Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Bagi Ibu Rumah Tangga

Menjaga pola hidup sehat untuk ibu

Sebagai seorang ibu rumah tangga, kesehatan dan kebugaran tubuh jadi nomor satu yang harus dijaga. Setiap hari kita melakukan aktivitas yang seolah tiada henti, dari sebelum suami dan anak-anak bangun hingga mereka tidur lagi.

Bahkan, saat suami dan anak-anak tertidur pun, kita masih harus 'bekerja' mengurus rumah. Semua ibu rumah tangga pasti merasa relate dengan hal ini.

Karenanya, menjaga pola hidup sehat bagi seorang ibu adalah hal utama. Ibu ibarat wonder woman yang dituntut serba bisa melakukan semua. Mulai dari mengurus suami dan anak, menyiapkan makanan, melakukan pekerjaan rumah, hingga mengatur keuangan keluarga.

Kebayang dong, kalau ibu sakit, semua aktivitas jadi terganggu.

Ini dia cara menjaga kesehatan tubuh bagi ibu rumah tangga dengan cara yang sederhana.

1. Menjaga Pola Makan dengan Gizi Seimbang

Menurut Departemen Kesehatan Indonesia, gizi seimbang adalah aneka ragam bahan pangan yang mengandung unsur-unsur zat gizi yang diperlukan oleh tubuh, baik kualitas (fungsinya), maupun kuantitas (jumlahnya).

Direktorat Gizi Departemen Kesehatan sendiri telah mengeluarkan Pedoman Umum Gizi Seimbang pada tahun 1995. Pedoman ini, merupakan penjabaran lebih detail dari konsep 4 sehat 5 sempurna.

Depkes menyarankan, agar kita selalu makan setiap hari dengan beragam jenis makanan yang gizi nya mampu melengkapi satu sama lain.

Secara umum, pengelompokan makanan dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu;

  1. Sumber energi / tenaga, yang dapat kita peroleh dari karbohidrat seperti beras, umbi-umbian, jagung, kentang, dan yang serupa dengannya.
  2. Zat pengatur yang bisa diperoleh dari sayuran dan buah-buahan
  3. Zat pembangun yang dapat diperoleh dari ikan, telur, daging-dagingan, kacang-kacangan, dan sejenisnya.
Makanan gizi seimbang
Image by celina schou via Pixabay

2. Melakukan Olahraga Ringan

Olahraga dan melakukan pekerjaan rumah tangga berbeda ya, Mom. Aktivitas olahraga gerakannya terukur dan melatih jantung serta otot. Sementara aktvitas melakukan pekerjaan rumah tangga, hanya membuat tubuh bergerak dan membakar kalori tubuh saja. Begitu kira-kira yang disampaikan Dokter Spesialis Keolahragaan dr. Andhika Raspati SpKO.

Sekarang ini akses internet sudah sangat baik. kita bisa mencari berbagai macam gerakan olahraga dengan berselancar di dunia maya. Ada banyak sekali gerakan-gerakan yang dapat kita lakukan hanya selama 15-30 menit saja dan bisa dilakukan di rumah.

Berolahraga selain membuat tubuh sehat, juga dapat meningkatkan perasaan bahagia dan menghilangkan stress.

olaharaga di rumah
Image by Karl Shea via Pixabay

3. Minum Air Putih yang Cukup

Ingat, yang cukup ya Mom, sesuai dengan kebutuhan tubuh. Orang dewasa rata-rata membutuhkan 6 sampai 8 gelas air per hari. Asupan air ini dapat dipenuhi melalui makanan dan konsumsi air putih.

Dengan terpenuhinya keburuhan air, tubuh akan terhindar dari dehidrasi yang menyebabkan sakit. Air juga dapat melarutkan zat-zat tertentu, mengatur suhu tubuh, hingga mengeluarkan sisa-sisa metabolisme dan sebagai sarana untuk mengeluarkan racun tubuh.

4. Minum Asupan Vitamin Tambahan Jika Diperlukan

Vitamin dan mineral punya peranan yang penting dalam kehidupan sehari-hari seorang ibu rumah tangga. Seperti misalnya;

Vitamin D, berperan dalam penyerapan kalsium ke dalam tubuh. Vitamin D sangat dibutuhkan seorang ibu untuk menjaga kekebalan tubuh, menjaga fungsi paru-paru dan jantung, menghindari resiko diabates, bahkan bisa mengatasi stress loh, Mom.

Kalsium, berperan dalam menjaga kepadatan tulang dan gigi. Aktivitas ibu rumah tangga yang padat setiap harinya tentu sangat mengandalkan kekuatan tulang. Ketika kita menjaga kesehatan tulang, rasanya segala seusatunya jadi lebih terbantu.

Vitamin C, berfungi sebagai antioksidan yang memicu terbentuknya kolagen.

Vitamin B6, adalah nutrisi yang dibutuhkan otak, saraf, dan kulit.

suplemen kesehatan tulang

Konsumsi CDR Bantu Lengkapi Nutrisi Harian Ibu

Dalam satu tablet CDR terkandung 250mg kalsium, 1000mg vitamin C, 300 IU vitamin D, dan 15mg vitamin B6. CDR memiliki 3 jenis, yaotu CDR Orange, CDR Fruit Punch, dan CDR Fortos Orange. Basanya saya konsumsi varian orange. Cukup dilarutkan dengan segelas air, CDR siap dinikmati dan akan semakin segar jika airnya dingin.

Bagi kita para ibu yang aktivitasnya banyak, tentu konsumsi CDR bisa membantu melengkapi nutrisi harian. Apalagi pada ibu hamil, menyusui, dan ibu yang sedang dalam proses penyembuhan.

Related Posts

Post a Comment