Simak Tips Ini Dulu Yuk Saat Dekorasi Rumah Agar Makin Betah!

tips desain interior rumah


Setahun sudah kita menjalani aktivitas dengan pola adaptasi kebiasaan baru, dimana kebanyakan aktifitas dikerjakan di rumah. Mulai dari bekerja, sekolah, bahkan beberapa urusan sehari-hari pun dikerjakan secara daring dan bisa dilakukan di rumah.

Setelah sekian lama terus berada di rumah, pasti banyak kan yang merasa jenuh. Bahkan mungkin ada yang mengalami gelisah, emosi tidak stabil, susah tidur, sulit konsentrasi dan berbagai macam emosi negatif lainnya.


Mengutip dari Very Well Mind, kemungkinan besar emosi negatif ini adalah gejala dari cabin fever. Cabin fever adalah kumpulan reaksi dari emosi negatif karena seseorang terisolasi dalam jangka waktu yang lama.

Cabin fever bisa banget diatasi lho. Caranya bisa dengan melakukan beberapa hal yang positif dan kreatif. Bisa dengan berolahraga, berkebun, atau mungkin mendekorasi rumah agar tetap betah di rumah.

Nah, bagi yang punya niatan untuk mendekorasi rumah, simak terus ya artikel ini sampai selesai.

Baca Juga: Desain Scarf Hijab Anti Ribet

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mendekorasi Rumah

Supaya dekorasi rumah kita semakin ideal dan sesuai dengan yang diharapkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
  • Fungsi ruangan, ruangan ini akan digunakan untuk apa?
  • Mengapa ruangan ini penting
  • Nuansa atau suasana apa yang ingin dihadirkan
  • Skala kompleksitas dekorasi rumah
  • Apakah perlu jasa kontraktor, atau dikerjakan sendiri
  • Wawancara beberapa kontraktor dan cari  tahu rekam jejak dan biayanya
  • Tetapkan budget dan buat akun pengeluaran khusus
  • Tetatpkan penjadwaln dan checklist peralatan
  • Sebelum mulai, bersihkan, rapihkan, dan buang barang yang tidak perlu

Tips Memilih Kombinasi Warna



Kegiatan mendekorasi rumah terutama ruangan, tentu tak lepas dari hal pemilihan warna. Menurut Endy Nahya, seorang desainer interion Nippon Paint Indonesia, warna pada ruangan dapat memengaruhi psikologi dan suasana hati penghuninya.

Oleh karenanya, memilih kombinasi warna adalah hal yang penting agar tercipta keserasian atau kombinasi yang harmonis.

Untuk kombinasi pemilihan warna sendiri, kita dapat menggunakan warna primer (warna pokok) dan warna sekunder (campuran warna pokok). Seperti contoh berikut:
kombinasi warna ruangan

Tips Pemilihan Warna Interior Disesuaikan dengan Furnitur yang Ada

Ketika kita sudah terlanjur memiliki furnitur dengan berbagai macam kondisi warna, maka alangah lebih baik jika pemilihan warna interior menuruti saran berikut:

1. Furnitur Dominan Warna Terang


Pemlihan warna interiror paling mudah dilakukan saat furnitur yang kita punya memiliki dominan warna yang terang. Furnitur dengan warna yang terang bisa dipadukan dengan berbagai macam warna, baik itu warna bright atau soft.

Agar kombinasinya semakin harmonis, ambil salah satu bidang untuk diaplikasikan warna yang lebih gelap agar tidak monotn.

2. Furnitur Dominan Warna Gelap


Jika kita memiliki furnitur dengan warna yang cenderung didominasi oleh warna gelap, sebaiknya langit-langit dan lantai berwarna terang. Kemudian, untuk warna interiornya sendiri akan lebih terlihat elegan dengan warna yang gelap.

3. Furnitur Berwarna

Nah, bagaimana jika furnitur yang kita punya terlanjur memiliki warna yang berbeda? Endy Nahya menyarankan agar memilih warna cat yang terang, terutama warna-warna netral.

Kombinasi Warna 6 Tema Favorit

Jadi, sudah tahu tema apa yang akan diusung untuk mendekorasi rumah? Jika belum, 6 tema ini mungkin bisa jadi pilihan untuk dekorasi ruangan.

1. Tema Minimalis

Tema minimalis memiliki ciri khas moderna, profesional, netral, dan clean. Warnanya yang monokromats, cocok untuk diterapkan di seluruh ruangan.
kombinasi warna ruangan minimalis
Contoh kombinasi warna pada tema minimalis

2. Tema Natural

Tema natural memiliki ciri khas warna yang hangat, netral, alami, damai, dan sejuk. Tema minimalis cocok banget diaplikasikan di ruang istirahat, ruang beribadah, atau ruangan yang memerlukan suasana santai atau relax.
kombinasi warna tema natural
Contoh kombinasi warna tema natural

3. Tema Elegant

Tema elegant memiliki ciri khas yang berkelas, profesional, tegas, dan blod. Tema ini cocok diaplikasikan pada ruangan yang memiliki furnitur dengan warna monokromatis dan minim corak.

kombinasi warna elegan
Contoh kombinasi warna tema elegan

4. Tema Classic

Tema klasik tak pernah sepi peminat, dari dulu hingga sekarang. Tema klasik mempunyai ciri khas yang mewah, hangat, dan timeless atau tak lekang oleh waktu. Tema klasik dapat diaplikasikan di seluruh ruangan, terutama pada ruangan yang besar karena tema klasik biasanya memiliki beberapa detail.

tema ruangan klasik
Contoh kombinasi warna pada tema klasik

5. Tema Ceria

Ruangan dengan tema ceria memiliki karakter yang cerah, berani, dan aktif. Tema ini cocok diaplikasikan pada ruangan yang memiliki beragam aktifitas seperti ruang belajar anak, ruang kerja, ruang bermain.

kombinasi warna tema ceria

 

6. Tema Pastel

Nah, ini dia tema yang sedang saya sukai. Tema pastel memiliki karakter yang tenang, lembut, luas, dan feminim. Cocok diaplikasikan pada ruangan sempit dan dengan aktifitas santai.

kombinasi warna tema pastel

Bingung Cari Produk Cat Apa yang Cocok? Nippon Paint Saja!



Salah satu kesulitan yang dirasakan saat mendekorasi rumah adalah segala hal yang berhubungan dengan pengecatan. Saya termasuk yang pernah mengalami. Mulai dari kebingungan dalam pemilihan warna, produk apa yang harus digunakan, serta solusi masalah pengecatan.

Nippon Paint hadir memberikan pelayanan yang memudahkan kita dalam pemlihan warna hingga ke solusi masalah pengecatan, kapanpun, dimanapun, dan gratis.

1. Kartu Warna Colors Of Life (COL)

Kartu Warna Colors Of Life adalah kartu warna dari Nippon Paint dengan warna yang 100% akurat sesuai warna cat. Kartu warna ini dapat diperoleh secara gratis karena Nippon Paint mencetak dengan jumlah yang tak terbatas. Kartu Warna Colors Of Life ini juga bisa kita unduh di www.nipponpaint-indonesia.com

2. Total Coating Solutions (TCS)

Tentunya, setiap jenis bangunan memiliki kebutuhan dan fungsi cat yang berbeda. Seperti misalnya, cat untuk bagian luar (eksterior) dan cat bagian dalam ruangan (interior). Pun sama dengan jenis bangunan. Kebutuhan cat untuk perumahan tentu akan berbeda dengan kebutuhan cat untuk bangunan pabrik.

Nippon Paint mengeluarkan 10 seri TCS sebagai panduan pemilihan cat/pelapis untuk semua jenis permukaan bangunan. Seri dari TCS ini juga akan terus bertambah seiring dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

3. Color Scheme Service (CSS)

Color Scheme Services adalah layanan visualisasi warna cat dari Nippon Paint pada bangunan. Layanan CSS ini juga diberikan secara gratis. Selain itu, melalui layanan Color Scheme Sevices, kita mendapatkan visualisai warna cat dengan 3 alternatif kombinasi warna dan rekomendasi produk.

Color Scheme Services

 

4. Layanan Nippon Paint WA Care

Nippon Paint jangkau konsumen lebih dekat dengan layanan Nippon Paint WA Care. Layanan ini dapat digunakan untuk memperoleh informasi seputar produk, konsultasi warna, konsultasi seputar pengecatan, bahkan hingga komplain. Cukup hubungi WhatsApp di nomor 08111283028 secara gratis.

Nippon Paint Hadirkan Inovasi Teknologi Anti Mikrobial Silver-Ion


Selain mendapatkan kesan nyaman setelah mendekorasi rumah, kita juga bisa loh menciptakan suasan rumah yang sehat. Sejak tahun 2008, Nippon Paint sudah mengeluarkan cat dengan teknologi anti mikrobial silver-ion. Silver ion sendiri adalah teknologi yang juga digunakan di berbagai peralatan di rumah sakit.

Teknologi silver-ion dari Nippon Paint juga sudah tersertifikasi internasional. Dan melalui hasil uji ALG (Analytical Lab Group) berstandar FDA dan FGA, formula silver-ion pada Nippon Paint terbukti basmi 99,99% human coronavirus strain 229E. Selain itu juga Virus Hand Foot and Mouth Disease (HFMD Coxsackievirus A16 (CA-16), Enterovirus 71 (EV-71); virus Influenza (H1N1); bakteri Methicillin Resistant Staphylococcus Aereus; bakteri Escherichia Coli; dan bakteri Staphylococcus Aereus.

nippon cat anti corona


Harga rangkaian cat kesehatan Silver-Ion Series dari Nippon Paint ini beragam, mulai dari medium range: Vinilex Gloss Silver-Ion berkisar Rp 143.000 (5Kg) dan Vinilex Silver-Ion berkisar Rp.153.000 (5Kg), lalu premium range: Spot-less Plus berkisar Rp 267.000 (2.5 liter) hingga ultra-premium VirusGuard dengan Rp 1.780.000 (5 liter).

Menurut Linda Kam, marketing manager Nippon Paint Indonesia, pengembangan teknologi Silver-Ion untuk Cat Anti-Mikroba Nippon Paint ini merupakan salah satu usaha Nippon Paint untuk melindungi masyarakat dari transmisi bakteri atau virus. Dengan adanya berbagai inovasi produk dan layanan Nippon Paint, harapannya adalah selain #betahdirumah, keluarga Indonesia juga semakin merasa nyaman dan terlindungi.

Info lebih lanjut seputar cat silver-ion dari Nippon Paint, dapat diakses melalui link https://silverion.nipponpaint-indonesia.com/

 

Related Posts

26 comments

  1. Ternyata kita ga bs seenaknya untuk pilih cat rumah ya kak. Ada nuansa yang bisa ditimbulkan dari setiap warna yang kita pilih. Apalagi harus selaras dgn furnitur di dalamnya serta fungsi ruangan yang akan dipakai. Panduan top bgt nih buat renovasi rumah gw yang udh lama blm dioprek.

    ReplyDelete
  2. Wah rekomendasinya bagus-bagus semua, tapi sepertinya mata saya tertuju dengan desain lebih berwarna, gak tau kenapa sukak aja biar keliatan cerita dan bersemangat.

    Oke juga nih cat Nippon Paint, tidak sekedar menghasilkan warna yang baik tapi juga kualitas cat juga anti mikroba, tetap sehat terus ada di rumah.

    ReplyDelete
  3. Kadang suka bingung kalau mau dekorasi rumah apalagi pemilihan warna kadang dilema mau warna apa hahah, tp warna Nippont ini emang keren-keren semua

    ReplyDelete
  4. Ternyata mengecat juga harus dilakukan secara teliti ya, biar hasilnya memuaskan. Karena warna cat akan memengaruhi psikologis si penghuni rumah. Maka dari itu harus tepat dalam memilih warna cat tembok.

    Saya paling suka itu warna tema natural. Bener-bener bikin adem ngeliatnya. Udah gitu cocok banget dengan paduan ornamen klasik berwarna alami.

    Cat Nippon Paint memang juaranya cat anti bacterial...

    ReplyDelete
  5. Jadi pengen mendekor ulang ruangan dengan tema natural. Kelihatan jadi adem dan tenang banget. Bakalan betah di rumah kalau dekornya begitu. Dan sekarang milih cat dari Nippon Paint enggak perlu bingung lagi karena warnanya banyak banget.

    ReplyDelete
  6. aneka pilihan warna yang tepat pasti bisa membangun suasana dan bisa ngebuat lebih nyaman. kudu pilih cat yang tepat dong ya

    ReplyDelete
  7. aku beberapa kali pengin dekor ruangan jadi estetik dengan warna pastel, namun kalau sudah mentok kegunaan ya nggak bisa sepenuhnya ternyata hihi. namun yang pasti aku suka minimalis sih, ruangan jadi terasa lapang apalagi dengan pemilihan warna cat yang pas

    ReplyDelete
  8. kalau nanti punya rumah, aku cuma ngasih 2 pilihan warna, yaitu mau konsep yang minimalis atau pastel
    tapi sepertinya yang minimalis lebih aman ya.
    dan juga memang kualitas cat itu menentukan hasilnya loh
    keliatan kok mana car yg berkualitas dan yang enggak

    ReplyDelete
  9. Kombinasi warna memang perlu ini diperhatikan, soalnya gak keren jadinya kalau ternyata warnanya tabrakan ya kak, hehe. Jadinya biar disesuaikan dengan merencanakannya

    ReplyDelete
  10. Benar sekali ini, Mbak. Saya sering baca, agar tidak bosan dalam ruangan, maka dekorasi ulang, termasuk warna catnya. Dan ini Nippon Paint ini keren-keren warnanya. Dengan sudah ada panduan tema, bisa disesuaikan ya. Misalnya saya suka teman natural. Khusus kamar anak, bisa itu tema cerita.

    ReplyDelete
  11. Cat Nippon ya, saya juga pakai cat ini di rumah kebetulan tahun ini mau ngecat rumah juga pakai Nippon. Catnya tahan lama dan pilihan warnanya banyak.

    ReplyDelete
  12. Pas pandemi ini, minat dekor mendekor rumah emang naik sih Mbak, biar nyaman juga walo di rumah aja. Thankyou sudah berbagi inspirasi dekor rumah, termasuk soal pewarnaan. Aku paling suka yang minimalis aja, biar enak dirombak ina itunya ^^

    ReplyDelete
  13. Aduuuuh.. Cakep-cakep banget sih temanya.. Dari dulu nyantol sama tema minimalis. Tapi habis lihat postingan ini kok kayaknya pengen yang tema natural aa. Biar ada warna-warna earthtone gitu. ^^ apalagi kalau ditambah daun-daunan, oh adem nya rumah.

    ReplyDelete
  14. Aku sempat gak bisa tidur juga karena stres gitu, apalagi kalau habis dari luar rumah mendadak kaya sakit ternyata itu gangguan kecemasan. Di rumah aja lama-lama bosan makanya harus menciptakan suasana rumah yang nyaman ya. Aku lagi pingin mendekorasi rumah termasuk mengecat ulang ruangan. Pilih Nippon paint deh nanti

    ReplyDelete
  15. suka deh lihat warna-warna ini, yang tema ceria itu benar-benar bisa buat jadi lebih semangat ya, sedangkan warna pastel jadi lebih kalem, tenang aja ya lihatnyaa.
    warna Nippon Paint ini emang paling ngerti banget ya :)

    ReplyDelete
  16. Aku lemah banget deh kalau urusan desain interior begini. Suka iri kalau lihat rumah orang kok bisa kece gitu. Pengen juga punya rumah yang instragrammable.. ntar kalau habis renov manggil ahlinya aja deh..
    Plus pakai Nippon Paint ya biar tambah kece rumahnya.

    ReplyDelete
  17. Kalau liat color palletenya saya suka tema natural nih atau minimalis. Kayanya bikin rumah keliatan bersih dan nyaman. Apalagi kalau catnya pakai Nippon Paint yang kualitasnya sudah terjamin.

    ReplyDelete
  18. Artha Nugraha Jonar5 May 2021 at 15:27

    Kadang pas mau cat rumah baik untuk kamar atau ruangan lainnya jadi bingung dengan padu padannya. Sebetulnya kalau aku suka warna putih polos aja gitu, tapi istriku suka warna-warna favoritnya. kayaknya kalau ada bantuan paduan seperti dari Nippon Paint ini jadi sangat membantu untuk kombinasikan warna dengan sesuai.

    ReplyDelete
  19. Kalau aku suka desain minimalis atau warna pastel, Kak. Cuma ya karena rumahnya mungil, jadi kayak bingung aturnya, hehe. Dulu pas mau ngecat juga pakai produk Nippon Paint sih, karena lengkap dan warnanya unyu

    ReplyDelete
  20. Waaah....senangnya kalau bisa menata rumah dengan dekorasi baru. Aku suka yang gaya natural. Tapi sekarang masih fokus ngeluarin barang-barang yang nggak kepake biar rumah terasa lapang. Abis itu baru deh mikir soal dekorasi baru :)

    ReplyDelete
  21. Tema-tema ruangan bikin ruangan tampak lebih menarik ya, saya suka tema minimalis dan tema natural, cat nipon paint memang udah teruji kualitasnya

    ReplyDelete
  22. Dengan mendesain ulang ruangan, kita bisa jadi lebih bersemangat beraktivitas di rumah ya..
    Suka dengan dekorasi minimalis dan natural, eh tema pastel juga bagus hihihi

    ReplyDelete
  23. Lihat-lihat gambar desain rumah di atas, bibirku nggak berhenti sholawat
    Semoga suatu saat diberikan juga sambil menerapkan tips dekorasi di atas

    ReplyDelete
  24. Kegiatan mendekorasi rumah terutama ruangan, tentu tak lepas dari hal pemilihan warna

    dari dulu pengen banget punya rumah dengan warna dasar hijau, jadi terlihat lebih seger

    ReplyDelete
  25. Kalau aku sih, lebih suka tema minimlis kak. Tapi tetep dengan gaya classic dan pilihan warna yang soft. Jadi biar keliatan fancy gitu

    ReplyDelete
  26. Tema-tema dekorasi rumahnya bisa buat inspirasi nih. Pengen gitu punya rumah sendiri terus berkreasi mendekor ruangannya agar gak monoton.

    ReplyDelete

Post a Comment