My June's Favourite: 7 List Nasyid Favorit Penyemangat Saat Bekerja

 
Buat saya, kerja tanpa dengerin lagu itu bagai sayur tanpa garam kurang enak kurang segar (okay, stop sampai sini).

Rasanya, iringan lagu yang didengar sambil bekerja itu kayaknya bikin seimbang. Saya bekerja, membuat desain, menghitung kebutuhan material, menghitung RAB, hampir semuanya menggunakan otak kiri. Nah, biar otak kanan nya ga pasirik-sirik sama otak kiri, otak kanan nya saya suruh kerja juga buat dengerin lagu. Mehehe.

Biar ga sekedar menikmati musik, saya lebih senang mendengar lalgu-lagu nasyid yang di setiap lirik nya pasti ada makna yang bisa kita ambil. Harapan saya, dengan mendengar musik positif seperti nasyid ini, fikiran dan hati saya juga dapat menerima afirmasi positif juga.

Dan, ini dia lagu nasyid favorit saya yang ada di playlist setiap kali saya bekerja. Oh ya, sebelumnya saya mau kasih tau, postingan kali ini adalah postingan kolaborasi dengan teman-teman Bandung Hijab Blogger.


1. FATIH - Anugerah Yang Terindah

Grup nasyid FATIH berasal dari Jogja. Semua lagunya acapella, alias tidak menggunakan alat musik. Baru sadar juga sekarang, kenapa saya ngasih nama anak saya "Fatih" mungkin salah satunya karena saya nge-fans sama grup nasyid ini.

Lagu berjudul Anugerah Yang Terindah adalah lagu pertama dari debut FATIH. Isinya bercerita tentang seseorang yang merasa bahwa anugerah terindah yang dimilikinya adalah saat dia berubah, hijrah menuju seseorang yang lebih baik. Lagu ini juga mengandung lirik perenungan, bahwa manusia itu hanyalah makhluk kecil yang tidak ada apa-apanya.

Lagu ini sudah launching cukup lama, sekitar tahun 2007. Saat itu, saya baru lulus SMP dan sedang menunggu pengumuman penerimaan siswa baru di SMA. Masa-masa nganggur tuh, hehe. Hampir tiap pagi saya dengar lagu ini di MQ TV, dan sampai usia saya saat ini, saya ga bosen dengernya.



2. Haris Isa - Apa Kabar November

Haris Isa adalah musisi asal Bandung. Dulu ia sempat berkarir di bidang musik sebagai vokalis di grup nasyid Shaffix. Kini kang Haris memutuskan untuk ber-solo karir.

Sebelum bahas lagunya, saya mau bahas kang Haris nya dulu. Kang Haris ini menurut saya beda dari munsyid (sebutan untuk pelantun nasyid) lainnya. Diantara munsyid-munsyid lain, mungkin kang Haris yang selalu tampil dengan gaya berpakaian yang modis. Jika munsyid lain menggunakan setelah jas atau baju koko serta peci, maka beliau menggunakan rompi dan aksesoris lain seperti topi dan syal. Pokoknya mah, teu nyirikeun munsyid pisan lah.

Oke sekarang kita bahas lagunya. Lagu berjudul "Apa Kabar November" ini secara garis besar menceritakan tentang seseorang yang berjanji untuk tidak lagi berbuat dosa yang sama di bulan November tahun lalu. Namun rupanya ia masih saja terjebak dengan kesalahan yang sama.

Lagu ini secara halus menyatakan bahwa untuk meninggalkan kebiasaan buruk itu tidak mudah. Perlu keteguhan niat. Bagi yang belum pernah menikmati lagu nasyid, saya sih sangat  menyarankan untuk mendengar lagu-lagu karya kang Haris Shaffix saja, karena jenis musik nya cenderung seperti lagu pop yang biasa kita dengar.




3. EdCoustiv feat. In Team - Kau Ditakdirkan Untukku

Woke, ini adalah lagu favorit ter-baper versi saya. Yaa, ketauan lah dari judulnya juga. Lagu ini cocok banget dinyanyikan di acara walimah / resepsi pernikahan.

Tau ga sih, awalnya lagu ini berjudul "Dia Ditakdirkan Untukmu". Lagunya bercerita tentang seseorang yang patah hati karena orang yang disukainya itu malah memilih sahabatnya untuk jadi pendamping nya.

Uuu baper~

Kemudian, grup nasyid EdCoustic yang berasal dari Bandung ini, berkolaborasi dengan grup nasyid In-Team asal Malaysia. Judul dan lirik nya kemudian berubah total, namun nada lagu nya tetap sama. Menurut saya, kolaborasi dengan grup nasyid In-Team ini adalah suatu prestasi dan saya yakin suatu saat tim nasyid EdCoustic akan bersinar. Namun sayangnya, kang Aden, salah satu vokalis tim EdCoustic meninggal dunia di tahun 2013.

Bagian yang paling aku suka dan bikin merinding adalah di menit 3:30

"Kau amanahku.. Istriku tercinta.. Engkau ditakdirkan untukku"

Hmmhh.. Bikin meleleh~ selain karena liriknya, juga karena suara vokalis In-Team nya yang beneran merdu sampe bikin aku merinding dengernya. Coba deh kalian simak lagunya.

4. Tazakka - Rumahku Syurgaku

Nah, kalau lagu ini lumayan jadul juga. Pertama kali tahu dan dengar lagu ini saat saya masih kelas 4 SD, mungkin sekitar tahun 2004. Nada nya lumayan mendayu-dayu, tapi enak didengar. Instrumen musik nya pun masih sederhana.

Saya suka lagu ini karena musiknya yang sangat-sangat nyantai. Harmonisasi antara vokal, backing vokal suara 1, 2, dan 3 nya pun sangat apik. Sesuai dengan judulnya, isinya berkaitan dengan mahigai rumah tangga yang tentram, yang dirahmati Allah, akan mnciptakan suasana rumah yang nyaman. Sehingga, rumah adalah surga bagi keluarga. Meski begitu, untuk menciptakan rumah tangga yang diberkahi memang tak lepas ujian dan cobaan.

Bagi yang sudah ber-rumah tangga, coba dengerin lagu ini.


5. Raihan - Sifat-Sifat Nabi

Grup nasyid asal Malaysia ini, pasti kalian tahu dong. Sekitar tahun 2003 grup nasyid Raihan terkenal di Indonesia dengan lagunya yang berjudul "Demi Masa". Nah, ada satu lagu lagi yang menurut saya sangat easy listening, berjudul "Sifat-Sifat Nabi".

Isinya bercerita tentang sifat wajib bagi Nabi dan sifat mustahil bagi Nabi. Lagu ini juga mungkin akan saya ajarkan ke anak saya, karena dulu semasa saya SD, ada materi pelajaran agama yang membahas tentang sifat wajib dan sifat mustahil Nabi. Lagu ini mungkin akan membantu untuk menghafal materi tentang sifat-sifat Nabi.


6. Nowseeheart - Damai

Nowseehaert juga merupakan salah satu grup nasyid favorit saya, karena suara vokalis nya beneran enak didengar, kalau kata orang Jerman mah suaranya meni halimpu. Pun begitu pula dengan backing vokal yang mengiringinya, harmonisasi nya udah jangan ditanya lagi deh.

Lagu berjudul "Damai" ini menceritakan tentang seseorang yang merasa damai ketika berada di alam bebas yang penuh pepohonan dan udara yang sejuk. Sejalan dengan hobi saya yang juga suka berlibur ke tempat bernuansa alam, sehingga lagu ini jadi lagu favorit saya karena hampir mewakili perasaan saya.

Lagu nasyid ini juga "dikemas" dengan musik yang cukup modern dan sangat cocok didengarkan dalam berbagai suasana hati.


7. Saujana - Sendiri

Terakhir, Saujana adalah grup nasyid asal Malaysia. Pernah dengar lagunya yang berjudul "Suci Sekeping Hati" ? Kalau belum denger ya tinggal denger aja di yutub sih, hehehe.

Nah, lagu berjudul "Sendiri" ini berisikan tentang lagu penyesalan seorang anak kepada seorang ibu. Saat ibunya masih ada, ia selalu menutup telinga terhadap semua nasihat yang ibunya sampaikan. Sekarang setelah ibunya sudah tidak ada di sisinya, barulah ia merasakan bahwa sesungguhnya nasihat ibu itu ibarat madu yang menyembuhkan luka.

Lagu ini sering saya dengar saat saya masih kuliah sambil mondok di pesatren. Dimana saat itu pertama kalinya saya jauh dari orangtua. Masa masa dimana saya sering banget ngerasain Home Sick, kangen rumah, kangen keluarga, ah sedih weh pokoknya mah, apalagi waktu saya sakit dan ga ada yang temenin.

Oh ya saya jatuh cinta sama intro dari lagu ini. Dulu, lagu ini sering saya jadikan nada dering di HP karena musiknya memang se-enak itu.


Dari ke-7 nasyid favorit saya tadi, ada yang sudah pernah dengar salah satunya? Atau jangan-jangan ga ada yang kenal sama sekali? Hehe maafkan. Kalau lagu nasyid favorit mu apa?

Related Posts

17 comments

  1. ok,menarik juga genre musik nasyid

    ReplyDelete
  2. Nasyid emang bikin adem ya boleh banget nih didengerin pas lagi ngantor

    ReplyDelete
  3. Wah aku juga seneng denger nasyid tapi blm pernah denger yg di playlist, jd pgn denger nih

    ReplyDelete
  4. Edcoustic lagunya enak-enak banget buat didengerin memang top

    ReplyDelete
  5. Belum pernah denger semuanya teh. Tp bakal kusave ah buat referensi playlist penyejuk hati ❤

    ReplyDelete
  6. Wahh ternyata kita bahas things yang sama, walaupun berbeda genre nya. Bisa coba denger nasyid juga nih kali-kali. Aku paling tau nya sama Raihan karena emang salah satu nasyid yang sudah melegenda dari jaman dulu yaa..

    ReplyDelete
  7. Subhanallah, aku sedih karena belom pernah denger lagu-lagu ini..

    ReplyDelete
  8. Aku tau Raihn, Saujana. Plus dulu mah aku sering dengerin The Fikr teh, tau juga gak? enakeun nasyidnya tuh. tapi udah lama banget itu pas aku SD hehe

    ReplyDelete
  9. MasyaAllah list nasyidnya bikin penasaran pengen dengerin juga

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah hafal semuaaaaa 😍😍😍😍. Malah menurut Lae mah lagi2 nasyid lama lebih 'ngena' daripada yang kekinian. Temanya lebih bervariatif n khas banget

    ReplyDelete
  11. Masya Allah teh ini jadi inspirasi aku juga auto nyari di google soal nasyidnya

    ReplyDelete
  12. aku baru tau lagu-lagunya, jarang dengerin nasyid. Jadi pengen dengerin nihh ada referensinya hehe

    ReplyDelete
  13. Masha allah serasa menemukan pocari sweat di gurun sahara liat listnya :)

    ReplyDelete
  14. wah tengkyu teteh, jadi referensi buat ak dengerin nih

    ReplyDelete
  15. wah lagu" genre nasyid emang selalu bikin adem deh

    ReplyDelete
  16. Adem banget ya jadi pingin denger juga teh

    ReplyDelete
  17. Lagu-lagunya ngademin semua niiih

    ReplyDelete

Post a Comment