Cerita Weekendku: Muncak Bareng si Kecil Hingga Jajan Cashless di Mesin EDC SPOTS - Afifah Haq
News Update
Loading...

Tuesday, 7 January 2020

Cerita Weekendku: Muncak Bareng si Kecil Hingga Jajan Cashless di Mesin EDC SPOTS

Padatnya aktivitas di kantor membuatku jenuh kala itu. Sehingga, di hari Minggu pagi aku putuskan untuk keluar sejenak dari rutinitas, mengajak (lebih tepatnya memaksa) suami untuk mendampingi. Anakku? Oh tentu tak akan aku tinggalkan.

Aku membuat trip dadakan hari itu. Aku percaya yang serba dadakan seperti ini biasanya akan terjadi, daripada yang terrencana. (Ya kan?) Kami berdua kebetulan memiliki hobi dan passion yang sama, yaitu di kegiatan outdoor. Maka, Gunung Manglayang adalah tujuan kami untuk melepas penat saat itu.

Pendakian Menuju Gunung Manglayang


Niat awal ingin mendaki mulai jam 6 subuh, tapi sepertinya benar kata Bang Dzawin. Bangun pagi untuk mendaki itu adalah sebuah mitos. Kami baru mulai benar-benar mendaki pukul 10 pagi.

Resiko mendaki membawa anak, perjalanan kami jadi jauh lebih lama. Tak apa, yang penting si kecil menikmati kegiatannya. Puncak pun bukan jadi tujuan utama kami. Tujuanku kali itu benar-benar ingin me-recharge diri dengan berkeliaran di alam terbuka sekaligus pengenalan kepada anak kami.


Di tengah perjalanan, hujan mengguyur. Sebetulnya suamiku memberikan kesempatan kepadaku untuk terus melanjutkan pendakian sampai puncak. Namun aku khawatir pulang terlalu malam, sementara kami tidak membawa alat penerangan. Akhirnya sekitar pukul 2 kami turun. Tak apa, gunungnya ga akan kemana-mana, kami masih bisa ke sini lain kali.
 

Menikmati Sajian di Koffie Kawan


Lelah sudah tersirat di wajah kami, tapi lelah kami bahagia. Hari sudah mendekati magrib dan kami memutuskan untuk mengisi perut terlebih dahulu. Sehingga, saat sampai rumah nanti kami tinggal bersih-bersih dan istirahat.

Kebetulan aku memiliki seorang teman yang membuka kedai. Letaknya berada di kaki gunung Manglayang. Tanpa berfikir panjang kami langsung mampir ke kedai yang bernama Koffie Kawan itu.

Dulu, kedai ini bernama Garasi Coffee karena lokasinya memang ada di garasi rumahnya. Menu yang disajikan masih seputar kopi, teh, beberapa cemilan, dan beberapa pilihan menu nasi. Namun sekarang kedai ini benar-benar berkembang.

Sudah banyak varian menu yang disajikan. Layout kafenya pun lebih tertata. Meski ukurannya tidak begitu besar, tapi nyaman. Jika dahulu teman saya ini benar-benar melakukannya sendiri, mulai dari melayani, membuat sajian, hingga ke pembayaran, namun kini semuanya berubah. Dia sudah memiliki asisten yang membantu meringankan pekerjaannya. Jika dahulu dia menulis tagihan pesanan di secarik kertas, kini dia sudah beralih ke sebuah aplikasi mesin EDC Gopay bernama SPOTS.

Dari segala perubahan yang ada, aku betul-betul terkesima dengan mesin EDC Gopay yang digunakan. Bagaimana tidak, ketika aku melakukan pemesanan dan pembayaran, kawanku ini cukup menekan tombol di layar mesin SPOTS. Menu makanan serta harga langsung tampil di layar. Fungsinya seperti mesin kasir namun bentuknya mungil, sebesar mesin EDC pada umumnya.
 

Tentang SPOTS


Setelah aku cari tahu, ternyata mesin EDC Gopay satu ini memang merupakan aplikasi kasir online (sistem Point of Sale) untuk mengelola pesanan. Terciptanya SPOTS dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM dalam mengelola pesanan, terbatasnya akses pembayaran non tunai, hingga kerepotan dalam merekap transaksi.

SPOTS kemudian hadir sebagai mesin EDC Gopay dengan teknologi paling mutakhir. SPOTS memudahkan para pemilik UMKM hingga ke franchise dalam melakukan transaksi. SPOTS adalah bagian dari grup perusahaan GOJEK. Saat ini, SPOTS sudah digunakan oleh lebih dari 15.000 outlet di seluruh Indonesia.

Aku jadi makin penasaran, apa sih fitur yang terdapat di SPOTS ini? Sampai-sampai kawanku ini betah menggunakan mesin EDC Gopay dari GOJEK ini.

 

Fitur SPOTS


Aku langsung cari tahu apa sih kelebihan dari mesin EDC Gopay bernama SPOTS ini. Dan ini dia yang aku dapatkan setelah aku simak di https://spots.co.id/fitur

 

1. Mengatur Menu


Ukurannya yang mungil ternyata tak bisa dianggap remeh. SPOTS memiliki teknologi layar sentuh yang dapat dioperasikan untuk mengisi menu secara manual atau impor langsung dari menu Go-Food. Menu yang tampil bisa diatur sedemikian rupa baik dari segi jumlah, foto, harga, serta kategori menu sesuai kebutuhan. Adanya fitur layar sentuh ini memudahkan cara menggunakan mesin EDC bagi para pelaku usaha.

 

2. Terima Pesanan Go-Food


Bagi mitra Go-Food yang sudah terdaftar, mesin kasir SPOTS bisa memberikan notifikasi real-time setiap kali ada yang memesan melalui Go-Food. Sehingga pemilik usaha dapat menyiapkan sajian lebih cepat.

 

3. Cetak Resi Instan


SPOTS adalah sebuah device yang All in One. SPOTS merupakan mesin EDC yang dilegkapi dengan aplikasi Point Of Sale dan printer. Tak perlu lagi repot-repot membeli tambahan printer untuk mencetak resi. Begitu pesanan selesai dibuatkan dan pembayaran berhasil dilakukan, resi akan tercetak otomatis.

 

4. Dapatkan Laporan Harian


Dulu aku pernah kepikiran untuk bisnis di bidang kuliner juga. Namun, aku masih belum mempercayai orang lain untuk memegang bagian kasir. Dengan adanya SPOTS, aku dan semua pelaku usaha tak perlu ragu lagi. SPOTS memberikan laporan berupa perkembangan omzet yang dapat dipantau setiap hari melalui aplikasi. Selain lewat aplikasi, SPOTS juga mengirimkan rekap ke email yang sudah didaftarkan.

 

Jajan Cashless Melalui Mesin EDC SPOTS


Namanya juga baru turun gunung. Perut lapar karena lelah mendaki. Sore itu, aku tak sadar sudah kalap dan memesan menu yang (ternyata) banyak. Aku khawatir uangku tak cukup. Uangnya ada sih, tapi masih berbentuk saldo di kartu ATM. Ya kali aku harus cari-cari ATM dulu. Yah, paling pait-paitnya nanti aku ngutang aja lah, yang punya kedai nya temen deket ini, wkwk.

Eh tapi aku ga mau ngutang. Malu dong. Akhirnya aku tanya deh ke teman sekaligus pemilik kedai ini.

"Ran, bayarnya bisa pake debit ga?"

Eh, tak disangka, kawanku menjawab, "Bisa!"

Ga jadi deh ngutang nya. Hihihi.

Aku kira temenku ini bakal ngeluarin mesin EDC lain. Tapi ternyata, mesin EDC SPOTS bisa menerima pembayaran debit juga loh. Ini kabar baik, berarti SPOTS adalah mesin EDC dengan kartu debit pertama di Indonesia yang bisa menerima 3 tipe pembayaran; cash atau tunai, menggunakan saldo Gopay, dan menggunakan kartu debit.

 

Berapa Harga SPOTS?


Dengan semua fitur se-lengkap ini, tentu banyak yang bertanya-tanya, berapa sih harga mesin EDC SPOTS ini? Aku pun penasaran.

SPOTS ternyata memiliki harga yang cukup terjangkau. Hanya Rp 490.000,- saja di awal untuk pendaftaran, sudah termasuk mesin kasir nya. Selanjutnya, pengusaha hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp 4.900,- per hari.

Aku jadi makin tertarik, suatu saat nanti aku akan membuka sebuah usaha kuliner dan menggunakan mesin EDC SPOTS untuk mengatur keuangan. Aku juga rekomendasikan perangkat ini ke semua pengusaha mulai dari UMKM hingga ke franchise, karena kualitas nya se-bagus itu!

Info selengkapnya bisa kita intip di media sosial nya SPOTS di https://www.instagram.com/spots.id/


Share with your friends

72 comments

  1. Mashaa Allah masih ga nyangka, mau kemanaoun dan dimanapun aman ya kalo gitu 🤩

    ReplyDelete
  2. Yang pertama, aku jadi kangen Manglayang karena gunung ini memorable banget buat aku. Yang kedua, aku jadi punya pandangan buat punya mesin kasir mini ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaw pasti ada cerita menarik nih pas ke Manglayang.

      Jadi gimana teh? Toko bakery nya pake spots aja, cocok teh

      Delete
  3. Ah aku baru denger ada yg beginian juga. Hebat banget ya bisa cetak resi sampai laporan keuangan.. harganya jg affordable..

    ReplyDelete
  4. Waah sekarang jaman emang udah serba canggih ya, btw aku malah kabita sama cumi nya tuh..hihi

    ReplyDelete
  5. Keren tempat ngopi di kaki gunung bisa bayar debit berkat SPOTS ya :D

    ReplyDelete
  6. Ternyata spots ini produk dari gopay, ya. Keren ih, mendaki bawa anak kecil

    ReplyDelete
  7. Kedaiku juga pakai Spots..nyaman banget driver jadi gak repot harus bawa uang cash

    ReplyDelete
  8. konter ayam goreng tepung depan komplek aku juga pake spots. lebih praktis ya sebagai pengganti mesin kasir yg gede itu

    ReplyDelete
  9. Jadi berangan-angan, bila suatu saat nanti punya gerai makanan, pengen pake Mesin EDC Gopay merek Spots ini, sepertinya mudah dan praktis penggunaannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun, mas. Aku ada rencana punya kedai kecil2an gitu, trus mesin kasirnya mau pake spots

      Delete
  10. Memang sekarang semua serba digital yaa teh. Akupun kerja sebagai kasir dituntut melwk teknologi ngikiti perubahan dari konvensional bayar cash jadi serba kartu/QR

    ReplyDelete
  11. Aku juga sering liat alat spot itu, amazing bisa debet juga ternyata

    ReplyDelete
  12. selalu terkesima liat yg suka naik gunung keren. waah itu spots keren juga yah hrganya juga murah dgn segala macem kegunaan gitu

    ReplyDelete
  13. wah emang ya jaman skrg tuh udah serba cashless gitu ya teh, aku belum pernah nih jajan dengan pakai SPOTS ini

    ReplyDelete
  14. Sebagai generasi cashless masa kini, terbantu banget sama adanya EDC SPOTS ini ya teh. Praktis juga sih menurutku karena bisa terima 3 jenis pembayaran. Yang mau buka usaha kuliner wajib banget nih punya.

    ReplyDelete
  15. Nama temannya Rani ya Mbak? #halah Btw mesin SPOTS ini aku kira khusus buat pengguna gopay! Ternyata pake kartu debit, kredit bisa ya Mbak

    ReplyDelete
  16. keren ya, dengan harga terjangkau bisa memberikan banyak banget fasilitas kemudahan bagi penjual maupun pembeli. Asyik nih kalau makin banyak yang pakai, ntar jajan di warung pinggir jalan, bayarnya bisa cashless

    ReplyDelete
  17. Zaman sekarang udah serba praktis yaa dan makin canggih juga
    Mantul!

    ReplyDelete
  18. SPOTS ini bantu banget ya bagi para pengusaha kecil untuk menyediakan sarana layaknya kasir. Plus ada fungsi laporan transaksinya juga via email. Komplit banget.

    ReplyDelete
  19. Wahh...mesin kasir skrg banyak ya. Pemilik usaha jadi kebantu banget kalo begini. Sepertinya aku sering baca ttg SPOT ini.

    ReplyDelete
  20. Waah keren yaa, letaknya di kaki gunung tapi kafenya sudah pakai alat canggih, SPOTS ini.

    ReplyDelete
  21. Sekarang ini aku ngerasa in banget udah canggih apalagi ada pembayaran ini itu pakai gopay sama gofood ini sangat membantu sekali ya mom

    ReplyDelete
  22. Wah asyik ya hiking bareng keluarga, aku masih tahap wacana nih ajak bocah kemping..semoga terlaksana ya..

    ReplyDelete
  23. Mbak, setahuku dulu di Gunung Manglayang ini ada banjir bandang yang menewaskan warga sangat banyak. Entah tahun berapaan. Apa di sana gunungnya masih berhutan lebat atau sudah gundul?

    ReplyDelete
  24. spots udah ada dimana-mana ya. keren deh apa2 bayarnya serba digital gak perlu bawa uang receh lagi.

    ReplyDelete
  25. Spots ini memudahkan pebisnis untuk merekap hasil jualannya ya, ada laporan keuangannya segala. Sekarang zamannya udah serba canggih.

    ReplyDelete
  26. Cocok banget buat dipake para pengusaha baru ya. Jd pgn nyobain ke cafe nya hihi

    ReplyDelete
  27. Saya pernah beberapa kali lihat tempat makan yang pakai SPOTS. Memang kelihatan deh memudahkan kalau pakai ini

    ReplyDelete
  28. Asik banget sekarang naik gunung ga usah was2 keabisan cash ya Mak klo tempat ngopi ngemilnya dah pake spots gini

    ReplyDelete
  29. wah jaman sekarang banyak banget fitur cashless berguna untuk yang punya usaha nih

    ReplyDelete
  30. Semenjak adanya spot ini jadi memudahkan kita yang emang anak cashless ya mbak, jadi gak perlu khawatir kalau gak bawa uang.

    ReplyDelete
  31. Sudah banyak warung-warung yang pakai SPOT juga nih memudahkan ya gak perlu beli mesin kasir yang besar, pakai mesin ini aja juga bisa

    ReplyDelete
  32. bener.. yang terencana seringnya gak terlaksana haha... BTW aplikasi SPOTS emang keren ya.. membantu banget memudahkan penjual dan pembeli

    ReplyDelete
  33. Praktis ini ya mba Mesin kasurnya y mba , spots bisa 3 pembayaran sekaligus dh gitu bisa mantau lwat email lg

    ReplyDelete
  34. Makin mantabs nih jualan pakai SPOTS yah, jadinya laporan keuangan dan lainnya aman, jadi insya allah keuntungan makin besar.

    ReplyDelete
  35. Seru pagi-pagi yaaaa
    Iya ini aku suka lihat cuma belum pernah make spots ini bayar pakai gopay jadi mudah ya

    ReplyDelete
  36. Keren banget deh kasir mini portable gini. Bisa dibawa kemana2 dan bisa buat laporan keu nya juga. Jadi kepo 10 tahun kedepan ada inovasi apalagi ya?

    ReplyDelete
  37. Mesin EDC ini sangat memudahkan sekali ya mba. Perlu aku rekomendasikan bosku nih.

    ReplyDelete
  38. Waaaah enak banget abis jalan-jalan ke alam terus pulangnya mampir ngafe dulu. Udah gitu, bisa cashless! Solusi banget biar ngga bawa duit kebanyakan :D

    ReplyDelete
  39. Wah, asyik nih. Ga harus cari-cari ATM kalau mau jajan. Memudahkan penjual dan pembeli juga. Penjual catatan penjualannya pun jadi rapi.

    ReplyDelete
  40. Seru banget yaks kalau udah pakai Spots. Bisa bayar nontunai pakai GoPay. Kadang dopet GoPay, mau dicairin belum bisa, ya udah buat belanja aja.

    Eh btw ko aku sering liat piring jadoel gitu ya di warung makan. Kalau di tempat saya namanya piring gembreng 😁😁😁

    ReplyDelete
  41. Yang begini nih aku cari
    Tetapi banyak yang beralih pada mesin payment sendiri

    ReplyDelete
  42. asyik asyiiikk, di Surabaya juga ada beberapa tenant yg pakai SPOTS.
    Makin memudahkan kalo mau kulineran :)

    ReplyDelete
  43. Spots ini sudah banyak di pakai oleh para penjual lho kak..
    Aku klo jajan di luar sering lihat penjual pake spots

    ReplyDelete
  44. Kapan ada rencana ke Manglayang lagi Mbak? Boleh lah infokan...
    Sejak turun dari Gunung Kerinci Agustus lalu, kami blm hiking lagi nih... Nyari teman baru buat tambah seru hehehe

    ReplyDelete
  45. Sangat membantu umkm nih
    Pembukuan mereka kan parah banget

    ReplyDelete
  46. Kalua punya usaha makan macam begini emang wajib masukin Gojek trus payment sediakan EDC Gopay, karena ini memoermudah oembeli dan otomatia membuat usaha lbh laris dan lebih cepat berkembang.
    Karena ga jarang orang belanja itu disebabkan oleh alat pembayaran.

    ReplyDelete
  47. Mudah-mudahan semakin banyak ya mesin edc spots ditempat-tempat mana saja, termasuk warung dan pedagang kaki lima

    ReplyDelete
  48. Ya ampun mesin EDC yang fungsinya bisa sebagai mesin kasir mungil ini ternyata harganya enggak sampai 500ribu ya mba. Membantu banget nih buat pelaku UMKM biar transaksi lebih praktis. Keren banget Mesin EDC SPOTS nya. Bisa cetak resi, tampilkan daftar menunya juga dan laporan harian. Canggih sekali :)

    ReplyDelete
  49. Wah, seru sekali mendaki dengan si kecil 😍 aku juga udh ngerencanain tapi belum direalisasikan, nih.

    Omong-omong, aku baru tahu lho ada mesin kasir unyu gitu, serba guna lagi. Tfs, Mbak.

    ReplyDelete
  50. Bagi kita pengguna enak nih tinggal gesek, yg ga bawa cash. Yang pwlaku UKm juga turut terbabtujabab-

    ReplyDelete
  51. Mesin EDC SPOTS ini sudah mulai dipakai warung-warung daerah-daerah wisata ya? benar-benar bisa dipakai untuk membayar nontunai & sangat memudahkan kita biar gak bawa uang cash banyak-banyak.

    ReplyDelete
  52. Keren banget skrg d Manglayang ada akses buat jajan dg mesin SPOT EDC ini ya teh. Dulu jaman aku masih kesitu tahun 2017 an belum ada deh wkwk, hebat makin canggih

    ReplyDelete
  53. Sudah mulai banyak ya mba UKM yang menggunakan mesin EDC ini, salah satu hal positif dari perkembangan teknologi yang membuat transaksi makin praktis.

    Dikota kota besar rasanya mesin EDC ini sudah cukup familiar. Tapi kalau di pelosok masih minim penggunaannya...

    ReplyDelete
  54. Asiknya kalau mesin EDC SPOTS ini cocok untuk pengusaha UMKM. Jadi semakin mendukung budaya cashless

    ReplyDelete
  55. Sekarang mau jajan pun mudah kalau udah ada mesin EDC Spots, beda banget dulu - sekarang.

    Dan sangat membantu para pedagang skala menengah ke bawah untuk melayani para pelanggan yang nggak bawa uang cash.
    Apalagi jika dalam perjalanan jauh,terkadang beresiko juga membawa uang kelewat banyak

    ReplyDelete
  56. Mbaaaa itu keren bangettttt, mendaki sambil bawa si kecil. Dan setelah mendaki bisa jajan dengan mesin SPOT EDC begini, wuihh mantap benerrrr!

    ReplyDelete
  57. Sekarang tuh zamannya cashless ya. Terkadang saya bener2 nggak bawa uang sama sekali, hihihi. Bahkan sekarang lebih panik ketinggalan HP dibanding ketinggalan dompet, hahaha

    ReplyDelete
  58. wah bs bantu laporan harian penjual yak. senangnya jd terbantu. nanti kalau udah ada usaha pangan, pengen gabung ke gofood dan pakai spots deh

    ReplyDelete
  59. Pernah lihat mesin EDC kaya gini juga pas laundry dan kelihatan banget jadi memudahkan proses transaksi dan jadi nggak ribet lagi. Semoga semakin meluas lagi penggunaan mesin EDC ini

    ReplyDelete
  60. mantab banget ya, ada mesin SPOT EDC di daerah manglayang.
    sebagai konsumen yang cashless terbantu banget aku, untuk penjualnya pun enak ya, karena ada resi dan laporan keuangannya

    ReplyDelete
  61. Wah yang punya usaha atau gerai apa gtu mesti punya edc spots nih soalnya bisa mempermudah transaksi dan bikin pelanggan seneng, plus keuntungan lainnya bisa lbh cepet kalu mau itung2 pendapatan dan keuntungan yaaa

    ReplyDelete
  62. Aku juga kak klo travelling lebih suka yang dadakan. Karena klo terencana sering gagalnya 😁...

    ReplyDelete
  63. Aku belum pernah pakai spots dan belum nemu warung yang berspots di dekat sini. Moga2 nanti makin merambah ya dan jan lupa diskonannya wkwk

    ReplyDelete
  64. Menyenangkan sekalii...
    Habis berlelah-lelah mendaki gunung, bisa menikmati makanan lezat nikmat bersama keluarga.
    EDC SPOTS Gopay jadi memudahkan pembeli dan penjual.

    ReplyDelete
  65. Wah spots ini sangat membantu transaksi ya...
    Pelaku unkm juga mudah atur keuangan bisnisnya

    ReplyDelete
  66. Mau belanja di kedai, resto bahkan warung, sekarang lebih mudah tanpa uang tunai ya Moms. Terlebih ada EDC GoPay, jadi lebih terkontrol juga jajannya.

    ReplyDelete
  67. Wah, mesin EDC SPOTS sangat membantu pengusaha UMKM menjalankan bisnisnya, ya

    ReplyDelete

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Maaf komentarnya aku moderasi. Jangan beri komentar anonim atau menyantumkan link hidup ya, karena akan otomatis terhapus ^^

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done