Rekomendasi Tenda Camping Di Bawah 500K

by - 15:19:00


Bagi yang hobi berpetualang dan backpacker, terutama bertualang ke alam terbuka, tentunya tenda adalah perlengkapan yang wajib dibawa. Tenda ibarat rumah tinggal sementara bagi para traveler. 

Ada berbagai macam jenis dan merk tenda dengan berbagai harga. Bagi mereka yang mempunyai dana berlebih tentu tak masalah jika harus membeli tenda dengan harga berapapun. Namun, bagi sebagian orang, membeli tenda haruslah dipertimbangkan terutama soal harga.

Di artikel ini saya akan bahas beberapa rekomendasi merk tenda yang harga nya masih terjangkau, tidak lebih dari Rp 500.000,-

1. Tenda REI
Bisa dibilang, tenda ini adalah tenda sejuta ummat. Banyak sekali pendaki ataupun traveller yang membawa dan menggunakan tenda ini. REI setahu saya adalah merk lokal (mohon koreksi jika saya salah). Tenda dengan kapasitas 2-3 orang ini memiliki ukuran sekitar 200x150x115 cm. Dengan berat sekitar 2.5-3 kg, tenda REI cukup ringan untuk dibawa. Tenda REI jenis ini berada di kisaran harga Rp 250.000 - Rp 400.000,-.


2. Great Outdoor Monodome
Kapasitas nya sama dengan tenda REI, yaitu sekitar 2-3 orang. Tenda Great Outdoor adalah tenda merk lokal yang juga sering dipakai banyak pendaki. Tenda Great Outdoor memiliki akses satu pintu namun cukup besar. Tenda ini biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 300.000,-

3. Tenda Best Way Pavillo
Saya kurang tahu apakah ini produk lokal atau luar, tapi tenda ini harga nya juga cukup terjangkau, sekitar Rp 300.000,-. Bentuk tenda nya mirip dengan tenda merk REI.

4. Tenda HYU
Masih tenda dengan bentuk monodome. Tenda merk HYU juga memiliki harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 300.000,-. Tenda ini juga cukup untuk 2-3 orang dewasa.


Demikian beberapa jenis dan merk tenda yang harganya di bawah Rp 500.000,-. Rata-rata memang kapasitas nya hanya untuk 2-3 orang saja. Semua bahan yang dipakai saya rasa terbuat dari bahan taslan yang waterproof atau bahan lain yang sejenis. Untuk kondisi gerimis sampai hujan sedang, bahan-bahan seperti ini masih mampu menahan air agar tidak masuk ke dalam.

Tapi, untuk keadaan hujan besar, saya kurang begitu yakin, karena tenda-tenda ini hanya memiliki satu layer saja. Jika ingin menggunakan tenda-tenda di atas, saya sarankan untuk memberi layer tambahan. Layer tambahan bisa dengan cara membeli 1 buah flysheet seharga Rp 100.000 - Rp 150.000,-, jadi total pengeluaran tidak akan lebih dari Rp 500.000,-.

Tenda-tenda jenis ini juga kurang begitu kuat menahan badai di gunung. Ya, bisa dibilang ada harga ada kualitas. Karenanya, jika menggunakan  tenda-tenda tersebut di atas, sangat disarankan untuk mendirikan tenda di tempat yang terlindungi dari angin, seperti di balik tebing, dekat gua, atau dekat rerimbunan pohon.

Contoh Penggunaan Penambahan FlySheet di Atas Tenda
Demikian, semoga bermanfaat ya temans. Kalau teman sekalian punya rekomendasi merk tenda yang harga nya di bawah 500K boleh kasih tau aku di kolom komentar ya :)

Terimakasih sudah mampir..

You May Also Like

20 komentar

  1. Kalo saya lagi butuh tenda indian-indian gitu tehh barangkali ada info hehe..

    ReplyDelete
  2. Wah ini referensi banget buat yg suka camp

    ReplyDelete
  3. bisa jadi bisnis jg nih ya teh, qt investasi beli tenda, trus bs qt sewa2in ke adik2 mhsswa/pencinta alam yg lg butuh tenda heheu *meuni otak dagang pisan heheh..

    ReplyDelete
  4. asyiiikkk...makasih teh untuk infonya :)

    ReplyDelete
  5. Udah lama gk camp. Makasih yaa infonya

    ReplyDelete
  6. Ih aku suka nge camp, pas banget informasi nya hehe

    ReplyDelete
  7. Liat tenda inget zaman camping waktu SMP SMA hihi

    ReplyDelete
  8. Cuco nih rekomennya buat aku dan suami yang memang punya rencana ngegunung sih awal taunan hehe

    ReplyDelete
  9. Waah mantuuil teeeh.. penting banget nih buat yg suka hiking:)

    ReplyDelete
  10. Iiih tteh tau aja isi hatiku. Aku lg cari2 tenda ky gini tp gatau yg oke apa. Nuhun ya teh bermanfaat pisan

    ReplyDelete
  11. Waah ini referensi untuk yang suka nge-camp di luar nih
    Thanks for sharing Teh infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  12. waah info yang bermanfaat niih, buat yang suka camp .
    makasih teh infonya

    ReplyDelete
  13. Wihihi mantep nih infonya kalo sewaktu2 ngidam naik gunung😁

    ReplyDelete
  14. Warbiyasak ini si teteh infonya bermanfaat pisan buat aku kalo mau camping. ��

    ReplyDelete
  15. Aku punya tenda. Tapi lupa apa ya merk nya. Haha. Udah jarang naik gunung lagi..

    ReplyDelete
  16. wah makasih infonya teh..
    btw, jadi pengen ke gunung wkwk

    ReplyDelete
  17. Momhiking panutanque,thanks for sharing lho. Aku awam banget soal pertendaan wkwk, tau nya cuma ngeliat proses pemasangan sama bantuin nancep-nancep in gitu haha

    ReplyDelete
  18. Wah teh infonya mantap.. ume mau rekomendasiin sama temen yg suka menggunung ahh

    ReplyDelete
  19. aku juga kadang suka bingung nih pilih-pilih ini buat ponakan aku yang mau ngecamp nih, baca postingan ini bikin aku nambah banyak informasi nih

    ReplyDelete
  20. Infonya menarik. Bisa dijadiin referensi kalau cari-cari tenda. Makasih,ya 🙏

    ReplyDelete