Resep Buka Puasa: Ronde Jahe Skippy - Afifah Haq
News Update
Loading...

Wednesday, 8 May 2019

Resep Buka Puasa: Ronde Jahe Skippy


Menginjak hari ke-tiga puasa, masih semangat kan ya? Harus dong. Bulan puasa kali ini kebetulan waktunya bertepatan dengan musim hujan di Bandung.

Hujan-hujan gini sih enaknya buka puasa sama sesuatu yang manis dan anget ya. Aku sih suka ngidam wedang ronde kalau hujan gini. Rasanya manis, kuahnya bikin hangat karena ada bahan jahe dan serai nya. Rasa ronde bulat-bulat nya manis dan kenyal, begitu digigit, langsung nemu kacang plus gula merah yang manis dan gurih.

Selain rasanya yang enak banget, wedang ronde juga punya banyak manfaat. Gula merah pada kuah dan ronde bisa memberikan energi pada tubuh, mencegah anemia, melawan radikal bebas, hingga bermanfaat untuk menambah jumlah hemoglobin.

Sedangkan jahe dan sereh bermanfaat untuk mendetoksifikasi racun dalam tubuh, meringankan peradangan dan pembengkakan, mengurangi gejala demam dan flu, merilekskan tubuh, berfungsi sebagai anti-oksidan alami, dan menjaga kesehatan pencernaan.

Berhubung aku suka banget sama wedang ronde ini, akhirnya aku coba bikin untuk menu buka puasa nanti. Ada yang spesial dari wedang ronde ini, karena isian ronde nya aku buat dari selai SKIPPY.

Kenapa pakai selai kacang SKIPPY?

1. Praktis. Selai kacang SKIPPY terbuat dari kacang tanah asli. Di resep ini, saya akan menggunakan SKIPPY Peanut Butter varian Chungky. Jadi, selai ini tidak lembut, masih ada butiran-butiran kacang nya. Nah, isian dari wedang ronde tekstur nya mirip dengan SKIPPY varian ini. Jadi, saya ga perlu repot-repot goreng kacang dan ngulek nya.

2. Produk nya berkualitas. SKIPPY sudah memiliki izin BPOM dan juga dinyatakan Halal oleh MUI. Setiap 32gr selai SKIPPY mengandung 17gr lemak, 7gr protein, 7gr karbohidrat, 2gr serat pangan, 3gr gula, dan yang terpenting, SKIPPY tidak mengandung kolesterol!
Informasi Nilai Gizi pada Skippy
3. Rasanya Enak.  Tanpa perlu tambahan gula atau bumbu lain, rasa SKIPPY sudah manis dan juga gurih. Manis nya pas, gurih nya juga pas. Kombinasi bahan-bahan nya cocok deh kalau menurutku.

4. Mudah didapat. Ini bikin mamak bahagia, karena dimana-mana ada, ga pusing nyari. Dari mulai minimarket, toko bahan kue, supermarket, bahkan di toko online pun banyak banget.

Baiklah, kita mulai masuk ke bahan dan cara membuat wedang ronde SKIPPY ini.

Bahan-Bahan
Bahan Ronde:
- 100 gram tepung ketan putih
- 1 sdm tepung terigu
- 1 sdm tepung kanji
- gula putih secukupnya
- 1/2 sdt garam
- air hangat secukupnya
- Selai SKIPPY crunchy
- pewarna makanan

Bahan Kuah Jahe:
- 300 ml air
- 1 bh gula merah 
- 3 sdm gula putih (atau sesuai selera)
- 1 batang serai
- 2 cm jahe (sesuai selera tingkat kepedasan)


Cara Membuat

1. Pertama-tama, saya siapkan dulu isian ronde nya. Saya colek selai SKIPPY pake sendok sedikit sedikit, lalu saya bekukan dulu di freezer. Biar apa? biar nanti waktu ngebentuk adonan ronde nya mudah.


2. Selagi menuggu selai SKIPPY nya agak mengeras, mari kita buat adonan ronde nya. Campurkan tepung ketan, tepung terigu, tepung kanji, gula, dan garam. Aduk terlebih dahulu agar komposisinya menyatu. Kemudian, masukkan air hangat sedikit demi sedikit, lalu uleni sampai adonan nya kalis. Ciri adonan kalis ialah, tekturnya lembut, rata, dan tidak lengket di tangan.
Tips: perhatikan jumlah air ya, kalau kebanyakan, adonan akan jadi sangat lengket dan sulit untuk menjadi kalis. Kalau terlalu sedikit, adonan juga akan menjadi keras dan sulit dibentuk.

3. Pisahkan adonan menjadi beberapa bagian. Lalu, campurkan dengan satu tetes pewarna makanan. Uleni kembali hingga warna nya tercapur merata.

4. Adonan tepung tadi diuat bulatan-bulatan kecil, lalu pipihkan (sesuai selera). Lalu, ambil selai SKIPPY yang sudah mengeras.di freezer. Isikan selai SKIPPY pada adonan yang sudah dibentuk bulat pipih, tutup adonan hingga menutupi selai, buat bulatan seperti bola.

5. Kita juga bisa mengkreasikan adonan menjadi berbagai bentuk. Ini sih sengaja saya buat seperti ini supaya menarik perhatian anak biar dia mau makan.


6. Siapkan kira-kira 2-3 gelas air, masukkan ke dalam panci. Masak hingga mendidih, lalu masukkan 1 sdt minyak.

7. Adonan ronde tadi, kita masak dalam air mendidih ini. Ronde yang matang akan mengapung di permukaan air. Angkat, dan tiriskan.

8. Iris tipis jahe. Lalu, rebus semua bahan kuah jahe hingga mendidih dan semuanya larut. Angkat, lalu saring.


9. Sajikan ke dalam wadah. Tuang kuah jahe. Bisa juga ditambahkan kolang-kaling dan kacang tanah greng sebagai pelengkap.

10. Makan selagi hangat setelah bedug magrib yaa :-D



Selesai. Nah, gampang kan?

Oh ya, dalam pembuatan adonan ronde, kita bisa melibatkan si kecil. Keterlibatan anak bisa meningkatkan bonding antara orangtua dan anak, melatih motorik kasar dan halus anak, dan menstimulasi penglihatannya lewat warna-warna.

Selamat mencoba di rumah :)

Share with your friends

40 comments

  1. Ih ko kepikiran gitu yaa, aku tuh gabisa masak emang jadi susah bikin ide masak memasak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga apa2 teh ga bisa masak, ini kan rumah tangga, bukan rumah makan, hehe

      Delete
  2. Lucu banget bentuk ronde nya.. Ini proses buatnya berapa lama teh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga nyampe sejam kok untuk buat 1 porsi gini

      Delete
  3. Lucu bgt teh hasil nya.. aku jjur baru tau hahhaha.. seru ya ajak anaknya ikut bkin ronde

    ReplyDelete
  4. Waduh, enak nih. Mana bentuknya lucu-lucu pula. Anak-anak bakalan suka makannya :)

    ReplyDelete
  5. Mantaaap
    Aku coba bikin juga ah gemes banget jadi semangat makannya haha

    ReplyDelete
  6. Wuaaah cantik2 dan lutju mbak >.< Gak pernah kebayang sebelumnya ada ronde jahe seunyu itu :3

    ReplyDelete
  7. Ya ampuuun ternyata gampang ya bikin ronde gini. Save resepnya ah, kebetulan stok skippy juga, thanks resepnya mbak

    ReplyDelete
  8. Ya ampuun ku baru tau kalo bikin ronde semudah ituuuu... yang penting niat & ada skippy yaaa :D skippy mah mau dijadiin apa aja enyak, aku suka banget soalnya selai kacang yg satu ini :D

    ReplyDelete
  9. kalau rondenya kayak gini mah asa leubar di makan, pengen diliatin ajaaa lucu imut banget :D enakk ya pastinya fa buat buka puasa

    ReplyDelete
  10. Rondenya lucu lucu bangeeeeeet, skippy bisa banget ya, menjadi bahan yang praktis membuat ronde.

    ReplyDelete
  11. terniat teh bentuknya lucu banget kayak akooh *wkwkwk* tapi aku teh ga suka sama jahe mon maap baunya bikin aku mual :p boleh ganti ga jahe kali ya teh

    ReplyDelete
  12. lucuk amat bentuknya! jadi ga tega makannya hahaha
    kreatif mba :)

    ReplyDelete
  13. Bukan cuma anak-anak, saya juga jadi tertarik kalau bentuknya lucu-lucu gitu. Salut buat ketelatenannya membuat bentuk seperti itu

    ReplyDelete
  14. Mbak lucu bentuknya...asiiiik dapat lagi tambahan resep nih. Makasih yaaa

    ReplyDelete
  15. Wiiiii, kreatif buanget sih Mak.
    Kok ya terpikir buat dijadiin filling utuk ronde. Mana bentukannya ucuuull gemashh banget iiih
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  16. Waaaah jadi kepengin makan bentuknya lucu bangets!

    ReplyDelete
  17. ya ampun idenya menarik banget mba, anak2 pasti semangat nih makannya

    ReplyDelete
  18. Jujur deh aku belum pernah buat ronde. Ternyata mudah ya apalagi pakai skippy. Baiklah aku mau mencobanya.

    ReplyDelete
  19. Gemes banget teh wedang rondenya dibentuk gitu. Aku jadi pengen icip juga nih, terakhir makan wedang ronde di Solo bulan Maret kemarin 😂

    ReplyDelete
  20. Wadow Bunda share ya ya ya Subhanallah syeedaff yaa.

    ReplyDelete
  21. Ya ampun asli ini gemes banget! Baru kali ini liat ronde warna warni, bentuknya lucu dan DALEMNYA ADA SKIPPY! 😆 gemes dan enak banget itu pastiiii..

    Kalau ada yg jualan, pasti mahal banget. Hahaha.. Bikin sendiri aja lah yaa pake resep ini

    ReplyDelete
  22. waaah..baru ini lihat tampilan ronde jd menarikkkk banget buat anak2. kereeeee mbak.

    ReplyDelete
  23. Gemesin banget siih rondenya, mana gede-gede ukurannya jadi lebih puas..

    ReplyDelete
  24. Blum coba ink resepnya termasuk unik klo d mic di buatunyuk minuman,, biasa aku pakai buat roti Aja noted deh

    ReplyDelete
  25. Menarik banget rondenya, apalagi pakai skippy ya... Jangankan anak2, saya aja ngiler hihihi...

    ReplyDelete
  26. Kalau lucu begini jadi ga tega makan, tapi kayaknya enak nih dan anget di perut ya

    ReplyDelete
  27. Bisa aeeeeee :D
    Dibikin ronde, kreatiiifff :D
    Lucu2 pula bentuknya, itu sih kalau yang makan anak2 jg pasti gembira banget :D

    ReplyDelete
  28. Boleh nih idenya anak2 pasti suka ya go kepikiran aku klo bisa dimix kayak gini mau ah buat buka nanti

    ReplyDelete
  29. Unik juga ya skippy dijadikan isian ronde, trus adonannya bisa dibuat bentuk2 lucu pasti anak-anak suka

    ReplyDelete
  30. Wihh idenya keren nih, hihii. Jadi imut dan lucu gitu ronde nya.
    Aku belum pernah loh bikin ronde, kalo kue klepon sih beberapa kali. Sama sih, cuma beda penyajiannya aja karena ronde kan pakai kuah wedang jahe

    ReplyDelete
  31. Mauuu~
    Ya Allah...kok lucu banget itu adonan ronde nya.
    Aku mau coba jugaa...
    Anti-gagal kan yaa, kak..

    hehehe...jiper duluan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah gagal sekali, karna kebanyakan air waktu ngadonin, haha. Kuncinya di air, hati-hati aja nuanginnya pas ngadonin

      Delete
  32. Kreatif banget ini sampai dibentuk seperti itu, tapi memang jadi menarik sih pasti kalau anak-anak jadi penasaran. Aku mau save resepnya ah, lumyan nih buat berbuka.

    ReplyDelete
  33. Kreatif bangets ini resepnya..salut!.
    Pengin coba bikin..anget anget pas buat hujan gini

    ReplyDelete
  34. Duh saya jadi kebayang rasanya, enak pas digigit itu keluar rasa kacang khasnya SKippy yah

    ReplyDelete
  35. Y ampun langsung saya bookmark nih mau praktek di rumah buat anak-anak. Suamiku juga suka ronde nih. Enak banget ada bentuk lucu2 nya pula

    ReplyDelete
  36. Iiih lucu banget Sik rondenya ada karakter juga hehe kreatif nih mba. Anak anak pasti suka banget

    ReplyDelete

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done