5 Bahasa Cinta Kala Menyusui

manfaat menyusui

Menyusui tak sekedar memberikan ASI. Bagiku, menyusui juga berarti memberikan bahasa cinta kepada sang buah hati. Ada ikatan batin yang seolah terrajut saat menyusui. Dan inilah 5 bahasa cinta yang terpancar saat menyusui:

1. Saat Menatap Matanya

Saat menatap, bayi bisa lebih mengenal wajah ibunya. Bayi yang menatap wajah ibu saat menyusui juga memberikan arti bahwa bayi merasa nyaman berada di dekat orang yang disayang.

2. Mendengar Detak Jantung Ibunya

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa bayi cenderung suka menyusu di sebelah kiri. Hal ini disebabkan karena posisi jantung berada di kiri. Bayi jadi bisa mendengar dengan jelas suara detak jantung ibunya dan cenderung merasa lebih nyaman.

3. Bahasa Sentuhan

Baik itu Fatih atau Maryam, dua anak saya, selalu menyentuh bagian tubuh saya saat menyusu seperti tangan, wajah, dan leher. Dan saya rasa, itu membuat mereka merasa tenang berada di dekat saya. Sentuhan ini juga memberikan rangsangan sensori bagi mereka.

4. Suara dan Penciuman

Saat dilakukan inisiasi menyusui dini, sebetulnya yang diharapkan bukan sekedar bayi bisa menyusu. IMD juga meningkatkan ikatan batin antara ibu dan bayi melalui suara dan aroma tubuh sang ibu. Suara dan aroma tubuh ibu meningkatkan ketenangan pada diri bayi.

5. Menyusui adalah Obat

Pernah dengar tentang baby spit backwash? Istilah ini adalah suatu keadaan dimana air liur bayi saat menyusu, memberikan sinyal ke tubuh ibu melalui puting. Di saat bayi sakit, tubuh ibu akan merespon dengan mengeluarkan ASI yang berisi antibodi, sehingga bayi lebih cepat sembuh.

Atau di saat keadaan lain, saat cuaca gerah misalnya. ASI yan dikeluarkan tubuh ibu cenderung lebih cair. Sementara saat cuaca dingin, komposisi ASI cenderung lebih kental dan berlemak. Ajaib ya?

Tumbuh Kembang si Kecil Berawal dari Bunda yang Sehat

Kita semua tahu bahwa konsep 1000 Hari Pertama Kehidupan anak yang diperkenalkan oleh WHO adalah masa yang sangat penting untuk tumbuh kembangnya. Menurut American Academy of Paediatricians (AAP), sebelum dua tahun otak si Kecil sangatlah kompleks untuk menerima pembelajaran seperti berjalan, berbicara, membaca, dan mengenali lingkungannya.

Karena itu pada masa-masa ini, bayi sangat membutuhkan nutrisi untuk otak dan tubuhnya. ASI menjadi salah satu asupan bayi yang penting karena mengandung sejumlah nutrisi. Sehingga, untuk bisa merasakan bahasa cinta dan memberikan ASI yang berkualitas, seorang ibu haruslah sehat.

Sebetulnya, langkah untuk menjadi bunda yang sehat sangatlah sederhana. Dimulai dari mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, minum air putih sesuai kebutuhan, hindari stress, dan bila perlu mengkonsumsi suplemen untuk melengkapi nutrisi ibu menyusui.

Blackmores Pregnancy, Suplemen dengan Kandungan Lengkap untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Selain kebutuhan makronutrien seperti protein, lemak atau karbohidrat, ibu hamil dan menyusui juga wajib memenuhi asupan mikronutrien seperti zat besi, yodium, asam folat, kalsium, dan DHA. 

Sejujurnya, semua kandungan ini bisa kita dapatkan dari makanan sehari-hari. Namun, saya rasa, tidak setiap hari saya bisa memenuhi semua kebutuhan nutrisi itu. Karenanya, saya mengkonsumsi Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold untuk melengkapi kebutuhan nutrisi saya.

Review Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold


Review Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold

Suplemen ini dikemas dengan botol kaca berisi 60 kapsul selaput. Kemasa botolnya berwana gelap, mungkin dirancang agar kualtias produknya tetap terjaga. 1 botol Blackmores ini dibuat khusus untuk pemakaian selama 1 bulan dengan dosis 2 x sehari.

Bentuk kapsulnya lumayan besar, tapi saya pribadi tidak begitu kesulitan saat menelannya. Kapsulnya tidak berbau dan tidak berasa apapun. Jadi saya cukup nyaman saat mengkonsumsinya.

vitamin untuk ibu hamil dan menyusui


1 buah kapsul Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold mengandung:

  • Asam folat 200 µg
  • Kalium iodide 98 µg (Iodium 75 µg)
  • Fish oil 500 mg mengandung 165 mg Omega-3 (DHA 125 mg + EPA 25 mg)
  • Fe (II) fumarate 15.7 mg (Zat besi 5 mg)
  • Niasin 7.5 mg
  • Vitamin C 30 mg
  • Kalsium karbonat 300 mg (Kalsium 120 mg)
  • Zinc sulfat 20.8 mg (Zinc 7,5 mg)
  • Magnesium oksida 49.8 mg (Magnesium 30 mg)
  • Thiamine nitrate 500 µg (Vitamin B1 405 µg)
  • Riboflavin (Vitamin B2 750 µg)
  • Pyridoxine HCl (Vitamin B6 750 µg)
  • Vitamin B12 1,5 µg
  • d-alpha tocopherol (natural Vitamin E 5,21 IU)
  • Dunaliella salina cell extract soft concentrate 72 mg
Sangat lengkap ya? Selain itu, suplemen ini juga sudah mendapatkan sertifikat Halal dari MUI dan juga terdaftar di BPOM.

Sejauh ini, efek yang sangat terlihat dan terasa semenjak mengkonsumsi Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold adalah badan saya jadi lebih bugar dan sehat. Produksi ASI pun sangat bagus dan sesuai dengan kebutuhan bayi saya.

review blackmores pregnancy

Blackmores Peduli Nutrisi Bunda

Melihat pentingnya asupan nutrisi di masa 1000 Hari Pertama Kehidupan anak yang dimulai dari masa kehamilan,  Blackmores lalu menggandeng FoodCycle Indonesia dan Yayasan Gita Pertiwi untuk berkolaborasi menghadirkan Program Blackmores Peduli Nutrisi Bunda. Sebuah langkah yang sangat mulia, yang merepresentasikan tagline Blackmores Always Does More.

Program ini ditujukan untuk mendukung ibu hamil khususnya di Kota Solo dalam memenuhi kebutuhan nutrisi Ibu dan Si Kecil. Kerjasama ini diwujudkan melalui suplementasi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold sebanyak 12.000 botol kepada 2.000 ibu hamil dan menyusui yang kurang mampu di Kota Solo.

blackmores peduli nutrisi bunda


Kurangnya edukasi mengenai pentingya asupan nutrisi pada ibu hamil, menyebabkan beberapa masalah seperti Berat Badan Bayi Lahir Rendah (BBLR) dan juga kasus stunting yang menjadi perhatian di Indonesia saat ini.

Program Blackmores Peduli Nutrisi Bunda ini, adalah upaya untuk menekan angka BBLR di Kota Solo, sehingga kebutuhan nutrisi sebagai awal untuk mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas bisa terpenuhi.

Program Blackmores Peduli Bunda berjalan sejak bulan April lalu, dan akan berlangsung hingga bulan September mendatang. Kita doakan selalu ya, semoga semua ibu di Indonesia dapat memenuhi nutrisinya sehingga terlahir generasi yang berkualitas untuk menyokong Bangsa Indonesia :)

Oh ya, jangan lupa ya, follow juga akun media sosial Blackmores untuk mengetahui informasi seputar kesehatan keluarga, kesehatan ibu, dan info menarik lainnya di:

Related Posts

20 comments

  1. Semoga kegiatannya bisa menyebar ke seluruh Indonesia, terutama di desa2 dimana para Ibu masih kurang memahami pentingnya nutrisi saat hamil juga bisa mendapatkan ilmunya :)

    ReplyDelete
  2. Bener, menyusui bikin terharu ya kak karna tatapan mata si buah hati. Btw, aku belum pernah coba Blackmores karna kapsul nya besar banget buat aku haha

    ReplyDelete
  3. memberikan edukasi kepada para ibu hamil menjadi hal yang sangat penting, karena sekarang masih banyak sekali ibu hamil yang kurang mendapatkan ilmu tentang kehamilannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, apalagi di daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau transportasi

      Delete
  4. Kebutuhan nutrisi ibu hamil memang sangat penting ya, kalau kekurangan nutrisi bayinya bisa berpotensi BBLR, jadi inget pengalaman anak pertamaku yang BBLR gegara aku yang mengalami morning sickness parah. Dengan asupan suplemen dari Blackmore sangat membantu banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti menyiksa banget ya morning sickness itu. Mudah-mudahan sekarang dedeknya sehat ya.

      Alhamdulillah sekarang ada Blackmores yang membantu melengkapi asupan nutrisi ibu hamil

      Delete
  5. Cakep nih suplemen busui dari Blackmores, kayaknya bakal bisa jadi kado buat kerabat dan tetangga yang ada di tahapan busui biar mampu mengASIhi dengan maksimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya Mbak, bisa juga buat dikadoin, karena pasti bakal membantu banget buat ibu menyusui biar terpenuhi nutrisinya

      Delete
  6. Ibu menyusui butuh banyak nutrisi ya mbak
    Selain dengan makan makanan bergizi, juga perlu konsumsi suplemen seperti Blackmores ini

    ReplyDelete
  7. Menyusui memang jadi moment yang indah, saat yang paling dekat ibu dan anak, makanya menyapih itu pun berat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Validd.. bentar lagi aku mau nyapih anak, tapi kok ada perasaan ga tega ya huhu

      Delete
  8. Cmiiw Blackmores ini brand suplemen yang bisa untuk semua usia ya kak, bumil bahkan yg sudsh sepuh pun bisa minum suplemen dari Blackmores

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blackmores punya banyak varian suplemen, dan kayaknya bisa disesuaikan dengan kebutuhan ya

      Delete
  9. Alhamdulillah, masa-masa menyusui itu luar biasa emang, me time banget untuk Mama buat bonding ke si Bayi, saya juga sangat menikmati masa-masa menyusui.
    Blackmores ini paling support busui dan juga bumil ya, kandungan dari Blackmores memberikan nutrisi yang sesuai kebutuhan Busui dan Bumil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya di anak ke-2 ini aku jarang nyusuin sambil mainan HP kecuali urgent, hhe, karena ingin menikmati masa2 ini.
      Iya Mbak, aku merasa kebutuhan nutrisi ku selama hamil dan menyusui terlengkapi dengan konsumsi Blackmores

      Delete
  10. senangnya sekarang udah ada Blackmores Pregnancy untuk ibu menyusui
    saya pengen banget menyusui anak-anak saya hingga 2 tahun
    sayang gak bisa genap karena ASI saya sedikit dan anak gak mau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kayak temenku, akhirnya ke sufor tapi ga apa2, itu pun masih bentuk cinta ibu ke anaknya

      Delete
  11. wahs aya juga konsumsi blackmores ini tapi untuk saat ini masih vitamin kesehatan biasa, nanti kalau sudah hamil atau punya bayi bisa jadi rekomendasi untuk saya niy kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya di-noted dulu ajaa.. nanti kalau udah haml dan menyusui bisa niih minum Blackmores ini

      Delete

Post a Comment