Estimasi Ongkos Bandung-Karimun Jawa PP (update 2017)

By Afifah Nurul Haq - 05:50:00


Kebetulan banget saya sedang ada proyek pemasangan PLTS di Karimun Jawa. Mumpung masih anget saya sekalian share bagaimana menuju Karimun Jawa dari Bandung beserta ongkosnya.

Bandung - Semarang menggunakan kereta. Ada banyak pilihan kereta sebetulnya dan juga pilihan kelas ; eksekutif atau bisnis. Saya sendiri menggunakan kereta Ciremai Express kelas eksekutif dengan harga Rp 220.000,-. Kalau ingin lebih murah, ada juga kelas bisnis dengan harga Rp 180.000,-. Perjalanan Bandung menuju Semarang memakan waktu sekitar 7jam 30menit.

Semarang - Jepara. Disini saya menggunakan jasa travel dengan harga Rp 55.000,- (Kencana Travel), atau jika ingin lebih murah, bisa menggunakan bus umum seharga Rp 15.000,- dari terminal Terboyo Semarang. Perjalanan dari Semarang menuju Jepara ditempuh dengan waktu 2jam (jika tidak macet). 

Jepara - Karimun Jawa. Jika sudah di Jepara, kita tinggal menyebrang ke Karimun Jawa. Tentunya kita harus menuju pelabuhan Jepara terlebih dahulu. Dari terminal Jepara menggunakan becak seharga Rp 15.000,- menuju pelabuhan Kartini Jepara.
Nah, bagi para travellers yang ingin ke Karimun Jawa, kalian harus memperhatikan jadwal keberangkatan kapal dari pelabuhan, serta harus pesan tiket kapal jauh-jauh hari. Jika tidak, kita akan kehabisan tiket sehingga kita tidak bisa menyebrang ke Karimun Jawa.  Harga tiket kapal Rp 150.000 untuk kelas eksekutif, dan Rp 175.000 untuk kelas VIP menggunakan kapal Bahari Ekspress. Lama penyebrangan sekitar 2.5jam.
Ini dia jadwal keberangkatan dan kepulangan kapal Ekspress Bahari


Opsi lain, menggunakan kapal Siginjai (kapal fery) dengan waktu perjalanan 5jam. Harga Tiket Rp 101.000,- (Jepara-Karimun Jawa) dan Rp 96.000,- (Karimun Jawa-Jepara). Harga yang disebutkan adalah harga kelas VIP.


Tambahan:
- Estimasi di atas belum termasuk ongkos dari stasiun Semarang Tawang menuju terminal bus Terboyo Semarang.
- Jika tidak kebagian tiket atau tidak bisa mengejar jadwal kapal, lebih baik menginap dulu saja di Jepara. Silahkan klik disini untuk melihat hotel di Jepara yang saya sarankan.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar