Semangat MengASIhi dengan Botol ASI dari Vitaflow Baby

botol asip kaca atau plastik

Beberapa waktu lalu, saya pernah menulis tentang perlengkapan menyusui yang harus dimiliki oleh ibu bekerja. Ya, karena ASI adalah hak setiap anak, sehingga meski ditinggal bekerja, seorang ibu tetap bisa memberikan ASI kepada anaknya. Dan, salah satu perlengkapan yang saya tulis di artikel itu adalah wadah penampung ASI.

Selama ini sih saya selalu pakai kantong ASI plastik. Alasannya yaa biar ga ribet aja hehe. Tapi, pemakaian plastik sekali pakai itu bikin sampah plastik jadi makin banyak sih ya.

Nah, beberapa minggu belakangan ini, saya coba botol ASI plastik dari Vitaflow Baby. Daan, di artikel ini saya akan review botol penampung ASI dari Vitaflow Baby ini. Gimana sih bentukannya? Materialnya dari apa? Apa saja keunggulannya? Berapa harga botol penampung ASI Vitaflow ini? Simak terus ya.

Sekilas tentang Vitaflow Baby



Mungkin beberapa dari kita ada yang baru mendengar brand Vitaflow Baby ini, termasuk saya. Saya baru tahu brand Vitaflow Baby ini sekitar 1 tahun terakhir ini. Anyway, saya juga pernah sih, coba salah satu produknya, yaitu kantong ASI nya.

Ternyata Vitaflow Baby ini sudah ada sejak tahun 2017. Produk pertama yang ditawarkan oleh brand ini adalah botol penampung ASI dan kantong penyimpan ASI reguler 100ml. Vitaflow Baby sendiri adalah brand asal Indonesia yang menawarkan produk perlengkapan dan perawatan kesehatan ibu dan bayi.

Vitaflow sendiri memiliki arti, yaitu "vita" yang berasal dari kata "vital", atau sesuatu yang penting, dan "flow" artinya aliran. Jadi, jika digabungkan, Vitaflow berarti "aliran yang penting". Aliran penting yang dimaksud tak lain adalah air susu ibu alias ASI.



Botol Penampung ASI Vitaflow



Kalau dulu saya pernah pakai kantong ASI nya, sekarang saya coba pakai botol penyimpan ASI nya. Botol penyimpan ASI dari Vitaflow ini terbuat dari plastik dengan material polypropylene (PP) yang sudah BPA free.

Sepengetahuan saya, material polypropylene ini aman digunakan berulang kali tanpa khawatir resiko kesehatan yang terjadi dan cukup tangguh di suhu rendah maupun suhu tinggi. Senada dengan hal ini, Vitaflow Baby juga mengklaim bahwa botol ASI ini aman digunakan baik di suhu rendah, yaitu saat disimpan di freezer, atau di suhu tinggi, yaitu saat dihangatkan di bottle warmer. Botol ASI Vitaflow Baby bahkan sudah lolos uji kestabilan di suhu tinggi hingga 160℃.

Botol ASI Vitaflow punya 2 varian kapasitas, yaitu ukuran 60ml dan 140ml. Jadi kita bisa pilih sesuai kebutuhan. Entah itu kebutuhan minum bayi, atau berdasarkan hasil perah. Kan beda tuh ya, kebutuhan minum bayi usia newborn dengan bayi usia 6 bulan ke atas.

Botol ASI Vitaflow ini juga ga polos. Bagian wadahnya memang transparan, tapi memiliki motif. Untuk motifnya sendiri, dia punya 2 varian motif, yaitu animal series dan sky series. Saya suka motif keduanya, gemes banget, jadi semangat buat pumping ASI.

botol asi plastik


Botol Vitaflow, Botol ASI yang Multifungsi


Vitaflow botol susu ini multifungsi, jadi dia punya 3 fungsi praktis gitu.


Pertama, storage mode, yaitu sebagai botol penyimpan ASI.


Kedua, pumping mode. Botol ini bisa dipadukan dengan pompa ASI yang memiliki ukuran leher atau ukuran ulir yang standar. Cuma sayangnya, pompa ASI yang saya punya ukurannya lebih besar dari botol ASI Vitaflow.


Ketiga, feeding mode. Botol ASI Vitaflow bisa langsung dipasangkan dengan dot, tentunya dengan ukuran leher dot yang sama. Jadi praktis nih, setelah dipanaskan, botol ASI ini bisa langsung dipakai untuk menyusui. Sangat meminimalisir drama tumpah-tumpah saat memindahkan ASI ke dot.


Dan, plus nya lagi, botol ASI Vitaflow ga cuma berfungsi untuk menyimpan ASIP. Kalau si bayi sudah 6 bulan, botol ini bisa juga dimanfaatkan untuk menyimpan MPASI si kecil. Saya paling suka nih yang kaya gini, soalnya jadi nambah masa pakai barang, alias barangnya kepake lama.

botol asi multifungsi


Review Kelebihan dan Kekurangan Botol ASI Vitaflow Baby



Setelah pemakaian kurang lebih seminggu, ada beberapa hal yang jadi kelebihan dari botol ASI Vitaflow Baby. Kelebihan ini bisa jadi pertimbangan untuk mencoba botol ASI dari Vitaflow.


Pertama, dari segi bahan. Bahannya yang terbuat dari plastik bikin saya merasa aman. Lokasi tempat saya bekerja itu jaraknya sekitar 16 KM dari tempat tinggal. Agak riskan membawa ASI perah ke dalam wadah selain plastik dengan jarak se jauh ini. Tapi dengan botol ASI dari Vitaflow, saya jadi ga khawatir botol ASI yang saya bawa pecah karena terguncang selama perjalanan. Bahan nya yang terbuat dari polypropilene juga aman digunakan berulang kali, jadi meminimalisir sampah plastik.


Ke dua, multifungsi dan praktis. Begitu ASIP selesai saya hangatkan, saya tinggal mengganti tutupnya jadi dot. ASI perah siap diminumkan ke bayi.


Ke tiga, tetep tangguh dan oke di berbagai rentang suhu. Mau disimpan di freezer, atau dipanaskan, ga ada masalah. Ini juga jadi menjawab keraguan saya untuk menyimpan asi di botol kaca atau plastik.


Ke empat, penutupnya berupa ulir. Jadi lebih rapat dan ga bocor. Beda dengan botol asi yang tutupnya dari karet. Suka ngalamin ga sih, tutup karetnya tiba-tiba ilang, mental karena tekanan dari dalam botol waktu disimpen di freezer?

Ke lima, untuk botol ASI ukuran 60 ml, bisa ditumpuk, jadi bisa memaksimalkan space di freezer. Meski saya ga tahu sih, botol ini boleh ditumpuk atau engga, hehe.

Ke enam, motifnya lucu dan gemes. Beneran deh, motif sky series dan animal series ini bikin aku semangat banget buat pumping.

botol asi vitaflow animal series

botol asi plastik 60ml

Sementara, untuk kekurangannya saya rasa cuma satu, yaiu di bagian mencuci. Bekas lemak di bahan plastik itu biasanya lebih menempel. Tapi ga masalah banget sih, karena sekarang kan udah banyak pencuci botol dan peralaan bayi yang ampuh angkat lemak, food grade pula.

Tempat Membeli dan Harga Vitaflow Botol ASI


Kalau di masa pandemi gini, paling aman belanja online aja udah. Botol ASI Vitaflow bisa dengan mudah ditemukan di online marketplace Shopee. Harganya juga menurut saya sangat terjangkau, mulai dari 60 ribu-an saja.

Jujur saya sangat merekomendasikan botol ASI dari Vitaflow sebagai "alat perang" yang harus ada buat ibu menyusui. Untuk dijadikan kado ke sahabat atau anggota keluarga tersayang nya juga cocok.

Related Posts

29 comments

  1. Makasih udah direview kelebihan dan kekurangan botol vitaflow ini. Bagus-bagus dari segi warnanya juga. Memang ASI sangat penting untukmasa pertumbuhan bayi.

    ReplyDelete
  2. Semoga ananda mendapat ASI sampai waktunya menyapih. Vitaflow botolnya bagus motifnya dengan 3 fungsi. Simple jadinya

    ReplyDelete
  3. Ternyata nggak boleh sembarangan memilih bahan botol penampung ASI ya? Minimal harus terbuat dari plastik material polypropylene (PP) yang sudah BPA free. Soalnya botol ASI itu kan dipakai terus berulang kali, jadi harus pilih bahan yang aman. Contohnya kayak produk dari Vitaflow ini.

    ReplyDelete
  4. Duh liat botolnya unyu jadi inget masa2 bangun bikinin susu tengah malem buat anak-anak. Botolnya vitaflow ini lucu2 ya mbak

    ReplyDelete
  5. memiliki kualitas bagus Botol ASI Dari Vitaflow Baby dan higienis membuat ini jadi pilihan ibu menyusui ya kak, apalagi kalau memang mudah dibersihkan. Pilihan banget sih ini

    ReplyDelete
  6. Waah noted banget mbak, ternyata botol asi sekrusial itu ya untuk busui. Aku jadi terinspirasi untuk ngasih kado botol seperti ini untuk temen temen yang otw lahiran hihi

    ReplyDelete
  7. Botol asi Vitaflow sangat mulitifungsi ya, Mbak. Jadi bisa dipakai beragam kebutuhan seputar ASI. Gambarnya juga lucu-lucu, jadi menarik anak-anak. Harganya juga masih terjangkau 60 ribu.

    ReplyDelete
  8. wah iya mbak, sebagai ibu bekerja kan butuh ya botol asip untuk tetap bisa memberikan asi kepada anaknya

    ReplyDelete
  9. Wah ini sih praktis banget
    12 tahun yang lalu saat saya masih menyusui belum ada botol praktis begini deh
    Jadi tiap habis merah ASI, pindahin lagi ke botol-botol penampungan, lalu saat mau diminum pindahin lagi ke botol dot ASIP. Jadi rempong. Enak nih kalau ada yang praktis begini

    ReplyDelete
  10. Ibu jadi lebih tenang untuk memberikan ASI perah kalau botolnya seperti Vitaflow ya...
    Bahannya aman dan tahan pecah, serta tangguh di berbagai rentang suhu.

    ReplyDelete
  11. wah baca tulisan in bikin aku inget masa2 menyusui bayi2ku duluu.. ngangenin bangeettt. dan memang soal manajemen per ASI an dan milih2 botol ASI itu penting

    ReplyDelete
  12. Praktis sih ya. Enggak perlu tuang2. Asip udah bisa langsung disimpan. Motifnya juga lucu2.

    ReplyDelete
  13. Artha Nugraha Jonar1 August 2021 at 06:05

    Wah benar bisa untuk kado ini. Botol asi sangat membantu buat menyimpan asi. Memang mending memberikan asi daripada susu formula. dengan botol asi, kepraktisannya bisa didapat juga.

    ReplyDelete
  14. Salam kenal mba afifah, blognya lucu lhoo, suka banget sama headernya hehe.
    Btw ngomong2 soal botol asi memang gabisa sembarangan yaa. Saya dulu juga sempat pakai botol ASI. Bisa nih vitaflow jadi kado buat bumill :))

    ReplyDelete
  15. Wah asyik,, bisa dibuat dot juga.

    Jadinya, kalau mau cuci botol vota glow ini. Seperti botol susu pada umumnya ya kak?

    ReplyDelete
  16. Tantangan sebagai ibu bekerja di luar rumah itu sesuatu banget. Kita mesti mempersiapkan ASI Perah setiap harinya. Pumping terus dah. Hahaha

    Saya juga sedang merasaka bal itu.

    Pilihan bagus nih pakai botol Vita Flow untuk menampung hasil ASI Perah.

    Harganya terjangkau banget.

    ReplyDelete
  17. Buat busui sangat bermanfaat pastinya, apalagi botolnya dipanaskan maupun dalam keadaan dingin gak masalah. Bisa buat rekomendasi jadi kado juga nih

    ReplyDelete
  18. Sekarang banyak ya brand yang mendukung ASI kaya Vitaflow Baby ini, Dulu kayanya belum ada. Sekarang kantong asi bagus-bagus bentuknya juga jadi lebih semangat lagi MengASIhi nih. Oh Vitaflow Baby adanay sejak tahun 2017 ya, terakhir aku menyusui tahun 2012 :)

    ReplyDelete
  19. Wah terbantukan banget nih para Moms yg lagi menyusui. Botol ASI Vitaflow bisa buat tempat ASI yang habis diperah. Jadi lebih aman ya mba buat nyimpan...

    ReplyDelete
  20. Wah jadi throwback ke masa masa menyusui dulu.. kalau aku dulu lebih sering pakai plastic bag karena lebih praktis. Karena dulu kan tahunya kalau nggak platic bag ya botol kaca, hehe.. tapi sekarang ada botol asi vitaflow ya..

    ReplyDelete
  21. Vitaflow sendiri memiliki arti, yaitu "vita" yang berasal dari kata "vital", atau sesuatu yang penting, dan "flow" artinya aliran. Jadi, jika digabungkan, Vitaflow berarti "aliran yang penting". Aliran penting yang dimaksud tak lain adalah air susu ibu alias ASI.

    ternyata maknanya dalem juga yah.......aliran yang penting

    ReplyDelete
  22. Langsung salfok sama desain botolnya yang ngegemesin banget. Jadi bikin ibu semangat pumping deh. Dulu zaman saya menyusui adanya botol-botol yang polosan aja. Kalau ada gambar-gambar ini jadi lebih happy aja gitu lihatnya ^^

    ReplyDelete
  23. Iya nih, harus pake botol yg bagus buat asi
    Apalagi asi dan bayi kan sensitif ya, treatmentnya agak khusus
    Maka harus oakai botol asi yg benar2 bagus kualitasnya

    ReplyDelete
  24. itu motifnya lucu banget sih Mbak, ukurannya juga pas ya tuk sekali sesi pumping masuk ke dalam botol itu, jadi semangat pumping dong ya Mbak dan tentu aman dibawa perjalanan yang lumayan tuh 16km, kalau kelamaan dalam freezer juga pake botol kaca bisa retak, saya pernah gitu, rasanya nyesek banget, padahal itu baru berapa hari dalam freezer :(

    semangat mengASIhi ya Mbak :)

    ReplyDelete
  25. Iiih, botolnya lucu bangeeet. Kayaknya bisa nih buat kado ke temen-temen yang baru lahiran atau sepupu karena memang harganya terjangkau dan kualitasnya jempolan

    ReplyDelete
  26. Sama banget mba aku kemaren waktu beli prlengkapan menyusui juga beli yang mrek vitaflow ini, dan alhamdulillah kepake bgt. Rekomended sih

    ReplyDelete
  27. Aku punya dua keponakan yang baru lahir ama 7 bulan. Rekomendasi banget ini sih mbak buat aku, bisa buat kado juga karena botolnya sangat rekomended

    ReplyDelete
  28. Suka ih jatuhnya multifungsi ya karena nanti bisa digunakan lagi untuk tempat MPASI, cocok bgt untuk orang yg males ribet krn barang ga efisien. Ketje ini botol asi vitaflow, bagus juga nih buat ide kado lahiran temen :D

    ReplyDelete
  29. waaah aku harus nih rekomendasiin ketemen2 aku yg lagi hamil
    harus juga aku masukin ke list belanja
    makasih kak rekomendasi botol asi nya

    ReplyDelete

Post a Comment