Tipe Alat Bantu Dengar Sesuai Kebutuhan - Afifah Haq
News Update
Loading...

Friday, 13 September 2019

Tipe Alat Bantu Dengar Sesuai Kebutuhan


Saya teringat saat kecil dulu, saya sering dibawa pergi dan bermain di rumah alm. kakek dan nenek, meski kami berbeda kota. Saya sangat senang ketika alm. kakek dan nenek mengajak saya bermain. Namun, di usia nya yang sudah menjelang senja kesehatan mereka berdua lambat laun menurun.

Saat saya berusia 10 tahun, alm. kakek sudah terkena beberapa penyakit. Beberapa fungsi vital nya pun sudah tidak optimal lagi. Salah satu nya adalah indera pendengarannya. Saya jadi sedih karena saya tidak lagi bisa berbincang dan mendengar cerita alm. kakek tentang kisah-kisah masa lalu nya.

Orangtua dan kakak-kakak orangtua saya kemudian bergotong royong untuk membelikan alat bantu dengar untuk alm. kakek. Dulu itu saya tidak mengerti macam-macam alat bantu dengar. Saya baru tahu sekarng ini.

Di artikel ini, saya ingin membahas tentang beberapa macam/tipe alat bantu dengar. Siapa tahu, ada yang sedang membutuhkan.

Tipe Alat Bantu Dengar

Menggunakan alat bantu dengar harus disesuaikan pada jenis gangguan yang sedang dialami oleh penderitanya. Di pasaran ada banyak sekali nama alat bantu dengar yang dapat kita temukan. Wajar saja bila hal ini sering kali membuat kita merasa kebingungan untuk memilihnya. Akan sangat disayangkan.apabila kita tidak tepat dalam memilih alat bantu pendengaran.
Penyebab terjadinya gangguan pendengaran sangatlah beragam, sehingga kita harus mengetahui apa saja penyebabnya dan mencari tahu untuk mengatasinya. Kebanyakan gangguan pendengaran disebabkan karena terlalu sering mendengarkan musik yang keras, misalnya club malam, pertandingan olahraga, konser musik, ke tempat penggilingan daging atau yang lain.
Ada banyak pilihan alat bantu dengarIndonesia yang bisa kita kenali melalui tipe dan namanya, seperti berikut ini:

In the ear atau ITE
Jenis alat bantu dengar ini digunakan untuk penderita yang menggunakan kacamata. Sedangkan untuk warna yang ditawarkan yaitu natural seperti warna kulit. Cara penggunaannya cukup dengan memasukan alat bantu ini ke dalam lubang telinga. Kenyamanan dapat dirasakan bagi penggunanya dan suara yang didengarkan sangat jelas seperti alami.

Alat bantu dengar ini memang sengaja didesain khusus untuk penderita yang menggunakan telinga. Kekurangan dari alat ini yaitu ukurannya yang terkadang tidak sesuai pada jenis lubang telinga, sehingga sedikit merepotkan penggunanya.

2.      Behind the ear atau BTE
Untuk anak-anak, alat bantu pendengaran jenis BTE sangat tepat digunakan. Pemasangannya pun juga cukuplah mudah, namun sayangnya untuk Anda yang berkacamata tidak bisa menggunakan alat bantu jenis ini. Ada banyak pilihan desain, warna dan model yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera. Alat bantu jenis ini tidak mudah jatuh sehingga ocok untuk anak-anak.

3.     Alat bantu Saku atau pocket
Alat bantu pocket atau saku hampir seperti Walkman, karena sudah dilengkapi dengan pengaturan volume. Bagian microphone bisa didekatkan pada lawan bicara sehingga suara yang dihasilkan lebih jelas.

Ke 3 tipe dan nama alat bantu dengar seperti yang ada di atas dapat dijadikan rekomendasi bagi Anda yang berencana ingin melakukan pembelian alat bantu pendengaran. Ketika ingin melakukan pembeliannya, sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Share with your friends

Give us your opinion

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Maaf komentarnya aku moderasi. Jangan beri komentar anonim atau menyantumkan link hidup ya, karena akan otomatis terhapus ^^

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done