9 Gunung yang Bisa Didaki Selama 1 Hari

15:11:00

Pengen naik gunung, tapi ga mau camping karena males bawa peralatan yang banyak dan bikin badan jadi super pegal? Mungkin bisa dicoba gunung-gunung di bawah ini. Rata-rata ketinggiannya di bawah 3.000 MDPL, sehingga untuk mencapai puncak nya kita bisa melakukan pendakian tek-tok, alias mendaki hanya sehari saja, tanpa perlu berkemah.

1. Gunung Papandayan
Terletak di kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung dengan ketinggian 2665 MDPL ini bisa didaki dengan waktu 4-5 jam saat naik, dan lama pendakian turun sekitar 2-3 jam. Sehingga total waktu untuk mendaki gunung ini hanya 6-8 jam saja.

Gunung ini juga sangat saya sarankan bagi pemula. Selain medan nya yang tidak begitu berat, gunung ini juga punya pemandangan yang menurut saya sih, ga bosan-bosan untuk dilihat. Pemandangan khas nya ada pada kawasan Hutan Mati.


Setelah capek naik gunung, pulang nya kita bisa berendam di kolam air panas yang terletak tak jauh dari pintu masuk gunung Papandayan.


2. Gunung Prau
Gunung Prau terletak di desa Dieng, kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung Prau memiliki ketinggian 2.656 MDPL. Ada dua jalur resmi yang bisa dilalui untuk mendaki gunung Prau ini, yaitu jalur Pathak Banteng dan jalur Dieng. Keduanya memiliki ciri khas yang berkebalikan.

Jalur Dieng memiliki medan yang lebih landai, namun waktu tempuh nya lebih lama, yaitu sekitar 4 jam perjalanan. Sedangkan jalur Pathak Banteng memiliki medan yang cukup curam, namun waktu tempuh nya lebih singkat, yaitu seikitar 2 jam perjalanan.

Seperti kita ketahui, Dieng merupakan tempat terbaik untuk menyaksikan sunrise, karena Dieng merupakan spot sunrise terbaik se-Asia Tenggara. Sunrise ini menurut saya lebih keren jika diamati dari puncak gunung Prau, karena pemandangannya komplit. Kita bisa melihat gunung Sindoro dan Sumbing yang terlihat gagah, serta hamparan bukit Teletubbies yang hijau, dan jika beruntung, kita akan menemukan pemandangan lautan awan di sini.


 
3. Ranu Kumbolo, Gunung Semeru
Ini dia surga nya para pendaki di gunung Semeru. Ranu Kumbolo adalah sebuah danau yang terletak di ketinggian 2.390 MDPL. Ranu Kumbolo cocok bagi pendaki yang ingin mencicipi gunung Semeru, namun tidak ingin ke puncak nya.

Untuk dapat sampai di Ranu Kumbolo, cukup berjalan kaki selama 4-5 jam dari base camp Semeru di Ranu Pane. Begitu sampai, silahkan rasakan indah dan damai nya Ranu Kumbolo, tapi jangan sampai mengotori danau ini ya.

Foto: tribunnews.com

4. Gunung Manglayang
Orang Bandung, terutama orang Bandung Timur pasti tau gunung ini dong. Gunung Manglayang memiliki ketinggian 1.818 MDPL, tak sampai 2000. Ada beberapa jalur yang bisa mengantarkan kita menuju puncak Manglayang, tapi saya sih biasanya melalui jalur Batu Kuda, atau Baru Beureum di daerah Jatinangor. Lama waktu yang ditempuh sekitar 3-4 jam perjalanan.


5. Gunung Tangkuban Perahu
Ini dia gunung ikonik kota Bandung, padahal sebetulnya gunung ini secara geografis terletak di kabupaten Subang. Banyak yang bilang, gunung Tangkuban Perahu adalah satu-satunya gunung yang bisa menggunakan mobil untuk sampai puncak nya.

Eitss siapa bilang? Itu belum puncak nya loh, tapi baru sampai di kawah nya saja. Untuk sampai di puncak nya, kita perlu mendaki lagi kira-kira 1-2 jam menyusuri kawah.


6. Gunung Burangrang
Gunung dengan ketinggian 2.064 MDPL ini letaknya bersebelahan dengan gunung Tangkuban Perahu. Cukup berjalan selama 4 jam saja untuk sampai di puncak. Jika ingin mendaki gunung ini, sebaiknya ditemani oleh orang yang sudah pernah ke sini ya, karena jika belum, khawatir akan tersesat ke daerah Situ Lembang. Situ Lembang adalah tempat yang dijaga oleh TNI. Tempat ini sering dijadikan tempat latihan menembak. Ga mau dong, sampai terkena peluru nyasar?





7. Gunung Galunggung
Nah, kalau orang Tasikmalaya pasti tau ya gunung ini. Puncak tertinggi nya ada di ketinggian 2.168 MDPL. Tapi, ga perlu sampai puncak nya juga sudah asik. Setelah melewati ratusan anak tangga, kita bisa menikmati pemandangan kawah gunung Galunggung. Hijau, asri, seneng deh.


8. Gunung Andong
Seperti gunung Manglayang, gunung Andong memiliki ketinggian kurang dari 2000 MDPL, lebih tepat nya hanya 1.726 MDPL. Gunung Andong terletak di kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Saya juga akan merekomendasikan gunung ini bagi para pemula. Sebab, gunung ini memiliki banyak keunggulan.

Pertama, pemandangan di sekitar puncak yang keren abis. Dengan hanya memutar badan, kita akan melihat gunung-gunung lain seperti Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing, dan gunung Telomoyo. Kedua, di sini sudah ada warung, ada sinyal, dan ada banyak mata air. Wah, enak banget kan?

Foto: Tribun Jateng tribunnews.com

9. Gunung Batur
Gunung Batur terletak di kecamatan Kintamani, Bali. Meskipun gunung ini adalah gunung kedua tertinggi di Bali, tapi ketinggiannya hanya 1.717 MDPL saja, masih di bawah 2000 MDPL. Banyak sekali turis, baik lokal maupun asing yang sengaja datang kemari demi menikmati indahnya sunrise di puncak gunung Batur. Gunung Batur terbilang gunung yang masih aktif, bahkan kita bisa sampai merebus telur di puncak nya!

Foto: travel.kompas.com
Itulah kesembilan gunung yang bisa kita daki hanya dalam waktu satu hari saja. Meskipun hanya sehari, persiapkan fisik dan stamina yang  kuat ya. Jadi, kapan kita kemana?

  • Share:

You Might Also Like

12 komentar

  1. Referensi mendaki gunung dalam sehari nih. Makasih ya infonya..

    ReplyDelete
  2. keren teteh itu naik gunung sama dede nya. Pengen juga coba naik gunung apalah dayaku cuma jalan jalan santai sore aja kaki udah pegel" haha:(

    ReplyDelete
  3. Berhubung saya dulu anak Jatinangor pisan, ke Manglayang jadi rutinitas kalo lagi stressss.... Uh makasih rekomendasi teteh keren

    ReplyDelete
  4. Masya Allah , pecinta gunung c teteh ini. ku jadi mupeng pengen mendaki gunung juga .
    makasih teh keren banget infonya

    ReplyDelete
  5. MasyaAllah cantik banget pemandangannyaaa someday nanti mau kesana

    ReplyDelete
  6. Teteh meni keren udah banyak pengalamannya naik gunung yah 😍
    Aku juga suka naik gunung teh, tapi belum ada kesempatan ke gunung2 yang ditulis diatas, baru tangkuban parahu aja 😂

    Semoga nanti aku punya pasangan yang bisa sering ajakin ke gunung. aamiin. hahaha

    ReplyDelete
  7. Wah pengen banget naik gunung belom pernah nih

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Jaman masih muda pernah naik gunung Lawu PP tanpa tidur sama sekali, kalo sekarang gak mungkin kayaknya hahahahaha

    ReplyDelete
  10. Naik gunung itu semacam PHP kalo buat saya. Ingin tapi nggak pernah dilakukan. Udah jiper duluan kalo inget kudu nanjak hehehe. Salut dengan hobi naik gunungnya.
    Salam kenal.

    ReplyDelete
  11. Aku masih terhitung pemula nih, karena baru Papandayan sama Manglayang yang aku daki wkwk. Selanjutnya ingin Prau sama Ranu Kumbolo so much nih :'(

    ReplyDelete
  12. mun masih ada mah aku sanggupna GUnung Agung aja teh wkwkwk

    ReplyDelete