ASUS ZenBook Blogger Gathering Bandung: Mengenal Laptop Paling Ringkas di Dunia

by - 00:06:00


Sabtu, 13 April lalu, Alhamdulillah saya masih diberi kesempatan untuk menghadiri sebuah event bertajuk ASUS ZenBook Blogger Gathering Bandung. Setelah Bengkulu dan Batam, Bandung menjadi kota pertama di pulau Jawa yang dijadikan lokasi seru-seruan bersama para blogger.

Bersyukur sekali karena di hari itu, Allah masih menguatkan fisik saya setelah semalam suntuk nyaris tidak tidur karena berjibaku dengan air banjir yang masuk ke dalam rumah. Awalnya saya mau cancel saja, karena sampai jam 10 pagi saya masih bergelut dengan perabotan rumah dan pakaian yang terendam banjir semalam. Tapi, saya membayangkan keseruan bersama teman-teman blogger nanti yang sayang sekali jika saya lewatkan. Akhirnya, saya mempercepat gerakan saya lalu buru-buru membersihkan diri dan bergegas pergi.

Saya datang ke tempat acara sedikit terlambat, tapi untunglah acara utama nya belum dimulai. Saya masih sempat mencicipi hidangan makan siang di Hotel Savoy Homann. Alhamdulillah, nikmat.. Rangkaian acara ASUS ZenBook Blogger Gathering Bandung memang diawali dengan makan siang bersama.

Oh ya, ada yang istimewa kali ini. Semua peserta yang mengikuti acara ASUS ZenBook Blogger Gathering di Bandung mendapatkan merchandise unik, berupa ikat kepala tenun motif khas nusantara. Waa, terimakasih banyak yaa, buat yang sudah beliin.

Sekitar pukul 13.30, acara utama dimulai. Acara ASUS ZenBook Blogger Gathering Bandung dipandu oleh seorang youtuber sekaligus travel blogger idolaku, kak Katerina, dan seorang youtuber yang aktif membahas soal tekno dan gadget, kak Anjas Maradita.

Kak Katerina, Travel Blogger dengan segudang prestasi
Kak Katerina adalah seorang travel blogger berhijab yang aktif menulis di blog sejak tahun 2008. (Tahun 2008 saya lagi ngapain yah?). Satu hal yang saya kagumi dari beliau adalah, kecintaannya terhadap negeri ini yang ditumpahkan ke dalam tulisan-tulisan di blog nya. Destinasi wisata yang sering kak Katerina kunjungi memang sebagian besar di Indonesia. Coba deh mampir ke blog nya beliau di travelerien.com, kita akan menemukan karakter tulisan yang rapi, naratif, dipadukan dengan foto-foto menarik yang kadarnya seimbang, tidak terlalu banyak foto selfie atau hanya sekedar foto pemandangan.

Selain aktif di blog, tulisan beliau juga sering dimuat di Air Magazine Xpress Air. Beliau juga termasuk ke dalam 10 Travel Blogger Terbaik versi Blog Travel Reservasi. Jujur, prestasi beliau di dunia blog membuat saya jadi termotivasi juga untuk tetap terus berkarya. Dulu saya punya cita-cita jadi travel blogger juga, semoga kelak saya bisa mewujudkan cita-cita tersebut.

Kak Anjas Maradita  dan kak Katerina
Acara kemudian berlanjut dengan pemaparan tentang fitur dari laptop ASUS ZenBook 13/14/15 yang disampaikan oleh kak Anjas. Jujur saja saya sempat khawatir nundutan (ngantuk) karena semalam hanya tidur 2 jam, tapi pembawaan kak Anjas yang santai ditambah lagi dengan antusiasme dari teman-teman blogger semua malah bikin saya jadi fokus dan terbawa suasana. Belum lagi, fitur-fitur canggih yang dimiliki ASUS ZenBook 13/14/15 yang bikin saya tambah antusias aja untuk menyimak.

Penasaran ga sama fitur ASUS ZenBook UX333/433/533 ini? Simak yuk.

Tentang ASUS ZenBook UX333/433/533, Laptop Paling Ringkas

Pada Januari 2019, ASUS mengeluarkan laptop seri terbaru nya, yaitu ASUS ZenBook UX333 untuk ukuran 13 inch, UX433 untuk ukuran 14 inch, dan UX533 untuk ukuran 15 inch. Laptop ASUS seri ini adalah laptop premium yang paling ringkas di kelas nya.


Mengapa disebut paling ringkas? Ini karena adanya fitur Nano Edge Display. Fitur Nano Edge Display adalah fitur teknologi eksklusif yang mampu memperkecil ukuran bezel pada layar laptop hingga 2.8mm sampai 5.9mm saja. Fitur Nano Edge Display ini menjadikan layar pada laptop ASUS memiliki screen to body ratio sampai 95%. Efek yang paling dirasakan adalah ukuran laptop seperti lebih kecil dari ukuran laptop pada umumnya, dengan ukuran layar yang sama.

Ini baru fitur pertama saja saya sudah terkagum-kagum loh. Kita semua pasti tahu bahwa bagian frame atau sisi-sisi layar laptop berisi banyak komponen, seperti kamera, sensor-sensor, dan lain-lain. Namun ASUS mampu meringkas nya menjadi ukuran sekecil itu! Duh, saya ga bisa bayangin gimanaa itu para engineer ASUS menciptakan teknologi nano seperti itu.

Ukurannya yang ringkas, ga bikin ribet kalau harus bawa laptop kemana-mana
Ditambah lagi, layar ASUS ZenBook terbaru memiliki resolusi Full HD (1920x1080 pixel) dengan tingkat reproduksi warna tinggi, yaitu mencapai 100% dalam color space sRGB. Layar tersebut juga memiliki sudut penglihatan (viewing angle) yang sangat lebar, yaitu mencapai 178 derajat! (Wah ini mah hampir bisa diputar sampai lurus). Selain itu, ASUS ZenBook seri ini juga telah dilengkapi dengan berbagai teknologi visual eksklusif seperti ASUS Splendid dan ASUS Tru2Life Video untuk pengalaman visual sempurna. Nah, kebayang kan, kalau nonton drakor pake laptop ini pasti hasilnya lebih tajam, bikin betah, hehe.

Ergo Lift Design

ASUS ZenBook 13/14/15 dirancang dengan teknologi Ergo Lift Design, yaitu sebuah desain yang menjadikan laptop terangkat dan membentuk sudut sebesar 3 derajat. Sudut yang terbentuk ini memiliki banyak keuntungan, yaitu:
  • Kesan ergonomis, atau kenyamanan pada pengguna dalam mengoperasikan laptop
  • Membentuk rongga di bawah body laptop yang bermanfaat untuk sirkulasi udara, sehingga suhu komponen pada laptop tetap terjaga, juga untuk menghasilkan suara yang kencang dari speaker
  • Mendukung fitur konektivitas

Ringan, Tangguh, Performa Juara

Buat teman-teman yang senasib dengan saya, seorang karyawan yang katanya sih jam kerja nya hari Senin-Jumat jam 08.00-17.00, namun nyatanya di hari libur masih aja ditanyain soal kerjaan, atau buat kita-kita para blogger yang suka tiba-tiba dapet inspirasi tulisan dari tempat tak terduga, rasanya kok kayak pengen bawa aja laptop kemana-mana ya. Tapi yang jadi masalah adalah bawa laptop itu berat, belum harus juga bawa kabel charger nya.

Nah, ASUS ZenBook ini seperti menjawab persoalan kita tentang laptop. Selain ringkas, laptop seri ini juga cukup ringan. Beratnya hanya 1.19 Kg saja untuk ASUS ZenBook UX333 dan UX433, dan berat 1.67 Kg untuk ASUS ZenBook UX533. Ga sampai 2 Kg kawan!

Dan, jangan salah, meski ringan, laptop ASUS ZenBook mengantongi sertifikat Military Grade MIL-STD 810 G, dimana laptop ASUS ZenBook telah lolos pada pengujian ketinggian dan kelembapan ekstrim. Waw, jadi inget laptop ASUS saya yang versi lama saja pernah jatuh dari meja saat kuliah, namun sampai sekarang saya punya anak, laptop saya masih aman-aman saja. Apalagi laptop ASUS ZenBook ini.

Selain ringan, ringkas, dan tangguh, ASUS ZenBook 13/14/15 pun dibekali dengan fitur keamanan dan teknologi terkini, yaitu:
  • Fitur pengenalan wajah dengan menggunakan kamera infra merah khusus yang terintegrasi dengan Windows Hello, memungkinkan pengguna untuk dapat log in tanpa password atau PIN.
  • Penyimpanan internal laptop sudah menggunakan NVMe PCIe SSD dengan performa tinggi, berkapasitas 512 GB, jadi, selamat tinggal Hardisk!
  • Didukung dengan prosesor Intel Core generasi ke-8 i5 dan i7.
  • Dilengkapi dengan RAM 16 GB
  • Mengandalkan dual band Wi-Fi 802.11ac dan Bluetooth 5.0 untuk kenyamanan dan kelancaran konektiivitas.
  • Fitur unik NumberPad yang terintegrasi dengan touch pad pada ASUS ZenBook UX333 dan 433.
Mendengar fitur-fitur canggih nya, jadi makin pengen memiliki ASUS seri ini ga sih? Semua keunggulan di dalamnya betul-betul sangat dibutuhkan bagi siapa saja para profesional on the go, termasuk kita para blogger.

Spesifikasi ASUS ZenBook
Outdoor Activity Bersama

Selesai pemaparan keunggulan ASUS ZenBook UX333/433/533 oleh kak Anjas, acara selanjutnya adalah berkeliling mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang terletak di pusat kota Bandung. Acara jalan-jalan santai ini dipandu oleh Bang Aswi, senpai nya blogger Bandung (hehe).
Bang Aswi sedang menjelaskan sejarah kota Bandung di Titik Nol Bandung
Berawal dari titik nol kota Bandung, yang letak nya persis di depan venue acara, hotel Savoy Homann Bandung. Di titik nol ini ada monumen yang saya kira itu adalah kereta api, tapi ternyata itu adalah tendem roller atau orang kita biasa menyebutnya setum. Mengapa kok ada monumen itu? Jadi ternyata, tendem roller ini adalah tendem roller yang dipakai saat zaman penjajahan dulu, ketika Daendels memaksa rakyat untuk membangun jalan dari Anyer ke Panarukan. Proyek jalan ini juga melewati kota Bandung ternyata.

Selanjutnya, Bang Aswi mengajak kami ke bangunan lain dan bercerita tentang banyak hal yang baru saya ketahui setelah selama 20an tahun tinggal di Bandung. Dari mulai sejarah hotel Savoy Homann yang ternyata adalah hotel tertua dan pertama di Bandung, gedung Majestic yang ternyata adalah bioskop pertama di Bandung pada masa pemerintahan Belanda, mall pertama di Bandung yang kini sudah menjadi bangunan Bank NISP, dan masih banyak lagi.

Hotel Savoy Homann adalah hotel pertama di Bandung
Jalan-jalan sore kali ini sungguh sangat berfaedah. Jalanan kota Bandung yang sering saya lewati selain bangunannya yang artistik, juga ternyata mengandung makna sejarah yang mendalam, ada air mata para pejuang kemerdekaan bangsa kita di situ. Maka, pantaskah jika kita berpecah belah hanya karena berbeda pandangan dan pilihan, sementara orang tua kita dahulu justru bahu membahu untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia?
Acara ditutup dengan makan malam bersama, Barbeque Party di hotel Savoy Homann Bandung. Pilihan makanan di sini sangat bervariasi, enak-enak pula. Lalu saya jadi bahagia aja ketika menemukan sate buah dan chocolate fondue fountain, maap norak ya, hahaha.

Ini baru sebagian kecil saja menu Barbeque Party yang ada di hotel Savoy Homann
 Acara ASUS Blogger Gathering Bandung ini sangat berkesan. Sampai detik ini saya masih belum bisa move on. Terimakasih ASUS Indonesia, kak Katerina, kak Anjas, dan temen-temen blogger Bandung semua! Semoga kita bisa seru-seruan bareng lagi.


Salam Hangat

You May Also Like

28 komentar

  1. Yeayyy seru ya acara kemarin, see u next time ya teh. Btw laptop ZenBook ini emang kece banget yaaa, sayang kemarin cuma pegang-pegang aja belum bisa memiliki hihi

    ReplyDelete
  2. seru ya blogger gatheringnya, gak kerasa dari jam 11 sampai malam cepet banget,

    ReplyDelete
  3. Keren banget nih eventnya ,produknya juga ga kalah keren. Pasti ga bakalan ribet kalo dibawa kemana2.

    ReplyDelete
  4. walaupun acaranya dari siang samapi malam tapi asli gak kerasa banget. Malah sepertinya kurang sih, seruu banget. Apalagi pas nyobain Zenbook terbarunya Asus, ah bikin mupeng

    ReplyDelete
  5. Kebayang kalau Lae punya laptopnya. Pasti 'kalap' main game n blogging. Acaranya seru banget ya, tadinya mau ikutan tapi Pas baby lagi sakit.

    ReplyDelete
  6. Ahhh, keceriaan gathering Asus Zenbook di BAndung bikin happy yaa..

    ReplyDelete
  7. seru ya teh acara ini kita bisa pul kumpul blogger dan kita bisa cobain zenbook

    ReplyDelete
  8. Inovasi ASUS dalam produknya selalu kece banget ah. Laptop ringan zenbook ini siapa coba yang bisa nolak? Ahahha aku mah udah pasti mau. Jalan2 lihat sejarah Bandung seru ya.. jadi mau keliling Bandung juga ah.

    ReplyDelete
  9. wiw, warnanya kusuka...biru..hmmm, ku suka..ku suka..ku suka hehehe

    ReplyDelete
  10. Wow ada Kak Katerina! Kayaknya acaranya seru banget ya. Nungguin ah kalan ada garthering Asus di Solo.

    ReplyDelete
  11. Ya ampun mau banget punya laptop yang ringkas seperti ini biar ringan dibawa ke mana-mana karena sy kan kurus orangnya.. Nyerah kalau bawa yg berat-berat

    ReplyDelete
  12. Dari pertama jumpa Zenbook baru ini, aku belum berhenti naksirrrrr. Mupeeeeeng banget.

    ReplyDelete
  13. Seruu.. aku pernah ikut acara Asus pas sblm hamil ke3. Duh kangen event blogger hihi
    Wah kbanjiran ya mba. Moga nggak kejadian lagi ya. Keren tetap smangat pergi event.
    Asus laptop favorit, awet semua laptop asus aku mbaa..

    ReplyDelete
  14. Acaranya seru banget
    Auto nabung buat beli laptop kece ini hehe

    ReplyDelete
  15. Mupeeengg buanget ikutan acaranya ASUS ini.
    Moga2 mba Rien dan seluruh tim ASUS segera cuss ke Sby!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  16. Wah seru bisa ikutan acara Asus Zenbook Gathering bersama mbak Katerina, ulasannya mantap, jadi kepingin ganti lapton Asus nih soalnya yang lama sudah lemot hihihi. Bandung memang juara ya untuk urusan destinasi wisata, enggak heran selalu di padati wisatawan.

    ReplyDelete
  17. seru banget acaranya, sayang waktu itu gak bisa ikutan :)

    ReplyDelete
  18. Acaranya keren.. BTW pengen punya juga nih zenbook .. Canggih luarbiasa ya

    ReplyDelete
  19. Ya ampun jadi pengen ikut acara gatheringnya, belum lagi laptopnya kece jadi pen milikin juga❤️

    ReplyDelete
  20. Tipis amat ini laptop emeziiing hihi

    ReplyDelete
  21. Seru acaranya ada jalan2 bareng biasanya acara blogger hanya d tempat

    ReplyDelete
  22. Mba Katerina ini panutanku juga, keren banget ya konsistensinya di dunia Travel Blog, foto2nya juga selalu kece. Dan yang penting lagi, Zanbook dengan segala kecanggihannya ini pasti mampu dan mumpuni menunjang Profesi sebagai Travel Blogger dan profesi apapun karena cukup ringan memudahkan dibawa kemana-mana. Aku mupeeeng jadinya, haha

    ReplyDelete
  23. Zenbook ini emang keren banget ya leptopnya.. Akupun suka... Pas buat kita para blogger

    ReplyDelete
  24. Melihat gathering Asus di beberapa kota selalu keren. Zenbook seri IX ini laptop idaman banget, udah ringan bodynya kokoh pula. Cocok buat travel blogger macem mba Rien. Semoga gathering Asus bareng mba Rien mampir di Surabaya juga

    ReplyDelete
  25. Wahh seru banget.., zenbook dimana-dimana jadi primadona ya. Mupeng banget pengen punya si cantik dan ringkas ini

    ReplyDelete
  26. aaaah serunya Asus Zenbook Blogger Gathering iniii. si Zenbook ini emang kece abis yaaaaa.. Hihihi

    ReplyDelete
  27. Semoga ada ASUS Gathering juga nantinya di kota saya. Mupeng sama zenbooknya

    ReplyDelete
  28. Seru baca ceritanya Afifah. Thanks ya udah hadir dan berpartisipasi. Moga jumpa lagi di keseruan event lainnya.

    ReplyDelete