3 Wanita yang Menginspirasi Dunia

10:05:00

Collaboration with Bandung Hijab Blogger

Saya bertanya kepada sejumlah teman,
"siapa sih wanita yang suka menginspirasi kamu?"
Dan rata-rata jawabannya adalah
"Ibu"

Ternyata kecintaan mereka terhadap ibunya begitu luar biasa sehingga banyak sekali orang-orang yang menjadikan ibunya sebagai sosok yang selalu menginspirasi dirinya. Memang benar, jasa seorang ibu tidak akan pernah bisa dibalas dengan apapun. Bahkan di dalam marah nya pun masih tersimpan rasa sayang untuk kita, anak-anaknya.

Di artikel ini saya juga ingin membahas tentang 3 ibu-ibu (atau mungnkin calon ibu) lain yang tak hanya menginspirasi anak-anaknya saja, tapi juga banyak orang di seluruh belahan dunia.

1. Siti Hajar
Beliau adalah istri dari Nabi Ibrahim 'alaihi salam. Satu hal yang paling saya kagumi dari sosok Siti Hajar ini adalah kesabaran dan ketegaran nya yang luar biasa. Siti Hajar merupakan istri kedua dari Nabi Ibrahim a.s. Sebelumnya, Nabi Ibrahim menikah dengan Siti Sarah, namun setelah sekian tahun, Siti Sarah tak kunjung memiliki buah hati. Karena itulah, Siti Sarah kemudian menyuruh Nabi Ibrahim untuk menikahi Siti Hajar.

Singkat cerita, Allah kemudian menghadirkan keturunan dari rahim Siti Hajar. Ujian datang dimulai dari sini. Siti Sarah yang merasa cemburu, kemudian menyuruh Nabi Ibrahim untuk membawa pergi Siti Hajar dan anaknya, Ismail. Nabi Ibrahim lalu meninggalkan Siti Hajar dan Ismail yang masih bayi di tengah padang pasir yang gersang dan tandus, tidak ada kehidupan.

Siti Hajar dengan tegar bertanya kepada Nabi, "Apakah ini adalah perintah Allah?"
Nabi menjawab dengan singkat, "Benar," sambil berlalu meninggalkan Siti Hajar..
"Jika memang benar ini perintah Allah, maka aku akan mentaatinya" ujar Siti Hajar.

Siti Hajar kemudian berlari ke bukit Shafa dan Marwah, mencari mata air hingga tujuh kali. Namun, tidak didapatinya apa yang ia inginkan. Karena ketegaran, kesabaran, dan ketaatan Siti Hajar, Allah kemudian memberikan keajaiban. Dari pasir yang ditendang-tendang oleh Ismail yang menangis kehausan, muncullah mata air. Melihat air yang keluar tersebut, Siti Hajar berkata "Zam zam..!" yang artinya "berkumpullah!". Seketika air keluar terus menerus dan berkumpul.

Kisah Siti Hajar dan Ismail ini kemudian diperingati oleh ummat Islam dalam salah satu rukun Haji yang dinamakan Sa'i. Dan air zam-zam yang keluar sampai saat ini masih ada dan dinikmati oleh seluruh ummat di dunia.

Ujian tak hanya sampai di situ. Allah memerintahkan Ibrahim untuk menyembelih anaknya, Ismail. Bagaimana bisa? Anak yang dinanti-nanti selama ini malah diperintahkan untuk disembelih. Tapi Ismail adalah anak yang taat, beliau menjalankan perintah Allah tersebut. Keajaiban pun datang, saat pedang Nabi Ibrahim hampir menyentuh leher Ismail, Allah gantikan dengan seekor kambing, sehingga pedang itu akhirnya menyembelih kambing. Peristiwa ini pun juga diperingati ummat Islam dalam ibadah Qurban.

Sungguh, kesabaran dan ketangguhan Siti Hajar dalam menerima setiap ujian adalah hal yang sangat menginspirasi saya. Kalau ujian ini diberikan di masa sekarang, mungkin jadinya malah dijadikan status, mengeluh dan curhat di medsos. Hehe.

2. Gita Savitri Devi
Mungkin sudah banyak yang tahu dan mengenal sosok ini.  Dirinya kini tengah menjadi sorotan dan idola bagi kaum muda di Indonesia, termasuk saya, hehe. Gita memulai karir nya dari sebuah kanal di Youtube. Ia adalah seorang mahasiswa asal Indonesia yang melanjutkan studi S1 dan S2 di Jerman. Melalui channel youtube nya, Gita selalu membagikan kegiatan yang dilakukannya selama berada di Jerman.. Namun, tidak hanya itu, Gita juga sering mengutarakan pendapatnya terhadap suatu berita yang sedang hangat diperbincangkan melalui segmen "Beropini".

Inilah yang saya kagumi. Gita itu ternyata usianya sepantar dengan saya. Tapi, ide-ide dan opini nya seperti orang dewasa di atas saya. Hampir semua pendapat yang ia utarakan selalu benar adanya (meskipun tidak semua sih). Buat saya, Gita adalah sosok yang inspiratif karena selain cantik, ia juga cerdas, wawasannya luas, dan open minded.
 
3.Marie Curie
Beliau adalah seorang tokoh wanita yang terkenal di bidang fisika, matematika, dan kimia. Marie Curie terlahir dengan nama Maria Sklodowska di sebuah desa di Polandia pada 7 November 1897. Ia adalah seorang anak perempuan yang haus akan ilmu pengetahuan. Keingintahuannya yang dalam ini menjadikan Marie menjadi siswi yang lulus dengan nilai terbaik di desa nya.

Marie kemudian melanjutkan pendidikannya di bidang matematika dan fisika. Berkat kerja keras dan semangat nya dalam menimba ilmu, ia akhirnya menemukan 2 zat radioaktif; polonium dan uranium. Penemuan nya ini kemudian menjadikan Marie mendapatkan Nobel Prize.

Keberhasilannya tersebut tak lantas membuatnya berhenti. Bersama suaminya, Pierre Currie, Marrie terus melakukan penelitian tentang radioaktif. Namun sayangnya, Pierre Currie harus terlebih dahulu meninggalkan Marrie karena kecelakaan.

Selepas kematian suaminya, Marrie memutuskan untuk menajdi dosen fisika. Lagi-lagi, beliau adalah dosen wanita pertama di Universitas Sorbonne Prancis. Marrie kemudian melanjtukan penelitiannya dan menemukan unsur radium murni yang terlepas dari garam. Pnemuan kedua nya ini berhasil menjadikan Marrie sebagai peraih Nobel Prize ke-dua di bidang yang berbeda.

Rupanya, hasil penelitian Marrie tak hanya untuk kalangan  pelajar saja. Ia mendedikasikan dirinya untuk membantu pengobatan para korban perang di Perancis. Bersama-sama dengan perawat wanita lainnya, Marie Curie menyulap 1 unit mobil menjadi unit radiologi berjalan yang memiliki peralatan sinar X. Ia mendatangi setiap pos yang memerlukan perawatan akibat luka tembakan.

Marie bersama murid dan beberapa kolega nya pun berhasil menemukan 29 jenis isotop radioaktif selain radium. Penemuan-penemuan nya ini semakin mempererat nama Marie dengan unsur radioaktif. Namun sayangnya, Marie tak pernah tahu bahwa radioaktif memiliki dampak negatif untuk dirinya. Ia kemudian meninggal karena menderita kanker. Tapi, Marie meninggalkan generasi penerus yang luar biasa tangguh. Kedua anaknya juga berhasil meraih penghargaan Nobel.

Sungguh, semangat dalam mencari ilmu pengetahuan dan dedikasi nya terhadap kemanusiaan patut menjadi inspirasi bagi semua wanita di dunia.

Itulah 3 tokoh wanita yang menurut saya mampu menginspirasi kita semua. Baca juga yuk, 3 tokoh wanita inspirasi lainnya di tulisan teh Ume di sini.

Kalau tokoh wanita inspirasi kalian siapa?


  • Share:

You Might Also Like

12 komentar

  1. Selalu sedih klo mengulang membaca kisah Siti Hajar 😭😭 perempuan pilihan yg kuat hadepin ujiannya

    ReplyDelete
  2. kayak pernah nonton ini Gita Savitri asa pernah muncul di Net Tv ya yang acara traveling gitu pas bulan puasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh han, dia presenter acara travelling juga. Tonton channel youtubenya deh teh. Cara pandangnya menginspirasi banget sih buat ak

      Delete
  3. Siti Hajar yang MasyaAllah banget teladan bagi kita semua

    ReplyDelete
  4. Gitasav muda dan menginspirasi banget. Jadi dirinya sendiri dan berprestasi tanpa peduli apa kata orang :-)

    ReplyDelete
  5. Kalau aku lagi capek sm rutinitas.. trus sedih karena doa doaku belum terkabul, suka inget ceritanya Siti Hajar. Terus jadi malu sendiri.

    ReplyDelete
  6. Nangisss baca yang Siti Hajar, perjuangan seorang Ibu itu memang liat biasa yaa...

    ReplyDelete
  7. liat gambar Kabah jadi pengen kesana. Semoga ada rezekiNya, AMIIIN

    ReplyDelete
  8. Sorang istri dan ibu yg sabar yg soleh siti hajar

    ReplyDelete
  9. Gitasaaaav ma idoool hehe :) betah banget nontonin yutubnya hehe

    ReplyDelete
  10. Siti Hajar ya masya Allah, dan Marie Curie fotonya kece banget ya, baju item dan meaning banget

    ReplyDelete