Tips Travelling Membawa Bayi

By Afifah Nurul Haq - 11:33:00



Sudah akhir tahun nih moms.. Adakah yang merencakan liburan di akhir tahun ini bersama keluarga? Wah pasti akan menyenangkan ya. Kali ini saya mau share beberapa tips buat moms yang akan berlibur sambil membawa bayi.

Seperti yang kita tahu, anak di bawah usia 2 tahun memang akan sepenuhnya bergantung kepada kita, para orangtua. Untuk itu, kita mesti memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Tujuan Traveling
Kemana kita akan pergi, berapa jarak dan waktu yang dihabiskan selama perjalanan, pastilah akan sangat berpengaruh terhadap kegiatan traveling kita. Pastikan bahwa kita dan bayi akan sama-sama menikmati liburan di tempat tujuan kita.

2. Transportasi
Setelah menentukan tujuan, saatnya memilih transportasi yang akan digunakan. Jika seandainya perjalanan darat akan memakan waktu yang lama (lebih dari 5jam perjalanan), alangkah lebih baik jika kita memutuskan untuk menggunakan alat transportasi udara untuk meringkas waktu perjalanan. Pastikan pula bahwa alat transportasi yang kita gunakan menjamin kenyamanan serta keamanan kita dan bayi.

3. Perlengkapan Si Kecil
Sudah menjadi lumrah ketika kita bepergian, jumlah perlengkapan si kecil akan lebih banyak daripada perlengkapan orang dewasa. Beberapa perlengkapan 'wajib' yang mesti dibawa (versi saya) antara lain; 
  • Tissue basah dan kering
  • Minyak telon
  • Baju ganti&popok
  • Sabun bayi (saya biasanya bawa yang 'top to toe' supaya praktis)
  • Sunblock dan lotion khusus untuk bayi
  • Nursing Cover
  • Washlap
  • Mainan favorit si kecil agar tidak bosan selama perjalanan
  • Makanan Pendamping ASI yang praktis (jika sudah mulai MPASI)
  • Kantong plastik hitam (untuk membungkus sampah popok)
  • Selimut yang tipis namun hangat
4. Waktu Bepergian
Seringkali si kecil rewel saat dirinya merasa mengantuk dan ingin tidur. Untuk itu, kita harus paham dan hafal pada jam berapa saja si kecil mengantuk. Untuk anak di atas 3 bulan biasanya pola tidur nya sudah mulai teratur, termasuk pola tidur siangnya. Nah, jika kita sudah mengetahui pola tidur si kecil, kita bisa menyesuaikan jam keberangkatan kita.

5. Tetaplah Tenang
Bayi akan lebih sering menangis daripada anak-anak di atas usia 2 tahun. Sebagai orangtua kita harus cepat tanggap untuk mengetahui penyebabnya. Apakah si kecil menangis karena haus, lapar, bosan, mengantuk, tidak nyaman, kepanasan, kedinginan, dan lain sebagainya. Namun jika si kecil masih saja menangis, tetaplah untuk bersikap tenang. Karena jika kita merasa cemas maka bayi pun akan ikut merasakan kecemasan yang kita alami sehingga bayi akan sulit berhenti menangis. Jangan khawatir jika bayi menagis di tempat umum, insya Allah orang-orang di sekitar juga akan memaklumi kok moms :)

Sekian, jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tulis di kolom komentar yaa.. Terimakasih sudah mampir. Selamat berlibur moms.. :)

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://auliyaskincare.com/ertos-eye-bag-dark-circle-serum/

    ReplyDelete