Etika Menengok Bayi yang Baru Lahir

14:15:00

Masa-masa setelah melahirkan itu adalah masa-masa yang sangat rentan. Fisik ibu yang baru melahirkan masih belum sepenuhnya pulih. Linu bekas jahitan masih terasa di sana-sini, apalagi bagi ibu yang melahirkan lewat caesar.

Selain fisik yang sakit, mental ibu yang baru melahirkan juga cenderung labil dan lebih sensitif dari biasanya. Hampir 70% ibu baru melahirkan rentan mengalami stress yang diakibatkan meningkatnya hormon oksitosin pasca melahirkan. Hormon oksitosin ini sebetulnya berfungsi untuk merangsang keluarnya ASI.

Mengingat keadaan ibu baru yang masih perlu pemulihan, ada baiknya jika kita yang ingin menengok memperhatikan hal-hal ini:

1. Beri tahu dulu sebelumnya jika ingin menengok
Mungkin ada sebagian dari kita yang justru ingin memberikan kejutan. Tapi, untuk kasus ibu baru melahirkan, hal ini justru salah. Sebaiknya beri tahu dulu ya jika ingin berkunjung, agar sang ibu bisa bersiap-siap terlebih dahulu.
2. Bawakan hadiah
Sebaiknya jangan datang dengan tangan hampa. Berikan hadiah kecil untuk menghibur hati ibu yang sedang masa-masa nya stress dan lelah setelah melahirkan.  Tidak usah hadiah yang wah, bawakan makanan saja sudah cukup menghibur, karena ibu menyusui biasanya sering dan cepat lapar. Hehe.
 
3. Stop komentar negatif
Wah, ini pantang banget ya. Jangan sampai menambah sendu suasana hati ibu yang baru melahirkan. Jangan pula terlalu banyak bertanya dan kepo soal persalinan. Biasanya dari pertanyaan-pertanyaan soal persalinan ini akan muncul berbagai komentar.

Saya dulu pernah ditanya oleh teman.
"Normal atau sesar fah?" saya jawab, "Sesar"
"Kenapa sesar?" saya jawab, "Sungsang dan udah lewat bulan"
Lalu teman saya nyeletuk,
"Ih kenapa ya, ibu-ibu di kantor saya juga banyak nya dibelek-belek, cuma beberapa aja yang lahiran normal. Jaman dulu orangtua kita ga ada sesar-sesaran tapi baik-baik aja tuh"
Saya:
4. Bacakan do'a untuk bayi
Daripada bertanya dan berkomentar yang bisa membuat si ibu sakit hati, lebih baik kita mendo'akan bayi agar selalu diberikan keberkahan. Tidak ada do'a khusus, berdo'a dengan keyakinan dan bahasa yang kita pahami pun tak masalah.

Namun, ada suatu hadits yang menerangkan bahwa Rasulullah S.A.W. mengucapkan do'a perlindungan ketika mengunjungi cucu-cucunya:
yang artinya:
"Aku memohon perlindungan dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari semua godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pandangan mata buruk"
 
Aku memohon perlindungan dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari semua godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pAndangan mata buruk

Read more https://konsultasisyariah.com/18705-doa-untuk-bayi-yang-baru-lahir.html
5. Jangan beri saran jika tidak diminta
Sebagian ibu bisa menerima dengan senang hati segala masukan yang kita berikan. Tapi, beberapa ibu lain bisa saja merasa tersinggung ketika kita memberikan saran tanpa mereka minta. Karena masing-masing ibu punya caranya sendiri dalam merawat diri dan bayinya. Kecuali, kalau mereka curhat duluan dan memang meminta saran dari kita.

6. Berkunjung jangan terlalu lama
Sebagian besar bayi tidur nya masih belum teratur, karena otak mereka masih belum bisa membedakan siang dan malam. Kebanyakan bayi tidur di siang hari, sedangkan malam mereka malah bangun. Ada yang terbangun karena ingin menyusu, tidak nyaman, kegerahan atau kedinginan, atau malah justru ngajak main. Waktu tidur bayi yang belum teratur ini juga berpengaruh pada waktu tidur ibunya.

Nah, sebaiknya saat bertamu jangan terlalu lama, karena bisa jadi kehadiran kita yang terlalu lama justru malah mengganggu. Bisa jadi si ibu ingin istirahat karena habis begadang semalaman.

Ini pernah saya alami selepas lahiran dulu. Ada tetangga yang nengok, tapi malah ngajak ngobrol lama banget dan malah curhat kehidupan rumah tangga nya 😂 Kumaha ieu, padahal diriku sangat lelah dan ingin tidur. Ditambah lagi beliau ga bawa apa-apa kemari 😂 Ciik atuuh.. Maaf jadi curhat.

7. Jangan bawa anak kecil
Sebetulnya tergantung kondisi anak yang dibawa seperti apa. Tapi, kalau sekiranya anak yang dibawa sedang aktif-aktif nya, atau ga mau diem kaya anak saya sekarang, hehe, lebih baik jangan dibawa. Kasian, takut mengganggu tidur bayi yang baru lahir. Karena menidurkan bayi itu ga mudah gaes 😂

Sekian sharing ku tentang etika saat menengok ibu yang baru melahirkan. Mudah-mudahan kita semua bisa menjadi tamu yang selalu menjaga etika dimanapun berada. Mohon maaf bila ada salah kata.

Salam hangat ❤

  • Share:

You Might Also Like

6 komentar

  1. aku pas ditanya sesar apa normal?sesar krn pembukaanya lama ga nambah sampe 11 hari
    lalu si mulut bon cabe menjawab : pas hamil tara jalan sih jadi weh disesar
    ih meni hayang neke da mereka tak tau usaha kita ya teh

    ReplyDelete
  2. akhir2 ini temen sha banyak banget yang lahiran, reunian dan ngobrol2. mereka seneng banget ditengokin! Gemeeeess liat dede bayii

    ReplyDelete
  3. Bener banget. Andaikan semua orang baca tulisan ini. Apalagi masalah komentar dan saran. Kayaknya pada gatel kalau gak ngasih 2 itu.

    ReplyDelete
  4. Andaikan orang2 udah pada aware sama hal ini ya.. Karna udah ngerasain 2 kali lahiran, skrg kalo mo nengok yg lahiran, ak slalu bilang dulu n nunggu sekitar 2 minggu setelah lahiran :-)

    ReplyDelete
  5. Hahaha lucu itu ya saking kelamaan teu aya picarioseun malah curhat urusan rumah tangga 😂

    ReplyDelete
  6. Thanks for sharing Teh tipsnya sangat bermanfaat hehe

    ReplyDelete