Rahasia Cantik Sesuai Sunnah - Afifah Haq
News Update
Loading...

Wednesday, 23 October 2019

Rahasia Cantik Sesuai Sunnah


Keinginan untuk menjadi wanita yang cantik itu sudah biasa kita dengar. Namun, bagaimana dengan cita-cita untuk menjadi wanita yang tak hanya memiliki paras yang ayu, tapi juga  cantik yang sesuai dengan sunnah dan memiliki attitude yang baik? Tentu ini adalah hal yang sangat istimewa.

Beberapa waktu lalu, saya bersilaturahim dengan teman-teman dari komunitas Bandung Hijab Blogger. Bertempat di Grand Tebu Hotel Bandung, kala itu kami mendapatkan ilmu seputar proper ettiquette bersama Mbak Alaika Abdullah. Tak hanya itu, kami juga dikenalkan produk terbaru di bidang kecantikan yang terinspirasi dari sunnah Nabi, thibbun nabawi. Penasaran? Yuk Simak terus.

Thibbun Nabawi, Pengobatan Sesuai Sunnah Nabi

Thibbun Nabawi atau yang secara harfiah mengandung arti pengobatan (dari) Nabi, adalah metode yang didasarkan pada apa yang beliau ucapkan, beliau akui, dan beliau amalkan, berkaitan dengan pengobatan, penyakit, dan kebersihan. Imam besar Al-Bukhari bahkan sudah membuat karya khusus yang berjudul "Ath Thib An Nabi" yang berisi lebih dari 80 hadits berkaitan dengan ilmu pengobatan ala Nabi.

Mengapa metode Thibbun Nabawi ini sangat dianjurkan bagi ummat Islam? Jawabannya adalah karena Thibbun Nabawi adalah salah satu dari sunnah Rasul. Rasulullah SAW pernah bersabda, "..Barangsiapa yang mengikuti sunnahku, maka ia telah mencintaiku. Dan barangsiapa yang mencintaiku, maka ia akan bersamaku di surga"

Konsep Thibun Nabawi secara umum terbagi menjadi 3:
  1. Pengobatan dengan bahan alami, seperti zaitun, habbatussauda, madu, siwak, dsb.
  2. Pengobatan terapi seperti bekam (hijamah), khitan, la fashdu, mencukur rambut, mandi, dsb.
  3. Pengobatan melalui ritual ibadah seperti wudhu, do'a, dzikir, ruqyah, taubat, muhasabah, dsb.
Cantik Sesuai Sunnah Nabi dengan Azalea Beauty Hijab

Azalea adalah produk skincare alami yang terinspirasi dari thibbun nabawi. Azalea memiliki produk perawatan tubuh mulai dari wajah, kulit secara keseluruhan, dan rambut. Semua produk perawatan dari Azalea mengandung bahan alami yang sesuai dengan anjuran Nabi, seperti minyak zaitun dan habbatussauda.

Mengusung konsep Beauty From Sunnah, Azalea mempersembahkan produk-produk yang dirancang khusus untuk kebutuhan muslimah. Mulai dari shampoo, skinwhite intensive cream, skinwhite intensive hydrogel, zaitun oil with rosehip oil, zaitun oil with habbatussauda oil, hingga  face wash. Dengan serangkaian produk ini, seorang muslimah tak hanya cantik, tapi juga bernilai ibadah karena secara tidak langsung telah mengamalkan salah satu sunnah Nabi.

Dari sekian banyak rangkaian Azalea skincare, kali ini, saya akan membahas 2 produk terbarunya. Kedua produk itu adalah Azalea Zaitun Oil with Rosehip Oil dan Azalea Intensive Skin White Hydrogel.


Azalea Zaitun Oil with Rosehip Oil

Tahukah temans bahwa Zaitun adalah salah satu buah / bahan alami yang sering disebutkan di dalam Al-Qur'an dan juga dianjurkan oleh Nabi? Berikut adalah beberapa ayat dan hadits yang menjelaskan tentang keistimewaan zaitun:

Pertama, terdapat di QS. At-Tiin ayat satu yang artinya, "Demi buah Tin dan demi buah Zaitun". Pada ayat ini Allah SWT bersumpah dengan menyebutkan buah Zaitun.

Kedua, di dalam QS. An-Nur ayat 35 yang artinya, "...Pelita itu di dalam kaca, dan kaca itu seolah-olah bintang yang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, yaitu pohon Zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya saja hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api"

Rasulullah SAW juga pernah bersabda, "Makanlah Zaitun dan minyakilah rambut dengan zaitun, karena ia berasal dari pohon yang diberkahi" (HR. Ibnu Majah)


Ketiga ayat dan hadits itu bagi saya sudah cukup menggambarkan bahwa zaitun adalah bahan alami yang dianjurkan oleh Allah dan Rasul. Sehingga, zaitun termasuk pada metode thibbun nabawi.

Klaim Azalea Zaitun Oil with Rosehip Oil

Azalea Zaitun Oil with Rosehip Oil adalah produk skincare dari Azalea yang diklaim memiliki banyak manfaat. Kandungan minyak zaitunnya berfungsi untuk menjaga kelembapan alami kulit, menghaluskan, dan mencerahkan kulit. Sementara kandungan rosehip oil nya berguna untuk merawat bekas luka pada kulit, mencegah tanda-tanda penuaan dini, membantu peremajaan kulit, dan menjaga kekencangan kulit.

Beberapa teman yang sudah coba produk ini juga merasakan khasiat dari produk ini. Kerutan, garis halus, tersamarkan. Bahkan ini juga bisa untuk mencegah stretch mark pada ibu hamil.

Komposisi

Mineral oil, olive (Olea Europaea) oil, isopropyl myristate, fragrance, rosa canina fruit oil, caprylic, phenoxythanol, tocopheryl acetat, BHT.

Kemasan

Azalea Zaitun Oil with Rosehip Oil dikemas di dalam botol plastik bening dengan ukuran 150ml. Bentuk botolnya menurutku sangat ergonomis karena nyaman saat digenggam. Tutupnya berbentuk flip, cukup memudahkan pengguna untuk mengeluarkan produk.

Di bagian depan kemasan tertulis merk dan jenis produknya secara jelas. Selain itu terdapat juga informasi singkat mengenai fungsi produk dan logo Halal. Di bagian belakang, kita bisa menemukan informasi lain yang lebih lengkap, seperti khasita, komposisi, cara pakai, tanggal kadaluarsa, dan informasi kontak dan media sosial Azalea Beauty Hijab. Informasi ini tercetak di atas stiker bernuansa tosca.




First Impression

Begitu saya buka tutupnya, saya langsung bisa mencium aromanya. Wanginya segar dan ga bikin eneg sama sekali. Begitu produknya dituang, konsistensinya cukup cair, tidak se-kental minyak zaitun murni. Jelas, karena Azalea Zaitun Oil with Rosehip Oil memang dirancang agar cepat meresap ke kulit dan tidak lengket.

Pertama kali saya coba produk ini untuk berbekam. Sebelum proses bekam basah, biasanya saya melakukan bekam seluncur terlebih dahulu menggunakan minyak zaitun. Nah, karena Azalea Zaitun Oil with Rosehip Oil ini tidak terlalu kental, saya jadi mudah untuk menggerakan cup bekamnya.

Bagi muslimah yang memiliki permasalahan kulit kering seperti saya, Azalea Zaitun Oil with Rosehip Oil ini sangat saya rekomendasikan untuk mendapatkan kulit lembap & elastis. Pernah juga saya campurkan ke dalam masker di malam hari. Esoknya, wajah saya terasa lebih lembap dan kenyal. Azalea Zaitun Oil with Rosehip Oil juga bisa digunakan untuk menghapus make up yang sifatnya waterproof.


Azalea Intensive Skin White Hydrogel

Tidak hanya pada Azalea Zaitun Oil with Rosehip Oil saja, kandungan zaitun oil sebagai salah satu metode thibbun nabawi juga terdapat pada Azalea Intensive Skin White Hydrogel. Produk ini adalah inovasi terbaru dari Azalea Footcare.

Azalea Intensive Skin White Hydrogel adalah produk yang dirancang khusus untuk merawat kulit kering, kasar, dan bersisik terutama pada bagian kaki, siku, dan lutut. Ketiga bagian ini biasanya berwarna gelap, kering, dan jarang saya perhatikan.

Claim

Azalea Intensive Skin White Hydrogel adalah inovasi terbaru yang diformulasikan khusus untuk merawat bagian tumit, lutut, & siku. Mengandung zaitun oil dan aloe vera extract yang membantu menghindrasi kulit, menutrisi dan mengembalikan warna alami kulit, dan cooling sensation untuk menyegarkan kulit. Azalea Intensive Skin White Hydrogel juga diperkaya dengan sweet almond oil dan vitamin E.

Komposisi

Aqua, glycerin, PEG-40 hydrogenated castor oil, fragrance, phenoxyethanol, alcohol, carbomer, niacinamide, butylene glycol, climbazole, olive oil, rosa canina fruit oil, sweet almmond oil, imidazolidinyl urea, cyclotetrasiloxane, potassium hydroxide, panthenol, allantoin, tocopheryl acetate,  caprylic, propylene glycol, hydrolyzed collagen, aloe barbadensis extract, cyclopentasiloxane, menthol, tetraodium EDTA, biosaccharide gum-1, potassiu sorbate, sodium benzoate.

Kemasan

Azalea Intensive Skin White Hydrogel dikemas dalam tube plastik berwarna putih tosca. Permukaan kemasannya doff, sehingga cukup nyaman saat digenggam. Tutupnya berbentuk flip, cukup memudahkan pengguna untuk mengeluarkan produk. Azalea Intensive Skin White Hydrogel dikemas dalam tube berukuran 35g, ukuran ini menurut saya cukup travel friendly.

Di bagian depan kemasan tertulis merk dan jenis produknya secara jelas. Selain itu terdapat juga informasi singkat mengenai fungsi produk dan logo Halal. Di bagian belakang, kita bisa menemukan informasi lain yang lebih lengkap, seperti khasiat, komposisi, cara pakai, tanggal kadaluarsa, dan informasi kontak dan media sosial Azalea Beauty Hijab.


 First Impression

Azalea Intensive Skin White Hydrogel berbentuk gel berwarna putih. Formulanya sangat ringan menurutku, tidak lengket dan mudah meresap. Wanginya segar, hampir mirip dengan wangi Azalea Zaitun Oil with Rosehip Oil.

Saya coba aplikasikan ini ke area tumit, lutut, dan siku. Kesan pertama yang terasa adalah rasa sensasi dingin. Gelnya betul-betul sangat cepat meresap. Setelah pertama kali pemakaian, kulit saya terutama bagian siku langsung terasa lembut. Untuk efek mencerahkannya saya belum lihat, karena saya baru memakai selama kurang lebih lima hari. Insya Allah saya akan update lagi setelah 2 minggu pemakaian.


Dimana Bisa Membeli?

Kedua produk terbaru dari Azalea ini bisa kita dapatkan dengan mudah secara online di marketplace berikut:
  • Shopee: shopee.co.id/backtonatur
  • Tokopedia: tokopedia.com/azaleahaircare
  • Lazada: lazada.co.id/azalea-beauty-official
  • Blibi: blibli.com/merchant/natur-hair-care/BEI-26898
Oh ya, untuk informasi lebih lanjt, kita bisa follow akun instagram Azalea di @azaleabeautyhijab dan juga like Facebook Page Azalea Beauty Hijab. Selain informasi berkaitan dengan produk, di sana juga kita bisa temukan berbagai macam konten menarik seputar kecantikan dan kesehatan kulit.

Menjadi Wanita Cantik dan Beretika

Cantik sesuai sunnah nya sudah, nah sekarang tinggal menata hati agar juga terlihat cantik. Acara blogger gathering yang dilaksanakan pada 15 September kemarin juga menghadirkan seorang blogger senior, Mbak Alaika Abdullah. Beliau berbagi ilmu tentang proper etiqutte terutama bagi seorang blogger.

Mbak Alaika menuturkan, bahwa setidaknya ada 6 jenis etika yang harus dimiliki oleh seorang blogger. Sebetulnya sih ya, tidak hanya di dunia blogging. Etika juga harus kita miliki di kehidupan sesungguhnya.  Etika itu adalah:
  1. Etika dalam bersosial media
  2. Etika bloggers dalam beraktivitas via blog
  3. Etikaa bloggers saat event
  4. Etika saat bekerjasama dengan klien
  5. Etika saat berkomunikasi secara virtual dengan klien
  6. Etika bloggers ketika selesai bekerjasama dengan klien
Mungkin jika dijabarkan ini akan sangat panjang. Intinya adalah kita harus menjaga etika yang menyangkut pada kedisiplinan, tingkah laku, tutur kata, dan aturan yang berlaku.

Bagaimana, sudah siap untuk jadi wanita cantik yang sesuai sunnah lahir dan batin?

Share with your friends

13 comments

  1. Wah dicampur sama masker bisa juga ya? Daebak! Membayangkan habis maskeran, wajah makin terasa lembab dan kenyal. Pantengin ah..

    ReplyDelete
  2. Waahh, saya baru tau brand ini dari artikel ini mbak. Jadi pengen nyoba zaitunnya, buat ibu saya yang suka banget pake zaitun buat wajah. Makasih rekomendasinya mbak :)

    ReplyDelete
  3. Masya Allah, produk baru si Azaleea ya,, aku tuh sempet underestimate sama brand ini tapi pas nyobain shampoonya dulu nyatanya beneran bikin seger rambut, cocok banget buat yang berhijab dibanding brang shampo hijab lainnya. Ini ada lagi ya minyak zaitun campur rosehip,, aku penyuka rosehip soalnya yang bikin stretchmark hilang tuh setelah pake rosehip oil. Wah patut dicoba ini... jarang ada produk seperti ini

    ReplyDelete
  4. Keren bangeeett gathering-nyaaaa
    dapat ilmu yg super duper bergizi ya Mba
    Aku syukaaaakk baca blog mba Alaika
    Azalea produknya juga mantuuulll
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  5. waah azalea produknya banyak yaaa..>
    aku pake yang spray for hijab gt mba...
    buat nyegerin kepala utk wanita berhijab...
    ternyata produk lainnya banyak yaa

    ReplyDelete
  6. belum pernah satupun euy gunakan Azalea jadi ngiler sama minyak zaitunnya teh cus ah beli ke shopee :D

    ReplyDelete
  7. Mau nyobain produk Azalea ini, mba. Pas bangegt untuk digunakan bagi kaum muslimah ya mba. Senangnya juga bisa belajar terkait etika ya mba :)

    ReplyDelete
  8. Produknya ini cuma bisa di beli online di marketplace saja kah mbak? Saya tertarik dengan minyak zaitunnya

    ReplyDelete
  9. Cantik bukan hanya sekedar cantik ya mbak, tapin harus cantik sesuai sunah..

    Btw mbak, aku baru tahu loh kalau ada produk kecantikan yang bernama Azalea, next bakalan aku coba produk-produk ini

    ReplyDelete
  10. Hai Afifa.. setuju deh sama review nya akupun pake dan ngerasa cocok.. see you next event yaa 🤗

    ReplyDelete
  11. Olive oil atau minyak zaitun emang dikenal sejak dulu manfaatnya sangat baik buat kesehatan, terutama kesehatan kulit dan rambut

    ReplyDelete
  12. Waahh, ini bisa buat kulit kering ya. Jd pgn coba. Kebetulan kulit aku lagi norm no dry skrg..

    ReplyDelete
  13. Wah sy blm pernah nih nyoba Azalea. Tertarik nyoba minyak zaitun yg buat lembabin kulit

    ReplyDelete

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Maaf komentarnya aku moderasi. Jangan beri komentar anonim atau menyantumkan link hidup ya, karena akan otomatis terhapus ^^

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done