5 Destinasi Asik untuk Larikan Diri dari Semarang yang Terik

By Afifah Nurul Haq - 09:05:00


Saya memang bukan orang asli Semarang, tapi buat saya, Semarang itu asik. Untuk berpetualang, tak perlu menjelajah hingga ke luar kota. Ada banyak tempat-tempat wisata di Semarang yang menarik untuk dikunjungi, seperti Simpang Lima, Kota Lama, Kampung Pelangi, atau Lawang Sewu.

Namun Semarang tetaplah Semarang. Di musim panas, kota pelabuhan ini bisa memiliki temperatur udara yang sangat tinggi hingga bikin gerah. Kalau sudah begini, salah satu alternatifnya adalah cari tempat liburan yang adem.

Kebetulan, ada beberapa tempat wisata alam yang jaraknya relatif dekat dengan Kota Lumpia. Didukung dengan letaknya yang berada di dataran tinggi, bakal bikin hati jadi lebih adem kalau liburan ke sana. Berikut adalah lima tempat wisata di Semarang yang paling pas untuk melarikan diri dari suhu kota yang terik.

1. Wana Wisata Penggaron

Foto: kaskus.co.id



Wana Wisata Penggaron berjarak hanya 18 kilometer dari Kota Semarang. Sebuah tempat liburan berhawa sejuk yang juga merupakan rumah bagi satwa-satwa liar. Di tempat ini kamu bisa melakukan bird watching sambil mengamati hewan-hewan, seperti Kadalan Kembang, Kadalan Birah, Merah Hijau, tau Elang Ular Bido.




2.  Rawa Pening


Sumber: news.aeromedia.net


Rawa Pening merupakan danau legendaris di Indonesia. Namanya sangat terkenal, tapi sayangnya masih sedikit yang pernah melihatnya secara langsung. Dari Rawa Pening, kamu bisa melihat pemandangan pegunungan, seakan menjadi dinding pelindung bagi danau tersebut. Konon, pemandangan sore hari di Rawa Pening sangat eksotis. Jadi pastikan kamu juga merasakan pengalaman tersebut.


3. Umbul Sidomukti

Foto: @jonihepi
Kolam renang sensasional dengan empat tingkatan. Kira-kira itulah kesan yang tersirat ketika pertama kali melihat dan merasakan kesegaran air Umbul Sidomukti. Empat kolam dengan empat ketinggian yang berbeda dalam satu bukit. Tak hanya itu, sambil berenang kamu juga bisa melihat bentang alam yang sangat menakjubkan. Tersedia juga beberapa gazebo untuk tempat istirahat setelah capek berenang.


4. Pondok Kopi
 
Foto: piknikyok.com

 Jangan keburu pulang setelah puas bermain air di Umbul Sidomukti. Sempatkan diri untuk mampir di Pondok Kopi. Sebuah tempat nongkrong dengan gaya outdoor. Sambil mengisi kembali perut yang sudah terasa lapar, nikmati juga pemandangan alam yang sangat indah.




5. Gunung Ungaran

Foto: @arifks_19



Punya waktu lebih untuk dihabiskan di tempat wisata di Semarang? Kamu wajib coba mendaki Gunung Ungaran. Sudah pasti butuh persiapan khusus untuk menaklukkan gunung dengan ketinggian 2.050 mdpl ini. Tapi bayangkan betapa bangganya kamu karena menyempatkan waktu untuk lebih dekat dengan alam Jawa Tengah yang sangat indah.
 
Itulah lima rekomendasi tempat wisata di Semarang, tempat yang sejuk dan asik untuk menjauhkan diri dari hiruk-pikuk dan panasnya Kota Lumpia. Segera rencanakan liburan dan booking tiket kereta api pakai Traveloka. Dengan fitur baru, Seat Alert, yang mengingatkan atau menginformasikan kapan saat terbaik untuk mem-booking tiket yang diinginkan. Pengguna akan mendapatkan notifikasi saat tiket yang diinginkan mulai dijual, atau tersedia kembali. Jangan lagi khawatir kehabisan tiket kalau pakai fitur Seat Alert dari Traveloka.

  • Share:

You Might Also Like

32 komentar

  1. mantep teh ini tempat wisatanya aku penasaran sama umbul sidomukti next kalau ada kesempatan mau coba kesana ah heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah-mudahan dikasih kesempatan ya teh.. makasih udah mampir :)

      Delete
  2. Bagus semua ih tempatnya, kalo lagi kesana pengen datengin tempat-tempat ini ah makasih yaa teh😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teh bagus-bagus.. makasih ya teh udah berkunjung :)

      Delete
  3. Semarang leh uga nih buat tempat ngebolang:"

    ReplyDelete
  4. Kapan ya saya bisa menyambangi Semarang? hehe mupeng pengen ke semua tempat ini deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga suatu saat nanti bisa ke Semarang ya teh..

      Delete
  5. umbul sidomukti bikin mupeng bangettt, pengen kapan2 bisa main ke Semarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa bagus yaa view nyaa.. mudah-mudahan bisa ke sana ya teh

      Delete
  6. keren-keren banget tempatnya.. jadi pengen ke semarang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tehh.. yukyuk Swmarang, pesen tiket nya di traveloka hihi

      Delete
  7. duh.. keren banget
    akhir tahun holiday nya ke semarang ahhhh

    ReplyDelete
  8. Duh no 3. Ngeliatnya aja adem. Apalagi ada di sana ya. Mudah mudahan dikasih rejeki sm Allah buat bisa ketempat2 itu. Aamiin

    ReplyDelete
  9. Tiap tahun kalau mudik ke Solo pasti lewat semarang. Tapi baru tau nih tempat rekreasi keren2 ini. Biasanya taunya cuma lawang sewu aja. Trus Penasaran banget juga sama yg umbul sidomukti. Makasih yah sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama teteeh.. memang banyak banget tempat wisata nya, ini baru sebagian :D

      Delete
  10. Wah, lumayam nih buat bekal tempat liburan kalo lagi ke Malang. Makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teh.. makasih juga sudah mampir yaa :D

      Delete
  11. Ternyata Semarang punya daerah dataran tinggi juga ya, enak buat ngadem.
    Aku kira cuma daerah pantai aja

    ReplyDelete
  12. Saya orang Jogja, tapiii malah belum pernah explore semaraaaang loh Teh... Btw makasih sharingnya... Semoga suatu saat bisa kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi semoga suatu saat bisa ke Semarang yaa teteh.. makasih udah mampir :D

      Delete
  13. Listed nih, buat nanti ke semarang lagi syudah ada destinasinya.. yay!!

    ReplyDelete
  14. Ya ampun judulnya melarikan diri banget ya dari kenyataan hahaha, noted teh, kalo ke Semarang bisa ke tempat-tempat ini :D

    ReplyDelete
  15. Belum pernah ke semarang... Semoga ada kesempatan ketempat² ituhh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga ya teh.. :D makasih udah singgah teh :D

      Delete
  16. Keren nih, saya pernah ke Semarang dan bingung mau ke mana.
    Semarang juga panas ya mba, 12 12 ama Surabaya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha iya maklum soalnya deket pnatai sih ya jadi panas.. makasih udah mampir ya mbak :)

      Delete