Mitos Pasca Melahirkan: Tak Sepenuhnya Salah

By Afifah Nurul Haq - 10:52:00


Foto www.newskidcenter.com
Saya adalah ibu baru, dan kehidupan saya berubah 360 derajat 3 kali putaran semenjak jadi ibu. Ohh ternyata menjadi ibu itu tak se-simple yang dibayangkan. Ibarat membangun rumah, masa hamil itu ibaratnya seperti baru membangun pondasi nya saja. Setelah melahirkan saya baru sadar bahwa 'rumah' yang saya bangun ini belum ada apa-apanya.

Segalanya jadi serba baru, seperti anak SD yang belum tau apa-apa. Hal yang paling mengejutkan adalah ketika para orangtua melarang ini-itu karena bisa menyebabkan sesuatu yang negatif, entah itu pada ibunya atau bayinya. Larangan-larangan ini terkadang buat saya tambah stress, karena hubungan sebab akibatnya ga masuk akal.

Banyak sekali mitos-mitos yang saya dengar dan menjadikan saya untuk tidak melakukan beberapa hal. Orangtua zaman dulu memang sering menggunakan mitos supaya anak-anakya nurut. Nah, tapi ternyata mitos-mitos itu ga sepenuhnya salah kok. Di artikel ini saya mau bahas beberapa mitos seputar ibu dan bayi yang ternyata ada dampak positifnya.

Cekidot!

1. Jangan sering-sering cium bayi baru lahir, nanti bayinya rewel karena sakit badan
Awalnya saya berfikir, loh kan cuma cium doang ko, kalau nyubit atau gigit sih udah pasti ya.. hahaha. Eh tapi ternyata maksudnya tuh baik. Karena bayi itu imunitas nya masih rendah, dan daya tahan tubuhnya juga belum begitu kuat untuk melawan virus atau kuman. Nah, dikhawatirkan, bila kita mencium bayi, apalagi bayi baru lahir, kita secara tidak sadar menularkan kuman, bakteri ataupun virus yang dapat menyebabkan bayi jadi sakit.

 
2. Jangan makan dan minum sambil menyusui, nanti bayinya rewel
Sudah bukan hal aneh lagi buat kita para ibu yang bisa melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Termasuk, menyusui sambil makan dan minum. Apalagi kalau bayi lagi masa-masa growth spurt. Hmm.. kebayang deh betapa repotnya kita saat bayi ingin terus menyusu sementara emaknya udah laper. Tak ada pilihan lain selain makan sambil menyusui.

Nah, saya pernah ditegur oleh ibu saya, katanya jangan makan sambil menyusui, nanti bayi nya ogo (rewel). Terus, apa hubungannya? haha.. Ku coba memutar otak, tiba-tiba aku berfikir seperti ini "mungkin kalau kita makan sambil nyusuin, khawatir ada butiran-butiran nasi atau makanan lain jatuh dan mengenai bayi, bisa aja kena mata nya bayi atau wajah nya bayi, trus dia kaget, trus nangis deh.." Eh, logis ga sih?

 

3. Jangan kucek pakaian bayi terlalu kenceng, nanti bayi nya sakit badan
Beneran iihh awalnya aku ngakak denger mitos ini. Adakah hubungan antara baju yang dikucek terlalu kenceng, tapi malah bayi yang sakit badan?? Apakah ada kaitannya dengan elite global??

Setelah difikir, mungkin maksudnya seperti ini ya. Kulit bayi, apalagi baru lahir, kan masih sangat sangat tipis dan sensitif. Jika kita mengucek baju terlalu keras, dikhawatirkan pakaian bayi akan rusak dan serat-serat nya menjadi kasar. Permukaan pakaian yang kasar inilah yang ditakutkan akan melukai kulit bayi yang masih sensitif itu..

 

4. Jangan makan yang terlalu panas, nanti ASI nya ikutan panas, trus ada putih-putih di lidah dedek nya
Pasti sering denger mitos ini ya kan. Awalnya aku nurut-nurut saja. Jadi setiap mau makan aku harus nunggu dulu 5-10 menit sampai makanan nya agak dingin. Padahal perut sudah protes minta diisi.

Tapi makin ke sini aku heran juga. PD ini kan bukan dispenser, yang ada keran hot and cool nya. Jadi ya, ASI yang keluar dari PD suhu nya akan segitu-segitu aja, tidak akan berubah jadi panas kalau kita makan makanan panas.

Harusnya sih larangan ini berlaku buat semua orang, bukan hanya ibu menyusui saja. Makan makanan yang masih panas memang tidak baik, apalagi jika kita meniup nya dulu.

Sebetulnya masih banyak mitos-mitos lainnya yang sering didengar setelah melahirkan. Tapi hanya 4 mitos ini yang baru bisa diterima hati nurani saya. Sisanya kebanyakan kurang relevan dengan logika dan cara berfikir saya. Atau mungkin ibu-ibu lain punya cerita tentang mitos pasca melahirkan yang ternyata terkandung hikma di dalam nya? Boleh kasih tau aku yuuk di kolom komentar :)


  • Share:

You Might Also Like

28 komentar

  1. emang kadang suka aneh-aneh ya mitos ibu melahirkan. beberapa bisa dinalar selebihnya ya mungkin cuma mitos aja. heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, nama nya juga zaman dulu ya mbak, teknologi belum secanggih sekarang

      Delete
  2. Beberapa minggu lalu sempet baca curhatan emak baru lahiran, katanya ibu baru melahirkan ga boleh tidur siang.
    AK ga tau sih kenapa alesannya. Yang jelas kalo pengalaman ak dulu, kalo bayi malem2 pasti ngajak begadang. Lahhh gmana kalo siang pun emaknya ga bole bobo :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang bikin ga nyaman gini biasanya jarang aku turutin :P pernah dulu dilarang juga bobo siang, tapi kan malem nya suka begadang.. jadi ya mau gamau siangnya pasti ngantuk. Tidur aja dehh

      Delete
  3. jangan nyuci pakaian bayi malam2 nanti bayinya kena sawan atau tiba2 panas

    kalau kusambungin sama logis enggakny, kalau sore enggak ada matahari jadi susah kering yang ada malah kuman yang nempel kebawa angin hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah.. ini.. sebenernya ga ada hubungannya sama sekali kan yaah sama bayinya haha. Tapi ternyata maksud orangtua zaman dulu tuh baik

      Delete
  4. Kadang mitos-mitos kaya gini yang suka bikin deg degan cewek-cewek yang lagi merencanakan punya anak, termasuk aku. Lha apa apa dilarang, dikit-dikit bahaya. Jadinya malah takut sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha jangan takut teh.. zaman dulu dan sekarang kan beda.. btw semoga rancana punya baby nya lancar yaa :*

      Delete
  5. Hehehe ini mitos seriiiingg banget aku denger. Sebagai ibu generasi milenial emang perlu banget ya kita mengupgrade ilmu dan wawasan, untuk memutuskan mata rantai mitos semacam ini. Ngeselin emang, ibu sehabis melahirkan kan harus happy biar asi nya lancar. Kasian kalau masih terikat dengan mitos2 nggak berdasar. Nuhun sharingnya Teh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa beneer huhuhu apalagi ibu habis melahirkan rentan banget kena baby blues ya teh.. jadinya malah bikin tertekan.. sami2 teh, makasih udah mampir :)

      Delete
  6. Yang teteh sajikan semuanya baru aku tau lho teh. Semangat membersamai dede bayi teteh๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha pengetahuan ini.. pengetahuan yang datang dari zaman dahulu kala :P makasii yaa teh udah mampir..

      Delete
  7. Setuju, sebenernya mitos itu gak sepenuhnya salah, tapi gak bener juga. Haha. Karena zaman dulu belum ada ilmu pengetahuan dan teknologi secanggih sekarang ya makanya muncullah mitos-mitos yg gak masuk akal. Tapi sebenernya relevan juga kalau kita kait-kaitkan dengan logika. Hehe. Yg mengganguku kalau lagi nyusuin itu ketika tante-tante pada bilang kalau asi itu sekeut, jahat, gak boleh kena ini itu bayi. Padahal asi itu baik. Huhu. Sedih dengernya kalau masih ada yg percaya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, padahal asi kan isinya 70% air.. ada2 aja ya

      Delete
  8. Mitos mitos jaman dulu kadang suka ada yang nakut-nakutin padahal biar kitanya nurut ya teh, kaya jangan diem depan pintu nanti susah dapet jodoh. Padahal mah biar ga ngalangin jalan haha. Anyway aku baru tau mitos pasca melahirkan apa aja hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa betuull.. ahaha ini belum seberapa.. masih banyak lagi yang lain

      Delete
  9. Aku belum ngerasain punya bayi sih, tapi ada beberapa yang udah pernah denger, terutama jangan sering cium2 bayi baru lahir. Yang no.4 aku ngakak dong.. yang belum punya bayi juga nggak akan mau makan panas-panas kok ๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya kaan.. nah nanti kalau udah punya bayi ngerasain deh bakal dicecoki sama mitos2 yang yaa begitulah :P

      Delete
  10. thankyou for info.. sangat berguna sekali kalo aku udh punya bayi hehehe

    ReplyDelete
  11. Di tanah kita ini memang banyak sekali mitos yah teh, yg masuk akal bisa lah di ikutin yg nggk ya udh di skip aja. Hihi
    Btw selamat jd ibu baru yah, sehat sehat buat baby sama momy ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah bener. tinggal kita nya aja yang memilih dan memilah ehehe.
      aamiinn makasih ya teh :*

      Delete
  12. baru tau masa jangan cium2 bayi. Bayi terlalu gemas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iyaa padahal pengen nyium bayi da gemes atuh yaa

      Delete
  13. mitosnya memang kadang engga masuk akal sih ya tapi kita bisa mulai melihat dari perspective lain, pasti ada baiknya yakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa teh.. tinggal kita nya aja yang pinter2 berfikir dari sudut pandang yang baik ya teh

      Delete
  14. Wahaha.. Bener banget. Ak pernah ngalamin semuanya dulu. Baju ngerendem n ngucek pelan.. No mesin cuci. Jangan makan panas,jangan ketinggalan makan sayur katuk,jangan makan pare nanti asinya pahit. Halah, Pusing. Ujung2nya pas udah berumah sendiri lepaslah semua itu dan emakpun bertambah waras. Alhamdulillah akhirnya. Haha. (Shezahomedotcom)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah sebetulnya solusi nya cuma 1 ya teh; jangan se rumah sama mertua ataupun orangtua.. hihi. kewarasan ibu memang nomor 1

      Delete