waktu dekat ini, entah kenapa, eh tadi pagi dapat kabar erupsi gunungnya..

Replies
    1. waw firasat mas nya tajem bangettt.

gimana kabar merbabu? saya terakhir ke sana 2 tahun yang lalu pas hanimun, gagal summit gara2 kesiangan haha alhasil kami ngecamp lagi buat summit besoknya.

Delete
  6. mantab juga pengalaman travellingnya mbak. viewnya ekstream juga ya, landai..

1. makasih mas.. view papandayan emang keren :D

Delete
  7. Wah luar biasa mbaak. Dulu saya pernah nyoba bawa hiking tapi saya nyerah nggak kuat lama lama gendong anak saya hehe

1. makanya saya bawa suami, jadi kalau ga kuat gantian :D

Delete
  8. Mbaaaa... kalau saya punya 10 jempol, saya kasih semua deh..
    saluutttt.. sekaligus mupeng..

Saya sebenarnya tertantang untuk hiking ke alam bebas gini bawa anak-anak.
    Suami sih oke-oke saja, masalahnya saya jalan 1 meter aja udah pengen minta gendong hahaha.

Tapi saya ga mau anak-anak saya yang keduanya laki jadi lembek kayak emaknya ini.
    Kayaknya bisa diikuti nih jejaknya.
    Si adek gapapa ya cium bau belerang? saya kemaren ke Bromo sampai ga berani dekat kawah saking takut aja bayi dan si kakak ga kuat bau belerangnya :D

Replies
    1. Duh jadi malu 😅 kalau mau hiking2 cantik boleh ke sini mbak, jalannya pelan2 aja sambil dinikmati pemandangan nya 😁

Sebenernya suami agak khawatir sih pas lewatin kawah nya itu makanya si dedek suami yg bawa biar dedek nya ga lama2 nyium belerang nya 😅

Delete
  9. Masya Allah cantik banget pemandangannya :')

ReplyDelete
  10. Subhanallah ya allah indah banget aku tiap diajak naik ke gunungga mau tp liat ini aku jadi mau naik gunung

11. subahanallah.. indah banget jadi pengen kesana

12. Waaahhh keren bgt bawa anak kecil... Saluuttt...

ReplyDelete
  13. Hebat tth bawa si kecil naik gunung.
    Saya aja bawa diri sendiri masih suka ngos ngosan pdahal tracknya gk trlalu curam. Lemah ny aku haha

14. udah lama banget pengen kesini, tapi belum kesampean sampe sekarang. btw, makasih infonya tteh,

ReplyDelete
  15. Aku kalah sama anak kecil hahaha. Cantik banget teh pemandangannya..

16. Masya Allah emaak hebat kece banget ih. Aku salut teeeh. Jujur aku yang kesana sama rombongan, trus menginap di tegal alun udah yanh capek banget kerasanya. Teteh keren banget pokoknya.

17. Wah luar biasa teteh. Udah punya hobi yg sama sama suami. Anaknya pun diajak. Hiking ke gunung pula. Luar biasa. Saluutt deh.

18. Kapan-kapan ajak aku yaa Teh kalo hiking hehe
    Jadi kangen udah lama ga hiking😀

19. mas klo berangkat dr bandung subuh jam 3 an gitu, enaknya dr mmana ya?

Replies
    1. Hai mas, enaknya lewat jalur Cukang Monteng aja Mas, lebih cepet sampe. Lewat Sapan atau Majalaya, nanti tembus ke Samarang. Tinggal cari petunjuk aja ke arah Cikajang / Cisurupan.