Ini Dia Cara Membedakan Carrier Osprey Asli dan Palsu

perbedaan osprey asli dan palsu

Carrier atau ransel merk Osprey kini tengah diminati oleh para pendaki gunung, termasuk saya. Selain karena desainnya yang gagah, back system nya pun dirasa sangat bagus, sehingga sangat mendukung kelancaran kegiatan pendakian.

Seperti latah, setiap ada brand ternama yang punya banyak peminat, biasanya selalu ada produk kw alias palsu. Awas jangan sampai terjebak barang palsu ya gengs, ini dia beberapa ciri yang membedakan antara produk Osprey asli dan palsu.

1. Dilihat dari Segi Material yang Dipakai

Bahan atau material pada carrier Osprey asli terlihat lebih tebal dan kokoh. Berbanding terbalik dengan Osprey palsu, biasanya bahannya lebih tipisdan kualitasnya kurang bagus.

Pada Osprey KW, kainnya biasanya lebih tipis dan kasar, resleting nya terlihat lebih ringkih dan puller resleting nya terbuat dari plastik yang mudah patah. Bahan mesh pada back system dan tali bahunya pun terasa kasar.

Sayangnya, perbedaan  bahan ini hanya bisa dilihat kalau kita mendatangi penjual secara langsung. Dan sepertinya akan sulit jika kita membelinya secara online. Meski seller memberikan foto realpict pun, tetap akan sulit karena perbedaan kualitas bahan ini akan terasa jika diraba.

membedakan osprey asli dan palsu

ciri osprey palsu
Fokus ke perbedaan bahan ya, jangan lihat warnanya

2. Dari Segi Harga

Biasanya, harga Osprey KW cenderung lebih murah daripada Opsrey asli. Saya pernah membandingkannya pada carrier Osprey Kestrel 48. Di store resmi, harganya sekitar Rp 2,3 juta. Sementara di tempat yang menjual Osprey palsu itu, harganya hanya Rp 1.6 juta saja.

Terbilang cukup jauh ya harganya. Padahal, kalau saya lihat, harga Rp 1.6 juta itu bagi saya masih terlalu mahal dengan kualitas yang seadanya.

Jujur deh, dengan harga segitu, saya sih mending beli produk lokal original dengan kualitas yang jauh lebih unggul daripada Osprey KW ini.

Tapi harga juga belum bisa jadi patokan, karena saya pernah dengar sih, ada juga yang menjual carrier Osprey hasil repair. Artinya, carrier ini di pabriknya tidak lolos QC, kemudian ada bagian yang diperbaiki dan dijual kembali dengan harga yang lebih rendah. Sehingga meski harganya lebih murah, tapi kualitasnya tetap sama dengan carrier Osprey asli.

Tapi jujur saya belum tahu jauh tentang hal ini. Kalau ada yang tahu, boleh banget ya tulis di komentar di bawah.

3. Tag pada Carrier

Tag merk pada carrier biasanya memuat beberapa informasi seperti merk dan tipe carrier, informasi tentang produk, spesifikasi carrier, cara perawatan, hingga informasi mengenai pabrikan. Nah, yang menarik dan paling mudah dilihat di tag untuk membedakan Osprey asli dan KW adalah, dari website yang tercantum pada tag.

Pada Osprey asli, website yang tercantum adalah osprey.com. Sementara pada Osprey KW, website yang tercantum adalah ospreyeurope.com, ospreypacks.com, dll (biasanya ada embel-embel lain setelah kata "osprey")

Jangan sampai terkecoh ya gaes, Osprey memang brand Eropa namun pabrikasi nya ada di Vietnam. Dan, website resmi Osprey hanya osprey.com saja.

osprey palsu

Kesimpulan

Saya sih sangat menyarankan untuk membeli Osprey asli di distributor resminya, baik itu online maupun offline. Selain mendapatkan kualitas yang asli dan terjamin, dengan membeli di distributor resmi, kalian bisa dengan mudah mengklaim garansi jika ada kerusakan pada tas Osprey kalian.

Distributor resmi Osprey yang saya tahu yaitu Outlive atau di EAS (Eiger Adventure Store). Atau info lengkapnya kalian bisa cek di akun instagram outlive.

Related Posts

6 comments

  1. Meluruskan aja, untuk serie yg "dianggap palsu" sama mbak nya itu original kok, osprey emang tiap/beberapa tahun selalu upgrade atau mengganti modelnya. contohnya di stratos, atmos dll pasti ada perubahan di tiap/beberapa tahun makanya kadang ada yg di kasih seri S22/S23 dll. untuk produk yg di review diatas itu osprey kestrel yg serie baru (yg dianggap palsu) dan satu lagi sih untuk seller yg jual murah itu ambil/pesan lgsung dari sana jadi ga melalui distributor resmi indonesia (eiger). banyak kok barang model begituan termasuk hp contohnya hp yg distributor dia ga melalui resmi indo dari ibox, erafone dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih ya Mas, sudah mampir dan komen di blog ku. Betul banget Mas di setiap jenis osprey selalu ada perubahan dan perbaikan, contohnya di osprey yang saya pakai, Osprey Viva. Ada perbedaan model, warna, bentuk dari Osprey Viva sebelumnya.

      Namun nampaknya kita juga perlu teliti. Dari kualitas bahan saja sudah beda jauh, rasanya harga yang dibayarkan tidak sepadan dengan kualitas bahannya. Kalau saya pribadi, saya lebih memilih carrier merk lokal saja dengan harga yang sama

      Delete
  2. emang ada ya osprey KW?
    yg di contohkan pada foto mbak itu original semua lho...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah masa sih Mas? bisa kasih penjelasan nya kah?

      Delete

Post a Comment