Bincang Gizi bareng Pocari Sweat di Milad Bandung Hijab Blogger Pertama - Afifah Haq
News Update
Loading...

Tuesday, 14 May 2019

Bincang Gizi bareng Pocari Sweat di Milad Bandung Hijab Blogger Pertama


Beberapa waktu lalu, Bandung Hijab Blogger merayakan milad nya yang pertama. Komunitas yang digagasi oleh teh Rara Febtarina ini memang belum lama usianya, tapi menurutku, komunitas ini tumbuh dan mekar dengan sangat baik.

Semua itu karena kekompakkan, keramahan orang-orangnya, dan juga komitmen setiap member nya. Komunitas Bandung Hijab Blogger adalah komunitas pertama yang saya ikuti dengan sepenuh hati. Maksud dari sepenuh hati ini ialah, saya beberapa kali hadir mengikuti setiap program nya, baik online maupun offline dengan perasaan nyaman. Mungkin karena member di sini memiliki banyak kesamaan, sama-sama perempuan, sama-sama berdomisili di Bandung (meski ga semua), dan sama-sama berhijab.

Alhamdulillah, tanggal 27 April lalu saya berkesempatan untuk menghadiri acara silaturahim member Bandung Hijab Blogger dalam rangka milad 1 tahun komunitas ini. Jujur saja saya merasa sangat excited buat ketemu (lagi) temen-temen BHB.

Berlokasi di Greentea Holic, begitu sampai, kami diminta untuk registrasi terlebih dahulu. Saat registrasi, kami diberi kertas kosong untuk diisi ucapan dan doa bagi Bandung Hijab Blogger. Acara dimulai dengan makan siang bersama. Begitu lihat penampakan menu nya, saya lihatnya kaya biasa saja, tapi begitu dimakan, duh, enak banget inii, gurih bangett, di luar dugaan. Jadi ingin makan lagi di sana kapan-kapan. Hahaha.

Selesai makan-makan,  acara dibuka oleh (yang ngaku nya) MC dadakan, teh mpus alias teh Puspa, seorang beauty blogger yang punya nama panjang sepanjang jalan kenangan. Teh Puspa lalu mengenalkan siapa-siapa saja orang dibalik kesuksesan program-program di komunitas Bandung Hijab Blogger. Ada teh Rara sebagai founder, ada teh Revina, ada teh Sintha, ada teh Puspa, ada teh Gina, ada teh Anisa, dan teh Ale.

Acara berlanjut dengan tips seputar beauty hacks dari Zoya Cosmetics dan bincang gizi bersama Pocari Sweat.

Tips Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi Selama Puasa

Berhubung beberapa hari ke depan setelah acara ini kita menghadapi bulan puasa, maka bincang gizi di milad Bandung Hijab Blogger kali ini bertemakan tips agar kita tidak mengalami dehidrasi selama berpuasa dan tips menyajikan menu sahur praktis dan sehat saat puasa.

Kita semua tahu bahwa puasa itu berarti tidak makan dan minum dari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Nah, selama berpuasa itu, ada beberapa fungsi tubuh yang mengalami perubahan. seperti hati, lambung, usus halus, dan pankreas.

Cadangan energi di hati akan diubah menjadi energi. Di lambung, produksi asam lambung akan berkurang. Di pankreas, produksi insulin dan enzim pencernaan berkurang. Begitu pula di usus halus, kontraksi tiap 4 jam dan produksi enzim pencernaan akan berkurang.


Nah, karena hampir seluruh sistem pencernaan istirahat bekerja selama puasa, frekuensi dan jumlah makanan yang dikoknsumsi berkurang, konsumsi cairan pun berkurang, namun kita tetap beraktifitas, resiko nya kita akan kehilangan cairan tubuh. Kehilangan cairan tubuh ini bisa menyebabkan dehidrasi.

Tips agar terhindar dari dehidrasi selama puasa adalah dengan mengkonsumsi cukup air saat berbuka dan sahur. Saya sedniri, mengakali nya dengan mengkonsumsi air minum 2 gelas saat berbuka, 2 gelas sebelum tidur, 2 gelas saat bangun tidur, dan 2 gelas sebelum azan subuh. Sehingga jumlah nya pas 8 gelas. Selain itu, kita juga bisa mengkonsumsi POCARI SWEAT saat sahur.


Kenapa harus Pocari Sweat? karena Pocari Sweat komposisi nya dibuat sedemikian rupa sehingga mirip dengan cairan tubuh. Pocari Sweat selain mengandung air juga mengandung ion yang dibutuhkan tubuh. Pocari Sweat juga mampu diserap oleh tubuh dengan baik, sehingga cairan lebih lama bertahan dalam tubuh. Dengan demikian, Pocari Sweat bisa bantu cegah dehidrasi dan menjaga agar tubuh tidak cepat haus selama puasa.


Menu Sahur Praktis dan Sehat Saat Puasa

Selain menjaga asupan minuman, kita juga perlu menjaga asupan makanan agar tubuh tetap fit selama puasa. Pembicara selanjutnya kemudian dibawakan oleh ibu Enok Sobariah, SP., M. Si., RD., seorang ahli gizi dari instalasi gizi di RSUD Cibabat, Cimahi.


Menurut ibu Enok, makanan berdasarkan DBMP atau Daftar Bahan Makanan Penukar, terbagi menjadi 8 golongan:
  • Golongan I : Karbohidrat
  • Golongan II : Protein Hewani
  • Golongan III : Protein Nabati
  • Golongan IV : Sayur-sayuran
  • Golongan V : Buah-buahan
  • Golongan VI : Susu
  • Golongan VII : Minyak
  • Golongan VIII : Makanan tanpa energi
Setiap golongan memiliki jenis makanan yang berbeda dan kandungan kalori yang berbeda pula. Hal yang bikin saya kaget itu di satu sendok minyak kalori nya ada 50kkal ! Wah pantes aja gorengan bikin kenyang dan badan mengembang.

Nah, selanjutnya, Bu Enok memberikan cara untuk menghitung kebutuhan kalori seseorang. Kebutuhan kalori dipengaruhi oleh faktor BMR, aktivitas, dan SDA. Contoh perhitungan kalori pada seseorang sebut saja dia Mawar dengan berat 50 Kg, dan memiliki aktivitas fisik sedang. Maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

1. BMR = 50 x 25 kkal = 1250 kkal
2. Aktivitas = 20% x 1250 kkal = 250 kkal
3. SDA = 10% x (1250+250 kkal) = 150 kkal

Sehingga, total kebutuhan kalori Mawar adalah 1250 kkal + 250 kkal + 150 kkal = 1650 kkal, atau per hari nya minimal terpenuhi 1500 kkal.

Ilustrasi: Pixabay.com
 Nah, karena selama puasa kita tidak makan, bu Enok memberi tips untuk pembagian jumlah kalori pada saat berbuka dan sahur. Tips  nya adalah seperti ini:

Buka Puasa
- Sebelum sholat magrib 10% makanan segar (150 kkal)
- Sesudah sholat magrib 30% makanan padat (450 kkal)
- Sesudah shalat tarawih 20% makanan kecil (300 kkal)

Makan Sahur
- Saat Bangun 10% (150 kkal)
- Menjelang imsak 30% (450 kkal)

Sehingga, total seluruhnya adalah 1500 kkal. Lieur ga gaes? Sama, saya juga lieur, hahaha. Tapi tenang, bu Enok memberikan contoh langsung makanan saat sahur yang nilai nya sebesar 450 kkal, yaitu:

- Nasi 100 gram
- Tahu 110 gram
- Ayam 80 gram
- Sayur 100 gram
- Apel 85 gram

Nah, seperti itulah kira-kira susunan makanan yang cukup memenuhi kebutuhan kalori saat sahur. Jangan lupa juga dicukupi kebutuhan air nya juga ya dan konsumsi Pocari Sweat agar tubuh tetap terhidrasi.

Penutup

Acara bincang gizi ditutup dengan beberapa games menarik. Dimulai dari main game kahoot bersama, hingga games menyebutkan nama member BHB terbanyak. Di games pertama, saya kalah kerana tydack keliatan ke layar laptop, tapi di games kedua saya memberanikan diri untuk maju dan menyebutkan nama-nama member BHB. Lumayan sih, saya bisa sebutin 12 nama, padahal sebenernya lebih banyak cuma saya nya grogi aja kalau udah di depan, hahah.

Setelah itu, ada pengumuman lain. Pertama, pengumuman Best Wishes terbaik yang ditulis di kertas untuk Bandung Hijab Blogger. Kedua, adalah pengumuman member dengan jumlah insta story selama acara terbanyak. Terakhir adalah pengumuman Best Blogger of the Year versi BHB. Jeng jeeng.. tiba-tiba nama saya dipanggil. Kaget aja ga nyangka bisa jadi salah satu blogger terbaik versi BHB, hahah. Padahal saya termasuk bloher pemula dan pemalu (pemalu bukan tukang palu).

Pemenang games dari Pocari Sweat
Best Blogger of the Year versi Bandung Hijab Blogger

Pemenang Games dan Best Wishes BHB

Terimakasih Bandung Hijab Blogger Community, atas keseruan acara nya. Saya jadi makin semangat buat nge-blog nih. Hahaha. Terimakasih juga buat temen-temen yang sudah menyapa dan ngobrol dengan saya, semoga nanti kita bisa ketemu lagi di lain event, supaya saya bisa lebih mengenal seluruh member Bandung Hijab Blogger.

Oh ya, buat yang belum kenalan sama Bandung Hijab Blogger, yuk kepoin instagram nya di @bandunghijabblogger dan juga website nya di sini. Syukur-syukur kalau ikutan jadi member juga dan bisa ketemu akyuuu (iyuh 😂).

Salam Hangat

Share with your friends

7 comments

  1. Seru bgt ya gathering nya bahas yg informarif bgt ilmu2nya teh

    ReplyDelete
  2. Waduh, iya ih, lieur ngitung kalorinya deh. Hehehehe.... aku mah pake cara takaran perut aja. Minum sampe ngeasa enek. Dan makan sampe pas sebelom kenyang banget. Kenyang tapi gak terlalu kenyang. :D

    ReplyDelete
  3. go ion, minuman favoritku hehee..btw selamat milad bhb..

    ReplyDelete
  4. Seru banget acaranya sayang aku ga ikut :(

    ReplyDelete
  5. Waaaa serunya sayang ga bs dtg :(

    ReplyDelete
  6. Wah bagus ada informasi perhitungan kalorinya teh, sekarang jadi tau deh takarannya.. Soalnya aku suka kalap makan gorengan habis buka puasa terus kenyang jadi nunda makan berat deh :))

    ReplyDelete
  7. Wah lengkap sekali teh informasi tentang gizi nya, waktu itu aku ga nyimak semuanya, jadi tau deh dari tulisan teteh hehe terimakasih teh :))

    ReplyDelete

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done