Penyebab Gigi Kuning dan Cara Memutihkan Gigi

by - 20:19:00


Memiliki gigi putih bersih rapi adalah impian semua orang. Gigi yang putih bisa menambah tingkat kepercayaan diri seseorang, karena gigi juga termasuk unsur estetika yang bisa membuat orang-orang menjadi tertarik.

Sebelum membahas bagaimana caranya agar mendapatkan gigi yang putih, yuk kita ketahui terlebih dahulu mengapa gigi bisa berwarna kuning. Gigi yang kuning ternyata disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari faktor makanan yang dikonsumsi, faktor gaya hidup, dan faktor kebersihan.

Penyebab Gigi Kuning

1. Gigi Kuning karena Kopi dan Teh

Terlalu banyak meminum kopi dan teh akan menjadikan gigi berwarna kuning. Kandungan tanin pada teh dan kopi akan menempel di permukaan gigi. Tanin ini kemudian lama kelamaan akan menimbulkan noda kuning pada gigi.


2. Merokok

Rokok tidak hanya berdampak pada kesehatan saluran pernafasan. Rokok juga ternyata menyumbang noda kuning pada gigi. Kandungan nikotin dan tar ini lah yang menyebabkan gigi seorang perokok menjadi kuning. Bagi perokok berat, kondisi ini akan cepat sekali terjadi dan lama kelamaan akan menjadi hitam.

3. Fluoride

Di satu sisi, fluoride memang baik untuk kesehatan gigi. Namun, kebanyakan menggunakan pasta gigi ber-fluoride juga akan menyebabkan gigi menjadi kuning. Terlalu banyak fluoride sehingga menyebabkan gigi kuning disebut fluorosis.

4. Terlalu Keras dan Cepat Menyikat Gigi

Terlalu bersemangat membersihkan gigi sampai-sampai menyikat dengan terlalu keras sangat tidak baik untuk gigi. Tekanan yang kuat akan merusak enamel gigi dan menghapus lapisan dentin gigi. Sebaiknya, diperhatikan teknik yang baik dalam menyikat gigi.

Cara Memutihkan Gigi

Setelah mengetahui penyebab gigi menjadi kuning, selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara memutihkan gigi. Memutihkan gigi bisa dilakukan mulai dari cara alami hingga cara instan dan cepat.

1. Menghindari Penyebab Gigi Kuning

Gigi yang sudah terlanjur kuning, sebaiknya tidak dirusak menjadi lebih kuning lagi. Hal pertama yang harus dilakukan ya menghindari segala macam hal yang menyebabkan gigi menjadi kuning. Mengurangi frekuensi minum teh dan kopi, mengurangi penggunaan fluoride yang terlalu belebihan, stop merokok, dan menyikat gigi dengan teknik yang benar.

2. Memutihkan Gigi Secara Alami

Saya sering mendapatkan informasi mengenai pemutih gigi yang instan tanpa perlu ke dokter. Beberapa diantarnya memberikan resep dengan bahan kimia semacam soda kue. Well, saya memang belum pernah coba, dan sepertinya tidak akan coba juga karena khawatir malah merusak email gigi.

Memutihkan gigi secara alami bisa menggunakan essential oil. Essential oil yang digunakan adalah yang ORANGE. Orange oil ini menurut beberapa penlitian, bisa membantu memutihkan gigi secara alami. Banyak juga testimoni yang mengatakan bahwa gigi nya lebih putih bersih setelah rutin menggunakan orange essential oil. Harga nya cukup murah, tak sampai 200 ribu untuk ukuran 15ml.

3. Bleaching

Bleaching atau pemutihan akan disarankan jika kondisi gigi sudah kuning parah. Metode ini bahkan mampu membersihkan karang dan plak pada sela-sela gigi.Proses bleaching harus dilakukan oleh dokter gigi.

Pada proses bleaching ini, dokter akan membuat cetakan gigi sesuai bentuk keseluruhan gigi kita dan menempel zat pemutih di dalam nya. Cetakan yang berisi pemutih ini akan ditempelkan pada gigi selama 30menit atau tergantung kondisi gigi pasien.


4. Laser

Cara lain untuk memutihkan gigi adalah dengan menggunakan laser. Cara ini adalah cara yang paling instan dan singkat dalam memutihkan gigi. Sinar laser yang ditembakkan ke gigi sudah mengandung zat pemutih. Namun tentu saja, cara memutihkan dengan teknik ini membutuhkan uang yang tidak sedikit.

Nah teman, sekian bahasan tentang penyebab gigi kuning dan cara memutihkannya. Temans mau coba yang mana?

You May Also Like

1 komentar

  1. Emg malu dan gak pede ya kalo gigi kuning.. Mau tersenyum aja gimana gitu.. Malu takutnya keliatan hi hi. Untung akrg bnyk metode mwmutihkan gigi ya

    ReplyDelete