Pengalaman Gadai Emas di Bank BJB Syari'ah

Gadai Emas

Emas kini banyak diminati untuk dijadikan investasi, karena harganya yang cukup stabil. Malah justru sering naik tiap tahun. Saya membeli emas batangan di tahun 2017, harganya masih sekitar 600-700ribu per gram. Dan coba lihat sekarang, di tahun 2020 harga emas mencapai 900ribu per gram.

Selain dijual, emas juga bisa digadaikan. Nah, kali ini saya ingin berbagi pengalaman soal proses gadai emas di Bank BJB Syari'ah Cimahi.


Alasan Gadai Emas di Bank BJB Syari'ah Cimahi


Kenapa harus gadai? Kenapa ga langsung jual saja? Hmm pikiran saya waktu itu sih, ya masih sayang aja gitu buat jual emas. Apalagi ini emas batangan pertama saya dan suami. Hehe. Lalu kenapa di Bank BJB Syari'ah? Alasan awal saya simpel sih, biar ga lama antri. Huehehe. Pikiran saya, kalau ke Pegadaian akan penuh dan antri (padahal kan belum tentu ya haha). Saya ini, jangankan ada wabah virus covid, dunia sedang aman-aman saja juga males kalau sudah berada di lingkungan yang sangat ramai. Jiwa introvertku seolah menolak.

Persyaratan Gadai Emas di Bank BJB Syari'ah Cimahi


Berikut ini persyaratan yang harus dibawa jika ingin menggadaikan emas di Bank BJB Syari'ah:

  1. Emas yang akan digadaikan (ya iyalah harus dibawa)
  2. KTP asli, tapi siapkan saja fotokopi untuk jaga-jaga
  3. NPWP asli, sertakan Kartu Keluarga Asli jika NPWP adalah milik suami
  4. Materai 6000, sebetulnya disediakan sih oleh pihak bank tapi nanti akan kena potongan

Nah, kalau sudah lengkap tinggal meluncur deh ke Bank BJB Syari'ah terdekat. Saya mendatangi Bank BJB Syari'ah cabang Cimahi yang terletak di Jl. Raya Barat No.589, Setiamanah, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat 40524. Ini letaknya persis di sebrang masjid Alun-Alun Kota Cimahi. Kalau bawa mobil harus hati-hati, rentan terlewat karena sejajar dengan toko-toko kelontong.


Proses Gadai Emas di  Bank BJB Syari'ah Cimahi


Begitu datang, saya disambut ramah oleh bapak satpam. Saya langsung mengutarakan niat baik saya kepada bapak satpam. Menggadaikan emas maksudnya..

Saya lalu diarahkan untuk menuju teller bagian transaksi emas. Hari itu kebetulan bank sedang sepi, jadi saya langsung ke teller, tidak antri. Setelah mengutarakan maksud saya untuk gadai emas, teller kemudian meminta menunjukkan emas yang akan saya gadaikan.

"Kalau emas murni mah Insya Allah cepet proses nya" begitu kata beliau.

Teller pun meminta izin kepada saya untuk menaksir harga emas. Tidak lama, sekitar 10 menit teller kembali dan menyebutkan jumlah maksimal uang yang bisa saya dapatkan dari gadai emas ini.

Karena emas yang saya gadaikan emas murni, jadi taksirannya bisa sampai 90% harga emas total.

"Mau dimaksimalkan atau mau berapa persen?" tanya teller

Lalu saya memilih untuk dimaksimalkan saja. Jangan tanya alasannya kenapa, ya memang pengen aja. Suka-suka saya dong :p

Persyaratan seperti KTP dan NPWP pun saya serahkan untuk segera diproses. Nah, tapi ada satu persyaratan lagi yang belum saya lengkapi, yaitu tabungan di Bank BJB Syari'rah. Akhirnya saya diarahkan teller untuk membuka tabungan di Customer Service. Bank BJB Syari'ah Cimahi ini lumayan kecil, jadi jarak dari teller ke CS ini hanya 5x nafas pendek sajah.

Menurut saya, proses yang paling lama itu justru di bagian ini, saat membuka tabungan. Kita tentunya harus mengisi data diri dahulu. Persyaratannya sama dengan persyaratan buka tabungan di bank lain pada umumnya. Perlu identitas diri seperti KTP, NPWP, KK, dan setoran awal minimal Rp 100.000,-.

Meski cukup memakan waktu, tapi saya seneng sih, karena mbak-mbak CS nya ramah bangeett. Saya diajak ngobrol dengan senyuman yang selalu merekah. Good service banget pokoknya.

Selesai urusan pembukaan rekening, saya kembali ke teller lalu melanjutkan transaksi gadai emas. Di sini saya menandatangani beberapa formulir (saya lupa). Lalu saya juga menandatangani semacam sertifikat gadai emas di atas materai.

Selesai. Uang gadai pun sudah masuk ke rekening saya.

Biaya-Biaya yang Harus Diperhatikan


Uang hasil taksiran 90% dari harga emas itu tidak murni saya terima seluruhnya. Ada beberapa potongan yang saya dapatkan.

Pertama, potongan untuk biaya pemeliharaan. Biayanya sekitar 650ribu (kurang lebih) untuk biaya pemeliharaan selama 4 bulan. Saya kurang tahu, apakah biaya ini flat/sama, atau disesuaikan dengan jumlah emas yang kita gadaikan.

Kedua, biaya lain yang jumlahnya tidak terlalu besar seperti biaya penggantian materai 6000 dan biaya pembuatan buku tabungan sebesar Rp 20.000,-

Plus Minus Gadai Emas di BJB Syari'ah Cimahi


Kesimpulan saya sejauh ini sangat puas melakukan transaksi gadai emas di bank BJB Syari'ah Cimahi.
  • Prosesnya lumayan cepat.
  • Pelayanan sangat baik dan sangat ramah.
  • Harga taksiran tinggi.
  • Dapet bonus juga, berupa pouch dan paket sembako berisi 1 liter minyak, 1 bks kopi hitam ukuran 250gr, dan 1 bks gula putih ukuran 250gr. Lumayan banget kan hehehe.

Sementara untuk minusnya sendiri sih belum saya temukan ya. Saya juga belum bisa bandingkan dengan pelayanan di tempat lain karena ini pertama kalinya saya menggadaikan emas.

Kalau teman-teman sudah ada yang pernah gadai emas juga belum? Share dong pengalamannya.


Related Posts

16 comments

  1. Kalo molly lebih suka beli emas murni buat disimpan. biar kalo butuh uang tinggal gadaikan saja. ternyata prosesnya cepet ya mau gadai emas

    ReplyDelete
  2. salah satu cara cicil pelan2 untuk bisa nabung emas ya seperti ini sih...
    jadi gak terasa berat dan harus langsung punya uang banyak

    ReplyDelete
  3. Ouh ternyata Bank BJB bisa melayani gadai ya. Bagus nih pelayanannya lengkap, ya perbankan, ya pegadaian.

    ReplyDelete
  4. Huaaah seneng ya pelayanannya kayak one stop service gitu mana dikasih paket sembako pula. Deket rumahku adanya BJB konvensional dan antriannya lumayan panjang. Banyak pns dan pelaku UMKM yang bolak balik ke sini

    ReplyDelete
  5. Belum pernah punya pengalaman menggadai mbak jadi nggak bisa cerita, thanks sudah berbagi cerita mbak, jadi nambah pengetahuan nih kali aja suatu hari butuh dana kepepet bisa jadi pilihan 🙏

    ReplyDelete
  6. Wah, aku sih dulu pernah gadai emas di Pegadain. Bukan emas batangan sih. Cuma cincin, yang sayang juga kalo dijual. Soalnya turun temurun gitu. Ada sejarahnya. Potongan dan biaya gak terlalu besar, soalnya harga emasnya gak setinggi emas murni mungkin ya.

    ReplyDelete
  7. Baru tahu di BJB bisa gadai emas juga loh. Pengetahuan baru nih. Dapat bonus juga ya.

    ReplyDelete
  8. Aku kira yang melayani pegadaian emas cuma di Pegadaian Teh, ga tau kalau BJB syariah juga bisa buat menggadaikan emas. Hehe

    ReplyDelete
  9. thanks for sharing all the procedures mba. Aku belum punya pengalaman gadai emas sih

    ReplyDelete
  10. Kalau daku pernah gadai emas di badan pemerintah itu..cepat juga layanannya..

    ReplyDelete
  11. Eh BJB Syariah melayani gadai emas juga? Wah..bagus euy..kirain cuma melayani transaksi perbankan pada umumnya. Dapat bonus paket sembako pula euy. Bagus juga inovasinya.

    ReplyDelete
  12. Aku sih belum pernah gadai emas karena nggak ada juga yang mau digadaikan, hehehe. Tapi pernah tinggal sama kakak yang kalau ada kebutuhan mendesak tuh suka gadaikan perhiasan emasnya, karena bisa diambil lagi, tidak terjual.

    ReplyDelete
  13. Gadai emas ini adalah satu cara yang paling mudah untuk mendapatkan dana segar dengan mudah.
    Alhamdulillah prosesnya ga ribet yaa, kak.

    ReplyDelete
  14. Aku baru tahu ini lho ada gadai emas dapet bonus paket sembako. Wah enak juga ya. Udah gitu pelayanannya ramah dan nggak ribet pula

    ReplyDelete
  15. wah sekarang BJB sudah bisa gadai emas yaa, kalau dulu, saya pernah gadai emas di BSM. Hmm .. kayaknya harus difoto juga ya emas emas yang kita simpan di pegadaian, meskipun disimpan di sana, belum tentu tidak dipergunakan oleh orang lain, saya pernah mengalaminya soalnya, tiba tiba gelang saya bentuknya berubah heuheu jadinya kapok deh

    ReplyDelete
  16. Saya belum pernah mba gadaikan emas ini. Bisa jadi informasi yang berharga nih pengalaman Mb Afifah, agar siapa tau yang membutuhkan cara menggadaikan emas udah ada gambaran apa saja yang harus disiapkan ya.

    ReplyDelete

Post a Comment