Mengenal Sumber Energi Terbarukan part 1: PLTS

By Afifah Nurul Haq - 14:31:00



Laptop yang kita pakai untuk membuat tulisan di blog, gadget yang hampir setiap hari kita gunakan untuk berkomunikasi ataupun posting di media sosial, sampai perabotan di rumah, hampir seluruhnya menggunakan energi listrik. Listrik sekarang ini adalah kebutuhan primer. Kebayang kan, apa jadinya dunia ini tanpa ada energi listrik?

Lalu, darimana kah sumber energi listrik yang kita pakai?
Di Indonesia, hampir sebagian besar sumber listrik yang setiap hari kita nikmati dan gunakan berasal dari energi batu bara dan minyak bumi. Batu bara dan minyak bumi ini tersimpan di perut bumi jutaan tahun yang lalu, bersumber dari fosil-fosil yang terkubur jutaan tahun silam.

Penggunaan sumber daya batu bara dan minyak bumi ini tentunya akan membuat cadangan minyak bumi semakin berkurang dan lama kelamaan akan habis. Selain itu, energi listrik yang dihasilkan dari dua jenis sumber daya alam ini berpotensi mengeluarkan polusi berupa gas buang karbon monoksida dan berdampak pada pemanasan global. Tentunya kita tidak ingin hal ini terjadi terus menerus.


Foto: pixabay.com
 Sumber Energi Terbarukan sebagai Solusi
Apa itu sumber energi terbarukan? Sumber energi terbarukan atau renewable energy adalah sumber energi yang berasal dari sumber daya alam yang ada di bumi dan sifatnya akan selalu ada, tak akan habis. Sumber energi terbarukan tersebut adalah:
  1. Cahaya matahari
  2. Angin
  3. Air
  4. Panas bumi
  5. Biomassa
  6. Gelombang laut, dan 
  7. Pasang surut laut
Semua sumber daya alam tersebut diyakini akan terus ada, jumlah nya pun melimpah dan seakan-akan tidak akan pernah habis. Selain itu, keunggulan lainnya adalah energi listrik yang dihasilkan ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi.

Mengenal Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya
Oke, di artikel ini saya akan bahas salah satunya. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) adalah jenis pembangkit yang sumber energi nya berasal dari cahaya matahari. Indonesia kaya akan sumber daya alam ini. Cahaya matahari adalah sumber daya yang paling melimpah yang dimiliki negara kita. Indonesia memiliki waktu terbit dan terbenam matahari yang cukup lama dan stabil, sekitar 8-10 jam efektif setiap harinya.

Skema sistem pembangkitannya cukup sederhana. Cahaya matahari akan ditangkap dan diserap sebagai energi melalui sebuah Solar Photovoltaic atau Solar PV. Energi yang ditangkap kemudian dialirkan dan dikonversikan menjadi arus listrik melalui sebuah inverter. Masih ingat kan, tentang hukum kekekalan energi yang mengatakan bahwa energi itu sifatnya kekal, tidak akan musnah, tapi ia bisa berubah? Nah, PLTS ini adalah salah satu contoh nya. Energi matahari berubah menjadi energi listrik.


Solar Photovoltaic (Solar PV) - www.pixabay.com
Jadi, panas matahari ini ga cuma berguna untuk jemur pakaian, jemur keripik, pembentukan garam, atau bikin kulit jadi tanning. Cahaya matahari bisa digunakan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat bagi semua orang kan? Maasya Allah..

Ohya, secara garis besar, Pembangkit Listrik Tenaga Surya ini dibagi menjadi dua:
  1. PLTS On Grid
  2. PLTS Off Grid
PLTS On Grid adalah pembangkit listrik yang sifatnya masih bergantung dengan sumber listrik dari PLN. Jadi, kalau listrik dari PLN mati, maka PLTS pun akan ikut mati. Tapi PLTS On Grid mampu mengurangi beban biaya listrik per bulan nya hingga 80%, tergantung pada kapasitas PLTS yang terpasang. Keunggulan lainnya adalah harga yang lebih murah dibandingkan PLTS Off Grid serta perawatan yang tidak begitu sulit.

Sedangakan PLTS Off Grid adalah pembangkit listrik tenaga surya yang murni terlepas dari sistem listrik PLN. Kenapa? karena sistem PLTS Off Grid ini disediakan baterai. Sistem kerja nya mirip seperti saat kita men-charge handphone. Energi matahari yang diserap oleh Solar PV akan disimpan ke dalam baterai. Sehingga listrik akan menyala terus selama energi di dalam baterai masih ada. Pemasangan PLTS Off Grid akan membebaskan pengguna dari tagihan biaya listrik per bulan nya. Tapi kekurangannya adalah harganya yang lebih mahal daripada PLTS On Grid dan perawatan nya yang cukup sulit.

Yuk Beralih ke Energi Terbarukan!
Tujuan dari dibuatnya artikel ini sih bukan hanya untuk memberitahu atau mungkin kasar nya menggurui ya. Tidak, tapi lebih dari itu. Di sini saya ingin mengajak teman-teman semua, agar kita semua sadar bahwa cadangan sumber energi di dalam bumi kita sudah mulai menipis lho

Nah, dengan adanya alternatif energi terbarukan ini, mudah-mudahan bisa menjadi solusi untuk permasalahan listrik sekarang. Di tahun 2023 nanti pemerintah melalui kementrian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengganti sumber daya energi yang berasal dari batu bara dan minyak bumi menjadi energi yang bersumber dari Energi Terbarukan. Yuk kita dukung program pemerintah tersebut!

Salam 💙

  • Share:

You Might Also Like

18 komentar

  1. PTLS ini emang udah banyak banget dipake di LN, tapi di Indonesia sendiri masih jarang ya mbak, mungkin karena harganya yang melambung, yagaksih? cmiiw. Anyway makasih sudah sharing ya mbak :D

    ReplyDelete
  2. Wah aku sih dukung banget energi terbarukan, lebih efektif dan efisien

    ReplyDelete
  3. Betul.. Padahal di Indonesia apalagi musim kemarau seperti sekarang cahaya matahari cukup terik ya. Sayang kalau nggak dimanfaatkan, aku pengen tapi belum ngerti mekanismenya gimana, dan kayaknya harga alat/pasangnya belum terjangkau yah :')

    ReplyDelete
  4. ga kok teh ga menggurui malahan ini info penting banget :) yuk dukung hal ini semoga pada aware

    ReplyDelete
  5. setuju banget, bumi kayak udah semakin melemah. banyak hasil bumi yg udah kita pakai tapi kita seperti kurang terima kasih sama Bumi. gak ada pemeliharaan lagi.
    niceeee

    ReplyDelete
  6. Setuju. Mudah2an program ini sukses ya. Aku ngerasain betul setelah main2 ke luar jawa. Daerah2 yg terpencil sehari bisa mati lampu berjam2 hhu

    ReplyDelete
  7. salah satu cita-citaku nih, pengen punya rumah yang atapnya ada solar panelnya :")) tapi pasti mahal banget :"))

    ReplyDelete
  8. Yuk saling menghemat sumber energi :)

    ReplyDelete
  9. Aku siap mendukung demi kemajuan indonesia hihi
    Dan tentunya untuk menghemat energi listrik serta beralih ke energi yang ramah lingkungan. Agar lingkungan semakin terjaga

    ReplyDelete
  10. Wuah jadi pengetahuan baru lagi nih teh, semangat buat memberdayakan PLTS lebih dan lebih lagi

    ReplyDelete
  11. Wih keren nih udah seharusnya kita mendukung program kaya gini

    ReplyDelete
  12. Waaah tulisannya menambah ilmu dan wawasan nih Thanks for sharing Teteh :)

    ReplyDelete
  13. Sumber energi kita udah menipis :(
    Semoga program pemerintah nanti bisa berjalan lancar dan makin banyak yang melek soal PLTS.

    Btw aku mengandalkan matahari juga buat foto outdoor karena emang cahaya alami paling keren daripada yang lain.

    ReplyDelete
  14. iya setuju sumber energi kita sudah mulai menipis yak, kita harus sering menggalakan program pemerintah yang seperti ini ya

    ReplyDelete
  15. betul teh.. sumber energi tuh makin menipis..
    harusnya kita udah memiliki kesadaran dan tau apa yang harus dilakukan..

    ReplyDelete
  16. Seandainya dari sekarang sudah mulai digencarkan penggunaan energi sinar matahari dan dibarengi terjangkau harga alat Solar PV ..., pasti kita semua tergerak untuk menggunakan tenaga matahari itu.

    Sayangnya, harga alat tersebut sangat tinggi. Tak semua warga mampu membelinya.

    ReplyDelete