Bernostalgia dengan Permainan Masa Kecil di Solitaire.org

game solitaire online

Generasi millemial pasti pernah merasakan serunya bermain game solitaire di komputer. Di era tahun 2000-an, komputer memang salah satu barang tersier dan teknologinya masih berkembang. Software yang ada di komputer pun belum terlalu banyak seperti saat ini, termasuk game.

Dulu waktu saya masih SD, saya pernah ngabuburit dengan memainkan game di komputer, salah satunya game solitaire. Kalian juga tentu pernah memainkannya bukan, untuk mengisi waktu luang atau sekedar melepas penat dari kebosanan?

Game yang merupakan wujud digital dari permainan kartu ini punya 3 (tiga) level kesulitan. Mulai dari level easy (mudah), medium (sedang), hingga level hard (sulit).

Coba kira-kira, kalian masih ingat tidak bagaimana cara memainkannya? Sini-sini ku beri tahu

Game solitaire ini bertujuan untuk menyusun semua kartu mulai dari As, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, Jack, Queen, dan berakhir dengan kartu King. Kartu-kartu ini kemudian disusun di Goals, atau 4 kotak kosong yang ada di bagian atas.

Kartu-kartu yang nampak sifatnya random. Pertama-tama, jika menemukan kartu As yang terbuka, kita bisa simpan terlebih dahulu di kotak Goals.

Selanjutnya, untuk membuka kartu-kartu berikutnya kita bisa menyusun secara selang seling antara kartu merah dan kartu hitam. Atau, kita bisa membuka kartu di tumpukan kartu di bagian kanan atas.

Permainan akan selesai jika semua goals terisi oleh kartu yang beurutan dari mulai As hingga kartu King.

Bermain Solitaire Online di solitaire.org

Jika dahulu kita bermain game secara offline dengan meng-install terlebih dahulu permainan solitaire di komputer, sekarang kita bisa memainkannya secara online dan tak perlu repot menginstall.

Cukup kunjungi situs solitaire.org, kita sudah bisa memainkannya secara langsung dan gratis. Cukup dengan terhubung ke koneksi internet yang stabil.

Situs web solitaire.org juga mobile friendly, jadi kita bisa memainkannya tanpa dibatasi oleh perangkat. Kita bisa memainkannya melalui tablet atau handphone, dan bisa bermain dimana pun dan kapan pun.

game tanpa perlu install

Permainan Lain di Solitaire.org

Merasa bosan dengan permainan solitaire dan ingin mencoba permainan lain? Tenang, solitaire.org juga menyediakan pilihan game lain yang tak kalah menarik. Dari sekian banyak pilihan game yang ada di situs game online, ini dia pilihan game favorit saya:

1. Coffee Mahjong

Ini jujur deh, awalnya saya tertarik karena ada kata 'coffee' nya, ehehe. Ya sebagai penyuka kopi, saya jadi penasaran dengan game ini.

Ternyata ini game coffee mahjong ini simple banget. Kita hanya perlu menjodohkan 2 gambar yang sama identik dengan cara meng-klik pada gambar itu. Dan karena judulnya 'Coffee' jadi gambar yang muncul semua bertemakan kopi.

Game ini punya 17 stage / level. Level pertama tentu sangat mudah. Malah saya kira, anak-anak pun bisa memainkannya. Namun semakin naik level, kesulitannya akan semakin tinggi.

2. Zuma Ball

Nah, game satu ini juga salah satu game yang bikin saya nostalgia waktu sekolah dulu. Permainannya juga cukup mudah. Kita cukup menembakkan bola ke arah bola yang warnanya sama agar bola-bola tersebut menghilang sebelum masuk ke lubang akhir.

Saya punya trik, jika ternyata kita kesulitan melemparkan bola ke arah bola yang warnanya sama, yaitu dengan cara menembakkannya ke arah luar. Otomatis, bola akan terbuang dan tidak akan menambah panjang barisan bola jika sasarannya tidak tepat. Ehehe.

Mau coba? langsung klik game Zuma Ball di sini.


3. Candy House

Namanya bikin saya jadi terngiang-ngiang rasa manisnya permen, nih. Warna warna yang tampil juga sangat mencerminkan warna permen yang manis.

Game Candy House juga cukup mudah diainkan. Konsepnya mirip seperti Zuma Ball, namun ini dengan cara menukarkan posisi kotak-kotak permen ke posisi di sebelahnya secara vertikal atau horizontal. Kotak permen ini akan menghilang jika terdapat 3 atau lebih kotak dengan warna yang sama.

4. Letter Scramble

Wah ini juga bikin saya jadi nostalgia saat SMP. Permainan ini pertama kali saya tahu karena dikenalkan oleh guru bahasa inggris.

Bedanya, dulu saya bermain scramble menggunakan alat berbetnuk kotak yang berisi huruf-huruf. Nah di sini, kita bisa melakukannya secara online.

Permainan ini menurut saya lumayan mengasah kemampuan kosa kata bahasa inggris kita. Coba yuk game Letter Scramble di sini.


Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa permainan yang ada di solitaire.org, sebagiannya jadi mengingatkan saya pada masa kecil dulu.

Kalian harus coba sih game-game di solitaire.org ini. Bermain game selain bisa melepas penat, juga bisa mengasah kreativitas dan strategi juga lho.

Related Posts

1 comment

  1. Nostalgia yang asyik ini, saya dulu juga kadang memainkannya :)

    ReplyDelete

Post a Comment