Berkunjung ke Alor, Surga di Timur Indonesia - Afifah Haq
News Update
Loading...

Friday, 11 October 2019

Berkunjung ke Alor, Surga di Timur Indonesia


Indonesia adalah negeri kepulauan. Berdasarkan informasi dari Kementerian Dalam Negeri tahun 2018, Indonesia memiliki 16.056 pulau. Banyaknya gugusan pulau ini sebetulnya menjadikan Indonesia memiliki banyak sekali potensi wisata, terutama wisata lautnya.

Beberapa pulau yang sudah terkenal akan keindahan pantai dan alam bawah lautnya seperti pulau Bali, pulau Lombok, pulau Derawan, Raja Ampat, dan masih banyak lagi. Nah, kali ini saya akan bahas tentang salah satu pulau di bagian timur Indonesia, yaitu kepulauan Alor.

Tentang Alor

Alor adalah kepulauan yang terletak di bagian timur kepulauan Nusa Tenggara. Luas wilayahnya sekitar 2.119km², cukup luas ya. Pulau ini dibatasi oleh Selat Pantar di sebelah barat, di bagian utara dibatasi oleh Laut Flores dan Laut Banda, dan di bagian selatan berbatasan langsung dengan Selat Ombai. Pulau Alor adalah salah satu dari 92 pulau terluar Indonesia, karena letaknya berbatasan langsung dengan Timor Leste di sebelah selatan.

Wisata Menarik di Kepulauan Alor

Kepulauan Alor memiliki banyak pulau-pulau kecil lain yang masing-masing memiliki ciri khas. Dari sekian banyaknya pulau, saya rangkumkan 3 pulau yang masih perawan dan menarik untuk dikunjungi. 3 pulau ini semuanya berada di kecamatan Pantar Barat, kabupaten Alor.

1. Pulau Rusa

Selain Pulau Komodo yang terkenal akan hewan komodo nya, ada juga loh Pulau Rusa yang memang merupakan habitat ratusan rusa. Pulau ini terletak di Desa Puntaru, kecamatan Pantar Barat. Untuk menjangkau pulau ini, kita perlu menggunakan jasa speedboat. Rusa di sini boleh ditangkap dan diburu loh, dengan catatan, kita harus ditemani oleh satu rang pemangku adat di sana. Selain itu, kita juga harus mengikuti upacara adat sebelum masuk dan berburu ke pulau ini. Rusa yang diburu juga harus se-izin tuan tanah, jika tuan tanah hanya mengizinkan satu rusa saja yang diburu, maka harus satu saja, tidak boleh lebih.

Pulau Rusa, sumber: http://wisata.nttprov.go.id
2. Pulau Kambing

Berkebalikan dengan Pulau Rusa, jangan anggap pulau ini disebut Pulau Kambing karena banyak kambing nya. Pulau Kambing adalah gugusan pulau kecil yang terdiri dari pantai dan bukit yang tidak begitu tinggi. Pulau Kambing memiliki pemandangan batu coral yang indah. Airnya juga masih jernih dan hijau. Beberapa biota laut yang dapat kita temukan di sini seperti terumbu karang, ikan pari, penyu, ikan lepu, dan beberapa spesies hippocampus. Pulau Kambing juga bisa menjadi salah satu spot menarik untuk melihat sunset di sore hari.

Pulau Kambing
3. Pulau Kangge

Pulau Kangge masih dalam kawasan kecamatan Pantar Barat Laut. Pulau Kangge memiliki arus bawah laut yang cukup kuat. Selain itu, pulau ini adalah jalur yang dilalui oleh lumba-lumba yang sedang bermigrasi. Jadi, jika beruntung, kita bisa melihat ikan lumba-lumba di sini. Pulau ini juga dikenal dengan budidaya runput lautnya. Setiap jam pulang sekolah, terlihat anak-anak yang pergi ke lepas pantai untuk menanam rumput laut.

Pulau Kangge, sumber: www.menatapntt.blogspot.com
Tips Menuju Kepulauan Alor

Untuk menuju ke Kepulauan Alor, jika berangkat dari Jakarta, kita bisa menggunakan dua moda transportasi. Alternatif pertama melalui jalur darat dan menyebrang menggunakan kapal, beberapa kali penyebrangan. Cara ini akan memakan biaya yang cukup terjangkau, namun memakan waktu yang cukup panjang, bisa mencapai 2-3 hari perjalanan. Selain itu, kita juga perlu memperhatikan kondisi cuaca, apakah sedang bagus atau sedang ada gelombang tinggi.

Saran dari saya adalah dengan menggunakan jalur udara alias menggunakan pesawat. Ongkos yang dikeluarkan memang lebih mahal daripada menggunakan jalur darat, namun waktu tempuhnya relatif singkat. Nah, agar mendapatkan harga tiket pesawat murah, bisa dicoba dengan beberapa tips berikut:

1. Pesan tiket pesawat jauh-jauh hari.
Biasanya, semakin dekat ke hari H, harga tiket pesawat akan semakin naik. Pengalaman saya dulu pernah pesan tiket pesawat 3 bulan sebelumnya dan saya mendapatkan harga yang jauh lebih murah.

2. Pesan di waktu yang tepat.
Saya pernah mengecek harga tiket pesawat di jam 4 sore dan jam 7 pagi. Hasilnya? harga di jam 7 pagi jauh lebih murah daripada di jam 4 sore.

3. Cari tiket pesawat online di Online Travel Agent yang terpercaya.
Soal Online Travel Agent, saya selalu percayakan ke Pegipegi. Pegipegi adalah online travel agent yang menyediakan berbagai kebutuhan travel, salah satunya adalah tiket pesawat.

Kembali lagi ke topik tips berkunjung ke Kepulauan Alor, di Pegipegi kita bisa menemukan tiket pesawat murah untuk menuju ke Alor.  Caranya juga sangat mudah, cukup install aplikasi Pegipegi lalu daftar dan log in menggunakan email aktif. Kemudian, kita tinggal memilih menu 'pesawat' dan memasukkan tujuan, jumlah penumpang, serta tanggal keberangkatan. Selanjutnya, kita tinggal pilih pesawat mana yang kita mau, yang pas dan cocok dengan jadwal serta budget kita.

Setelah itu, kita tinggal memasukkan data penumpang, selanjutnya tinggal kita bayar. Agar lebih hemat lagi, jangan lupa manfaatkan promo tiket pesawat yang sering ditawarkan Pegipegi. Kemarin sih, saya dapet potongan Rp 500.000,-. Lumayan banget kan?


Nah, bagaimana, sudah terbayang kan sekilas tentang Kepulaun Alor? Yuk berkunjung ke Alor dan jangan lupa pesan tiket pesawat murah nya di Pegipegi.

Share with your friends

7 comments

  1. Indah benerkan dari fotonya belum tercemar sampah sampah plastik. G salah berharap bisa kesanan.

    ReplyDelete
  2. Dari gambarnya aja udah bagus. Belum lagi nama nama pulaunya yang unik unik

    ReplyDelete
  3. Keren liburannya sampai ke Alor

    ReplyDelete
  4. Masya Allah Alor tuh indah banget. Alhamdulillah aku udah pernah mampir ke Alquran tua dan pasar terbakar. Semoga suatu hari nanti bisa ke Alor lagi bareng keluarga kecilku. Duh jadi rindu

    ReplyDelete
  5. mashaa Allah seru indah bgt tempatnya seru nih buat liburan rame2

    ReplyDelete
  6. Yaampun tempatnya indah banget Teh jadi pengen kesana juga, waah so lucky dapet potongan 500 ribu lumayan juga yaa hihi

    ReplyDelete
  7. Setiap lihat gambar kaya gini mendadak need vitamin sea. Pulau alor masuk wishlist aku buat liburan :d

    ReplyDelete

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Maaf komentarnya aku moderasi. Jangan beri komentar anonim atau menyantumkan link hidup ya, karena akan otomatis terhapus ^^

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done