Tips Agar Anak Tetap Fit Selama Beraktivitas Outdoor - Afifah Haq
News Update
Loading...

Thursday, 3 January 2019

Tips Agar Anak Tetap Fit Selama Beraktivitas Outdoor


Saya dan suami memang hobi beraktifitas outdoor. Entah itu hanya jalan-jalan ke tempat yang terbuka, bersepeda, hingga camping ke beberapa gunung di Indonesia. Hobi ini sempat tertahan ketika saya hamil dan melahirkan.

Karena hobi ini sepertinya sudah mengakar di dalam diri *ceileh*, akhirnya ketika hobi itu tertunda rasanya seperti ada yang kurang. Ya mungkin semacam gejala kurang piknik. Kemudian di saat bayi saya berusia 6 bulan, saya dan suami mencoba membawanya ke salah satu tempat wisata alam di Bandung Timur, Batu Kuda namanya. Hanya jalan-jalan biasa, tapi lumayan lah bisa melepas kerinduan akan sejuk nya udara gunung dan wangi hutan pinus.



Kemudian, tahun lalu, saat usia nya satu tahun lebih, kami membawanya hiking ke Gunung Papandayan. Ga sampai puncak sih, hanya sampai ke wilayah tertentu saja, karena kami sangat memahami kondisi anak kami, dan juga kami sebagai orangtuanya.


Sempat ada kekhawatiran ia akan lemas atau sakit setelah kami bawa berkeringat ria ke hutan. Tapi justru anak saya menunjukkan hal sebaliknya. Setelah turun dari gunung ia justru lebih sehat dan sangat girang.

Manfaat Mengajak Anak Beraktivitas Outdoor
Bisa jadi hal ini dikarenakan anak saya merasakan manfaat langsung dari kegiatannya saat berada di luar ruangan, manfaat yang dirasakan seperti:
  • Manfaat menghirup udara segar yang bebas polusi.
  • Paparan sinar  matahari yang menguatkan tulang.
  • Membawanya aktif di kegiatan outdoor juga menjadi sarana bagi anak  untuk mengembangkan motorik, sensorik, dan kecerdasan kinestetiknya. 
  • Selain itu, ia juga merasakan manfaat dari kegiatan "earthing", yang jujur saya juga baru mengenal istilah ini sekarang.Kegiatan earthing diyakini mampu menyeimbangkan elektron positif dan negatif yang ada pada tubuh, dan berdampak pada meningkatnya kesehatan.
  • Mengajak serta anak aktif dalam kegiatan outdoor mampu meningkatkan bonding antara orangtua dan anak
Namun tentunya, manfaat-manfaat tersebut hanya bisa dirasakan jika kondisi badan anak fit selama beraktivitas outdoor. Saya memang bukan pakar kesehatan, namun saya juga mempelajari tips-tips agar anak tetap sehat selama berkegiatan outdoor.

1. Persiapan Sebelum Berangkat
Saya selalu mengecek 3 hal sebelum akhirnya saya berani membawa anak saya ke alam terbuka, yaitu: cuaca, kondisi fisik anak, dan kondisi fisik orangtuanya.

Kondisi cuaca bisa dengan mudah kita lihat di berbagai situs yang menyajikan prakiraan cuaca di tempat kita tuju, seperti Accu Weather, situs resmi BMKG, aplikasi cuaca di android atau iphone, dan masih banyak lagi. Rata-rata mereka menyajikan prakiraan cuaca yang cukup akurat dengan keadaan mendatang. Sebaiknya ya pilih hari yang cuaca nya cerah.

Kondisi fisik anak sebelum berangkat sangat penting. Saya beberapa kali membatalkan rencana main di luar ketika menjelang hari H badan anak saya malah panas. Meskipun, esoknya ia bisa saja sembuh, tapi saya tidak mau ambil resiko.

Baca Juga: Tips Hiking Bersama Anak


Fisik orangtua juga perlu diperhatikan. Bisa saja sewaktu-waktu anak minta digendong karena kelelahan, siapa lagi yang harus mem-backup tenaga nya selain orangtuanya.

2. Siapkan Mental
Kesannya gimana gitu ya,  padahal mental orangtua juga penting lho. Namanya juga anak-anak, pasti akan ada resiko anak rewel, ingin sesuatu, sampai resiko tantrum. Tentunya saya sebagai ibu harus siap dengan segala kondisi emosi anak.

3. Gunakan Pakaian dan Alas Kaki yang Nyaman
Saya selalu menggunakan baju dari kaos atau kain yang bahannya mudah menyerap keringat, serta cepat kering jika basah. Sedangkan untuk alas kaki, saya selalu menggunakan alas kaki yang sudah memenuhi standar safety selama berada di alam terbuka. Begitu pun dengan pakaian dan sepatu yang dikenakan anak saya.


4. Penuhi Nutrisi Anak Selama Beraktivitas Outdoor
Anak aktif itu artinya sehat. Sehat berawal dari pemberian nutrisi yang tepat dan berpedoman pada konsep gizi seimbang. Mulai dari asupan karbohidrat, protein, vitamin, sayur dan buah yang mengandung serat, serta asupan air yang cukup.

Sebelum beraktifitas, saya selalu pastikan perut anak saya terisi. Selama bermain di luar rruangan, saya juga membawa serta camilan, air yang cukup,  dan susu sebagai pelengkap gizi nya. Jika dulu anak saya masih bergantung pada ASI, setelah 2 tahun, saya kemudian memberinya susu UHT sebagai pelengkap nutrisinya.

Susu yang saya bawa setiap beraktifitas di luar haruslah yang penuh gizi, dan yang terpenting adalah praktis dan mudah dikonsumsi. Karenanya, pilihan saya jatuh ke susu Indomilk Kids UHT Full Cream.


 Review susu UHT Indomilk Kids Full Cream

Indomilk UHT Kids Full Cream adalah susu UHT varian rasa baru dari Indomilk kemasan 115 ml. Rasa Full Cream cocok diberikan sebagai untuk si Kecil usia 1 tahun ke atas, karena tanpa tambahan gula dan garam. Rasanya yang tawar ga bikin tambah haus. Cocok untuk dikonsumsi saat anak sedang aktif-aktifnya beraktivitas outdoor.

Jujur, saat pertama kali saya mengenalkan susu ini pada anak, saya sempat deg-degan. Anak saya biasanya hanya suka dengan susu yang manis. Tapi setelah coba diberikan, eh ternyata dia mau dan habis satu kotak. Alhamdulillah.. Akhirnya saya menemukan susu yang cocok untuk anak saya tanpa khawatir terhadap gula yang berlebihan.

Susu Indomilk Kids UHT Full Cream juga tinggi kalsium, fosfor, vitamin D, dan juga sumber vitamin A, B1, dan B6. Kalsium, fosfor, dan vitamin D penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, juga membantu pertumbuhannya.

Vitamin A sebagai nutrisi untuk mata, serta vitamin B1 dan B6 menjaga agar anak tetap aktif, karena #AktifItuSehat. Aktif merupakan indikator dari seorang anak yang sehat. Dengan nutrisi yang komplit dan tanpa tambahan gula dan garam dari Indomilk UHT Kids Full Cream, anak saya menjadi sehat dan aktif.


Dari segi kemasan, susu UHT Indomilk Kids Full Cream ukurannya mudah digenggam oleh anak-anak. Dikemas dengan karton khusus, kandungan di dalam susu ini tetap terjaga sampai kemasan dibuka. Kemasan yang didesain seperti ini juga sangat praktis untuk dibawa kemana-mana, serta tidak perlu repot menyeduh, tinggal tusuk, minum deh.

Di atas kemasan tertera logo halal MUI, jadi tidak usah ragu lagi bagi kita yang menjalankan prinsip halal sebagai kebutuhan dan gaya hidup. Selain itu, nomor izin BPOM yang tertera di kemasan juga semakin menguatkan pilihan saya pada susu ini.



Susu Indomilk Kids UHT Full Cream bisa jadi susu pilihan tepat selepas ASI. Susu ini diproses melalui proses Ultra High Temperature, yaitu dipanaskan pada suhu 135 derajat celcius selama 2-4 detik. Proses yang singkat ini menghilangkan bakteri-bakteri tidak baik, namun kandungan nutrisi di dalam susu tetap terjaga. Proses Ultra High Temperature juga mampu membuat masa simpan susu lebih lama tanpa tambahan pengawet, sehingga sangat aman dikonsumsi anak-anak.


Penutup
Punya anak yang sangat aktif itu adalah sebuah anugerah, karena aktif adalah pertanda bahwa anak itu sehat dan memliki kecerdasan kinestetik yang baik. Jangan mengeluh bunda, tugas kita selanjutnya adalah memfasilitasi agar anak tumbuh dan bakat kinestetik nya tersalurkan. Beraktivitas di luar ruangan bisa jadi salah satu pilihan.

Semoga tips yang aku beri cukup membantu ya..

Terakhir, saya juga mau menginfokan bahwa saat ini Indomilk Kids UHT Full Cream sedang melangsungkan kompetisi blog. Bagi bunda yang memiliki anak usia 2-5 tahun, yuk ikutan lomba blog ini, karena ada jutaan hadiah menanti. Lomba ini berlangsung dari tanggal 20 December – 31 Januari 2019.

Setiap minggu nya akan dipilih satu pemenang mingguan untuk mendapatkan hadiah sebesar Rp 1.000.000,-. Dan selanjutnya akan dipiih 3 pemenang final lomba review susu UHT Indomilk Kids Full Cream. 3 pemenang ini akan memperoleh hadiah senilai total 10 juta Rupiah!

Yuk bunda bunda.. ikutan blog competition nya, lumayan kan hadiahnya buat ngajak jalan-jalan si kecil. Info selengkapnya tentang lomba ini, silahkan klik disini yaa.

#IndomilkUHTKidsFullCream #AktifItuSehat


Share with your friends

65 comments

  1. Indomilk kids fullcream ini emang cocok utk kegiatan outdoor ya bunda. Krn rasanya tawar, tanpa gula & garam jd gak bikin haus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul.. Kadang kalau terlalu manis malah bikin haus ya

      Delete
  2. Masih bisa nih ikutan kompetisinya, hihi seru yah..seneng ngajakin anak jarambah2an hehe..

    ReplyDelete
  3. masyaa Allah, tabarakallah.. ini bayinya calon anak petualang nih. kayaknya emang seneng juga diajak jalan-jalan ke alam bebas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah dia seneng diajak meng-hutan ��

      Delete
  4. Ya ampun hebat banget kecil kcil staminanya luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, di-backup sama susu Indomilk juga hehe

      Delete
  5. Keren nih dedenya traveling mulu, huhu akupun kalahπŸ˜‚

    ReplyDelete
  6. Aduh gemes banget sama si dede nya. Happy banget diajak aktivitas diluar. Sehat selalu yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiinn.. makasih ateuu kapan-kapan main bareng yuu

      Delete
  7. Aiihh si Adek lucu banget sih, jagoan euy travelingnya. Sukaa banget ngelihatnya, aku pun ma keluarga kecilku penggemar piknik2 gitu dr anak kecil, Sekarang udah abege jalan2 ke gunungnya masing2 hihiii...

    Adek bagi donk cucu nyaaa!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya teh, kalau uah gede mah masing2 acaranya..

      haha boleh boleeh.. sini tantee

      Delete
  8. Teteh.. aslinya ih keren bawa baby menggunung. Si dedeknya juga keren keliatan enjoy gitu 😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. kan bekel susu Indomillk :D

      Delete
  9. Tth jagoan ih. Aku main2 ke alam sendirian aja repot. Apalagi jagain anak kecil, degdegan bawaannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya jangan sendirian teh.. aku juga takut kalau sendirian mah :D hayu bareng

      Delete
  10. Salah satu susu favorit aku teeeh.. indomilk yang full cream emg enak baat..
    Btw, aku kepo teteh dulu kuliahnya jurusan apa? Spertinya kita sealiran suka ngebolang mhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jurusan mesin ��.. Ga ada hubungannya sama bolang membolang, murni hobi aja, hehe.
      Wah suka ngebolang juga? Hayu atuh kita Bolang bareengg

      Delete
  11. Asik nih sedari kecil udah diajak adventuree ke alam-alam. Nanti aku kalo punya anak jugaa mau kaya gitu mengenalkan anak ke alam hahahah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantaapp.. hayu nanti kita playdate ke gunung hehe

      Delete
  12. Info yang sangat menarik. Kapan2 kalau ke Bandung boleh lah saya diajak hehe.

    ReplyDelete
  13. Teteh keren ih dedenya udah dibawa hiking �� aku kalah nih sama dedenya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. yuk ateuu kita travelling bareng :D

      Delete
  14. Kebayang pisan teh, hiking sendiri aja udah riweuh lalu ini bawa anak.. uhh keren.

    Si dedeknya udah kebiasa ya, makanya dia happy banget itu. Aku gemes sama sepatu hikingnya dek ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Riweuh juga sih sebenernya, tapi dinikmati aja :P

      Alhamdulillah.. eh, ga gemes ke akunya gitu?

      Delete
  15. Waaah seru yaa jalan-jalan sambil belajar dengan alam
    Aku juga suka loh susu Indomilk ini hehe

    ReplyDelete
  16. salut banget sama teteh yang bisa ajak anaknya outdoor, karena ribetnya kalau rewel itu kadang suka bikin gempeur ya

    ReplyDelete
  17. wah asik keluarga petualang neh kayknya mbak hehehehe, lucu banget babymu mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe tapi pengalaman traveling kami belum sebanyak mbak nya.. jadi malu

      Delete
  18. Hmmm jadi kepengen lagi ngajak si kecil ngelayap ke hutan-hutan. Udah hampir setahun gak diajak ngeluyur begitu.

    Makasih tipsnya, Mbak. Anakku juga demen banget kalo diajak mainan di tempat begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk mbak.. kita keluyuran bareng bawa anak-anak :D

      Delete
  19. Mbak, kapan-kapan pinjem si dedek yah, gemas sekali aku liatnya, haha

    ReplyDelete
  20. wah, Happy banget si kecil diajak aktivitas diluar. Sehat selalu yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiinn.. makasih tantee..

      happy karena minumnya aja bergizi :D

      Delete
  21. semua foto-fotonya tersuka banget deh! Dan salfok sama semua sepatunya, super gemas! Harus banyak belajar lalu praktik saat ada anak dan udah ga worry lagi untuk travelling

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasihh tehh..

      bagusnya praktik sambil belajar aja teh :D

      Delete
  22. Seru banget sih mbak ngajak si kecil aktivitas outdoor gitu! :D

    ReplyDelete
  23. Masya Allah umur 6 bulan sudah diajak jalan-jalan eksplore alam...keren!
    Memang nutrisi tepat akan membuat anak aktif dan sehat ya Mbak:)

    ReplyDelete
  24. Mbak,maaf aku tanya yg lain ya,hehe. Aku tertarik sama sepatu outdoor putranya, kalau perlengkapan hiking untuk anak biasanya beli di mana ya? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di Bandung ada toko Kawani namanya mbak, toko ini khusus jual perlengkapan outdoor. Merk yang udah ngeluarin seri junior setauku ada Deuter, Hitec, kalau yang lokal ada Eiger. Tapi ukurannya biasanya untuk anak usia 8 tahunan hehe.

      kalau sepatu yang aku beli ini di toko sepatu deket rumah, kebetulan model nya suka, trus yang penting alas nya anti slip

      Delete
  25. Anakku juga suka susu UHT ini.. Gak cuma rasanya enak tapi juga menyehatkan ya mak :)

    ReplyDelete
  26. Bener banget, kita aja perlu jalan2 keluar lihat yg hijau2 seger begini. Apalagi anak2 yg butuh beraktivitas ya mom. Pasti suka diajak jalan2 keluar ke tempat begini

    ReplyDelete
  27. Salut mbak, bisa bawa anaknya padahal masih kecil. Aku dulu belum berani, tapi kalau dibiasain mungkin kuat ya

    ReplyDelete
  28. Wah iya, ada minuman favorit anak2 yang juga bergizi, pastinya bikin anak2 makin semangat nih dengan kegiatan outdoor-nya. Indomilk juga punya berbagai jenis ya, saya suka yang Indomilk non fat.

    ReplyDelete
  29. Keren ih, masih kecil udah naik gunung. Saya aja belum pernah, hihihi... Tapi memang banyak manfaatnya sih ya, mengenalkan anak pada alam sejak kecil. Biar kenalnya bukan mall melulu..

    ReplyDelete
  30. Si adek keren banget ya. Aktivitas outdoor memang butuh stamina dan kondisi fisik yang fit. Bener banget, kalo gak fit bakalan rewel.
    Btw, Indomilk UHT juga kesukaan anak-anakku nih.Sama ya :D

    ReplyDelete
  31. Tipsnya sangat bermanfaat mbak, aku kebetulan juga punya anak kecil dan suka diajak jalan-jalan walaupun belum sampai naik gunung kecuali mudik ke rumah neneknya yang di gunung hehe.

    ReplyDelete
  32. Aku belum pernah bawa anakku ke wisata alam seperti ini, sepertinya sangat menyenangkan. Enak kalau di musim panas kali ya mbak, kalau musim hujan kayak sekarang becek. Ah belum jalan aja saya udah jiper hahahahahha

    ReplyDelete
  33. Seruuuu...
    Keluarga halan-halan :D
    Melatih anak untuk bersosialisasi dengan alam dan lingkungan sejak dini ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  34. adek kereeen deh....kecil-kecil udah bertualang.
    kapan-kapan traveling bareng si boy yuk...hehehehe

    ReplyDelete
  35. Ya ampun seneng banget aq liat anaknya ceria di alam bebas gitu. Pengen juga sih bisa hiking sekeluarga gitu. Kyaknya seru ya

    ReplyDelete
  36. Anak anak kalau aktif sebagai travelling tuh bikin kita juga senang ya mba. Jadi dia juga bisa bebas beraktifitas ya. BTw aku juga selalu bawa susu UHT saat travling mba. Lebih praktis dan sehat pula

    ReplyDelete
  37. Indomilk Kids coklah selalu ada di tas anak-anak saat sekolah dan bepergian tetapi yang full cream mereka belum pernah coba nih mba, cuss langsung ke supermarket

    ReplyDelete
  38. Lucunya si dede minum susu Indomilk UHT. Susunya gampang dijumpai di minimarket ya. Harganya sudah terjangkau.

    ReplyDelete
  39. Huhuhu.. mupeng banget deh liat foto-fotonya. Bisa main sepuasnya gitu yaa di alam bebas. Aku belum sempat nih, Mbak. Anak ada 4 dan satunya masih bayi. Hemm.. mungkin nanti kalo si kecik sudah agak gedhe ya.
    Btw susu Indomilk Kids UHT Full Cream-nya juga disukai sama anak-anakku ��

    ReplyDelete
  40. Senang banget ya Mbak, bisa punya pasangan yg sehobi gitu. Jadi saling dukung deh hasrat menjelajahnya, anak-anak pun juga jadi ikut keaktifan orangtuanya. Senang deh lihat anak kecil bisa kenal alam sejak dini. Pengen juga bisa bawa anak-anak ke gunung gitu tapi masih takut2, maju mundur, paling ini sekali pernah ke kebun Tante. Lumayanlah lihat gunung dan kali kecil yg airnya mengalir jernih. :)
    Anak-anakku belum pernah coba UHT Indomilk nih, nanti mau cobain ke Adek aah, klo Kakak mah pemilih soal susu cuma yg diinginkannya aja yg dia mau, apalagi klo coklat.

    ReplyDelete
  41. Hihihi.. pose anaknya lucuuuuu.. sehat selalu ya nakkkk.. Btw ini susu juga disukai oleh anak-anak saya yang juga sedang dalam masa aktif :)

    ReplyDelete
  42. Ya ampun, ayah dan ibunya memang suka jalan-jalan di alam terbuka gini ya. Seru banget lihat foto-foto dan baca tipsnya.

    Aku jadi gatel pengen ikutan jalan

    ReplyDelete

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done