Resep CLBK: Cilok Legit Bumbu Kacang

by - 15:05:00


CLBK bukan Cinta Lama Bersemi Kembali, CLBK juga bukan Ci Luk Ba Kekok. CLBK yang aku maksud adalah Cilok Legit Bumbu Kacang.

krik krik krik

Cilok adalah jajanan khas Jawa Barat. Bagi orang-orang yang tinggal di Jawa Barat pasti sudah tak asing lagi sama panganan satu ini. Banyak banget dijumpai pedagang kaki lima  yang menjual cilok di Jawa Barat. Bentuknya bulat-bulat, begitu digigit rasanya kenyal, gurih, kadang ada isinya. Isinya ada gajih, telur, abon, tapi jangan harap ada yang isinya undian berhadiah.

Tau ga sih, cilok ini sebenarnya adalah singkatan. Cilok singkatan dari "ACI DICOLOK". Apa itu aci? Aci di Sunda ada dua macam, yaitu aci kawung dan aci sampeu. Aci kawung adalah aci yang terbuat dari kawung atau pohon aren, dalam bahasa Indonesia, aci kawung terkenal dengan nama tepung sagu. Sedangkan aci sampeu adalah aci yang terbuat dari sampeu alias singkong, biasanya kita menyebutnya sebagai tepung tapioka atau tepung kanji. Nah, jenis aci yang digunakan dalam pembuatan cilok ini adalah aci sampeu alias tepung kanji.

Sumber: pixabay.com

Cara membuat cilok cukup mudah loh. Simak yuk resep dan cara membuatnya.

Bahan Cilok:

- 250 gr tepung kanji
- 125 gr tepung terigu
- 5 siung bawang putih
- 1 batang bawang daun (atau sesuai selera)
- garam secukupnya
- lada putih secukupnya
- gajih sapi untuk isian (bisa diganti dengan telur puyuh atau sosis atau sesuai keinginan)
- Air hangat secukupnya

Bahan bumbu kacang:

- 100 gr kacang tanah goreng
- 2 buah gula merah
- 3 siung bawang putih
- 4 siung bawang merah
- 2 buah cabe merah
- 1 sdt garam
- 3 buah cabai rawit (jika suka)

Ilustrasi: pixabay.com
Cara Membuat:

1. Campurkan tepung kanji, tepung terigu, garam, dan merica dalam satu wadah. Aduk.
2. Iris bawang daun, masukan ke dalam adonan
3. Ulek bawang putih sampai halus, masukkan ke dalam adonan
4. Tuang sedikit demi sedikit air hangat ke dalam adonan sambil diuleni hingga kalis. Hati-hati dalam menuangkan air, karena terlalu banyak air akan menyebabkan adonan menjadi encer.
5. Setelah kalis, buat bulatan kecil, lalu pipihkan, masukkan isian sesuai keinginan, lalu bentuk lagi menjadi bentuk bulat.
6. Cilok mentah sudah jadi. Cilok mentah bisa dimasak dengan cara dikukus selama kurang lebih 15 menit, atau digoreng sampai matang.
7. Untuk bumbu kacang: haluskan semua bahan bumbu kacang, tumis hingga harum.
8. Sajikan cilok mentah dengan dituangi bumbu kacang. Jika suka, bisa ditambahkan kecap agar rasanya lebih manis.

Mudah bukan cara membuat cilok? Selamat mencoba :)

Ilustrasi: pinterest

You May Also Like

5 komentar

  1. lah tepung sagu sama tepung kanji beda yaa selama ini bikin cilok pakenya tepung sagu. ntah orang di daerah saya gak kenal sama tepung kanji itu apa.

    ReplyDelete
  2. Boleh juga tu kk resepnya.jadi selera...

    ReplyDelete
  3. Saya suka cilok sih kwnyil" pedes bumbunya gmn gitu bikin nagih.. Tp blom pernah buat.. Selalu beli.. Coba ah buat nyemil buka puasa nti... Btw geli saya baca tulisannya mba Clbk dan ciluk ba kekok 😁😂

    ReplyDelete
  4. pertama kali cobain cilok, krn di deket rumah ada yg jual gerobakan. to pas dicoba, jujur aja rasanya ga terlalu enak mba. nth kuahnya yg biasa aja, ato ciloknya yg hambar.

    tp kmuadian aku pernah liat di salah satu IG yg jual siomay dan cilok. testimoninya bagus semua. cobain dong, krn penasaran :p. daaaaannn, yg itu enaaaaakkk banget. isian ciloknya ada keju, ada rawit ada original. enak semuaaaa... blm lg bumbu kacangnya. hrg jd lbh mahal drpd si abang2 gerobakan tp rasanya jg jauh berbeda :D. jd ga nyesel sih belinya.:D. aku suka ciloj ya setelah icipin yg itu

    ReplyDelete
  5. wah camilan anak2 yang disukai banyak orang

    ReplyDelete