Lebih Baik Mana, Mengontrak, Bangun Rumah Sendiri, atau Menyicil Rumah?

Sejak awal nikah, sebetulnya suami sudah menyediakan rumah untuk kami tinggali. Ya meskipun sangat-sangat sederhana, hanya terdiri dari 2 ruang utama dan sebuah kamar, dan masih 'menyatu' dengan rumah mertua.

Rumah itu kami tinggali selama kurang lebih 2 tahun. Di tahun ke-dua pernikahan, saya melahirkan anak pertama. Persoalan muncul ketika masa cuti saya hampir habis, sementara saya tidak mungkin menitipkan anak ke mertua.

Akhirnya, saya memtuskan untuk kembali tinggal di rumah orangtua saya. Di sini, saya bisa 'lebih leluasa' menitipkan anak karena selain ibu, saya juga memiliki adik-adik yang bisa bantu mengasuh. Selain itu, suami pun pindah kerja, yang mana lokasi nya ini cukup dekat dari rumah orangtua.

Semakin mantap lah kami untuk kembali tinggal di rumah orangtua saya.

Dan tak terasa, 5 tahun berlalu. Kini saya juga sudah memiliki 2 anak. Si sulung pun sudah memasuki usia SD. Rasanya, tak enak kalau saya terus ada di rumah orangtua.

Selain itu, saya juga perlu kamar tambahan untuk si sulung. Dia tak mungkin terus-terusan 1 kamar dengan kami.

Muncullah beberapa opsi, antara kami mengontrak, membangun rumah di dekat rumah mertua, atau mengambil KPR?

lebih baik mengontrak atau cicil rumah


Plus Minus Mengontrak

Mengontrak rumah jadi opsi pertama kami. Beberapa hal yang kami pertimbangkan adalah:

  • Biaya mengontrak jauh lebih murah daripada membangun rumah atau mencicil rumah
  • Banyak pilihan kontrakan yang terjangkau dan lokasinya dekat dengan tempat kerja suami juga rumah orangtua saya
  • Solusi tercepat saat ini, tidak perlu menunggu tabungan untuk membangun rumah
  • Biaya transportasi ke tempat kerja masih bisa ditekan karena jaraknya yang dekat

Sementara itu, minus nya adalah kami harus lebih bersabar lagi jika ingin memiliki rumah sendiri. Kami perlu beberapa tahun lagi untuk mengumpulkan dana untuk rumah.

Plus Minus Membangun Rumah Sendiri

Sejujurnya, impian saya adalah ingin membangun rumah sendiri dengan alasan:

  • Bisa mendesain rumah sesuai keinginan sendiri
  • Tak perlu memikirkan cicilan setiap bulannya
  • Kualitas bangunan lebih terjamin karena hasil desain sendiri

Namun, ada beberapa kekurangan jika saya ingin membangun rumah, diantaranya:

  • Perlu waktu agar semua dana terkumpul untuk membangun rumah
  • Perlu turut serta dalam mengawasi pembangunan mulai dari material hingga tukang jika ingin hasil yang sesuai harapan
plus minus membangun rumah sendiri


Plus Minus Mengambil Cicilan KPR

Pilihan terakhir adalah kami mengambil cicilan KPR. Dengan membeli rumah dari developer, kami tak perlu pusing memikirkan desain rumah, biaya material, biaya tukang, dan lainnya.

Hanya saja, kami perlu mengatur ulang keuangan rumah tangga jika ingin mengambil cicilan rumah. Sementara, saya dan suami tidak ada basic keuangan sama sekali. Saya dan suami sama-sama memiliki latar belakang teknik, bukan keuangan.

Menghitung Simulasi Cicilan KPR dengan mortgagecalculator.uk

Mungkin ada beberapa orang yang belum tahu istilah mortgage. Mortgage atau hipotek adalah perjanjian pinjaman antara individu sebagai peminjam ke pihak bank atau lembaga keuangan lainnya. Hipotek biasanya memiliki jangka yang panjang, dan salah satu bentuk dari hipotek adalah KPR.

mortgagecalculator.uk adalah website penyedia simulasi hitungan cicilan KPR setiap bulan yang dapat kita akses secara gratis. Selain gratis, website ini juga memiliki tampilan yang sangat clean, loading yang cepat, dan tidak ada iklan.

Kita cukup memasukkan poin-poin ini:

  • Harga Rumah
  • Harga Down Payment
  • Suku Bunga
  • Term / Jangka Cicilan (tahun)

Dan, tara! mortgagecalculator.uk akan menampilkan hasilnya dengan cepat. Dari sini, kita bisa melihat, apakah anggaran yang harus kami keluarkan tiap bulan sesuai dengan perencanaan keuangan kami atau tidak.

cara hitung cicilan KPR dengan mudah


Beberapa ahli keuangan mengatakan, bahwa sebaiknya cicilan tiap bulan yang harus kita bayar tidak melebihi 30% dari penghasilan kita.

Website mortgagecalculator.uk ini sebetulnya dirancang untuk pengguna di UK. Namun, tak perlu khawatir, karena rumus perhitungan yang digunakan itu sama saja. Perbedaannya hanya terletak di simbol mata uang saja. Kita yang tinggal di Indonesia pun tetap bisa mengakses dengan mudah dan hasil yang akurat.

Penutup

Semua pilihan mengenai rumah memang ada plus minus nya. Namun setidaknya, kami sudah bisa memperkirakan keuangan kami dibantu dengan mortgagecalculator.uk

Doakan ya agar rumah impian saya segera terwujud

Related Posts

Post a Comment