Pergi ke Derawan tanpa Jasa Tour? Baca Ini Dulu Yuk!

backpacker ke derawan

Kalian, lebih suka travelling pake jasa travel agent, atau backpacker? Well, keduanya memang ada sisi enak dan ga enaknya ya. Perbedaan paling umum nya adalah, jika menggunakan jasa travel, kita bisa liburan lebih tenang dan nyaman, karena ada tour guide dan tidak perlu repot-repot membuat itinerary. Tapi, biasanya kita harus menguras kocek lebih dalam.

Sebaliknya, jika kita pergi sendiri, uang yang dikeluarkan lebih murah, dan kita juga memiliki kebebasan dalam meng-explore tujuan yang kita mau saat traveling. Tapi, untuk menjadi backpacker, kita perlu riset dan menyusun itinerary jauh-jauh hari.

Ada yang punya impian berwisata ke pulau Derawan tanpa jasa travel kah? Kalau ada, boleh nih disimak beberapa hal penting, tips saat hendak melancong ke Derawan, dan juga hal-hal unik menarik tentang Derawan.

Itinerary Jakarta - Pulau Derawan

Kita mulai bahas dari rincian perjalanan dari Jakarta menuju Derawan dulu ya. Dari Jakarta, saya menyarankan untuk menggunakan pesawat saja menuju Berau. Rata-rata memang transit dulu di Balikpapan. Kalau ada yang mau nekat perjalanan laut dan darat dari Jakarta ya mangga aja lah.. saya mah ga maksa. FYI aja, luas kabupaten Berau aja sama dengan luas provinsi Jawa Barat.

Setelah sampai di Berau, jika pesawat yang ditumpangi landing pagi hari, langsung saja mencari travel dari bandara Kalimarau menuju pelabuhan Tanjung Batu. Tapi, jika landing siang atau sore hari, lebih baik menginap dulu saja di Berau, baru keesokan pagi nya dilanjut dengan travel.

Travel ini bentuknya rata-rata mobil avanza. Ongkos nya kurang lebih Rp 100.000 - Rp 150.000. Perjalanan darat dari Berau menuju pelabuhan Tanjung Batu sekitar 3 jam.

Setelah sampai di pelabuhan Tanjung Batu, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan Speed Boat ke pulau Derawan. Tarif Speed Boat sekitar Rp 150.000,- per orang, lama perjalanan kira-kira 15 menit. Ssstt.. harga sewa speed boat ini bisa jadi lebih murah loh, kalau kita pandai menawar. Temenku bahkan bisa sampai Rp 75.000 saja.

pulau derawan

Alternatif ke dua selain menggunakan rute pesawat ke Berau, yaitu menggunakan rute pesawat ke Tarakan. Nah, enaknya, sudah ada pesawat langsung ke Tarakan, tidak transit dulu. Tapi sayangnya, untuk menuju Derawan dari Tarakan, hanya ada satu hari saja dimana tersedia speed boat untuk menyebrang ke pulau Derawan, yaitu di hari Jum'at. Tarifnya sekitar Rp 200.000-250.000,- dan lama perjalanan laut sekitar 3 jam.

Alternatif ke-3 adalah menggunakan pesawat langsung ke Maratua. Tapi, sama seperti di atas, speedboat dari pulau Maratua menuju Derawan sangat jarang.

So, dari ke-3 alternatif itu, saya pribadi sangat menyarankan untuk menggunakan alternatif pertama, karena ketersediaan transportasi umum nya terjamin.

Penginapan di Pulau Derawan

Kalau kamu tipe backpacker saat travelling, jangan khawatir jika ingin berlibur ke pulau Derawan. Penginapan di sini terhitung murah, jika dibandingkan dengan penginapan di Bali atau di Raja Ampat.

Banyak sekali homestay yang menawarkan rate kamar mulai dari Rp 100.000,- per malam. Homestay ini letaknya juga rata-rata di bibir pantai. Jadi, bisa lihat pemandangan sunrise dan sunset deh dari beranda kamar. Asyik ya.

Selain homestay, di sini juga tersedia resort dengan harga sekitar 1 juta rupiah.

Pemandangan Sunset dari beranda Homestay

Wisata Pulau Derawan

Di pulau Derawan ada apa sih?

Bagi kamu yang suka banget sama wisata pantai, Derawan bisa jadi alternatif buat destinasi liburan kamu. Pantai nya masih bersih. Warna air lautnya juga hijau kebiruan. Pemandangan pantai yang masih perawan di Derawan dijamin bikin feed instagram kamu makin bagus deh!

Menurut teman kerja yang sudah pernah dipelak dan dijadikan tumbal proyek oleh kantor selama 2 bulan di sana sih, wisata paling menonjol adalah wisata bawah laut dan biota serta ikan laut nya.

Wisata bawah laut yang bisa dijumpai yaitu terumbu karang nya yang masih terjaga. Denger-denger, terumbu karang di pulau Derawan ini terumbu karang terbaik ke-dua setelah Raja Ampat. Selain terumbu karang, kita juga bisa menjumpai ubur-ubur. Kedalaman lautnya lumayan dangkal, hanya 4 meter saja (tapi lumayan dalem buat yang ga bisa nyelem mah, wkwk).

Selain keindahan bawah lautnya, kita juga bisa menyaksikan proses penetasan telur-telur penyu lutju. Keberadaan penyu di pulau Derawan dilindungi oleh pemerintah setempat, makanya tak heran jika nanti saat berwisata ke pulau Derawan, kita akan melihat banyak penyu yang muncul ke bibir pantai untuk bertelur. Penyu yang ada di Derawan jenis nya penyu hijau dan penyu sisik. Ukurannya besar-besaaar..

Sedangkan untuk ikan laut yang paling populer di Derawan yaitu ikan baronang, ikan kakap merah, dan ikan kerapu.

Penyu di pulau Derawan. Foto: www.mimpideluna.blogspot.com

Menjelajahi Pulau Lain Sekitar Derawan

Biar cerita traveling nya makin asyik, kalau ke Derawan sekalian aja menjelajah gugusan pulau lainya seperti pulau Maratua, pulau Kakaban, dan pulau Sangalaki. Cara yang paling efektif dan efisien adalah dengan menyewa speed boat.

Aku kasih bocoran harga ya, untuk sewa speedboat dan estimasi perjalanannya. Sewa speedboat Derawan sekitar Rp 1.500.000,- untuk mengunjungi 3 pulau (Maratua, Kakaban, dan Sangalaki). Sementara estimasi perjalanannya;
  • Start dari pulau Derawan, maksimal banget berangkat jam 8 pagi menuju Maratua. Lama perjalanan Derawan - Maratua sekitar 40-45menit.
  • Lama berkunjung di Maratua maksimal 1 jam.
  • Dari Maratua lanjut ke pulau Kakaban. Lama perjalanan 25 menit.
  • Di Kakaban kita bisa bermain, foto-foto atau kegiatan lainnya selama 2 jam.
  • Dari Kakaban lanjut ke Sangalaki. Lama perjalanan 30 menit.
  • Di Sangalaki, kita bisa bermain sekitar 1 jam lamanya. Pukul 3-4 sore kita harus cepat-cepat tinggalkan pulau karena khawatir cuaca buruk dan gelombang tinggi.

Harga ini akan lebih hemat lagi jika kita membawa partner travelling. Satu speedboat muat untuk 5 orang, jika harga total sewa speedboat dibagi 5 orang, tentu biaya per orang nya bisa jadi lebih murah kan? Nah, itu dia beberapa tips dan gambaran umum tentang pulau Derawan yang eksotis.

Semoga bermanfaat ya. Kalau kalian punya tips atau cerita lain tentang pulau Derawan, boleh dong share di kolom komentar..

Related Posts

46 comments

1. Belum pernah ke Derawan, pengen banget suatu saat bisa ke sana. Dulu pas ada tugas ke Tarakan nggak bisa mampir ke sana, karena waktunya nggak pas. Untuk mengobati kekecewaan, makan kepiting aja sepuasnya di rumah makan Derawan. Yang penting udah dapat kata Derawan hehe...

ReplyDelete
  2. Masya Allah, Pulau Derawan memang sangat eksotis. Kalau saya punya rezeki lebih, saya juga ingin berkunjung ke sana, dan tentunya saya memilih perjalanan udara. Enggak bisa ngebanyangin gimana rasanya perjalanan laut dari Jakarta - Balikpapan. Homestay di sana juga termasuk murah ya, dimulai Rp 100rb an sudah bisa menginap. Semoga bisa nih segera liburan ke Pulau Derawan. Aamiin...

3. Berarti mending Dari Berau ke Derawan ya. Kalau lewat Tarakan buat yang pake travel agent keknya, cepet Naik speed boat. Btw, kalau homestay gitu termasuk makan atau beli lagi?

Replies
    1. Waktu itu disediain sarapan aja sih mak, sarapannya roti dan kopi aja tapi, hihi. Kalau masih kurang kenyang kayanya memang harus beli nasi, hehe

Delete
  4. Saya pernah via Berau...perjalanan dari berau ke penyebrangan gak terlalu bagus waktu itu, tapi begitu lihat laut dan ke penginapan...wah, seneng banget, rasa capek hilang seketika...baca artikel ini jadi kangen ke sana

ReplyDelete
  5. Aku jadul banget baru tau ada pantai secantik ini pantai derawan...pantainya bersih banget...cucok buat wisata nanti

6. Wah....bermanfaat banget ini mbak. Selama ini gak kebayang gimana caranya ke Derawan kalo gak pake agen tur. Baca ini jadi ngerti deh, bisa ternyata ke sana tanpa jasa agen tur.

7. Catet! Aku juga penasaran sama Derawan. Lautnya kan masih asli gitu. Cuma ke sananya emang agak PR ya Mbak

ReplyDelete
  8. Pantainya bersih ya mba, aku suka lihat air laut yang warnanya hijau gitu. Membentang jauh sampai batas cakrawala, dan seakan menyentuh langit. Kece banget view-nya Derawan ya mba

9. Belum pernah ke sana, tapi sudah sering dengar/mbaca tentang cantiknya pulau derawan. Pantainya masih bersih banget yaa.... Ah, semoga ada kesempatan ke sana

10. Waduh bagus banget. Aku belum pernah kesana. Tapi kami biasanya kalau liburan dalam & luar negeri nggak pakai travel agent, juga nggak mau backpackeran. Tetap budget travelling tapi nggak mau backpackeran. Hehheee. Orangnya gampang masuk angin.

ReplyDelete
  11. wah cantik banget ya derawan ini mbak. Tapi sayang kami sesama kalimantan tapi harus ke pulau jawa dulu untuk bisa mengunjunginya. Makanya sedih ya infrastruktur di Indonesia ini masing kurang merata. Kalau bisa langsungkan biayanya jauh lebih murah

12. Aku belum pwrnah ke pulau Derawan mba.. indah sekali yaa lautnya masih asri.. kapan2 boleh nih dicoba..

13. Indah sekali Pulau Derawan ya mak.. masyaa Allah, aku tuh lebih prefer liburan di gunung ketimbang pantai, tapi kalo liat pantainya begini tetep aja suka

ReplyDelete
  14. Indah banget pulau Derawan ini, lautnya bening dan ada masih ada penyu berkeliaran bebas. Asri. Menurut ku rute pertama lebih aman

15. Nama pulaunya bunda baru tau dari postingan ini. Indahnya pulsu Derwan. Izin share linknya buat anak bunda, bolehkah.

16. Suka banget sama foto-fotonya.

Impianku ke Derawan tahun ini..ternyata nggak mahal seperti dugaanku dan transportasinya mudah. Untuk ombaknya sepertinya aman juga ya mba?

ReplyDelete
  17. Bagus banget mba. Aku belum pernah ke sini. Homestay juga murah ya. 100 ribuan aja semalam.

18. Wah bisa jadi referensi aku nih ke Pulau Derawan.
    Wkt travel fair aku rencana pgn kesini sama keluarga, cuma msh bingung antara brgkt sendiri atau pakai travel.

19. Klo sy lbh senang pake agen travel jadi tinggal.duduk manis heheh

20. Aku belum pernah ke derawan tapi tips mbak afifa bermanfaat banget nih,siapa tahu suatu hari nanti aku pingin solo traveling ke sana

21. aduh lihat birunay air jd punya harapan bisa ke sana

ReplyDelete
  22. Belum pernah ke Derawan, tapi bisa jadi acuan nih jika ke sana. Wow... Penyu... liat penyu bertelur...hehehe

Bdw, pemandangannya bagus, penginapannya murah yaaa :)

23. wah jadi gak perlu jauh-jauh nih ke rajaampat di Derawan udah bagus banget nih seperti ini. airnya masih jernih ya teh

ReplyDelete
  24. Baru tau sekarang derawan ada spot fotonya dengan patung lumba2 itu. Memang di sana jg bisa liat atraksi lumba-lumba di alam bebas lho, tp jika beruntung 😊

25. Aku ke Balikpapan sudah tapi belum cobain nyebrang ke Derawan. Itu lautnya masya Allah warna biru nya bikin segar mata

26. Indah banget ya pemandangannya, cocok buat destinasi liburan dan menurutku lebih seru backpacker-an sih ya kalau liburan di pulau gini, biar lebih bebas eksplor semuanya hehe

ReplyDelete
  27. wah bersih amat ya lautnya :) semoga kapan-kapan bisa ke pulau Derawan juga untuk menikmati keindahannya

28. Dimana-mana tetep koentjie-nya adalah tawar menawar ya hehe, tapi disana engga kesulitan soal bahasa kan mba? Aku tuh selalu takut karena itu hehehe

Oh ya makasih ya infonya cukup jelas :)

ReplyDelete
  29. Eny pengen banget ke Derawan padahal gak jauh loh sama2 dikalimantan kak tapi blm pernah kesana hhe

30. reviewnya lengkap beb.. bisa jadi referensi aku kalo mau ke Derawan. btw itu yang bisa bersua sama lumba-lumba so lucky ya

31. Bole banget jadi rekomendasi nih kak yang wisata pulau derawan ini. Apalagi aku suka destinasi pantai gitu~

ReplyDelete
  32. Duh bagus amat siih alam nya. Pengen traveling sambil refreshing deh kesana. Trs coba naik speed boat. Btw temen nya pinter banget nawar sampe set harga wkwkwk

33. Baru tau ada pulau yang namanya Derawan.. Jadi pengen kesana deh.. Jernih banget air lautnya.. Pemandangannya pun baguuus.. :O

34. Ternyata ga susah ya pergi sendiri tanpa tour hehehe. Kita juga dikasih kebebasan untuk eksplorasi lebih banyak. Jadi pengeeen.

ReplyDelete
  35. Aku belum pernah kesini, tapi tempatnya bagus banget yaa pasti cocok nih buat liburan melepas penat atau bulan madu gitu yaa hehe

36. Pulau derawan bagus banget, dan aku baru tau soal pulau ini, sebelimnya belum pernah denger huhu, lautnya bersih dan indah banget yaa, kalo aku sebenernya lebih suka backpaker krna lebih bebas hehe

37. Langit dan lautnya cantik banget, bersih semua. Suamiku pernah ke Derawan dan dia pingin balik lagi ajak aku, tapi nggak berani naik boat gitu hahahaah

ReplyDelete
  38. I have been wanting to come down here, and I bet it’s so wonderful. I can’t wait to go diving the lake and see the stinglessjellyfish. Thanks for the tips

39. Keindahan pantai pulau Derawan ini memang menggoda buat didatangin ya. Pengen bisa main ke sini sama suami aja, kalau ajak anak kebayang ribetnya di perjalanan yang panjang hehehe
    Btw makasih tips dan infonya ya

ReplyDelete
  40. Udah lama denger keindahan pulau Derawan, mudah2an dalam waktu deket bisa terealisasi nih mba

41. oke fiks besok solo travel ke sini. keren banget tempat n indah banget

42. masya Allah tabarakallah derawan ini adalah salah satu tempat yang ingin sekali aku kunjungi sudah lama sekali pengen ke sini tapi belum kesampaian

ReplyDelete
  43. enaknya bisa ke derawan mba, aku pengen banget ke sana ga pernah kesampean... airnya bersih banget :)

44. wahh Pulau Derawan indah ya Bun

45. Makasih infonya Mbak, Insya Allah besok tanggal 17 April akan saya praktekkan. Solo backpacker ke Derawan, wish me luck!!!