Resep Sayur Asem - Afifah Haq
News Update
Loading...

Thursday, 9 May 2019

Resep Sayur Asem


Bersyukurlah teman, kita masih aman dan damai hidup di Indonesia. Bisa makan enak, makan kenyang, dan yang pasti sesuai dengan selera kita. Bahan makanan seperti sayur-sayuran di Indonesia terbilang cukup murah dan melimpah sepanjang musim. Hampir setiap hari kita bisa menjumpai bermacam-macam sayuran.

Yaa, walaupun kadang terjadi kelangkaan karena hal tertentu dan menyebabkan harga bahan sayuran yang naiknya bikin pusing. Kaya kasus bawang putih kemarin misalnya. Saya sih menduga si bawang putith lagi disiksa sama bawang merah dan ibu tiri nya.

krik krik krik

Tapi gaes, kejadian kelangkaan bahan pokok dan kenaikan harga sayur itu belum ada apa-apanya jika kita tinggal di negri 4 musim. Di saat musim salju, sayur-sayuran di sana langka. Kalaupun ada, harga nya pun akan sangat mahal.


Nah, selagi di Indonesia stok sayuran melimpah dan harga nya juga masih tejangkau, yuk, kita makan dan masak masakan khas Indonesia. Masak yang gampang-gampang aja dulluu, yang sering kita jumpai sehari-hari.

Contohnya, sayur asem!

Sudah tau, resep sayur asem apa saja? Kalau belum tau, simak yuk, ((dan praktekin juga yaa)). Btw, ini aku bikin resep unttuk 4 porsi ya.

Bahan-Bahan:

- 2 bh labu siam kecil
- 2 bh terong ungu
- daun melinjo (secukupnya, sesuai selera)
- 4-5 buah kacang panjang
- 1/4 kol ukuran kecil
- 100 gram kacang tanah
- buah melinjo secukupnya (jika suka)
- 1 bh jagung manis

Bumbu:
- asam kandis secukupnya, larutkan dalam air hangat
- 1 ruas lengkuas, digeprek
- 3 bh bawang merah, iris tipis
- 2 lembar daun salam 
- 1 bh gula merah ukuran kecil
- 4-5 sdm gula putih (atau sesuai selera)
- 1 sdm garam
- air secukupnya

Cara Membuat:

1. Masukkan air ke dalam panci, masak dan tunggu hingga mendidih. Jangan lupa nyalain kompornya ya.
2. Selagi menunggu, cuci bersih semua bahan. Lalu, potong dadu labu siam dan terong, sisihkan.
3. Potong kacang panjang sekitar 4 cm, ini ga usah presisi banget sampe diukur ya gaes.
4. Potong kol menjadi bagian yang lebih kecil sesuai selera, sisihkan.
5. Petik daun melinjo dan pilih daun yang muda, agar tekstur nya mudah dicerna saat digigit, tidak keras, dan tidak terlalu berserat.
6. Potong-potong jagung se-lebar 1 cm, ga usah pake meteran ya, dikira-kira aja.
7. Setelah air mendidih, masukkan semua bahan yang sudah dipotong tadi, plus kacang tanah.
8. Tunggu hingga semua bahan memiliki tekstur yang empuk.
9. Setelah dirasa cukup empuk, masukkan bumbu-bumbu: asam kandis cukup masukkan airnya saja kalau saya, lalu gula merah, gula putih, garam, bawang merah, daun salam, dan lengkuas.
10. Tunggu hingga semua larut, cicipi rasanya, dan tambahkan bumbu lain jika dirasa kurang.
11. Jika rasa sudah pas, matikan api dan sajikan.


Sebetulnya, jika ingin simple, di warung sayur atau di pasar banyak kok yang jual bahan mentah sayur asem dalam satu wadah kantong plastik ukuran 15x30cm. Harganya pun terbilang murah, hanya sekitar Rp2.000-2.500 an saja. Jadi kita tidak usah susah-susah membeli eceran.

Namun, kita perlu hati-hati dan pintar memilih, karena kadang saya menemukan sayuran yang kualitas nya kurang bagus. Malah, pernah juga nemu yang isinya 80% daun melinjo, labu siam dan terong nya cuma seuprit. wkwk.

Demikian curhat, ngebodor garing, dan resep sayur asem dariku. Selamat memasak gaes!

Share with your friends

3 comments

  1. aku tambahin lagi ya teh *krik krik krik krik* ketawa jangan?
    jujur aku belum pernah masak sayur asem karena suami ga syukaaaaa :D

    ReplyDelete
  2. Wah, sayur asem kesukaan saya nih. Jujur, saya belom pernah bikin. Padahal suka banget. Abisnya orang-orang rumah kurang suka. Kalo ada Mama baru bikin. Beliau yang sering bikin.

    ReplyDelete
  3. benerrr, enaknya belanja di pasar tradisional tuh ada jual sayuran yang dipaket-paket gitu kaya buat sayur asem, sayur sop hehhe

    ReplyDelete

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Maaf komentarnya aku moderasi. Jangan beri komentar anonim atau menyantumkan link hidup ya, karena akan otomatis terhapus ^^

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done