Tips Membuat Desain Scarf Hijab Tanpa Ribet - Afifah Haq
News Update
Loading...

Sunday, 31 March 2019

Tips Membuat Desain Scarf Hijab Tanpa Ribet

Sewaktu kuliah, saya memang mengambil jurusan Desain, tapi Desain Teknik Manufaktur (Mesin), bukan desain grafis ataupun desain fashion. Namun entah mengapa banyak yang salah paham. Banyak sekali teman yang meminta bantuan saya untuk dibuatkan desain brosur, desain pamflet acara, sampai desain kaos panitia. Bahkan, sampai saya kerja pun, atasan saya juga suka meminta saya untuk dibuatkan desain brosur perusahaan dan banner perusahaan. Padahal, saya ga mengerti sama sekali soal perancangan di bidang ini.

Akhirnya dari situ, saya 'dipaksa' untuk menguasai software desain. Satu-satunya software desain yang  saya kuasai ya cuma Corel Draw. Hehehe. Kemudian saya mulai mendesain dengan konsep yang masih banyak saya tiru dari konsep yang sudah ada di internet.

Eh, lama lama saya malah ketagihan dan ternyata pekerjaan desain seperti ini lumayan mengasyikkan juga. Lalu, tiba-tiba aja kefikiran untuk coba-coba bikin desain hijab. Waktu itu, saya sempet ngecengin hijab bermotif dari salah satu brand, tapi harga nya lumayan mihil. Heuheu. Lantas, saya berfikir, kenapa ga saya coba aja bikin desain hijab sendiri, lalu diprint di kain sendiri?

Akhirnya saya coba menantang diri sendiri, kira-kira mampu kah saya melakukannya? Dan inilah langkah-langkahyang saya coba dalam membuat desain scarf hijab.

Pertama, Menentukan Tujuan

Kalau saya, awal mula bikin desain scarf hijab itu memang tujuannya untuk iseng-iseng berhadiah. Ya, segala sesuatu kan memang harus ada percobaannya dulu, harus ada trial and error nya dulu. Kalau seandainya berhasil, mungkin saya akan memberikan perhatian yang lebih serius, bisa jadi ke depannya saya akan mulai berbisnis hijab bermotif, tapi dengan harga yang terjangkau.

Kedua, Menentukan Konsep

Dalam hal menentukan konsep desain scarf hijab, saya sih simpel aja. Saya punya baju warna apa, trus ya saya cocokkan warna nya. Kebanyakan baju saya berwarna biru, jadi saya membuat desain scarf hijab dengan tema biru.

Mulai Mendesain

Baiklah, perjuangan dimulai. Setelah tau akan membuat desain seperti apa, saya mulai duduk di depan layar laptop. Saya buka software Corel Draw, lalu mulai mengutak-atik. Hmm, ternyata tidak semudah itu, Marisol!

Perjuangan saya membuat desain hijab berlangsung cukup lama, hampir sekitar satu minggu. Selain karena terpotong rutinitas kerja di kantor dan rutinitas di rumah, saya sering sekali kesulitan dalam mendapatkan desain yang saya mau.

Namun akhirnya, perjuangan membuat desain scarf hijab itu membuahkan hasil juga. Ini dia hasilnya!

Desain scarf hijab pertama saya, kira-kira udah bagus atau malah mirip taplak meja? Huahaha
Desain hijab kedua saya, hijab yang ini sering saya pakai sehari-hari.
Desain pertama, saya salah pilih warna, maksud hati ingin memilih warna warna muda, begitu diprint, hasilnya jadi warna yang terlalu cerah. Ukuran scarf nya juga terlalu lebar sepertinya 😂. Lalu, di desain ke dua, saya mencoba warna yang gelap dan membuat motif yang tidak terlalu heboh. Hasil desain hijab yang kedua menurut saya agak mending, tapi karena warna dasarnya gelap, beberapa ornamen yang saya buat jadi tidak begitu terlihat.

Apakah saya kapok? Oh tidak, Marisol! Saya tidak kapok karena yang buat desain ya saya sendiri, yang pake saya sendiri, yang memuji desain nya bagus juga ya saya sendiri, hahaha.

Saya ingin membuat desain scarf hijab lagi, tapi kali ini saya ingin membuat desain hijab scarf tanpa ribet, tanpa harus mendesain selama seminggu.

Akhirnya saya berfikir, kenapa ga coba download langsung saja desain scarf yang sudah jadi? Jadi, saya tidak perlu pusing memikirkan konsep dan ribet mengutak-atik desain hijab.

Akhirnya, saya membuka web shutterstock. Wah, bahagia saya, karena ternyata di sini tersedia banyak desain scarf yang sudah jadi. Pilihannya banyak, dan semua desainnya keren keren.

Shutterstock adalah salah satu website penyedia berbagai gambar dalam bentuk vector atau image (jpg/jpeg). Shutterstock ini selalu menjadi pilihan bagi mereka, para desainer yang ingin memperoleh bahan desain dengan cepat. Cukup download gambar yang diinginkan.
 

Beberapa menit mencari, akhirnya saya memilih salah satu desain dan mulai men-download nya. Download gambar vector di shutterstock memang tidak gratis. Ada harga yang harus dibayar untuk mengapresiasi hasil karya desainer.

Ada beberapa alternatif untuk membeli gambar di shutterstock. Alternatif pertama, kita harus membuat akun di web shutterstock, lalu kita membayarnya dengan mata uang dollar. Tapi, alternatif ini cukup ribet menurut saya, karena perbedaan mata uang tersebut dan juga cara transfer nya.

Akhirnya, saya mencari alternatif lain dengan cara men-download menggunakan jasa beli vector shutterstock. Melalui jasa ini, saya bisa dengan mudah membuat desain scarf hijab tanpa ribet, tanpa mengutak-atik software Corel Draw lebih lama, dan tanpa bingung harus membayar menggunakan metode apa.

Jika desain saya sebelumnya saya kerjakan selama kurang lebih satu minggu karena pusing mencari konsep dan juga keterbatasan saya dalam mengoperasikan desain software, maka melalui jasa beli vector shutterstock ini saya bisa menghemat waktu. Kurang dari satu jam, saya sudah mendapatkan desain yang saya inginkan.
Desain hijab menggunakan jasa beli vector shutterstock, saya edit sedikit.
Jasa beli vector shutterstock menurut saya akan sangat membantu bagi mereka, para pengusaha hijab yang ingin memperoleh desain hijab dengan cepat. Tak hanya desain hijab, kita juga bisa memperoleh vector unik untuk membuat desain lainnya seperti brosur, pamflet, banner, dan sebagainya.

Ah, jadi ga sabar untuk print hasil hijab saya yang ini!

Share with your friends

23 comments

  1. waah kece mba..desainnya juga apik..kalo gak salah ada satu iklan yang sering bgt seliweran di medsos saya mba, tempat bikin desain scraft sendiri gitu, apakah mba ke sana? hihih..jadi pengen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih mbaak.. Ini aku cuma download aja dari Shuttertock lohh. Download di shutterstock memang ga gratis, makanya saya pake jasa beli vector shutterstock biar bisa bayar pake rupiah.

      Delete
  2. wiii hasilnya cakep lo mbak, kalau design sendiri terus kan bagus jadi unik sendiri, ditunggu ya update tan hijab barunya klo uda selese

    ReplyDelete
  3. Mbak buat saya postingan ini sangat menarik . Karena dari beberapa waktu yg lalu saya sempet mikir . Gimana sih orang kalau mau produksi design hijabnya sendiri . Apakah dari pabrik atau bagaimana ? Lalu seperti apa prosesnya sampe dia bisa jadi hijab . Mungkin next time bisa sharing lagi mengenai ini mbak . Thank you

    ReplyDelete
  4. Yaampun kok lucu banget sih motifnya emang yaa Teh Afifah mah juara bikin desain motif kayak gini
    Nanti kapan-kapan aku juga mau belajar desain ah hehe

    ReplyDelete
  5. wah saya baru tahu kita bisa produksi desain hijab sendiri mbak, postingannya bermanfaat banget buat saya

    ReplyDelete
  6. Dari desain teknik manufaktur ke desain hijab ya mbak. Ahhh, keren abesssss! ❤❤
    Kreatif banget mbaaakk. Pengen juga deh bisa desain gitu, hihii~

    ReplyDelete
  7. Aish keren Mbaa, bisa desain hijab sendiri. Ntar bisa juga buat pakaian tuh, Mbaa. Aku jadi kepengen juga eh tapi gak bakat sih wekeke

    ReplyDelete
  8. Ternyata motif design hijab ketika dibikin sama setelah di print, bisa berbeda feel nya yaa...
    Aku suka warna-warna cerah...padahal sehari-hari siih....andalan item lagi, item lagi.
    Huhuu~

    ReplyDelete
  9. Kalau saya sih selama ini pakai freepik, tapi menarik juga beli gambar siap pakai dari Anekapics untuk desain hijab

    ReplyDelete
  10. Wah keren banget mba bisa bikin desain hijab sendiri, sy jd pengen tp bisa ga ya

    ReplyDelete
  11. Waah, desainnya kece banget mbak. Mau donk kapan2 diajari langsung, solnya saya kalau mau belajar mesti praktek langsung agar pas hasilnya memuaskan

    ReplyDelete
  12. Belinya pake paypal atau CC mba? Maunya sih pake debit saja krn ngga punya paypal dan CC. Shutterstock emang design nya bagus-bagus dan tajam. Tapi aku baru tahu ada design untuk scarf juga. Patut nih dicoba

    ReplyDelete
  13. mbaaa keren banget design nyaa. jadi pengen bellajar jugaa. makasih buat infonya mbaa, jadi banyak belajar hehe

    ReplyDelete
  14. Waa asik banget ya ini bisa bikim scraft yang sesuai sama keinginan sendiri, desain sendiri pake sendiri belum nanti juga bisa dijual in juga hehe

    ReplyDelete
  15. Cakep banget yg desain daun-daun itu, aku suka banget deh.

    ReplyDelete
  16. Waah bagus banget desain hijabnya. Terus mbak kalau udah menentukan desainnya gimana caranya biar bisa jadi hijab ya? Dibawa ke konveksi gitu kah untuk diprint di kain hijabnya?

    ReplyDelete
  17. This is interesting indeed. I haven’t tried it but you are right that the vector business will be very helpful for those who need some designs

    ReplyDelete
  18. Menarik sekali ya bisa membuat hijab sendiri dengan desain yang bagus apalagi nggak repot untuk desain sendiri ya Karena sudah pakai jasa dari shutterstock ini ya

    ReplyDelete
  19. aku baru tauuuu kalo kita bisa print hijab sendiri, ya ampun kreative bangetttt , sukaa

    ReplyDelete
  20. Kayaknya senang ya bisa bikin bahan scarf yang kita mau sesuai denga design dan preference kita, mauu juga bikin sooonn :)

    ReplyDelete
  21. Hati-Hati teman2 jika membeli di shutterstock lihat term & condition si imagenya atau gambar lisensinya sejauh apa, jangan asal beli lalu di print di perbanyak itu bahaya dan menyalah gunakan hak cipta atau aturan. Ikutilah kebijakan yang sudah di setujui. Semoga bermanfaat terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas, terimakasih atas saran nya ya. FYI, semua desain hijab yang saya buat ga jiplak 100% lalu saya print dan perbanyak dari gambar shutterstock yang saya beli. Saya modifikasi lagi. Jadi tetep ada sentuhan desain dari saya pribadi.

      Delete

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Maaf komentarnya aku moderasi. Jangan beri komentar anonim atau menyantumkan link hidup ya, karena akan otomatis terhapus ^^

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done