Naik KRD Lokal Bandung Raya Bisa Kemana Aja? Part 2

by - 17:01:00


Setelah kemarin saya bahas di Part 1, mari kita lanjut ke Part 2, ke stasiun selanjutnya. Sebelumnya, saya mau kasih bonus, jadwal tiba dan keberangkatan kereta KRD Lokal Bandung Raya. Mudah-mudahan bermanfaat ya.

Oh ya, yang belum baca Part 1 nya boleh baca di sini ya 

Jadwal KRD Lokal Bandung Raya 2019


Naik KRD Lokal Bandung Raya Bisa Kemana Aja?
Part 2

Oke, kita lanjut yaah. Di tulisan sebelumnya saya baru bahas sampai stasiun Bandung. Sekarang saya akan bahas mulai dari stasiun Cimindi sampai stasiun Padalarang.

8. Stasiun Ciroyom
Berhenti di stasiun ini sangat cocok bagi ibu-ibu yang ingin belanja kebutuhan dapur. Stasiun Ciroyom berdampingan dengan pasar Ciroyom yang merupakan salah satu pasar induk di Bandung. Stok untuk kebutuhan dapur di sini berlimpah dan harga nya jauh lebih murah daripada pasar-pasar lain. Tapi sayang, di sini harus membeli dalam jumlah yang banyak, dan mulai ramai di malam hari, ya namanya juga pasar induk.

Kalau saya biasanya jalan kaki ke pasar Andir. Bukan sayuran atau daging-dagingan yang saya beli, tapi pakaian, hehe. Ini sudah jadi kebiasaan saat saya magang di tempat kerja yang kebetulan dekat dengan pasar Andir. Harga pakaian di sini murah-murah, hampir sama dengan harga di Pasar Baru. Kualitasnya juga lumayan, model nya juga bervariasi.


Pasar Andir, Foto: DetikNews
Selain belanja ke pasar, dari stasiun Ciroyom kita juga bisa duduk duduk cantik sekalian foto-foto di Alun-Alun Cicendo di dekat pasar Teknik Jatayu. Cukup jalan kaki sekitar 8 menit.


Alun-Alun Cicendo
9. Stasiun Cimindi
Cimindi bisa dibilang perbatasan antara Bandung dan Cimahi. Ada hal menarik yang bisa dicoba dekat stasiun Cimindi ini, yaitu delman! Hehe.. Maap habisnya jarang naik delman akutuu. Delman di sini fungsinya sama seperti angkot, yaitu sebagai sarana transportasi umum bagi warga. Jalur yang dilalui nya menuju ke daerah jalan Rancabali, Gunung Batu.

Delman yang masih eksis di tengah kota Cimahi, Foto: Bandung News Photo
Stasiun Cimindi juga berdampingan dengan pasar. Ada juga tempat makan di sekitar sini. Favorit saya adalah Warunk Upnormal.

10. Stasiun Cimahi
Sekarang udah keluar kota Bandung nih, Cimahi alias Bandung coret. Btw, dulu saya sering ngeledekin temen orang Cimahi dengan kata-kata itu, eh kualat saya, sekarang saya malah dapetin suami orang Cimahi.

Oke kembali ke laptop. Eh, di Cimahi ada apa sih selain markas tentara? Hahaha, ngeledek lagi kan. Sori sori. Kalau berhenti di stasiun Cimahi dan lagi ada waktu luang boleh lah hubungi saya, nanti saya ajak jarambah ke air terjun dekat rumah, eh maksudnya rumah mertua, hehe. Curug Panganten namanya.

Tapi, kalau ga mau diajak jarambah, dan waktunya mepet, mungkin saya sarankan untuk ke daerah Alun-Alun Cimahi aja kali ya. Di sana ada pusat perbelanjaan CiMall alias Cimahi Mall. Belanja baju dan sepatu di sini lumayan terjangkau harganya, pilihannya juga lumayan banyak.
Cimahi Mall
11. Stasiun Gadobangkong
Baiklah, sekarang kita sudah memasuki wilayah kabupaten Bandung Barat. Di dekat stasiun Gado Bangkong ini banyak sekali pabrik. Makanya, tak heran kalau banyak karyawan pabrik yang naik dan berhenti di stasiun ini.

Jika berhenti di stasiun Gadobangkong, kita bisa melanjutkan perjalanan ke daerah Batujajar dan Cililin. Di daerah ini ada beberapa tempat wisata seperti danau Wakadobol yang tidak sengaja terbentuk akibat galian pasir dan bukit gantole di Cililin. Kalau lapar kita bisa menikmati santapan ikan bakar di Cililin.

Danau Buatan Wakadobol, Cililin, Foto: Curvetube.com
12. Stasiun Padalarang
Stasiun terakhir yang disinggahi kereta KRD Lokal Bandung Raya nih. Saya paling semangat sebenarnya jika membahas tempat wisata di dekat stasiun Padalarang ini. Banyak banget soalnya, dan semua tempatnya keren-keren.

Ada Curug Cimahi, bisa ditempuh dengan melanjutkan perjalanan sekitar 20menit berkendara dari Stasiun Padalarang.

Curug Cimahi, Foto: Travel Komopas
Ada Stone Garden yang dulu sempat jadi tempat hits di instagram.


Stone Garden, Foto: Blog Reservasi
Ada Situ Ciburuy anu laukna hese dipancing. Kalau ke sini saya suka sekalian makan siang, pesan nasi liwet dan ikan bakar plus es kelapa muda. Hmm..
Situ Ciburuy, Foto: infobdg.com
Tempat wisata Dusun Bambu yang family friendly

Dusun Bambu, Foto: Java Wisata
Nah, itu dia beberapa tempat wisata yang dekat dengan stasiun pemberhentian kereta KRD Lokal Bandung Raya. Kalau bingung pengen liburan sementara isi dompet mulai menipis, liburan naik kereta aja. Kalau menurut saya sih, seru banget, bisa explore ujung timur Bandung sampai ke ujung Barat. Apalagi harga tiket kereta KRD ini hanya Rp 5.000,- saja dari ujung timur Bandung ke ujung barat Bandung.




You May Also Like

21 komentar

  1. Hohoho seru banget bisa keliling2.. saya jd tau jurusan2 lewat tulisan ini 😄😄

    ReplyDelete
  2. minta ditampol itu Markas Tentara wkwkwk..ada juga Joeragan Ice Cream loh :D *tetep promo*

    aku belum euy ngajak naik KRD biasanya naik kereta ke Bekasi *monmaap nih sombong wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Wuah... Kok seru gitu sih tiap stasiun pemberhentian ada aja destinasi wisata yang deket buat dikunjungi? Hihihi. Obyek wisatanya bagus-bagus pula. Kecuali yg mall, sih. Aku kurang suka kalau ke mall. Hehehe.

    ReplyDelete
  4. Tertarik yang temoat wisata dekat stasiun Padalarang. Nanti dari sana naik kendaraan online bisa kali, ya?

    ReplyDelete
  5. Eh koq seru banget ya ada comuter lokal begini. Bisa jalan2 ke banyak tempat tanpa khawatir macet. Aku catet ah, siapa tau berguna suatu hari pas ke Bandung ❤

    ReplyDelete
  6. Wah, tiket dari ujung ke ujung cuma 5000, murah banget. enakan naik kereta ya dibanding harus ganti-ganti angkot.

    Saya kalau ke bandung, wisata belanjanya ke pasar baru aja, ternyata ada pasar andir juga yang sepertinya layak untuk dikunjungi

    ReplyDelete
  7. Asyik juga ya mbak ga perlu bermacet-macetan kalau mau wisata di sekitar Bandung Raya, cukup naik kereta KRD lokal aja. Wah ada situ Ciburuy jadi inget lagu Bubuy Bulan :) Aku belum pernah loh ke situ itu cuma tau dari lagunya aja hehehe

    ReplyDelete
  8. Lah kok... saya baru tau ada wisata wisata keren kayak gini di Bandung? Mau ah ajak anak anak kalo ga macet

    ReplyDelete
  9. Masya Allah...makin keren dan lengkap aja nih, obyek wisata Bandung. Jadi kangen pingin ke sana. Mengenang masa-masa dulu, hehe. Btw, jadi pingin naik kereta KRD nya. Tiketnya mumer 😄

    ReplyDelete
  10. Waah seru banget nih... Lain kali keliling bandung bs pake KRD ini ya tanpa ketemu muaceeet hehehe... Aku blom baca yg part sebelumnya, mampir ah

    ReplyDelete
  11. Aaah...aku tertarik curug penganten sama dusun bambu, mbak. Tahun ini udah aku agendakan ke Bandung. Pingin ke Cikole. Hihihi

    ReplyDelete
  12. Jadi pengen jalan jalan ke bandung juga nie aku...ada kendaraan KRD membantu banget pastinya

    ReplyDelete
  13. Ya Allah.. dulu rumahku di Cicalengka sering naik KRD atau apa si namanya jaman baheula. Suka dipelototin Ibu, karena tiket kereta sama jajannya banyakan jajannya. Hahaha.. Ya gimana atuh, anak kecil diajak naik kereta bawaannya lapar mulu. Jadi tiap ada pedagang bawa jajanan suka minta :)))

    ReplyDelete
  14. Banyak sekali ini tempat wisatanya yang belum aku kunjungi, jadi pengen bikin list liburan bersama keluarga ke Bandung. Apalagi bisa naik KRD lokal jadi menikmati transportasi umum disana.

    ReplyDelete
  15. Foto yang Dusun Bambu itu beneran jadi membuatku pengin segera ke Bandung. Ternyata naik KRD Bandung Raya bisa kemana aja ya, dari ujung timur hingga ke barat. Hayuukk lah kapan-kapan aku dolan ke Bandung ditemenin ya mbaaaa...

    ReplyDelete
  16. Baru tau KRD. D-nya itu kepanjangan dari apa mbak?
    Jd kalau mau ke mana2 ke Bandung bisa ya naik transportasi ini :D
    Soalnya Bandung itu luas gtu kali ya? Kyk di Jkt yg ke mana2 ngandelin KRL hehe

    ReplyDelete
  17. Duh aku belum pernah naik KRL Bandung ini. Kapan-kapan mesti cobain nih. Kalo ke Dusun Bambu, udah pernah.

    ReplyDelete
  18. Asyik juga ya, jalan-jalan naik kereta lokal. Ku jadi pengen ke Bandung lagi, dan cobain naik KRD ini.

    ReplyDelete
  19. Belum pernah eksplor Bandung naik keretaaa...
    Bakalan nyasar gak kalo gak punya tujuan yang jelas?
    Hehehe~

    Biasanya sama sekolah anak-anak mentoknya main ke Cicalengka.
    Outbond.
    Trus balik lagi.

    Eh, Cicalengka lebih jauh yaa...?
    Hahhaha~

    ReplyDelete
  20. Jadi pengen cobain jalan-jalan ke Bandung pake krd deh, pasti seru banget ya.

    ReplyDelete
  21. Keren banget KRLnya ya mbak, pemberhentiannya dekat dengan tempat wisata

    ReplyDelete