Hamil dan Persiapan Melahirkan di Tengah Pandemi - Afifah Haq
News Update
Loading...

Thursday, 25 June 2020

Hamil dan Persiapan Melahirkan di Tengah Pandemi


Tahun 2020 seolah menjadi tahun yang penuh dengan kejutan. Bagaimana tidak, hanya karena 1 virus saja semua terkena dampaknya. Bukan hanya soal kesehatan dan nyawa, seluruh aspek kehidupan pun ikut berubah. Mulai dari kehidupan sosial sampai berpengaruh pada perkembangan ekonomi.

Termasuk dengan kehidupan seorang ibu hamil seperti saya. Ya gimana ga khawatir ya, ibu hamil itu rentan terkena penyakit karena imunitas tubuh biasanya turun, tidak se-kuat wanita lainnya. Belum lagi dengan berbagai pemberitaan tentang virus covid ini. Jadi bikin mental ini down, karena setiap saat jadi merasa was-was.

Konsultasi Online Kehamilan Melalui Aplikasi Halodoc


Banyak yang menghimbau untuk menunda pemeriksaan kandungan sementara. Selama tidak ada keluhan yang parah, memang sebaiknya sih ibu hamil stay dulu di rumah. Tapi ya namanya juga ibu-ibu ya, suka penasaraaan aja sama perkembangan bayi.

Akhirnya saya putuskan untuk konsultasi online saja. Beberapa teman merekomendasikan aplikasi Halodoc. Akhirnya saya coba install aplikasi ini.



Awalnya sih saya ga berharap apa-apa, tapi ternyata ga salah teman-teman saya kasih rekomendasi aplikasi Halodoc. Lengkap banget fitur di sini. Mulai dari artikel kesehatan, Tes Covid-19, chat dengan dokter, beli obat, buat janji dengan dokter di Rumah Sakit, kesehatan jiwa, periksa covid-19, kalkulator BMI, bahkan sampai ke fitur pengingat obat.

Karena tujuan awal install aplikasi ini untuk konsultasi online, maka saya pilih fitur chat dengan dokter. Begitu saya buka, ternyata banyak banget pilihan dokternya. Mulai dari dokter umum sampai ke dokter spesialis.

Satu hal lagi yang bikin saya suka dari aplikasi ini adalah, biaya konsul nya yang bisa dibilang lebih murah daripada saya harus konsultasi langsung ke dokter di Rumah Sakit. Bahkan ada juga yang menyediakan konsultasi gratis. Saya menemukan biaya konsultasi ke dokter kandungan itu mulai dari Rp 25.000,- saja.



Ditambah lagi, aplikasi Halodoc juga menampilkan profil dari masing-masing dokter. Lulusan mana, bekerja dimana saja, sampai informasi pengalaman kerja dokter. Nah, informasi ini yang bisa jadi bahan pertimbangan kita untuk memilih dokter.

Pesan Obat Online Langsung Diantar


Setelah konsultasi selesai, dokter kemudian meresepkan obat dan vitamin. Obat ini kemudian bisa kita pesan langsung lewat aplikasi Halodoc. Mirip belanja online biasa. Lokasi apotek pun bisa kita pilih dengan lokasi terdekat dari rumah. Praktis banget memang, daripada saya harus keluar rumah.

Persiapan Melahirkan di Tengah Pandemi


Saya rasa pandemi ini tidak akan langsung lenyap begitu saja. Mungkin dibutuhkan waktu sampai satu tahun sampai vaksin ditemukan. Oleh karenanya, kemungkinan besar juga saya akan melahirkan di tengah pandemi.

Berbeda dengan proses melahirkan di kondisi normal, proses melahirkan di masa pandemi memiliki prosedur tambahan. Prosedur itu berupa rapid test dan swab test sebelum Hari Perkiraan Lahir datang. Prosedur ini memang sudah menjadi aturan wajib dari Menteri Kesehatan.



List persiapan lahiran saya jadi bertambah. Selain mempersiapkan perlengkapan bayi, mempersiapkan biaya persalinan, persiapan fisik, juga harus mengetahui info seputar covid test jakarta. List yang terakhir itu menurut saya jadi bagian penting. Dengan mengetahui info seputar covid test, setidaknya ini akan berpengaruh pada prosedur selanjutnya. Misalnya apakah saya bisa melahirkan secara normal atau harus dengan jalan operasi.

Yah, saya hanya bisa berusaha dan berdo'a, semoga saat hari H nya nanti, saya dan bayi bisa sehat dan selamat. Semoga ya.

Share with your friends

Give us your opinion

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Maaf komentarnya aku moderasi. Jangan beri komentar anonim atau menyantumkan link hidup ya, karena akan otomatis terhapus ^^

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done