3 Cara Memilih Kulkas Mini


 

Kulkas adalah salah satu alat elektronik yang banyak digunakan oleh masyarakat. Karena meningkatnya permintaan dan keinginan, semakin banyak inovasi dalam produksi kulkas. Salah satu inovasinya adalah membuat kulkas mini. Dari segi ukuran, kulkas ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Tetapi, kita juga perlu tahu bagaimana cara memilih kulkas yang tepat. Berikut ini adalah 3 cara memilih kulkas mini:

1. Memilih Sesuai Kapasitas

Dibandingkan kulkas biasa, kulkas mini memiliki kapasitas yang lebih sedikit. Untuk itu, sangat penting untuk memilih kulkas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kalau Anda tinggal sendirian, maka Anda bisa menggunakan kulkas mini yang memiliki kapasitas 50 sampai 100 liter. Kulkas mini dengan kapasitas tersebut sudah cukup bagi orang yang tinggal sendirian. Kalau Anda adalah orang yang cukup jarang memasak, Anda bisa memilih kulkas mini dengan ukuran yang lebih kecil lagi. Tetapi kalau Anda sering memasak, sebaiknya pilih yang kapasitasnya sampai 100 liter.

Kalau Anda sudah memiliki kulkas utama dan ingin membeli kulkas mini sebagai tambahan di ruang tamu atau ruangan lainnya, maka Anda bisa memilih yang kapasitas 50 liter. Kelebihan dari kulkas mini yang ukurannya 50 liter ini sangat hemat space atau ruangan. Anda tidak membutuhkan banyak tempat. Tentunya, jenis kulkas ini sangat cocok untuk menyimpan minuman dingin dan beberapa buah atau makanan.

2. Memilih Pintu

Meskipun kulkas mini berukuran kecil, ia tetap menyediakan dua pilihan kulkas yakni satu pintu atau dua pintu. Kalau Anda membutuhkan freezer dalam kulkas mini yang akan dibeli, maka Anda bisa memilih kulkas mini dengan dua pintu. Mengapa tidak semua kulkas mini memiliki bagian freezer? Fungsi utama dari kulkas mini sebenarnya hanya untuk mendinginkan makanan atau minuman saja, bukan untuk membekukan makanan. Tetapi karena kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat, maka dibutuhkan bagian freezer ini dalam kulkas mini.

Kalau Anda tidak membutuhkan freezer, maka Anda bisa memilih kulkas mini dengan satu pintu. Tetapi kalau Anda membutuhkan freezer untuk menyimpan es krim atau es batu, Anda bisa memilih kulkas mini yang memiliki dua pintu. Tentunya, harga dari kedua jenis kulkas ini cukup berbeda. Sayangnya, masih cukup jarang ditemukan kulkas mini dengan dua pintu di Indonesia. Jadi, Anda membutuhkan usaha yang cukup ekstra untuk menemukannya.

3. Mempertimbangkan Bagian Pembuangan Panas

Karena kulkas memiliki fungsi utama untuk mendinginkan makanan, maka pasti ada bagian yang berfungsi untuk membuang panas pada makanan. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, bacalah buku panduan untuk tahu dimana letak pembuangan panas pada kulkas mini Anda. Biasanya, orang-orang memberikan jarak 5 sampai 7 cm antara masing-masing sisi dengan dinding atau benda lainnya. Meskipun harus berjarak, pastikan keberadaan kulkas ini tetap membuat Anda merasa nyaman. Kalau ternyata ruangan Anda tidak memiliki cukup ruang, maka Anda bisa memperkecil pilihan kulkas mini yang akan dibeli. Perlu diingat bahwa tidak boleh menempelkan kulkas langsung ke dinding karena bisa berakibat fatal bagi keduanya.

Itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli atau memasang kulkas mini. Memiliki kulkas mini memang cukup membantu, apalagi kalau Anda ingin membuat ruangan menjadi lebih terlihat mewah. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan dan budget ketika membeli kulkas mini ini. Pilih juga dari merk yang terpercaya, jangan mudah tergiur dengan harga murah.

Related Posts

Post a Comment