Cara Menghilangkan Jerawat Paling Efektif - Afifah Haq
News Update
Loading...

Wednesday, 15 May 2019

Cara Menghilangkan Jerawat Paling Efektif


Jerawat adalah penyakit kulit kronis yang diakibatkan karena peradangan di folikel polisebasea, atau permukaan kulit. Jerawat sebagian besar disebabkan oleh bakteri. Bakteri penyebab timbulnya jerawat disebut P. Acnes.

Pemicu jerawat bisa disebabkan oleh banyak hal seperti:
  • faktor genetik
  • kebersihan wajah
  • hormonal
  • diet
  • iklim
  • stress
Nah, ternyata jerawat itu banyak macam-macamnya, jujur saja, saya pun baru tahu. Ada blackhead dan whitehead yang biasa kita sebut komedo, ada Papula, yaitu jerawat yang hanya muncul bengkak dan merah saja, ada Pustule yaitu jerawat yang ada "isinya", ada Nodul yang biasa kita sebut sebagai beruntusan, dan terakhir ada jerawat Kistik atau jerawat batu.

Cara Mengatasi Jerawat

Hampir sebagian besar masalah wanita adalah jerawat. Sebetulnya, ada bermacam jenis solusi untuk mengatasi jerawat. Mulai dari yang alami, sampai ke perawatan dokter. Semua solusi ini tentunya reaksi di tiap orang akan beda-beda ya, tergantung kondisi fisik dan kulitnya.

1.  Identifikasi Pemicu Jerawat

Sebelum berbicara ke solusi menghilangkan jerawat, kita perlu tahu terlebih dahulu apa pemicu yang membuat jerawat itu muncul. Apakah karena kebersihan wajah, karena  makanan, karena jadwal tidur yang terlalu malam, atau karena stress.

Ada orang yang makan makanan pedes langsung jerawatan, ada yang istirahatnya kurang besoknya jerawatan, setiap orang pemicu nya berbeda-beda. Setelah diketahui pemicu nya, maka sebisa mungkin hindari pemicu tersebut.

2. Membersihkan Wajah

Dulu, sebelum kenal dunia per-skincare-an, saya cuci muka cuma ngandelin air wudhu sama sabun pembersih aja. Setelah tahu, ternyata itu aja ga cukup. Jadi ternyata kita perlu double cleansing untuk benar-benar membersihkan wajah kita dari kotoran hingga ke pori-pori.



3. Menggunakan Masker

Banyak sekali merk masker yang meng-klaim mampu menghilangkan jerawat. Saya sendiri sih, sering pake masker dengan kandungan tea tree untuk meredakan radang pada jerawat. Tea tree juga ampuh untuk membersihkan bakteri penyebab jerawat.

4. Tidak Memegang Jerawat

Kebiasaan buruk nih, megang-megang jerawatan, trus dipocelin. Meskipun rasanya gemesss banget ya sama jerawat ini, tapi sebisa mungkin tahan diri lah buat mainin jerawat. Dampaknya nanti, kuman akan mudah menyebar kemana-mana, karena kita ga tahu kebersihan tangan kita, bisa-bisa nanti malah muncul jerawat baru.

5. Menggunakan Cara Alami

Ini yang paling saya sukai. Saya pernah nyobain tempelin bawang putih ke jerawat yang lagi bernanah, trus ditinggal tidur semalaman. Besoknya jerawat saya kempes, ajaib sih ini. Cuma, ini hanya berlaku untuk jerawat yang ukuran nya kecil-kecil saja.

Nah, untuk jerawat yang ukurannya lumayan besar, saya biasanya menggunakan essential oil (teteup ya essential oil, hahaha). Essential oin yang sering jadi andalan saya saat berjerawat adalah essential oil tea tree, purification, atau frankinsence. Memang sih, ketiga jenis oil ini ga bisa dibilang murah, tapi untuk keefektifannya melawan jerawat, tiga jenis oil ini lumayan nendang banget.


6. Terapi ke Klinik

Kalau segala macem usaha  udah dilakukan tapi si jerawat masiiih aja ngebandel, saya sih saranin buat konsultasi aja ke dokter langsung. Cari klinik yang memang dokternya ahli, punya peralatan yang memadai, kebersihan nya terjaga, dan jenis treatment nya lengkap. Tentu, ada uang ada barang, eh, ada hasil. Kalau mau hasil yang instan tentu tidak bisa dibayar dengan harga yang murah bukan?


Sekian sharing-sharing saya tentang jerawat kali ini. Bagi yuk, cerita kalian waktu berjuang melawan si merah membandel ini!


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done