5 Manfaat Jadi Blogger

15:23:00


Selamat hari blogger nasional teman-teman!

Menjadi blogger adalah sesuatu yang belum pernah terfikirkan sebelumnya oleh saya. Pertama kali tahu tentang blog itu ketika saya masih kelas 2 SMA di tahun 2009. Tapi hanya sekedar tahu dan belum ada niat untuk membuat blog. Karena saat itu, yang saya bayangkan blog itu rumit, dan tentunya harus punya koneksi internet. Sedangkan saya adalah anak yang lahir di keluarga yang sangat sederhana. Jangankan koneksi internet, komputer saja sering lelet waktu itu.

Barulah di tahun 2014 saya coba-coba membuat blog. Blog pertama saya bernama menyapasiluetpagi.blogspot.com. Nama blog nya bikin ngantuk ya? Hahaha. Maklum lah, saya belum tahu apa-apa waktu itu.

Artikel pertama yang saya buat membahas tentang pohon Ki Hujan, itupun informasi nya nyomot semua dari wikipedia. Hahaha. Tapi postingannya sudah saya hapus, setelah tau ada plagiarism checker.

Selanjutnya, karena saya hobi jalan jalan, akhirnya saya menulis kisah perjalanan saya. Dari tahun 2014 sampai 2017, saya hanya menulis 10 artikel. Itupun beberapa ada yang dihapus lagi, karena saya rasa apa yang saya tulis waktu itu sifatnya pribadi, tidak untuk di-share ke khalayak umum.

Blog saya baru hidup kembali di tahun ini, tahun 2018. Berawal dari percakapan saya dengan rekan kerja di kantor. Kebetulan istrinya adalah seorang blogger. Beliau bercerita kalau istrinya sering mendapat rezeki dari kegiatan nge-blog nya. Istrinya juga beberapa kali ke luar kota karena acara blogger. Beliau kemudian menyarankan saya untuk menghidupkan kembali blog, dan bergabung dengan komunitas blog. Dari situ, saya tertarik.

Oh ya, blogger yang saya maksud itu adalah teh Winursih atau panggilan akrab nya Uwien Budi. Mungkin ada yang kenal dengan teteh satu ini?

Setelah percakapan itu, malam nya saya googling beberapa komunitas blogger. Setelah bergabung dengan beberapa komunitas blog, saya jadi terkesan. Ternyata, banyak manfaat yang saya rasakan selama ini setelah nge-blog:

1. Melatih Kemampuan Menulis
Sama halnya seperti berbahasa, menulis juga perlu dilatih setiap hari jika ingin semakin mahir. Blog adalah media yang cocok untuk mengasah kemampuan menulis. Tidak seperti menulis diary, menulis di blog mempunyai tantangan dimana kita harus bisa menulis sesuatu yang bisa dicerna dan enak dibaca oleh orang yang mengunjungi artikel kita.

Sampai saat ini, saya pun masih belajar untuk terus meningkatkan skill menulis. Kegiatan blogwalking atau berkunjung ke artikel blogger lain, bisa memperkaya pengetahuan tentang menulis. Setidaknya, saya bisa membuat perbandingan dan menganalisa, kenapa tulisan orang lain bahasa nya enak dibaca.

2. Wawasan Jadi Luas
Semua blogger memiliki latar belakang dan passion yang berbeda-beda. Ada yang hobi traveling, ada beauty enthusiast, ada yang bekerja di bidang keuangan, ada yang hobi kulineran, ada pula yang concern di bidang parenting. Perbedaan-perbedaan inilah yang membuat saya jadi tahu tentang hal-hal yang selama ini tidak pernah saya 'sentuh'.

Soal beauty dan parenting misalnya. Dengan masuknya saya ke dunia blog, saya jadi tau dunia per-beauty-an yang selama ini sering saya cuekin, padahal saya wanita.😂 Dan menjadi blogger setelah jadi ibu itu, membuat saya sering mendapatkan ilmu tentang dunia parenting dari mom blogger lain.

3. Menambah Relasi
Buat saya, kenalan atau relasi adalah salah satu rezeki yang harus disyukuri. Rezeki tak melulu soal uang. Pertemanan, walau hanya di dunia maya, akan memperluas silaturahim, dan mempererat silaturahim adalah sumber rezeki dan menurut hadits Nabi, bisa memanjangkan umur bukan?

4. Lumayan, Dapet Uang Jajan
Setelah terjun ke dunia blog 'yang sesungguhnya' *hehe ceileh* aku baru tau kalau blog itu memang benar bisa dijadikan sumber penghasilan. Dulu saya hanya berfikir dapet uang dari blog itu hanya dari google adsense saja.

Setelah ikutan komunitas, ternyata banyak sekali informasi job untuk para blogger. Mulai dari campaign suatu produk, blogger gathering, content placement, sampai kerjasama menulis artikel. Fee nya pun bervariasi, buat saya yang pemula sih lumayan lah yaa buat jajanin anak sama suami beli baso. Hehe.

5. Selalu Up to Date
Blogger ini menurut saya sama hal nya dengan jurnalis. Banyak postingan blogger yang selalu kekinian. Entah itu postingan di blog nya, ataupun media sosial. Saya jadi tahu banyak hal dan jarang ketinggalan berita terkini semenjak berteman dengan blogger.

Contohnya, seperti berita tentang gempa di Palu. Pertama kali saya tahu dari salah satu postingan seorang blogger di media sosial instagram. Palu, Sigi, dan Donggala, kini sedang berduka. Gempa, tsunami, dan likuifaksi telah meluluhlantahkan rumah sekaligus kehidupan penduduk di sana. Sungguh teriris hati ini saat melihatnya. Yang paling aku tak sanggup bayangkan adalah bagaimana nasib  anak-anak di sana? Terutama nasib para bayi dan balita. Rasanya kok jadi inget anak sendiri.

Untuk itu, di sini saya mengajak teman-teman semua untuk membantu meringankan beban para korban di sana. Sekecil apapun bantuan dari kita, tentunya akan berarti sangat besar bagi para korban bencana di Palu.

Komunitas Bandung Hijab Blogger bekerja sama dengan tim Aksi Cepat Tanggap atau ACT wilayah Jawa  Barat, mengajak teman-teman untuk turut serta menghidupkan kembali keceriaan para korban di Palu. Caranya, kita bisa berdonasi melalui rekening BNI Syariah 8660 2910 1810 0063 atas nama Aksi Cepat Tanggap.


Nah, sekian ceritaku kali ini tentang mengapa saya menjadi blogger, dan apa manfaat yang saya rasakan. Teman-teman juga bisa membaca cerita dari teh Puspa tentang pengalaman seru menjadi blogger di sini.


  • Share:

You Might Also Like

39 komentar

  1. Bener banget kalau selalu up to date dan jadi banyak wawasan. Jadi blogger udh kaya jd penyiar berita, mau nulis sesuatu ya harus survey dan cari sumber yang bener juga, karena kita bertanggung jawab atas smua yg ditulis di blog. ♡♡♡

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah ku suka bangett sam tanggapan nya.. makasih tetehhh

      Delete
  2. Betulll, saya juga awalnya hanya terjun di beauty dan film, punya banyak temen blogger menambah wawasan saya mengenai bidang lainnya..

    ReplyDelete
  3. Hai teh Afifahhh! aku juga suka blog karena bisa mengupdate diri sendiri dan jd ga kuper soal perkembangan zaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Aliaa! haha sekarang aku manggil nya ga pake teteh.

      Alhamdulillah jadi bisa up to date ya

      Delete
  4. bener bangeet jadi nambah wawasan niih.
    bismillah semangattt nge blog lagi uhuy

    ReplyDelete
  5. Bener sekali... Smenjak ngeblog bisasa selalu up to date ya th... Hee

    ReplyDelete
  6. Ehehehehe setuju banget sama 5 manfaat ini keep blogging ya say

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaah teteh senior.. aku masih harus berguru sama teteh wkwk

      Delete
  7. aku setuju bnaget, justru dengan berbagi membuat wawasan kita menjadi luas. Juga ngobrol sama relasi sesama blogger jadi kita yang gak tau makin tau... thk u for sharing teh

    ReplyDelete
  8. Kalau punya teman dan relasi blogger, seringkali membuka wawasan kita ya, kalau baca baca tulisannya bahkan lagi ngobrol..

    ReplyDelete
  9. oh teteh kenal sama teh uwien, oalah heheheh semangat nulisnya teh, wah aku suka sama tulisan2 teteh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya tehh.. kebetulan rumah nya juga deket ternyata.

      Wah makasih teh Raa.. aku merasa tersanjung nih :P

      Delete
  10. iya bener banget, selain ngasah kemampuan nulis komitmen nulis blog juga jadi ngebiasain survey dan baca-baca dulu sebelum bikin tulisan. jadi selain ngasah kemampuan nulis tapi juga jadi nambah wawasan. sukses terus teh :")

    ReplyDelete
  11. Wah Teh uwien budi, aku follow IG nya. Ternyata temen teteh. Bener yah blogging tuh selain nambah wawasan, bisa nambah relasi juga.

    ReplyDelete
  12. Pernah denger deh kayaknya teh Uwien Budi. Setuju sama kelima manfaatnya..

    ReplyDelete
  13. setuju teh..semangat menginspirasi teh

    ReplyDelete
  14. Banyak banget ya manfaat ngeblog yang kerasa. Walaupun kita sibuk sama keluarga n kerjaan, ngeblog malah jadi ajang kita nyalurin hobi n ngelepas stres

    ReplyDelete
  15. Setuju teh! Semenjak ngeblog jadi lebih upgrade tentang banyak hal. Dari baca blog temen jadi tau akan hal hal baru. Semangat menulis teh 😘

    ReplyDelete
  16. Kadang2 pengen ngerasain point no.4, tapi sayangnya belum TLD. Semangat buat ngeblognyaa £selfreminder :D

    ReplyDelete
  17. Sepakat teh. Ngeblog secara gak langsung membuat kita harus untuk terus upgrade ilmu dalam banyak hal, harus memperluas wawasan. Selamat hari blogger nasional, kusudah follow blognya btw :)

    ReplyDelete
  18. Jd blogger seneng jd byk temen dan saling dukung dlm menulis yaa :)

    ReplyDelete
  19. bener banget.. smnjk ku nulis jd up to date terus wkwk

    ReplyDelete
  20. 2009 saya udah punya anak. Hihihi. Banyak banget alasan ngeblog ya, semuanya positif dan memotivasi. Tetap semangat ngeblognya, ya.

    ReplyDelete
  21. Yaaa.. Aku setuju banget teh! Aku jd ngerasa gak sempit, baik pemikiran atau pun pertemanan. Semua berawal dari blog, ah jd jatuh cinta terus sm blog hihi

    ReplyDelete
  22. Waah temen suaminya teh Uwien ya ternyata 😁
    Ditunggu teh cerita-cerita travelingnya di blog, suka bacanya hehe

    ReplyDelete
  23. Maaf teh aku gagal fokus, aku malah penasaran kenapa postingan pertama teteh tentang pohon ki Hujan 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha akhirnya ada yang nanya. Jadi dulu aku ikutan komunitas pecinta alam. Nah, di komunitas itu tiap angkatan diberi nama sama pendirinya. Kebetulan nama angkatan aku Ki Hujan, soalnya pas diklat hujan wee tuluy teu eureun eureun. hahaha. Trus aku kepo, pohon Ki Hujan itu apa sih, akhirnya aku bikin semacam rangkuman gitu pertama kali nya di blog..

      waduh panjang oge nya penjelasan saya

      Delete
  24. banyak banget manfaat nya ya teh

    ReplyDelete
  25. Setuju teeeh, kalo nge blog akan memperluas point of view kita

    ReplyDelete
  26. nyak si teteh main comot wae ke dikepret ku google wkwkwk :D
    untung segera menyadari nyak teh

    Alhamdulilah yah teh sampe dapat uang jajan dan bisa kenalan sama aku sampe jajan di Joeragan kuterharu nuhun ya teh yuk mampir lagi wkwkwkwk *ttep jualan*

    ReplyDelete