Risiko Kekurangan Mineral dan Vitamin Ketika Hamil - Afifah Haq
News Update
Loading...

Friday, 6 December 2019

Risiko Kekurangan Mineral dan Vitamin Ketika Hamil

Bumil (ibu hamil) harus memiliki nutrisi yang cukup. Jika bumil kekurangan nutrisi dan vitamin, maka akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan ibu dan bayi yang dikandung. Lantas, apa akibatnya?

Vitamin dan mineral yang dibutuhkan saat hamil adalah asam folat, kalsium, maupun vitamin D. jika kekurangan vitamin atau nutrisi tersebut maka bumil berisiko mengalami defisiensi di beberapa vitamin dan mineral. Maka dari itu, bumil harus mempertahankan pola makan yang sehat dan seimbang. Jika bumil kekurangan nutrisi dan vitamin, maka inilah yang akan terjadi:
     Kekurangan Asam Folat
Vitamin B9 atau asam folat ini berguna untuk membantu tubuh menghasilkan dan mempertahankan sel-sel baru, sedangkan di awal kehamilan vitamin ini mendukung produksi sel darah. Jika bumil kekurangan asam folat ketika hamil maka bisa berisiko kelahiran prematur dan cacat tabung saraf atau NTD (neural tube defect).
     Kekurangan Vitamin A
Bumil akan kekurangan vitamin A selama trimester terakhir sewaktu permintaan untuk bayi yang dikandung sedangkan bumil membutuhkan vitamin tersebut. Jika kurang asupan vitamin A selama hamil, akan mempengaruhi kemampuan penglihatan dan perkembangan paru-paru bayi.
     Kekurangan Zat Besi
Selama hamil bumil mengalami peningkatan volume darah sebanyak 35% hingga 40%. Sel darah dengan kandungan protein hemoglobin membutuhkan mineral zat besi. Hemoglobin membawa oksigen ke sel tubuh bayi dan ibu. Transfer zat besi ke bayi pun akan meningkat selama minggu ke-30. Kalau kadar zat besi rendah akan membuat bayi tidak memperoleh asupan zat besi yang cukup dan berisiko ketika lahir dengan berat badan yang rendah.
     Kekurangan Vitamin D dan Kalsium
Kebutuhan vitamin D dan kalsium akan meningkat selama hamil untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan tulang dan gigi janin. Kalau asupan kalsium dan vitamin D tidak mencukupi, janin akan mengambil dari tulang ibu. Hal ini tentu berisiko kepada ibu, yaitu osteoporosis dan bayi mengalami infeksi pernapasan.

Dengan membaca poin-poin di atas semoga bisa memperoleh manfaat terbaik. Jika masih kurang, kita bisa mengunjungi lama https://www.guesehat.com/.

Share with your friends

Give us your opinion

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Maaf komentarnya aku moderasi. Jangan beri komentar anonim atau menyantumkan link hidup ya, karena akan otomatis terhapus ^^

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done