Pergi ke Derawan tanpa Jasa Tour? Baca Ini Dulu Yuk! - Afifah Haq

Wednesday, 27 February 2019

Pergi ke Derawan tanpa Jasa Tour? Baca Ini Dulu Yuk!

Kalian, lebih suka travelling pake jasa travel agent, atau backpacker? Well, keduanya memang ada sisi enak dan ga enaknya ya. Perbedaan paling umum nya adalah, jika menggunakan jasa travel, kita bisa liburan lebih tenang dan nyaman, karena ada tour guide dan tidak perlu repot-repot membuat itinerary. Tapi, biasanya kita harus menguras kocek lebih dalam.

Sebaliknya, jika kita pergi sendiri, uang yang dikeluarkan lebih murah, dan kita juga memiliki kebebasan dalam meng-explore tujuan yang kita mau saat traveling. Tapi, untuk menjadi backpacker, kita perlu riset dan menyusun itinerary jauh-jauh hari.

Ada yang punya impian berwisata ke pulau Derawan tanpa jasa travel kah? Kalau ada, boleh nih disimak beberapa hal penting, tips saat hendak melancong ke Derawan, dan juga hal-hal unik menarik tentang Derawan.

Itinerary Jakarta - pulau Derawan
Kita mulai bahas dari rincian perjalanan dari Jakarta menuju Derawan dulu ya. Dari Jakarta, saya  menyarankan untuk menggunakan pesawat saja menuju Berau. Rata-rata memang transit dulu di Balikpapan. Kalau ada yang mau nekat perjalanan laut dan darat dari Jakarta ya mangga aja lah.. saya mah ga maksa. FYI aja, luas kabupaten Berau aja sama dengan luas provinsi Jawa Barat.

Setelah sampai di Berau, jika pesawat yang ditumpangi landing pagi hari, langsung saja mencari travel dari bandara Kalimarau menuju pelabuhan Tanjung Batu. Tapi, jika landing siang atau sore hari, lebih baik menginap dulu saja di Berau, baru keesokan pagi nya dilanjut dengan travel.

Travel ini bentuknya rata-rata mobil avanza. Ongkos nya kurang lebih Rp 100.000 - Rp 150.000. Perjalanan darat dari Berau menuju pelabuhan Tanjung Batu sekitar 3 jam.

Setelah sampai di pelabuhan Tanjung Batu, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan Speed Boat ke pulau Derawan. Tarif Speed Boat sekitar Rp 150.000,- per orang, lama perjalanan kira-kira 15 menit. Ssstt.. harga sewa speed boat ini bisa jadi lebih murah loh, kalau kita pandai menawar. Temenku bahkan bisa sampai Rp 75.000 saja.


Alternatif  ke dua selain menggunakan rute pesawat ke Berau, yaitu menggunakan rute pesawat ke Tarakan. Nah, enaknya, sudah ada pesawat langsung ke Tarakan, tidak transit dulu. Tapi sayangnya, untuk menuju Derawan dari Tarakan, hanya ada satu hari saja dimana tersedia speed boat untuk menyebrang ke pulau Derawan, yaitu di hari Jum'at. Tarifnya sekitar Rp 200.000-250.000,- dan lama perjalanan laut sekitar 3 jam.

Alternatif ke-3 adalah menggunakan pesawat langsung ke Maratua. Tapi, sama seperti di atas, speedboat dari pulau Maratua menuju Derawan sangat jarang.

So, dari ke-3 alternatif itu, saya pribadi sangat menyarankan untuk menggunakan alternatif pertama, karena ketersediaan transportasi umum nya terjamin.

Penginapan di Pulau Derawan
Kalau kamu tipe backpacker saat travelling, jangan khawatir jika ingin berlibur ke pulau Derawan. Penginapan di sini terhitung murah, jika dibandingkan dengan penginapan di Bali atau di Raja Ampat.

Banyak sekali homestay yang menawarkan rate kamar mulai dari Rp 100.000,- per malam. Homestay ini letaknya juga rata-rata di bibir pantai. Jadi, bisa lihat pemandangan sunrise dan sunset deh dari beranda kamar. Asyik ya.

Selain homestay, di sini juga tersedia resort dengan harga sekitar 1 juta rupiah.

Pemandangan Sunset dari beranda Homestay
Wisata Pulau Derawan
Di pulau Derawan ada apa sih?

Bagi kamu yang suka banget sama wisata pantai, Derawan bisa jadi alternatif buat destinasi liburan kamu. Pantai nya masih bersih. Warna air lautnya juga hijau kebiruan. Pemandangan pantai yang masih perawan di Derawan dijamin bikin feed instagram kamu makin bagus deh!

Menurut teman kerja yang sudah pernah dipelak dan dijadikan tumbal proyek oleh kantor selama 2 bulan di sana sih, wisata paling menonjol adalah wisata bawah laut dan biota serta ikan laut nya.




Wisata bawah laut yang bisa dijumpai yaitu terumbu karang nya yang masih terjaga. Denger-denger, terumbu karang di pulau Derawan ini terumbu karang terbaik ke-dua setelah Raja Ampat. Selain terumbu karang, kita juga bisa menjumpai ubur-ubur. Kedalaman lautnya lumayan dangkal, hanya 4 meter saja (tapi lumayan dalem buat yang ga bisa nyelem mah, wkwk).

Selain keindahan bawah lautnya, kita juga bisa menyaksikan proses penetasan telur-telur penyu lutju. Keberadaan penyu di pulau Derawan dilindungi oleh pemerintah setempat, makanya tak heran jika nanti saat berwisata ke pulau Derawan, kita akan melihat banyak penyu yang muncul ke bibir pantai untuk bertelur. Penyu yang ada di Derawan jenis nya penyu hijau dan penyu sisik. Ukurannya besar-besaaar..

Sedangkan untuk ikan laut yang paling populer di Derawan yaitu ikan baronang, ikan kakap merah, dan ikan kerapu.

Penyu di pulau Derawan. Foto: www.mimpideluna.blogspot.com
Menjelajahi Pulau Lain Sekitar Derawan
Biar cerita travelling nya makin asyik, kalau ke Derawan sekalian aja menjelajah gugusan pulau lainya seperti pulau Maratua dan pulau Kakaban. Cara yang paling efektif dan efisien adalah dengan menyewa speed boat. Di sini lah jurus tawar menawar kita diuji. Aku kasih bocoran harga, sewa speed boat untuk menjelajahi 3 pulau ini sekitar Rp 250.000,-.

Harga ini akan lebih hemat lagi jika kita membawa partner travelling. Satu speedboat muat untuk 5 orang, jika harga total sewa speedboat dibagi 5 orang, tentu biaya per orang nya bisa jadi lebih murah kan?

Nah, itu dia beberapa tips dan gambaran umum tentang pulau Derawan yang eksotis.

Semoga bermanfaat ya. Kalau kalian punya tips atau cerita lain tentang pulau Derawan, boleh dong share di kolom komentar..


Share with your friends

46 comments

  1. Belum pernah ke Derawan, pengen banget suatu saat bisa ke sana. Dulu pas ada tugas ke Tarakan nggak bisa mampir ke sana, karena waktunya nggak pas. Untuk mengobati kekecewaan, makan kepiting aja sepuasnya di rumah makan Derawan. Yang penting udah dapat kata Derawan hehe...

    ReplyDelete
  2. Masya Allah, Pulau Derawan memang sangat eksotis. Kalau saya punya rezeki lebih, saya juga ingin berkunjung ke sana, dan tentunya saya memilih perjalanan udara. Enggak bisa ngebanyangin gimana rasanya perjalanan laut dari Jakarta - Balikpapan. Homestay di sana juga termasuk murah ya, dimulai Rp 100rb an sudah bisa menginap. Semoga bisa nih segera liburan ke Pulau Derawan. Aamiin...

    ReplyDelete
  3. Berarti mending Dari Berau ke Derawan ya. Kalau lewat Tarakan buat yang pake travel agent keknya, cepet Naik speed boat. Btw, kalau homestay gitu termasuk makan atau beli lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu disediain sarapan aja sih mak, sarapannya roti dan kopi aja tapi, hihi. Kalau masih kurang kenyang kayanya memang harus beli nasi, hehe

      Delete
  4. Saya pernah via Berau...perjalanan dari berau ke penyebrangan gak terlalu bagus waktu itu, tapi begitu lihat laut dan ke penginapan...wah, seneng banget, rasa capek hilang seketika...baca artikel ini jadi kangen ke sana

    ReplyDelete
  5. Aku jadul banget baru tau ada pantai secantik ini pantai derawan...pantainya bersih banget...cucok buat wisata nanti

    ReplyDelete
  6. Wah....bermanfaat banget ini mbak. Selama ini gak kebayang gimana caranya ke Derawan kalo gak pake agen tur. Baca ini jadi ngerti deh, bisa ternyata ke sana tanpa jasa agen tur.

    ReplyDelete
  7. Catet! Aku juga penasaran sama Derawan. Lautnya kan masih asli gitu. Cuma ke sananya emang agak PR ya Mbak

    ReplyDelete
  8. Pantainya bersih ya mba, aku suka lihat air laut yang warnanya hijau gitu. Membentang jauh sampai batas cakrawala, dan seakan menyentuh langit. Kece banget view-nya Derawan ya mba

    ReplyDelete
  9. Belum pernah ke sana, tapi sudah sering dengar/mbaca tentang cantiknya pulau derawan. Pantainya masih bersih banget yaa.... Ah, semoga ada kesempatan ke sana

    ReplyDelete
  10. Waduh bagus banget. Aku belum pernah kesana. Tapi kami biasanya kalau liburan dalam & luar negeri nggak pakai travel agent, juga nggak mau backpackeran. Tetap budget travelling tapi nggak mau backpackeran. Hehheee. Orangnya gampang masuk angin.

    ReplyDelete
  11. wah cantik banget ya derawan ini mbak. Tapi sayang kami sesama kalimantan tapi harus ke pulau jawa dulu untuk bisa mengunjunginya. Makanya sedih ya infrastruktur di Indonesia ini masing kurang merata. Kalau bisa langsungkan biayanya jauh lebih murah

    ReplyDelete
  12. Aku belum pwrnah ke pulau Derawan mba.. indah sekali yaa lautnya masih asri.. kapan2 boleh nih dicoba..

    ReplyDelete
  13. Indah sekali Pulau Derawan ya mak.. masyaa Allah, aku tuh lebih prefer liburan di gunung ketimbang pantai, tapi kalo liat pantainya begini tetep aja suka

    ReplyDelete
  14. Indah banget pulau Derawan ini, lautnya bening dan ada masih ada penyu berkeliaran bebas. Asri. Menurut ku rute pertama lebih aman

    ReplyDelete
  15. Aku belum pernah pakai jasa travel agent yang murni gitu sih, paling minta bantuan teman di beberapa lokasi aja biasanya teman blogger juga yg sudah mengerti. Aku belum pernah bakcpakeran juga apalagi kl bawa anak-anak.
    Wah bagus banget ya Derawan, pingin banget ke sana nanti kapan-kapan.

    ReplyDelete
  16. Nama pulaunya bunda baru tau dari postingan ini. Indahnya pulsu Derwan. Izin share linknya buat anak bunda, bolehkah.

    ReplyDelete
  17. Suka banget sama foto-fotonya.

    Impianku ke Derawan tahun ini..ternyata nggak mahal seperti dugaanku dan transportasinya mudah. Untuk ombaknya sepertinya aman juga ya mba?

    ReplyDelete
  18. Bagus banget mba. Aku belum pernah ke sini. Homestay juga murah ya. 100 ribuan aja semalam.

    ReplyDelete
  19. Wah bisa jadi referensi aku nih ke Pulau Derawan.
    Wkt travel fair aku rencana pgn kesini sama keluarga, cuma msh bingung antara brgkt sendiri atau pakai travel.

    ReplyDelete
  20. Klo sy lbh senang pake agen travel jadi tinggal.duduk manis heheh

    ReplyDelete
  21. Aku belum pernah ke derawan tapi tips mbak afifa bermanfaat banget nih,siapa tahu suatu hari nanti aku pingin solo traveling ke sana

    ReplyDelete
  22. aduh lihat birunay air jd punya harapan bisa ke sana

    ReplyDelete
  23. Belum pernah ke Derawan, tapi bisa jadi acuan nih jika ke sana. Wow... Penyu... liat penyu bertelur...hehehe

    Bdw, pemandangannya bagus, penginapannya murah yaaa :)

    ReplyDelete
  24. wah jadi gak perlu jauh-jauh nih ke rajaampat di Derawan udah bagus banget nih seperti ini. airnya masih jernih ya teh

    ReplyDelete
  25. Baru tau sekarang derawan ada spot fotonya dengan patung lumba2 itu. Memang di sana jg bisa liat atraksi lumba-lumba di alam bebas lho, tp jika beruntung 😊

    ReplyDelete
  26. Aku ke Balikpapan sudah tapi belum cobain nyebrang ke Derawan. Itu lautnya masya Allah warna biru nya bikin segar mata

    ReplyDelete
  27. Indah banget ya pemandangannya, cocok buat destinasi liburan dan menurutku lebih seru backpacker-an sih ya kalau liburan di pulau gini, biar lebih bebas eksplor semuanya hehe

    ReplyDelete
  28. wah bersih amat ya lautnya :) semoga kapan-kapan bisa ke pulau Derawan juga untuk menikmati keindahannya

    ReplyDelete
  29. Dimana-mana tetep koentjie-nya adalah tawar menawar ya hehe, tapi disana engga kesulitan soal bahasa kan mba? Aku tuh selalu takut karena itu hehehe

    Oh ya makasih ya infonya cukup jelas :)

    ReplyDelete
  30. Eny pengen banget ke Derawan padahal gak jauh loh sama2 dikalimantan kak tapi blm pernah kesana hhe

    ReplyDelete
  31. reviewnya lengkap beb.. bisa jadi referensi aku kalo mau ke Derawan. btw itu yang bisa bersua sama lumba-lumba so lucky ya

    ReplyDelete
  32. Bole banget jadi rekomendasi nih kak yang wisata pulau derawan ini. Apalagi aku suka destinasi pantai gitu~

    ReplyDelete
  33. Duh bagus amat siih alam nya. Pengen traveling sambil refreshing deh kesana. Trs coba naik speed boat. Btw temen nya pinter banget nawar sampe set harga wkwkwk

    ReplyDelete
  34. Baru tau ada pulau yang namanya Derawan.. Jadi pengen kesana deh.. Jernih banget air lautnya.. Pemandangannya pun baguuus.. :O

    ReplyDelete
  35. Ternyata ga susah ya pergi sendiri tanpa tour hehehe. Kita juga dikasih kebebasan untuk eksplorasi lebih banyak. Jadi pengeeen.

    ReplyDelete
  36. Aku belum pernah kesini, tapi tempatnya bagus banget yaa pasti cocok nih buat liburan melepas penat atau bulan madu gitu yaa hehe

    ReplyDelete
  37. Pulau derawan bagus banget, dan aku baru tau soal pulau ini, sebelimnya belum pernah denger huhu, lautnya bersih dan indah banget yaa, kalo aku sebenernya lebih suka backpaker krna lebih bebas hehe

    ReplyDelete
  38. Langit dan lautnya cantik banget, bersih semua. Suamiku pernah ke Derawan dan dia pingin balik lagi ajak aku, tapi nggak berani naik boat gitu hahahaah

    ReplyDelete
  39. I have been wanting to come down here, and I bet it’s so wonderful. I can’t wait to go diving the lake and see the stinglessjellyfish. Thanks for the tips

    ReplyDelete
  40. Keindahan pantai pulau Derawan ini memang menggoda buat didatangin ya. Pengen bisa main ke sini sama suami aja, kalau ajak anak kebayang ribetnya di perjalanan yang panjang hehehe
    Btw makasih tips dan infonya ya

    ReplyDelete
  41. Udah lama denger keindahan pulau Derawan, mudah2an dalam waktu deket bisa terealisasi nih mba

    ReplyDelete
  42. oke fiks besok solo travel ke sini. keren banget tempat n indah banget

    ReplyDelete
  43. masya Allah tabarakallah derawan ini adalah salah satu tempat yang ingin sekali aku kunjungi sudah lama sekali pengen ke sini tapi belum kesampaian

    ReplyDelete
  44. enaknya bisa ke derawan mba, aku pengen banget ke sana ga pernah kesampean... airnya bersih banget :)

    ReplyDelete
  45. wahh Pulau Derawan indah ya Bun

    ReplyDelete

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Maaf komentarnya aku moderasi. Jangan beri komentar anonim atau menyantumkan link hidup ya, karena akan otomatis terhapus ^^

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done