Promo Belanja Online: Tips Mendapatkan dan Bijak Menyikapinya

by - 10:08:00


Setelah saya menjadi seorang istri sekaligus juga seorang ibu, saya mau tak mau harus hemat dalam segi pengeluaran. Kita semua tahu bahwa membesarkan seorang anak perlu biaya yang tak bisa dibilang murah. Maka, salah satu cara saya untuk mengurangi pengeluaran ini adalah dengan cara berburu promo belanja online.

Promo belanja online sangat membantu saya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, baik itu kebutuhan dapur ataupun kebutuhan pribadi saya dan keluarga (ayah dan anak). Sering sekali saya mendapatkan harga kebutuhan yang jauh lebih murah dari biasanya karena promo belanja online ini.

Nah, biasanya saya mendapatkan informasi promo belanja online ini dari sini:

1. Follow akun brand
Selain informasi mengenai produk, biasanya akun social media brand selalu memberikan informasi promo tiap bulannya. Promo nya pun tidak hanya online saja, offline di store-store tertentu juga kadang ada. Selain informasi promo, akun social media juga sering mengadakan giveaway, hadiah nya berupa produk sampai voucher belanja. Lumayan kan kalau dapet.

2. Follow akun online marketplace
Nah, akun-akun ini sih yang biasanya paling sering ngasih promo belanja online. Mulai dari promo gratis ongkir, diskon flash sale, promo undian, dan masih banyak lagi program-program lainnya.

3. Follow akun influencer
Sebagaimana namanya, influencer adalah orang-orang yang mempunyai pengaruh besar terhadap orang lain atau minimal followers nya. Kemampuan mempengaruhi ini biasanya dimanfaatkan oleh banyak brand untuk memberikan promo. Biasanya influencer-influencer ini akan memberikan kode unik yang bisa dimasukkan pada saat check out di situs belanja online tertentu. Kode unik ini akan menjadi diskon yang nilai nya lumayan untuk menghemat pengeluaran belanja.

4. Catat Hari Penting
Beberapa brand atau situs marketplace biasanya akan memanfaatkan momen-momen tertentu untuk menarik konsumennya agar berbelanja produk mereka. Biasanya, mereka juga akan memberikan promo belanja dalam rangka momen tertentu. Seperti misalnya momen Ramadan, momen lebaran, momen valentine, momen hari belanja online nasional atau disingkat harbolnas, momen hari Natal, atau bahkan mereka menetapkan tanggal tertentu.

Oh ya bagi kita yang muslim, saya sudah pernah bertanya kepada seorang ustadz yang insya Allah sudah tidak diragukan lagi mengenai pemahaman Fiqh nya, tentang hukum memnafaatkan promo belanja online dalam rangka hari besar ummat tertentu. Jawaban beliau adalah mubah atau dibolehkan.

Bijak dalam Menggunakan Promo Belanja Online

Selain bikin pengeluaran jadi lebih hemat, promo belanja online juga kadang bikin kita kalap, ya gak sih? Yang kaya gini rata-rata ibu-ibu sih, kayak saya, hehe. Mungkin karena kaum hawa emang ditakdirkan untuk seneng belanja dan seneng lihat promo kali ya.

Nah, supaya gak kalap yuk kita bersikap bijak dalam memanfaatkan promo belanja online ini. Bijak menurut definisi saya adalah tidak berlebihan, sesuai kebutuhan, dan sesuai budget.

Kadang, ada beberapa promo belanja online yang mengharuskan kita berbelanja dulu dengan minimal jumlah tertentu. Nah, kalau saya ngakalin nya sih, dengan menghubungi teman, siapa tau ada yang mau nitip produk tertentu juga, jadi supaya promo nya dapet, kita juga ga beli sesuatu yang memang bukan kebutuhan kita.

Atau, dengan cara, membeli produk dengan jumlah yang lebih banyak, yang masa kadaluarsa nya lama. Sehingga produk ini bisa kita pakai selama beberapa bulan ke depan. Ingat, produk yang dibeli dengan jumlah berlipat ini harus yang benar-benar dibutuhkan ya. Definisi ‘kebutuhan’ setiap orang berbeda-beda juga loh ya.

Kalau sudah terlanjur kalap membeli barang lain yang kita rasa ga butuh-butuh amat, kita bisa menjual kembali produk ini ke teman. Asal, kondisi nya maih bagus dan komplit ya. Atau, disumbangkan saja ke orang yang betul-betul membutuhkan.

Selain itu, kita juga perlu waspada terhadap program diskon suatu produk. Bandingkan harga nya dengan sebelumnya, apakah harga yang kita dapat benar-benar harga diskon, atau harga sebelumnya dinaikkan terlebih dahulu agar mendapatkan kesan diskon? Sebagai pembeli, kita juga perlu cermat dan cerdas, jangan tergoda oleh promo diskon atau sejenisnya.
Nah, sekian tips dariku soal promo belanja online ini. Kalau ada usul lain boleh ya di-share di kolom komentar.

You May Also Like

1 komentar

  1. Tapi cewek emang gitu sih mbak, suka kalap kalau liat diskonan, padahal sih gak butuh banget sama barangnya WKWK

    ReplyDelete