Fairy Garden Bandung: Wisata Edukatif Seperti di Negeri Dongeng

by - 15:21:00


Beberapa waktu lalu saya pernah unggah foto dan video di Insta Story. Ternyata banyak yang merespon dan tanya-tanya, itu dimana? daerah mana? kok kayanya asik banget ya? tiket masuk nya berapa? ada apa aja di sana?

Nah, di artikel ini saya akan menuliskan secara lengkap lokasi wisata yang saya kunjungi dan saya unggah di media sosial saya waktu lalu. Simak yuk.

Tentang Fairy Garden

Jadi, kemarin itu saya mengunjungi tempat wisata bernama Fairy Garden Bandung by the Lodge. Lokasinya berada di kawasan Maribaya, Lembang, Bandung. Fairy Garden merupakan salah satu unit bisnis The Lodge Group. Tempat wisata ini memiliki konsep taman bermain bagi keluarga yang mengedukasi (family edutaintment park).

Fairy Garden Bandung menawarkan berbagai aktivitas yang bisa mengajak anak-anak untuk menuangkan kreatifitas nya dan mengeksplorasi panca indera nya di sini. Aktivitas yang ditawarkan dirancang untuk mengakomodir berbagai kebutuhan anak yang beragam. Terdapat 4 tema utama yang dihadirkan, yaitu Art Factory, Florania, Lola's Library, dan Woodland.

Jujur saja, begitu memasuki area Fairy Garden, saya seperti berada di negeri dongeng. Saya disambut oleh 2 peri. Dari pintu masuk, saya melihat bangunan unik, lalu saya tiba-tiba ingat Disneyland. Ah, hampir mirip! Fairy Garden berada di dataran tinggi Maribaya, sehingga suasana nya sejuk dan dingin.


Konsep patung dan karakter peri  di Fairy Garden ternyata digagasi oleh ibu Anya Madiadipoera dari NuArt Sculpture Park. Sedangkan untuk kostum sayap dan peri nya, dirancang oleh desainer ternama Bandung, yaitu Deden Siswadi. Wah, saya sangat kagum, hal ini berarti Fairy Garden tidak setengah-setengah dalam menyajikan konsepnya ke para pengunjung.

Tiket Masuk dan Fasilitas

Tiket masuk Fairy Garden sebesar Rp 35.000,- untuk masuk ke area Fairy Garden dan Flower Show & Famers Market. Tiket bundling juga disediakan seharga Rp 50.000,- untuk memasuki area The Lodge, Fairy Garden, dan Flower Show & Farmers Market.

Sedangkan untuk tiket masuk ke beberapa wahana di dalamnya cukup beragam, mulai dari Rp 10.000,- sampai Rp 35.000,-. Di sini ada wahana trampolin, sewa kostum dan bergaya ala gipsy, menghias tanaman, puppet show, berkuda, carousell, dan masih banyak lagi.






Siapkan juga kamera untuk foto-foto di setiap sudut instagramable di sini. Kita juga bisa menyewa kostum dan berfoto seperti peri. Fairy Garden Bandung menyediakan penyewaan kostum peri dan sayap untuk anak-anak, sedangkan untuk dewasa, disediakan penyewaan sayap seharga Rp 35.000,-. Mau hasil foto yang lebih ciamik? Di sini disediakan jasa fotografer, cukup membayar Rp 10.000,- per foto.

Tempat Sewa Kostum Peri
Fasilitas umum lainnya selain wahana ialah toilet dan mushola. Senang rasanya karena toilet dan mushola nya berada di dalam kawasan Fairy Garden. Mushola nya pun bersih dan bangunannya unik. Oh ya, satu hal lagi yang penting juga, yaitu tempat ini ramah bagi penyandang disabilitas dan bagi orangtua yang membawa stroller.

Musholla dan Toilet
Flower Show & Farmers Market

Saat saya berkunjung ke sana beberapa waktu lalu, Fairy Garden sedang mengadakan Folwer Show & Farmers Market, dimana acara ini bertujuan untuk memberikan peluang usaha bagi petani lokal untuk menjual hasil tani nya di sini, seperti tanaman, sayuran, bunga, dan buah-buahan. Flower Show & Farmers Market terinspirasi dari salah satu wahana di Fairy Garden, yaitu Florania, dimana di Florania ini anak-anak diajarkan untuk mencintai tanaman.

Acara dilakukan di dua bagian, yaitu di Florania dan Woodland. Di florania, tersedia booth yang menjual bunga untuk mendukung area Florania dimana peri Lilian tinggal. Sedangkan di Woodland, dimana Castor yang hobi bertani tinggal, disediakan booth untuk menjual sayuran dan buah-buahan hasil dai petani lokal.

Special Cabaret Performance
Hal yang paling mengasyikkan adalah adanya special cabaret performance dari para Peri dan magic guardians. Diceritakan bahwa ada seorang pengunjung manusia yang sedang bersedih sambil menatap bunga-bunga di Fairy Garden. Melihat manusia yang sedih itu, salah satu peri bertanya, mengapa ia bersedih. Ternyata, manusia itu sedih karena ia telah jatuh cinta kepada peri.

Tentu saja semua peri terkejut, karena memang ada aturan yang melarang antara manusia dan peri untuk menjalin kasih. Namun, Opa Wil, salah satu peri yang tertua, akhirnya merestui hubungan antara manusia dan peri itu, karena ternyata dalam sejarah, dahulu ada manusia dan peri yang menjalin kasih, dan salah satu peri di antara mereka adalah keturunan dari peri dan manusia yang menjalin kasih itu.

Begitu kira-kira ceritanya. Drama musikal ini dikemas sangat menarik, dan diakhiri dengan ajakan menari bersama para pengunjung.



Foto bareng Ibu Peri

Selainspecial performance cabaret, ada juga mini games seperti fun farming, gold mining, gold smithing, perlombaan Looks like a Fairy Competition, dan menghias mini Fairy Garden Competition. Flower Show & Farmers Market ini diselenggarakan dari tanggal 14 Februari - 17 Februari 2019.

Ada pula booth The Lodge Foundation, yaitu sebuah yayasan yang memberdayakan warga lokal di sekitra The Lodge Maribaya. Tiket yang kita beli disisihkan Rp 1.000,- untuk melatih anak-anak di Desa Cibodas dalam hal seni budaya, lingkungan hidup, dan pendidikan.


Gimana, seru kan tempat nya? Weekend nya ke sini aja yuk, bareng keluarga. Saya juga jadi ingin ke sini lagi sambil bawa suami dan si kecil. Pasti dia betah deh di sini, apalagi area nya luas, dia bisa lari-lari sepuasnya. Hehe.

Alamat Fairy Garden by The Lodge
Jl. Maribaya Timur no.1 RT 01/RW 10, desa Cibodas, Lembang
kabupaten Bandung Barat 40391
Opening Hours: 09.00 AM - 17.00 PM

You May Also Like

34 komentar

  1. Serasa di negeir dongeng ya. Aku juga baru dari sana awal bulan Februari kemarin. Awalnya gak tau ada fairy garden tapi pas beli tike The Lodge ditawarin beli tiket terusan ke The Fairy, ya udah sekalian aja jadinya

    ReplyDelete
  2. aih dikirain mahal loh masuk situ karena emang kece ada fairy gitu ternyata masih HTM pada umumnya nyak teh tydack akan membuat kantong sobat misqueen menjerit xixixi aku jadi pengen kesini ajak anak-anak ah

    ReplyDelete
  3. Waaaah seru banget ya Fairy Garden Bandung ini, tempatnya lucuuuuk. Bisa banget jadi destinasi wisata kalo ke Bandung yaaaa

    ReplyDelete
  4. Wah mauuuuu kesini ajak anak2 tempatnya bagus ya. Ini baru atau udah lama Mba..sy the 2000-2006 d Bandung kayany blm denger

    ReplyDelete
  5. Wah belum pernah ke sini padahal habis tahun baru habis jalan2 ke Bandung ke daerah Lembang juga, mudah-mudahan next liburan mau juga mampir ke sini kayaknya seru dan instragrammable, cocok buat emak sama anak2nya hehehe.

    ReplyDelete
  6. Pernah baca tentang Fairy Garden ini. Tapi foto - foto yang mbak tampilin bikin mupeng banget dan penasaran. Soalnya terakhir ke Maribaya perasaan belum ada tempat wisata keren kayak gini

    ReplyDelete
  7. Ihiks, aku gak jadi ikut ke sini kemaren. Ada keperluan yang gak bisa ditinggal. Seru banget ya. Anak-anak kayaknya bakalan suka deh diajak ke Fairy Garden ini. Kayak di negeri dongeng. Dan sekalian main ke The Lodge Maribaya pasti bikin main ke sana makin asyik. Kudu ke sana deh nanti.

    ReplyDelete
  8. Hihi, konsepnya unik dan lucu, ya.

    Anak-anak dibawa ke sana pasti seneng karena karakternya yang disukai anak-anak. Udah seru, edukatif juga.

    ReplyDelete
  9. Wuoooow kereeeennyaa... Mana aku lagi ada rencana mau traveling ke Bandung juga nih hihi.. Asiiik bisa buat referensi destinasi. Makasih ya reviewnya mbak Afifah...

    ReplyDelete
  10. Wisata Lembang ini ya, beneran bikin mupeng. Habis ada aja yang baru. Kemarin-kemarin The Lodge aja udah bikin mupeng, sekarang nambah Fairy Garden ini. Duh, masak mau piknik ke Bandung lagi?

    ReplyDelete
  11. Ini refernsi banget buat liburan bareng keluarga, nih. Dan memang banyak spot instagramable di sini. Awwww!

    ReplyDelete
  12. ih bagus yaa, aku lihat ulasan mbak Ria juga. Ini ada musholanya juga, enakeun
    sejuknya kok berasa sampe sini sih :) ah noted kalau ke Bandung. Jadi tambah pilihan baru lagi

    ReplyDelete
  13. Wah bisa ni jadi tujuan piknik lebaran nanti, Bandung memang kreatif dan ada ada saja ya wisatanya..

    ReplyDelete
  14. Lucu ya ada dunia peri kaya gini. Biasanya kan ada di luar negeri. Mungkin lain waktu ada tempat yang khusus pewayangab kali ya, hehehe

    ReplyDelete
  15. Wah, sekarang kalau ke Maribaya, selain ke The Lodge juga bisa ke Fairy Garden ya...
    Kalau performance cabaret-nya diadakan setiap hari atau hanya hari tertentu saja, Teh?

    ReplyDelete
  16. Ya ampuun lucu banget sih ini tempat wisatanya. Colorful menyegarkan mata dan banyak gimmick seolah beneran berada di negeri dongeng, ya. Pengin deh ke Fairy Garden Bandung, mau nonton drama musikalnya, ceritanya bagus. Apakah dramanya digelar setiap hari, atau hari tertentu saja yaa?

    ReplyDelete
  17. Nambah lagi daftar wisata ke Bandung. Pengin banget kesini ihhhh. Apalagi sekarang banyak pilihan transportasi umum buat ke Bandung, dari mulai sleeper train sampe bis2 VVIP.

    ReplyDelete
  18. Seru banget ya mba, aku belum pernah kesini. Pengen deh next ajak anak-anak.

    ReplyDelete
  19. Wah lucu
    Bakalan nggak mau pulang nih anakku kalau diajak ke sana
    Bisa minta seharian hahaha sambil nanya ini dan itu

    ReplyDelete
  20. Tempatnya cantik. Konsepnya keren. Banyak wahananya juga. Bagus-bagus wahananya. Bisa sewa kostum juga, nih. Ibu peri juga keren kostumnya. Noted, nih. Jadi pengen jalan-jalan ke sana hehe

    ReplyDelete
  21. Ya Allah.. ini to yang dimaksud anakku karena nonton yutub ada negeri dongeng di Indonesia. Hehe. Anakku ngajakin ke sana. Bandung selalu ga ada habisnya sama wisata ya

    ReplyDelete
  22. Ahhh kudu wajib datang kesana nih. Aku udahnya ke the lodge dan maribaya. Ke yang ini belum, iyalah kan baru buka yah. Mumpung harga tiket masuknya masih murah hehe

    ReplyDelete
  23. Mupeng ih pengen kesana. Masukin list dulu deh buat liburan akhir minggu hehe

    ReplyDelete
  24. wah jadi pengen maen kesini juga bawa anak-anak, pasti anak sulung aku suka sekali niy mbak

    ReplyDelete
  25. tempatnya menarik untuk dikunjungi ya teh

    ReplyDelete
  26. Kapan sih Bandung kehilangan inovasi?hihihi tapi keselnya semua di lembang jadi harus super sabar ngadepin macetnya tapi teteeep pengen bawa anak kesini main wkwkwk

    ReplyDelete
  27. Spot fotonya keren banget, jadi pengen kesana deh. Nanti nunggu cuaca bersahabat dulu deh ya, biar hasil fotonya kece juga hihihi

    ReplyDelete
  28. Aku juga kemarin kesini.. beli tiket bundle ama the lodge. Lumayan cute ya tempatnya.. apalagi kalau buat anak2.. gemes juga liat peri2nya haha

    ReplyDelete
  29. Aku baru tau ih ada tempat gini duh tempatnya asik banget buat foto2 ingin ke sanaaaaaaa

    ReplyDelete
  30. Aku baru tau ada tmpt ini spot fotonya lucu2 bgt yaampun

    ReplyDelete
  31. Aduh lucu bangeeet tempatnya. Seru kayaknya ngajak keluarga main di sini. Gemes banget ya amlun, berasa lagi dinegeri dongeng..

    ReplyDelete
  32. Makin banyak aja tempat wisata yang unik di Bandung ya teh, tempatnya bagus instagramable pisan serasa ada di negeri dongeng.

    Aku kalau ke sini mau sewa baju gypsy foto-foto ala bohemian gitu hihi

    ReplyDelete
  33. Meanrik sekali. Sering ke Lembang cari buah, tapi belum pernah mampir ke Taman Peri :)

    ReplyDelete
  34. kawasan Maribaya ini maskin cucmey ya teh. Tapi 35ribu tiap masuk agak lumayan juga sih ini, tapi worth lah yaa dengan view dan semuanya okeh gini

    ReplyDelete