Waspadai Penipuan Lowongan Pekerjaan Pegadaian, Cek Info Resmi Di Sini

cari lowongan kerja di pegadaian

Perusahaan sekelas PT Pegadaian memang menjadi kantor impian bagi banyak pencari kerja. Akan tetapi, proses seleksinya yang tidak sembarangan membuat banyak orang kesulitan mengikutinya. Selain itu, kompetisinya pun cukup ketat. Itu karena gaji serta fasilitas yang ditawarkan cukup menjanjikan, membuat banyak orang berkeinginan bekerja di sana.

Hal inilah yang memunculkan peluang bagi para penipu untuk mengambil keuntungan. Penipuan yang mengatasnamakan perusahaan pun marak terjadi. Hal tersebut menimbulkan banyak korban, apalagi di era digital saat ini informasi-informasi palsu mudah tersebar dengan cepat.

Agar terhindar dari penipuan semacam itu, sebaiknya Anda selalu mencari info lowongan pekerjaan dari website resmi perusahaan atau media massa terpercaya. Misalnya, Anda dapat cari lowongan kerja di Pegadaian melalui halaman website resmi mereka.

Jika PT Pegadaian tengah membuka lowongan, informasi tersebut akan ditampilkan di website mereka. Informasi-informasi mengenai persyaratan, batas waktu, kualifikasi, dan lainnya juga akan ditampilkan di website itu. Anda bisa baca halaman resmi lowongan Pegadaian jika ingin melihat informasi seperti apa saja yang ditampilkan.

Selain itu, ada baiknya untuk tidak mudah percaya dengan berita lowongan pekerjaan dari media sosial atau pesan berantai. Jika Anda menemukan informasi seperti itu, pastikan lagi kebenarannya melalui website resmi perusahaan tersebut.

Agar Anda terhindar dari penipuan berkedok lowongan pekerjaan, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut.

1. Lokasi Wawancara

Jika Anda menerima email, pesan, atau telepon yang mengatakan bahwa Anda diterima bekerja atau diminta mengikuti tahap wawancara, sebaiknya perhatikan alamatnya. Pastikan bahwa alamat yang diberikan sesuai dengan alamat perusahaan yang sebenarnya. Jika memang berbeda, pastikan lagi bahwa alamat tersebut memang benar alamat kantor, misal kantor cabang atau lainnya.

2. Penawaran Gaji Tidak Masuk Akal

Perhatikan gaji yang ditawarkan. Apakah lowongan pekerjaan itu menyebutkan gaji yang fantastis dengan tanggung jawab yang ringan? Jika iya, Anda perlu mencurigai lowongan tersebut. Hal tersebut bisa jadi adalah penipuan. Sebab, besarnya gaji normalnya sepadan dengan tanggung jawab yang diberikan. Karena itu, jangan terkecoh gaji besar yang tidak masuk akal.

3. Email Mencurigakan

Perusahaan seperti PT Pegadaian tentunya memiliki domain email resmi sendiri. Jika Anda mendapat email dengan domain email gratisan, perlu dipertanyakan kebenarannya. Pastikan juga bahwa informasi dalam email tersebut benar-benar fakta dengan mengakses website resmi atau menghubungi perusahaan terkait.

4. Meminta Sejumlah Uang

Proses rekrutmen PT Pegadaian tidak pernah dipungut biaya apapun. Apabila Anda diminta untuk memberikan sejumlah uang dengan alasan biaya rekrutmen atau sebagainya, Anda harus waspada. Jika terjadi hal seperti itu, segera laporkan kepada pihak berwajib dan perusahaan terkait.

5. Bahasa Iklan Lowongan Tidak Profesional

Bahasa dalam iklan lowongan pekerjaan biasanya resmi dan sopan. Jika Anda membuka lowongan dengan informasi yang aneh dan bahasa yang tidak profesional, Anda harus mengecek terlebih dahulu kebenaran lowongan tersebut.

Related Posts

Post a Comment