Early Learning Kits, Rekomendasi Mainan Edukasi Bayi Usia 0-2 Tahun

mainan edukasi bayi

Dulu saya kira perkembangan anak dari mulai lahir itu ya gitu-gitu aja. Mulai dari belajar menyusu, berguling, merangkak, berjalan sampai akhirnya dia bisa berbicara.



Padahal aspek perkembangan anak itu luas sekali ya Bun. Ada banyak aspek lain yang juga berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang anak. Seperti aspek kognitif, bahasa, fisik, sosial, bahkan hingga emosional.

Waktu masih punya anak pertama, saya hanya fokus di stimulasi motoriknya saja. Makanya baru saya sadari sekarang, kenapa anak pertama saya, Fatih, emosinya cenderung meledak-ledak. Ya mungkin dulu saya masih belum paham soal emosi anak.

Hal simpel lainnya yang juga baru saya sadari sekarang adalah, kenapa Fatih waktu bayi susah sekali untuk makan. Ternyata karena saya kurang memberikan stimulasi sensori. Stimulasi sensori ini sangat berpengaruh, karena bayi itu baru mengenal rasa ASI ibunya. Sementara untuk tekstur, terutama tekstur makanan, itu adalah sesuatu hal yang baru baginya. Nah, stimulasi sensori sangat berperan di sini.

Tak ingin mengulangi hal yang sama, saya akhirnya berusaha untuk mencari ilmu lagi soal aspek apa saja yang perlu disitimulasi sejak bayi. Ada banyak cara, salah satu yang paling simple adalah melalui mainan edukasi bayi.


Early Learning Kits dari Learning Time Indonesia



Saya kemudian menemukan Learning Time Indonesia. Program mainan edukasi berlangganan yang sudah ada sejak tahun 2018 ini ternyata memiliki banyak varian produk mainan edukasi yang inovatif dan sesuai dengan usia bayi.

Early Learning Kits adalah salah satu produknya yang terbaru, yang dirancang khusus untuk anak usia 0-2 tahun. Disempurnakan dari Program First Step sebelumnya, di program ini, Learning Time Indonesia membuat perlengkapan baru untuk membantu anak-anak (serta orang tua) agar dapat menavigasi permainan sekaligus pembelajaran penting dalam dua tahun pertama Si Kecil.

Menurut Head of Marketing Learning Time Indonesia, semua mainan adalah alat atau media belajar bagi anak-anak. Sehingga, Learning Time memastikan bahwa anak-anak memiliki alat yang mereka butuhkan untuk belajar dan berkembang secara lebih optimal.

Keunggulan Early Learning Kits dari Learning Time Indonesia



Program Early Learning Kits ini punya banyak kelebihan;

1. Menstimulasi tumbuh kembang sesuai tahapan usia. Kita dapat memilih start poin sesuai dengan usia bayi, dan Learning Time Indonesia akan mengirimkan setiap dua bulan sekali. Jadi, mainan edukasi yang diberikan akan sesuai dengan tahapan perkembangan dan usianya.

2. Dilengkapi dengan Activity Guide. Tak hanya sekedar memberikan mainan, Early Learning Kits juga dilengkapi dengan panduan aktivitas, sehingga baik itu orangtua maupun pengasuh mendapatkan informasi yang dibutuhkan sesuai usia dan tahapan perkembangannya. Activity Guide nya ini juga sangat mudah dipelajari.

3. Dikirimkan setiap 2 bulan. 1 kit berisi materi pembelajaran selama 2 bulan. Waktu dua bulan ini menurut saya adalah waktu yang pas, karena perkembangan anak-anak tidak selalu berubah secara drastis tiap bulannya.

4. Mendukung Perkembangan Kognitif, Bahasa, Fisik, Sosial dan Emosional. Terinspirasi oleh karya Vygotsky, Montessori dan Piaget, semua perangkat mainan dan materialnya dapat memberikan tantangan yang tepat untuk setiap perkembangan anak-anak. Tak hanya itu, materi dari Early Learning Kits menargetkan 4 bidang utama perkembangan: kognitif, bahasa, fisik, serta sosial dan emosional.

5. Dirancang Oleh Para Ahli Asal Amerika. Learning Time Indonesia bekerja sama dengan para ahli pendidik anak usia dini dari salah satu International Nursery and Kindergarten asal Amerika, yaitu dengan Tutor Time International Nursery and Kindergarten dan memiliki Kualitas standar Internasional sehingga mutu dan keamanannya terjamin.


Review Early Learning Kits untuk Usia 8-10 Bulan

Sekarang anak saya yang ke-dua usianya 10 bulan. Maka, saya memilih kit dengan rentang usia 8-10 hulan. Di dalam satu kit, ada sekitar 6 macam materi permainan. Mari kita bahas satu-satu ya.

1. What's in the Grass?


Permainan ini terdiri dari knatong berbentuk rumput dan dilengkapi dengan beberapa boneka berbentuk ular, capung, dan lebah. Ukurannya juga ada 2 macam, yang besar dan yang kecil.

Kantong rumputnya berbahan kain dan di dalamnya saya kira ada semacam plastik, karena ketika diremas terdengar suara kresek-kresek yang bisa memancing perhatian bayi. Sementara untuk bonekanya terbuat dari kain berbulu dengan warna cerah. Permukaan bulunya sangat lembut, jahitannya juga sangat rapi.

1 jenis materi permainan ini, cara bermainnya bisa dikreasikan menjadi beberapa jenis permainan. Mulai dari mengambil dan memasukkan boneka ke dalam kantong rumput, mengenalkan kepada bayi emosi/perasaan waspada ketika melihat boneka ular, memancing anak untuk merangkak, sampai mengenalkan bayi tentang konsep besar dan kecil.

Aspek yang bisa distimulasi adalah aspek kognitif, bahasa, dan sosial emosional.



2. Spring Launcher

Seperti namanya, jenis materi permainan ini berupa sebuah launcher yang terbuat dari kayu. Cara bermainnya adalah dengan menempatkan sebuah boneka lebah kecil ke dalam spring launcher, lalu kita bimbing tangan bayi untuk menekan tuas agar boneka lebah nya meluncur ke atas. Setelah boneka lebah terpental, kita bisa meminta bayi untuk merangkak dan mengambil boneka lebah tadi.

Aspek yang dapat distimulasi dari permainan ini adalah aspek kognitif dan fisik.

Oh ya, saya sangat suka spring launcher ini karena finishing nya sangat halus. Tidak ada lem, pen, atau perekat lainnya yang timbul. Jadi aman banget bila dimainkan bayi.


3. Tugging Log

Tugging log adalah sebuah materi permainan yang terbuat dari kain tebal berbentuk potongan kayu. Di permukaannya terdapat pita/senar yang bisa ditarik oleh bayi.

Maryam, anak saya yang ke-dua paling betah mainin benda satu ini. Mungkin seru kali ya, narik-narik pita buat seorang bayi, hehe.

Di sini aspek yang distimulasi adalah aspek fisik dan kognitif.



4. My First Blocks

Kalau permainan yang satu ini, terbuat dari balok kayu. Di dalam balok kayu ada kerincing bulat yang juga bisa menarik perhatian bayi.

Di sini permainannya sangat sederhana buat kita, tapi belum tentu untuk bayi. Caranya, dengan menyusun balok lalu mencontohkan bayi untuk menjatuhkan balok-balok ini. Disebutkan juga di buku panduan, seharusnya bayi di usia 8-10 bulan sudah bisa menyusun minimal 2 balok.

Aspek yang distimulasi adalah aspek kognitif, sosial/emosional, dan fisik.


5. Sping is Here Interactive Book


Selanjutnya, ada buku interaktif. Buku ini selain untuk dibacakan bersama si kecil, si kecil juga punya pengalaman lain, yaitu saat membuka tiap halamannya. Gambar akan berubah ketika halaman berikutnya dibuka.

Kegiatan membaca bareng si kecil jadi makin seru ya. Aspek yang distimulasi di sini adalah aspek bahasa dan fisik.


6. My First Baby Signs Book


Usia 8-10 bulan bayi memang belum bisa berbicara, karena otak dan otot oromotornya masih berkembang. Tapi kita bisa loh bantu anak untuk berkomunikasi, caranya dengan isyarat.

My first baby signs book ini membantu saya untuk mengenalkan isyarat pada si kecil, seperti isyarat untuk makan, isyarat jika anak ingin meminta lebih, dan lain-lain.

Hal yang terlihat sangat sederhana, tapi ternyata dengan isyarat ini, bayi bisa dengan mudah loh berkomunikasi dan menyampaikan emosi yang dirasakannya. Efeknya? Bayi akan terhindar dari rasa stres karena belum bisa menyampaikan apa maunya.



Tempat Memesan Early Learning Kits


Nah, itu dia serangkaian materi permainan yang ada di Early Learning Kits untuk usia 8-10 bulan. Gimana menurut Moms? Seru ya!

Menurut saya ini sangat worthed. Dilihat dari segi material yang dipakainya, sangat rapi, aman, dan premium. Lalu dari segi aspek yang distimulasinya, sangat sesuai dengan kemampuan dan usia bayi.

Jika tertarik, moms bisa berlangganan Early Learning Kits ini melalui:

Official Website: https://www.learningtime-id.com

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/learningtimeid

Shopee: https://shopee.co.id/learningtime.id

WhatsApp; 081912856495

Selamat bermain bersama si kecil :)

Related Posts

24 comments

  1. Jadi setiap 2 bulan sekali Learning Time Indonesia bakalan kirim Early Learning Kits ini ke rumah ya mbak? Duh, pantesan bayi dan anak happy bener. Cakep2 gini permainannya. Sangat menunjang motorik anak ya. Ada activity guide nya juga jadi orang tua atau pengasuh bisa menemati sambil bantu kit nya mau diapakan aja hehehe seruuu!

    ReplyDelete
  2. Lucu lucu dan menggemaskan ya semua mainannya. Hingga usia dua tahun emang masa yang paling menggemaskan dan banyak kenangan. Jangan sampai kita kehilangan momentum tersebut. Ditemani material yang aman dan nyaman ini lebih bagus pastinya

    ReplyDelete
  3. Ahhh, bener banget nih, kiranya melahirkan anak, menyusui, merangkak, belajar jalan dll. PAdahal ada lebih dari itu yang membuat anak dan mengsuh anak jadi lebih berkesan, salah satunya memberikan stimulasi yaa dengan early learning kits.
    Duh, si adeeek lucu banget siih, menggemaskan..

    ReplyDelete
  4. Seru banget ya permainannya. Bagus nih mendukung tumbuh kembang anak agar tidak ada tahap yang terlewat.

    ReplyDelete
  5. Jadi orangtua juga harus melewati proses belajar ya, sampai akhirnya tau gimana cara menstimulai dan hal lainnya supaya anak bisa berkembang dengan semestinya.
    Program mainan edukasi membantu orangtua dalam menikngkatkan motorik anak juga sesuai tahapan usianya

    ReplyDelete
  6. Mainan buat anak ini emang nggak bisa sembarang. Bagus banget ini pastinya karena dibuat dengan rekomendasi dari ahli dan pastinya mempertimbangkan banyak aspek :)

    ReplyDelete
  7. Penting banget nih permainan yg edukatif bagi anak selain itu juga menstimulasi berbagai aspek pada anak, baik fisik, emosi, kognitif dll.

    ReplyDelete
  8. Whoaa, kalo metode belajarnya kayak begini, anak2 tumbuh kembangnya makin optimal yaa.
    keren, euy!
    Apalagi udah dpt dukungan dari para pakar tumbuh kembang anak, di Tutor Time International Nursery and Kindergarten

    bener2 ini sih memiliki Kualitas standar Internasional sehingga mutu dan keamanannya terjamin.

    ReplyDelete
  9. Wah, komplit banget nih mainannya. Sekarang mainan untuk menstimulasi kemampuan anak baik kognitif, motorik, bahasa dll makin banyak pilihan.
    Orangtua jadi terbantu. Cocok juga nih, paket mainannya buat kado ultah.

    ReplyDelete
  10. Bayi wajib di stimulasi agar perkembangan segala aspek berkembang. Early Learning Kits ini memudahkan kita sebagai orangtua untuk memberikan stimulasi yang baik. Ohya mbak, utuk satu set gini harganya berapa ya?

    ReplyDelete
  11. wah bahannya bagus ya mbak, cocok untuk anak usia 0-2 tahun. Apalagi dengan bentuknya yang lucu dan disainnya yang dibuat untuk stimulasi motorik anak usia dini, pas banget ya untuk menstimulasi perkembangan balita.

    ReplyDelete
  12. Senangnya Mama jaman now, ada learning kits berisi aneka mainan edukatif yang sudah disesuaikan dengan perkembangan usia bayi. Udah gitu ngga hanya fokus di perkembangan fisik motorik kayak zaman saya punya bayi dulu. Pun ngga perlu pusing lagi belinya di mana.. Aiih, jadi pengen punya baby lagi, wkwkwk...

    ReplyDelete
  13. Haduh asyik-asyik ya mainannya. Nggak cuma tampilannya yang lucu, fungsi dan keamanannya juga kayaknya diperhatikan banget tuh. Kalau anakku masih bayi, mau jga deh pesan mainan ini

    ReplyDelete
  14. MashaAllah~
    Mainannya lucu-lucu banget di Early Learning Kits ini. Tapi lebih dari itu, fungsinya untuk mengembangkan motorik anak sesuai usianya. Baguusss..

    Rekomendasi mainan bagi yang memiliki anak usia batita dan balita.

    ReplyDelete
  15. Mainan edukasi anak dibawah 2 tahun akan menjadi menyenangkan karena bisa bermain sambil melatih otot motorik

    ReplyDelete
  16. Varian permainannya banyak ya mba.. dan cocok bnget sesuai yg dibutuhkan anak usia dibawah 2 th

    Boleh bnget nih direkomendasiin Early Learning Kits produk terbaru, yang dirancang khusus untuk anak usia 0-2 tahun sbg hadiah ya

    ReplyDelete
  17. Wah, gemes banget liat dedeknya belajar aku juga liat di yutub anak kecil nih sejak dini diajarin pasti manis ya. Apalagi apa Support kayak gini, mama pasti happy

    ReplyDelete
  18. Menarik nih Mbak. Anak saya menuju 7 bulan dan bentar lagi 8 bulan. Kayaknya sudah mulai harus distimulasi dengan permainan seperti ini.

    ReplyDelete
  19. anak pertama selalu jadi pembelajaran buat anak selanjutnya ya teh, akupun menyadari banyak kekurangan dalam stimulasi pada anak pertama hasilnya masyaAllah ngadoja bae mamaknya hahaha...suka deh sama konsep mainannya cuss ah kepoin

    ReplyDelete
  20. Aku udah gak punya anak bayik lagi jadi baru tahu loh tentang Early Learning ini. Tapi bagus ya mainannya, ramah anak, aman, dan bisa untuk merangsang perkembangan motorik baby yaa

    ReplyDelete
  21. ya ampun baru liat lucu-lucu banget mainan yang cocok sama usia anak-anak kita ya mak
    karena emang pemilihan mainan anak-anak itu kudu aman aspek utama yang kudu diperhatikan.
    Sek ah pilih-pilih mainannya aaah

    ReplyDelete
  22. Duh, mainannya lucu-lucu banget dan edukatif ya. Aku ini termasuk emak yang hobby koleksi mainan anak dari baby yang edukatif dan tentu saja aman

    ReplyDelete
  23. Bgau produk-produk dari Learning Time. Saya sempat pakai selama 6 bulan. Learning kit-nya lucu dan kualitasnya oke. Buku bacaannya juga bagus dan menarik untuk anak.

    ReplyDelete
  24. Mak, ini nanti kita langganan gitu atau beli per kit Mak? Harganya berapa Mak?

    ReplyDelete

Post a Comment