Tips Membuat Nasi Liwet Gurih Rice Cooker yang Enak dan Sehat - Afifah Haq

Saturday, 7 December 2019

Tips Membuat Nasi Liwet Gurih Rice Cooker yang Enak dan Sehat


Nasi liwet adalah makanan khas tanah Sunda. Biasanya, nasi liwet selalu dimasak di dalam sebuah panci khusus bernama kastrol. Namun kastrol sekarang ini keberadaanya sudah langka dan hanya bisa ditemukan di tempat-tempat tertentu saja. Tapi jangan khawatir, karena kita masih bisa kok menikmati nasi liwet dengan menggunakan penanak nasi atau rice cooker.

Langsung saja yuk, ini dia bumbu dapur serta cara memasak nasi liwet rice cooker yang simple tapi juga tetap sehat.

Bahan:
260gr cup beras
2 bh batang serai
3-4 lembar daun salam
2 siung bawang merah
2 sdm minyak goreng
garam secukupnya
air secukupnya

Cara Memasak:
- Masukkan beras ke dalam panci rice cooker
- Serai digeprek, lalu masukkan ke dalam panci rice cooker
- Iris bawang merah, masukkan ke dalam panci rice cooker
- Masukkan daun salam
- Masukkan air lalu takar kira-kira 1 buku jari di atas permukaan beras
- Masukkan garam dan minyak goreng, aduk agar bumbu tercampur
- Nyalakan rice cooker dan pastikan tombol ada di mode 'cook'

Mudah bukan? Biasanya nasi liwet ini sering saya sandingkan dengan tumis kangkung, asin cumi, tahu dan tempe goreng, serta lalapan. Enak dimakan selagi hangat. Meski menu nya sederhana, tapi entah mengapa nasi liwet ini selalu bikin saya ketagihan.

Bekal Nasi Liwet
Tips Menjaga Nasi Liwet Tetap Sehat dan Rasanya Tidak Berubah

Untuk mendapatkan nasi liwet dengan hasil yang enak serta sehat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

Pertama, dimulai dari kualitas beras. Gunakanlah beras yang memiliki kualitas yang cukup baik. Ciri-ciri beras yang berkualitas adalah yang bersih, tidak berbau apek, dan tidak berkutu. Sebaiknya, simpan beras yang sudah dibeli di tempat penyimpanan beras khusus yang dapat melindungi beras dari kotoran dan hama.

Kedua, sesuaikan jenis beras dengan kuantitas air. Ada beberapa beras yang dengan menggunakan sedikit air saja sudah sangat mengembang dan pulen. Begitu juga sebaliknya, ada juga beras yang harus menggunakan air yang cukup banyak agar pulen.

Ketiga, jangan colokkan rice cooker terus menerus. Sebaiknya setelah nasih matang, aduk nasi menggunakan centong selama kurang lebih 5 menit. Kemudian tutup rice cooker dan cabut kabelnya. Menyalakan rice cooker secara terus menerus akan membuat nasi cepat kuning dan berbau. Jika ingin memakan nasi yang hangat, bisa dicolokkan kembali kabelnya, 30 menit sebelum makan.

Keempat, jangan gunakan rice cooker anti lengket. Kebanyakan dari kita memilih menggunakan rice cooker anti lengket karena alasan kepraktisan. Padahal, lapisan anti lengket itu mengandung zat kimia bernama perfluorooctanoic (PFO) yang bersifat karsinogen. Jika lapisan ini terlepas dan mencampuri nasi, maka dampak nya cukup berbahaya terhadap kesehatan jika termakan. Senyawa PFO bahkan bisa memicu penyakit kanker.

Lalu, bagaimana sebaiknya?

Pertama, Jaga Beras Tetap Sehat dengan Sarana Penyimpanan Beras Cosmos 007-Pundi

Menyimpan beras di dalam kontainer ternyata tidak baik. Kontainer yang terlalu rapat dapat menyebabkan sirkulasi yang tidak sehat. Beras yang berada di posisi paling bawah akan sulit terambil, sehingga semkain lama semakin tertumpuk dan menyebabkan munculnya hama seperti kutu beras, serangga, juga menyebabkan beras berbau apek dan tidak higienis.

Untuk keluarga kecil seperti saya yang hanya memiliki 1 anak, sarana penyimpanan beras Cosmos 007-Pundi sudah paling pas. Kapasitas nya sebesar 7 kg, sehingga tidak makan tempat dan pas untuk kebutuhan beras kami selama 1 minggu. Prinsip dari penyimpanan beras ini adalah FIFO atau First In First Out, atau beras yang pertama masuk adalah beras yang pertama keluar, sehingga sirkulasi beras jadi sehat.

Sarana penyimpanan beras Cosmos 007-Pundi memiliki dimensi sekitar 15cm x 40cm x 30cm. Terdapat dua bagian utama pada sarana penyimpanan beras ini. Bagian pertama sebagai tangki penyimpanan, dan bagian kedua adalah tempat output beras. Prinsip kerja dari sarana penyimpanan beras Cosmos 007-Pundi adalah pull and dispense. Sekali tarik, satu takaran sebesar 130gr akan tersedia otomatis.

Penyimpanan beras ini terbuat dari plastik dengan ketebalan sekitar 7mm. Bahan plastiknya kokoh, dan karena terbuat dari plastik, jadi anti karat. Di bagian bawah penyimpanan beras terdapat karet yang menjaga agar penyimpanan beras lekat dan tidak bergeser.



Kedua, Gunakan Rice Cooker dengan Teknologi Anti Gores Seperti yang Terdapat pada Cosmos Harmond

Seperti yang sudah diceritakan sebelumnya, menggunakan rice cooker anti lengket akan berdampak buruk bagi kesehatan bila lapisannya terkelupas. Sebaiknya, kita beralih ke rice cooker yang memiliki teknologi Harmond.

Apa sih Harmond itu? Harmond adalah teknologi anti gores yang terdapat pada innerpan rice cooker Cosmos. Diproses dengan treatment khusus, lalu didinginkan pada suhu 0° C. Treatment ini kemudian menjadikan panci rice cooker Cosmos menjadi anti gores.

Memangnya kenapa kalau anti gores? Dengan teknologi Harmond ini, bagian dalam panci tidak mudah tergores sekalipun disikat dengan sikat baja. Sehingga, tidak ada partikel yang terkelupas dan mencampuri nasi, karenanya nasi jadi lebih sehat.


Review Rice Cooker COSMOS Harmond CRJ 6601 W

Rice Cooker COSMOS Harmond CRJ 6601 W memiliki kapasitas 0,8 liter. Bagi saya, keluarga kecil yang baru memiliki 1 anak, rice cooker ini cukup untuk memenuhi kebutuhan nasi dalam satu hari. Selain untuk memasak nasi, rice cooker ini juga memiliki fungsi 3 in 1; memasak, mengukus, dan menghangatkan.

Dari mulai luarannya saja saya sudah jatuh cinta. Desainnya unik dan lucu, berbentuk karakter angry bird. Desainnya yang unik ini jadi bikin dapur saya makin cantik. Bahan luar rice cooker nya terbuat dari plastik dengan kualitas yang cukup bagus.


Rice cooker ini memiliki daya input 300 W. Di bagian muka terdapat tombol switch untuk mode memasak atau mode menghangatkan. Lampu indikator nya dibuat alis karakter angry bird, lucu ya. Di bagian ataas terdapat tombol untuk membuka rice cooker dan tongolan magicap untuk membuat nasi lebih pulen. Sementara di bagian belakang kita akan menemukan penampung uap air serta input kabel.

Masuk ke bagian dalam, kita akan menemukan pan / panci rice cooker yang tahan gores serta elemen pemanas yang menyatu dengan body rice cooker. Di bagian dalam tutup rice cooker, terdapat karet yang berfungsi untuk menangkap uap air yang keluar dari nasi dan mencegah uap air jatuh. Sehingga, nasi bisa lebih awet dan rasanya lebih pulen.

Secara keseluruhan saya suka rice cooker ini dan saya kan merekomendasikan rice cooker ini bagi keluarga kecil yang hanya memiliki 1 anak. Untuk mahasiswa yang sedang merantau ini juga cocok. Harganya cukup terjangkau, sekitar Rp 250.000-Rp 300.000- an.

Info selengkapnya bisa kita peroleh dari media sosial COSMOS:

Instagram: @cosmosonline
Facebook: @mycosmos
Official Website: https://cosmos.id/


Share with your friends

Give us your opinion

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Maaf komentarnya aku moderasi. Jangan beri komentar anonim atau menyantumkan link hidup ya, karena akan otomatis terhapus ^^

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done