Review Dr.Browns Deluxe Bottle Warmer and Sterilizer, Menghangatkan ASIP dan Sterilisasi Botol dalam 1 Alat

penghangat asip



Masa cuti melahirkan saya sudah mau habis. Sudah saatnya saya mempersiapkan "alat perang" agar saya tetap bisa mengASIhi meski saya bekerja. Pompa ASI sudah ada (makasih banyak teh Herva), kantong ASIP sudah, cooler bag juga sudah. Nah, satu lagi yang harus ada, yaitu bottle warmer atau penghangat ASIP.


Kebetulan sekali, Dr.Browns mengeluarkan produk baru, yaitu Dr. Browns Deluxe Bottle Warmer and Sterilizer. Saya sudah coba menggunakan alat ini selama kurang lebih seminggu. Nah, di sini saya akan kupas tuntas review dari Dr. Browns Deluxe Bottle Warmer and Sterilizer.

Sekilas Tentang Dr. Browns Deluxe Bottle Warmer and Sterilizer



Dulu, waktu anak pertama saya masih bayi, metode yang saya lakukan untuk menghangatkan ASIP adalah dengan cara merendamnya di air panas. Eh tapi ternyata, cara tradisional ini kurang baik bagi kualitas ASIP. Kenapa? Karena, kita tidak tahu berapa suhunya. Jangan-jangan, lebih dari 40℃. Sementara, kualitas ASIP akan rusak apabila ASIP dihangatkan di suhu lebih dari 40℃.

Tak ingin kejadian yang sama terulang, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan bottle warmer untuk memanaskan ASIP. Akhirnya saya putuskan untuk mencoba Dr. Browns Deluxe Bottle Warmer and Sterilizer. Produk terbaru dari Dr.Browns yang 2in1. Alat ini tidak hanya berfungsi untuk menghangatkan ASIP saja, tapi juga untuk mensterilkan botol susu.

Spesifikasi dan Fitur



Dr. Browns Deluxe Bottle Warmer and Sterilizer memiliki dimensi kurang lebih 15cm x 20cm x 30cm. Daya listrik yang dibutuhkan sebesar 500watt. Alat ini terdiri dari beberapa bagian utama, yaitu; main body, basket, basket riser, cover, water reservoir, LED display, dan 6 tombol panel. Tak hanya itu, ia juga dilengkapi 2 storage cup untuk menutup botol wide neck dan narrow neck saat proses pemanasan.


Setelah melihat bentuk fisik dari Dr. Browns Deluxe Bottle Warmer and Sterilizer ini, saya sudah merasa kalau alat ini memiliki banyak kelebihan. Kalau dibandingkan dengan produk sejenis, bagi saya bottle warmer dari Dr. Browns punya banyak fitur premium.

Pertama, dari segi display yang terbuat dari monitor LED. Ini sangat memudahkan saya untuk mengoperasikan alat ini. Jangankan saya, orang awam pun akan sangat mudah dilatih menggunakan alat ini.



Kedua, penghangat ASIP ini canggih. Saya rasa engineer dari Dr. Browns sudah memikirkan bahwa ASIP dikemas dalam wadah yang berbeda dan disimpan pada suhu yang bebeda pula. Nah, alat ini dirancang agar dapat digunakan oleh bermacam jenis botol susu, ukuran botol, maupun temperatur asalnya.

Kecanggihan lainnya adalah dengan adanya alarm dan auto shut off. Jadi begitu proses pemanasan atau steril selesai, mesin akan otomatis mati untuk menghindari pemanasan yang berlebihan. Reservoir air nya juga besar, sehingga dapat digunakan untuk beberapa kali pemanasan.
Dr.Browns Deluxe Bottle Warmer and Sterilizer

Cara Menghangatkan ASIP Menggunakan Dr. Browns Deluxe Bottle Warmer and Sterilizer



Tiap kali saya pumping, saya kemas ke dalam 2 jenis kemasan. Kadang saya menggunakan botol kaca, kadang juga saya menggunakan kantong ASIP plastik. Kemudian biasanya saya langsung simpan di freezer.

ASIP beku yang saya simpan di freezer, saya turunkan ke lemari pendingin bagian bawah. Saya biarkan semalaman agar ASIP mencair.

ASIP yang sudah mencair lalu saya pindahkan ke dalam botol dot. Bagian nipple nya saya buka dan saya ganti dengan storage cap yang disediakan Dr.Browns. Lalu saya masukkan ke dalam basket.

Selanjutnya adalah, menyalakan mesin dengan menekan tombol power. Kemudian saya atur temeratur awal dan volume ASIP yang akan dihangatkan. Penting banget ya moms, setting dua hal ini karena akan berpengaruh pada lama pemanasan agar nutrisi dalam ASIP tidak rusak.

Pertama-tama, saya tekan tombol gambar temperatur untuk mengatur waktu pemanasan sesuai dengan suhu awal. Saya set di temperatur lemari pendingin.

Kemudian saya tekan tombol bergambar botol untuk mengatur volume ASIP dan material botol. Satuan volume yang dipakai Dr. Browns Bottle Warmer and Steriliser adalah OZ. 1 OZ kurang lebih berisi 30ml.

Setelah semua saya set, saya tekan tombol start. Timer akan langsung bekerja.

Begitu alat ini bekerja, kita bisa tinggal begitu saja. Tidak perlu khawatir lupa mematikan, karena sudah dilengkapi auto shut off. Saat pemanasan selesai, alat ini akan langsung mati.

Cara Sterilisai Botol Menggunakan Dr. Browns Deluxe Bottle Warmer and Sterilizer



Kita bisa melakukan sterilisasi botol dengan 3 langkah mudah saja.

Pertama, pisahkan kompnen botol dan masukkan botol bayi ke dalam basket. Posisikan leher botol menghadap ke bawah.

Setelah itu, tekan tombol power.

Tekan tombol bergambar temperatur, dan set di waktu 06:00 atau 6 menit. Tekan tombol start, dan selesai. Bisa kita tinggal.

Oh ya, harap berhati-hati saat melakukan steilisasi, karena cukup panas. Jadi kalau saya pibadi, setelah proses steril selesai, saya diamkan dulu 1-2 emnit agar panas nya berkurang. Baru deh setelah itu saya ambil botol nya.

Kesimpulan



Secara keseluruhan, alat ini sangat membantu. Cocok banget untuk seorang ibu bekerja. Ditambah lagi, fitur-fiturnya canggih. Jadi buatku harga Dr. Browns Deluxe Bottle Warmer and Sterilizer ini sebanding dengan fiturnya.

Satu-satunya kekuangan dai alat ini cuma panjang kabel nya. Saya rasa kabel nya terlalu pendek, jadi alat ini harus disimpan dekat-dekat dengan socket plug/colokan listrik.

Related Posts

Post a Comment