Tips Merawat Kulit Bayi dengan Mustela #ApaJenisKulitBayimu

20:04:00

Buat saya, kulit adalah aset, karenanya ia perlu dirawat dan dijaga agar kondisinya tetap sehat. Sama hal nya seperti anggota tubuh lain, kulit juga perlu pelindungan dan perawatan bahkan sejak usia anak baru lahir.

Eits, jangan salah. Perawatan kulit sejak dini banyak manfaatnya loh. Apalagi bayi dan anak sangat rentan mengalami masalah kulit seperti kulit kemerahan, ruam popok, ruam ASI, kulit kering, dan masalah-masalah kulit lainnya yang perlu penanganan khusus.

Sabtu, 17 November 2018 lalu, saya mengikuti fun talkshow bersama Mustela yang mengangkat tema perawatan dan jenis kulit pada bayi. Acara kali ini sangat menarik dan banyak sekali ilmu yang saya dapat dari narasumber ibu dr. Intan Diana Sari dan bapak Mohamad Nurhadi.


Mengapa Kulit Bayi Sering Bermasalah?
Sekilas, kulit bayi terlihat sangat lembut, namun sebenarnya kulit bayi amatlah sensitif, perlu dilindungi dan harus diperkuat. Riset membuktikan bahwa beberapa penyebab yang menjadikan kulit bayi sering bermasalah adalah:
  • Di usia 0-2 tahun, kulit bayi masih belum terbentuk sempurna.
  • Kulit bayi juga cenderung kering di usia 0-2 tahun
  • Stemcell atau kekayaan sel sangat tinggi, namun karena faktor luar, jumlahnya cenderung menurun di usia 0-2 tahun
  • Bayi terlahir dengan berbagai jenis kulit yang berbeda.
Jenis Kulit Bayi
Secara umum, ada 3 jenis kulit bayi dengan ciri yang berbeda.
  1. Kulit Normal, memiliki ciri kulit yang lembab, lembut, dan bersih.
  2. Kulit Kering, dengan ciri kulit yang kasar, bersisik, bahkan kadang terkelupas.
  3. Kulit Atopik, adalah jenis kulit dengan masalah yang cukup serius, karena jenis kulit ini ditandai dengan gatal, sangat kering, bahkan sampai muncul bercak merah.
Untuk itulah, sangat penting bagi kita sebagai orangtua untuk tahu apa jenis kulit bayi kita. Perawatannya pun harus disesuaikan dengan masing-masing jenis kulit.

Melihat dari ciri-ciri kulit yang disebutkan di atas, saya tahu bahwa anak saya termasuk jenis kulit yang normal, ditandai dengan kondisi yang lembut, lembab, dan bersih, tidak ada kemerahan atau kulit yang terkelupas.

Memilih Rangkaian Perawatan Kulit untuk Bayi
Langkah selanjutnya setelah mengetahui jenis kulit bayi adalah memilih produk perawatan kulit yang tepat, yang sesuai dengan jenis kulit bayi kita. Saya termasuk orangtua yang agak selektif terhadap pemakaian produk untuk  bayi, apalagi yang berkenaan dengan perawatan kulit.

Produk perawatan kulit bayi yang ideal harus terjamin keamanannya terutama bagi bayi yang baru lahir. Keamanan produk bisa dilihat dari efikasi nya yang teruji secara klinis, di bawah pengawasan dokter. Dari segi komposisi produk, sebaiknya memilih produk yang mengandung bahan alami, 0% alkohol dan 0% paraben.

Dari semua ‘standar’ keamanan produk yang disebutkan tadi, Mustela memiliki semuanya. Mustela mengandung bahan aktif Avocado Perseose yang ada di setiap varian.

Avocado Perseose adalah bahan aktif alami yang diambil dari alpukat. Bahan aktif ini bersifat biomimteic, yang berarti struktur nya serupa dengan kulit bayi. Avocado Perseose memiliki 3 manfaat penting:
  • Melindungi dan menguatkan kulit bayi
  • Menjaga kelembaban kulit bayi
  • Menjaga kekayaan sel kulit bayi
Rangkaian Produk Mustela untuk Jenis Kulit Normal
Saya jatuh cinta sekali dengan seluruh rangkaian produk Mustela ini. Produk nya lumayan lengkap, mulai dari perawatan kulit badan, rambut, bahkan sampai ke wajah.

  • Mustela Bebe Gentle Cleansing Gel, adalah produk pembersih 2 in 1 untuk kulit badan dan rambut bayi. Fungsinya adalah membersihkan dan merawat kulit bayi agar tidak mudah iritasi. Formula nya aman bahkan untuk bayi yang baru lahir, tidak menyebabkan pedih di mata, dan yang terpenting adalah bebas sabun/detergen. Kemasan nya tersedia dala 2 ukuran: 500ml untuk persediaan di rumah, dan kemasan 200ml untuk dibawa traveling.
  • Mustela  Bebe Gentle Shampoo, adalah produk pembersih untuk rambut yang ideal digunkan setiap hari. Shampo ini berguna untuk merawat pertumbuhan rambut bayi agar lebih sehat dan tidak mudah kusut. Formula nya tidak pedih di mata, aman untuk bayi baru lahir, dan mudah dibilas.
  • Mustela Multi Sensory Bubble Bath, adalah produk pembersih kulit bayi yang bisa menstimulasi sensorik bayi dengan busa tanpa membuat kulit bayi menjadi kering dan disertai dengan wangi yang lembut. Formula nya tidak pedih di mata, dan aman untuk bayi baru lahir.
  • Mustela Hydra Bebe Body Lotion, produk pelembap kulit bayi yang mampu menjaga kulit bayi lembap lebih lama. Lotion ini sering saya aplikasikan pada kulit anak setelah mandi, berfungsi untuk memperkuat lapisan kulit bayi dan membuta kulit bayi menjadi lebih kenyal dan halus.
  • Mustela Hydra Bebe Facial Cream, adalah produk perawatan kulit wajah bagi bayi, aman digunakan untuk bayi baru lahir. Facial cream ini bisa melembapkan dan menghaluskan kulit wajah secara langsung dapat bertahan lama. Bisa digunakan setiap hari untuk memperkuat kulit wajah agar terhindar dari iritasi dan ruam ASI.
  • Mustela Barrier Cream, adalah produk yang berfungsi untuk mengatasi dan merawat kulit bayi yang mengalami iritasi karena ruam, baikitu ruam popok, atau pun ruam ASI. Produk ini bebas parfum, dan 98% alami, sehingga produk ini harus dimiliki bagi semua orangtua yang mempunyai bayi.
Dari sekian jenis/varian produk perawatan Mustela, yang paling saya suka adalah Mustela Hydra Bebe Facial Cream dan Mustela Barrier Cream. Facial Cream nya sangat bagus, karena begitu diaplikasikan pada kulit wajah anak saya, hasilnya kulit wajah anak saya jadi lebih kenyal, terlihat lebih bersih dan segar, dan efek halus serta kenyal nya tahan lama.

Mustela Barrier Cream nya pun sangat ampuh mengatasi kemerahan di kulit anak saya. Tidak sampai 3 hari, kemerahan di kulit anak saya hilang tak berbekas.


Dimana Bisa Mendapatkan Mustela?
Mustela bisa didapatkan secara offline dengan mengunjungi toko Guardian, Viva Generic, Century, dan Watsons. Atau, bisa juga dibeli secara online melalui Mothercare, Orami.co.id, dan JD.ID.
Untuk info lebih lengkap, yuk kunjungi social media Mustela. Kita  bisa mendapatkan info seputar kesehatan dan perawatan kulit bayi, info promo, giveaway dan keseruan-keseruan lainnya di:
Website                       : www.mustela.co.id
Instagram                    : @mustelaindonesia
Facebook                     : Mustela Indonesia

Nah, aku sudah tahu apa jenis kulit bayi ku dan bagaimana perawatan yang tepat, kalau Moms, sudah tahu belum #ApaJenisKulitBayimu?

  • Share:

You Might Also Like

15 komentar

  1. Aku pikir ada kulit sensitif, ternyata semua kulit bayi itu sensitif yaa. TFS

    ReplyDelete
  2. Saya malah belum coba barrier creamnya

    ReplyDelete
  3. Anak kecil jaman now beneran dimanja

    ReplyDelete
  4. Duh ngiler banget sama produknya Mustela ini hehe..

    ReplyDelete
  5. Walaupun belom punya babu tapi ini bermanfaat banget hihi

    ReplyDelete
  6. Kuingiiiin...
    Kuingin produknya, pumayan buat bayi 😉

    ReplyDelete
  7. Wih penting nih.
    Kalau liat produk bayi kebanyakan ngedeskripsiin kukit bayi cuma sensitif aja. Ternyata masih byk penjelasan ttg kulit bayi ya. Nice post tteh

    ReplyDelete
  8. wahhh.. aku aja udah gede gini suka pake perawatan untuk kulit bayi
    soalnya sensitif huhu

    ReplyDelete
  9. Baru lihat produk perawatan untuk kulit bayi lengkap banget gini teh. Nggak perlu khawatir lagi deh ya cari produk buat kulit bayi yang sensitif.

    ReplyDelete
  10. Bisa buka jasa perawatan baby pakai mustela ya lengkap banget

    ReplyDelete
  11. Superb sih ini Mustela. Produknya bagus bangeeet.. cocok buat anakku juga..

    ReplyDelete
  12. hmmm..mantap niy produk,makasih mbak sharingnya :)

    ReplyDelete
  13. kuingin borong semua, warnanya pun lembut banget ya, pas untuk all of thing about baby stuff. Semoga segera ada baby biar bisa beli Mustela ya teh hehe

    ReplyDelete
  14. hayu ah kerjasama teh side job bikin pijit bayi dengan paket perawatan mustela hahaha

    ReplyDelete