Festival Bunda Generasi Maju Bandung Sebagai Langkah Awal Dukung Generasi Maju

by - 12:28:00

Sebagai seorang ibu, tentunya kita selalu menginginkan dan mengharapkan keturunan yang unggul. Unggul dalam hal kecerdasan intelektual, kecerdasan sosial, emosional, serta tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia nya.

Proses tumbuh kembang anak menjadi generasi yang maju dan unggul akan optimal jika nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan anak terpenuhi dengan baik. 1000 Hari Pertama Kehidupan dimulai dari sejak kandungan. Itu artinya, pemenuhan nutrisi untuk tumbuh kembang anak dimulai dari saat ibu sedang hamil.

Saat hamil, pemenuhan nutrisi makro dan mikro meningkat, sehingga asupan nutrisi pada masa kehamilan harus diperhatikan. Masa hamil merupakan masa-masa awal perkembangan optimal untuk melahirkan generasi maju dengan 5 potensi prestasi; berfikir kreatif, bantu tumbuh kembang, mandiri, supel, dan percaya diri.


Namun fakta nya, 1 dari 2 bunda hamil di Indonesia mengalami kekurangan nutrisi mikro dan anemia. Itu artinya, hampir 50% bunda hamil di Indonesia memiliki resiko buruk terhadap bunda dan janin nya.

Komitmen SGM Bunda dalam Mendukung Kesehatan Bunda Hamil

Sejak tahun 2012, SGM Bunda telah mendukung pemenuhan nutrisi bagi ibu hamil dan menyusui. SGM Bunda diproduksi oleh Sarihusada Generasi Mahrdhika yang memiliki pengalaman lebih dari 65 tahun, serta dikembangkan oleh kolaborasi Sarihusada dengan ilmuwn internasional di pusat penelitian Nutricia di Belanda dan Singapura.

SGM Bunda berkomitmen mendukung kesehatan ibu hamil melalui 2 cara:

Membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang lengkap tapi juga lezat untuk bunda hamil hingga menyusui dengan formula COMPLINUTRI yang mengandung nutrisi mikro penting yang dibutuhkan selama masa kehamilan dan menyusui, seperti Asam Folat, Zat Besi, Vitamin D, dan Minyak Ikan.

Memberikan edukasi untuk para bunda hamil melalui kampanye 'Langkah Awal Dukung Generasi Maju' dalam bentuk edukasi media digital dan kegiatan acara temu bunda.

Festival Bunda Generasi Maju di Bandung, 28 Juli 2019

Festival Bunda Generasi Maju adalah wujud konkrit persembahan SGM Bunda dalam memberikan edukasi terhadap bunda hamil. Setelah sukses di 3 kota yaitu di Surabaya, Jogjakarta, dan Jakarta, Festival Bunda Generasi Maju hadir di Bandung pada tanggal 28 Juli 2019.

Bertempat di lapangan Tegallega Bandung, acara Festival Bunda Generasi Maju diisi dengan berbagai kegiatan yang mendidik namun menyenangkan. Menurut saya pribadi sih ya, acara nya benar-benar dikemas untuk memenuhi kebutuhan seorang ibu hamil.

Talkshow Kesehatan

Acara dimulai dengan pemaparan materi tentang kesehatan ibu hamil bersama DR. H. Ridwan Abdullah Putra, SpOG (K FM) CH. Secara garis besar, dokter Ridwan memaparkan bahwa kebutuhan mikro nutrien meningkat saat hamil. Mikro nutrien itu diantaranya adalah asam folat, zat besi, vitamin D, vitamin A, dan masih banyak lagi.

Kekurangan mikronutirein akan berdampak buruk, baik itu pada ibu maupun janin yang dikandungnya. Contoh, pada kasus kekurangan zat besi, dampak buruk nya adalah keguguran, pendarahan, kelainan plasenta, berat badan bayi lahir rendah, bayi lahir prematur, gagal jantung, bahkan hingga kematian ibu dan janin. Maka dari itu, seorang ibu hamil mutlak untuk memperhatikan zat gizi dari makanan yang dikonsumsi nya, agar janin mendapatkan nutrisi yang lengkap.

Selesai pemaparan materi, MC dan ibu Rizha selaku Brand Manager SGM Bunda membuka sesi diskusi seputar kesehatan bunda hamil. Peserta yang hadir cukup antusias ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan ke dokter Ridwan.


Sesi Prenatal Yoga Bersama Pasangan

Kata siapa bunda hamil tidak boleh melakukan olahraga? Fakta nya, bunda yang sedang hamil juga perlu olahraga agar peredaran darah tetap lancar, namun jenis olahrga nya pun harus sesuai. Selesai talkshow, kami dipandu oleh bunda Ika Fitriyanti, seorang instruktur yoga dan juga bidan, untuk melakukan prenatal yoga bersama.

Gerakan yoga yang dicontohkan sangat berguna untuk kelancaran persalinan bunda hamil. Kami diajarkan untuk mengatur pola nafas agar terbiasa saat proses melahirkan. Beberapa gerakan yoga juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit di area vagina dan membantu kepala janin masuk ke area panggul. Selain itu, prental yoga yang dilakukan secara bersamaan ini juga baik untuk meningkatkan bonding bersama pasangan.


Cooking Demo

Saya tuh, waktu hamil, termasuk yang eneg tiap kali minum susu khusus bunda hamil. Eneg karena rasa nya dan juga eneg karena tiap hari seolah  ada kewajiban untuk minum susu. Dulu sih salah satu siasat saya supaya ga eneg minum susu yaitu dengan membuat es mambo susu. Mudah saja, hanya tinggal menyeduh susu kehamilan lalu memasukannya ke dalam plastik es. Setelah itu, tinggal disimpan di dalam freezer deh.

Nah, di acara Festival Bunda Generasi Maju kali ini, SGM Bunda melalui chef Ricky Sulaiman mengkreasikan menu lezat dan sehat karena menggunakan bahan susu SGM Bunda.

Melalui tangan kreatif nya, chef Ricky mempraktikan 2 menu, yaitu es strawberry sirsak yang menggunakan susu SGM Bunda rasa strawberry dan es coklat lapis alpukat yang menggunakan susu SGM Bunda rasa coklat. Resep yang didemokan oleh chef Ricky jadi menginspirasi saya untuk segera mempraktikannya di rumah.

Kenapa dulu ga kepikiran ya buat bikin berbagai menu lezat dari susu SGM Bunda ini?



Beauty Class dari Wardah

Agak terkejut sih sebetulnya saya, karena saya kira acara Festival Bunda Generasi Maju ini hanya akan diisi dengan segala sesutau yang berbau kehamilan. Namun ternyata SGM Bunda betul-betul memahami keinginan setiap bunda hamil yang ingin terlihat makin cantik.

Di akhir acara, Festival Bunda Generasi Maju menghadirkan tips make up sekaligus mempraktekannya dengan menggunakan kosmetik dari Wardah. Ternyata, brand kosmetik favorit saya ini memang aman dipakai oleh bunda hamil dan menyusui.


Ada beberapa tips nih yang saya tangkap dari beauty class ini.
  • Pertama, tips membersihkan wajah dengan menggunakan produk Wardah yang disarankan adalah dengan cara menghapus make up atau kotoran wajah dengan milk cleanser terlebih dahulu. Kemudian, dilanjutkan dengan membersihkan wajah menggunakan facial wash. Terakhir, gunakan toner sebagai step terakhir dalam membersihkan wajah dari kotoran.
  • Kedua, dalam mengaplikasikan blush on sebaiknya dari arah tulang pipi atas ke bawah, agar warna blush on tidak menumpuk di bawah.
  • Ketiga, dalam menggunakan pensil alis harus diperhatikan penekanannya agar alis terlihat natural.
Area Bunda di Festival Bunda Generasi Maju

Satu lagi yang membuat acara ini sangat menarik dan edukatif, yaitu adanya "Area Bunda" yang bisa dimanfaatkan oleh bunda saat hadir di sini.

Ada Area Bunda Jajan, di sini semua bunda yang datang disuguhi cemilan dan bisa mencicipi susu SGM Bunda dengan gratis. Cukup dengan menunjukkan passport tanda ikut acara


Ada Area Bunda Santai, di sini bunda bisa merasakan pijat relaksasi dan juga totok wajah. Cocok banget buat bunda hamil yang sering merasa pegal di bagian kaki.

Ada Area Bunda Cerdas, nah di sini kita mendapatkan pengetahuan tentang mitos dan fakta seputar kehamilan melalui games menarik di LCD layar sentuh. Setiap bunda yang menjawab semua pertanyaan dengan benar, akan mendapatkan hadiah dari SGM Bunda.


Terakhir, ada Area Bunda Sehat. Area ini cukup padat dan ramai menurutku, di sini bunda-bunda mengantri untuk konsultasi dengan dokter, cek kesehatan, dan usg kehamilan.


Kehamilan yang Sehat Sebagai Langkah Awal Generasi Maju

Festival Bunda Generasi Maju yang saya ikuti memberikan kesimpulan bahwa gizi bunda pada masa kehamilan berperan penting bagi janin, karena masa kehamilan adalah awal dari periode 1000 Hari Pertama Kehidupan yang akan menentukan kualitas si kecil di masa depan.

Untuk menghindari resiko buruk terhadap bunda dan janin, bunda hamil harus mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang cukup. Namun, makanan harian saja belum tentu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi selama hamil.

Salah satu upaya agar nutrisi selama hamil terpenuhi adalah dengan mengkonsumsi susu formula khusus bunda hamil. Susu formula memiliki peran:
  • Membantu mencukupi asupan nutrisi baik makro maupun mikro, khususnya formula yang mengandung zat besi dan asam folat yang tinggi
  • Melengkapi konsumsi makanan bergizi dan seimbang
  • Gizi ibu optimal, sehingga memberikan dukunngan untuk mencapai potensi prestasi anak generasi maju; berpikir kreatif, bantu tumbuh kembang, mandiri, supel, dan percaya diri.
Selain nutrisi, bunda juga perlu mempersiapkan fisik dengan melakukan olahraga agar bunda hamil tetap bugar dan sehat. Pemenuhan asupan cairan juga perlu agar bunda hamil tidak mengalami dehidrasi.

You May Also Like

38 komentar

  1. Seneng banget ya mbak sekarang ibu hamil juga diperhatikan kesehatannya oleh SGM lewat Festival Generasi Maju, jadi nggak perlu ragu lagi sama SGM.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, apalagi SGM Bunda ini terjangkau banget harga nya dan mudah didapat mbak

      Delete
  2. Aaakk, acaranya kompleeett banget!
    Para bumils dan ibu2 (calon) hamil juga pasti hepi nih, kalo diajakin prenatal yoga, masak2 dan make up juga
    Keren!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cucok banget emang, betah walau berjam-jam juga karena se seru ituu!

      Delete
  3. Wah seru banget acaranya ini. Ada cooking demo, ada beauty class.
    Prenatal yoga itu pasti bermanfaat sekali buat bumil ya, mempersiapkan persalinan supaya lancar, apalagi bersama pasangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sayang waktu prenatal yoga suamiku ga bisa ikut huhu, tapi ga apa2, beberapa gerakannya aku hapalin buat persiapan nanti untuk anak ke-dua

      Delete
  4. Wah seneng ya bun SGM ini dari dulu fokus pada nutrisi anak bangsa. Anak aku suka SGM juga. Allhamdulillah cocok dan hargabya juga bersahabat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mulai dari ibu hamil sampai anak-anak. Wah Alhamdulillah kalau cocok, SGM Bunda nya pun harga nya terjangkau

      Delete
  5. SGM memang fokus banget di ibu hamil dan balita ya untuk menciptakan generasi maju yang makin kuat,cerdas & sehat apallagi 1000 HPK itu penting banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, lewat acara ini, ibu hamil jadi dapet edukasi tentang penting nya 1000 Hari Pertama Kehidupan

      Delete
  6. Wah acaranya lengkap banget ya pas banget buat mamak time ini, dapat ilmu plus seseruan juga di acara ini yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuull ini cocok buat mamak time, komplit banget aktivitas nya

      Delete
  7. Acaranya komplit ya, ibu yang hamil bisa ikutan yoga sama pasangan, terus bisa cek kesehatan juga, diajarin masak, diajarin make-up. Emang ya, SGM ini pengen bunda-bunda se-Indonesia maju semua :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya mbak, bagus banget emang tujuan acaranya, ga sekedar promosi tapi juga mengedukasi

      Delete
  8. alhamdulilah aku mah dulu ga enek minum susu cuman enek weh liat raray suami wkwkwkwk eh bener weh yang keluar mirip pisan sama bapakna disitu aku tersedu-sedu teh :(

    btw acarana seru yah happy nih bisa hadir di acara kece begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh plis aku ngakakkk wkwkwk

      Alhamdulillah berkat inpo dari teteh, nuhun ya teh wkwk

      Delete
  9. Keren banget acaranya, benar-benar memanjakan ibu hamil ya. Ada sesi prenatal yoga bareng pasangan pula. Jadi nggak cuma para bunda yang diajak mempersiapkan kelahiran, tapi juga si ayah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ini ga cuma ngajak bunda aja tapi juga para ayah biar dua-duanya punya pemahaman yang sama :)

      Delete
  10. Jadi, sebelum mendidik anak generasi maju, bundanya yang harus menjadi generasi maju duluan, ya. Ini pasti banyak ilmu yang didapat di acara ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. aah betul banget mbaak.. generasi maju dimulai dari bunda nya

      Delete
  11. Area bunda santai dan bunda cerdas itu menarik bgt deh. Jarang ada event menyediakan begituan.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ide bagus ya mbak, keren ini yang bikin acaranya

      Delete
  12. Wah keren ya mba event SGM ini.. banyak ilmu bagi pada bumil dan calon ibu 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teh, bukan buat bunda aja tapi juga buat ayah :D

      Delete
  13. Periode tumbuh kembang anak memang di mulai sejak dalam kandungan ya mak, karena ibu hamil harus tercukupi zat gizinya apalagi masih banyak ibu hamil yang mengalami anemia, pantesan setiap hamil suplemen zat besi jadi menu wajib, kadang sampai bosan minumnya tapi kalo ingat anak, yah kudu kuatin diri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhu iya mbak, aku juga ampir bosen tiap hari harus konsumsi zat besi, tapi kalau sampe anemia bisa bahaya buat bunda dan anaknya juga

      Delete
  14. Seru banget acaranya yah! SGM emang peduli banget dan selalu siap membuat berbagai program untuk mengedukasi para bunda yah! Sayang banget gak bisa ikutan.

    Moga nanti akan ada event seperti ini lagi yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan nanti ada event kaya gini lagi dan bisa ikutan ya mbak, seru banget soalnya :D

      Delete
  15. Bakalan ada di Surabaya nggak sih ini?
    Aku juga pengen tahu banyak soal SGM Bunda apalagi pada saat kehamilan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surabaya kalau ga salah udah duluan deh mak, hehe

      Delete
  16. Acaranya edukatif banget.

    Saya ingat banget tag Complinutri ini gampang diingat

    ReplyDelete
  17. Wuah.. acaranya lama ya Mbak ini, soalnya banyak sesinya.. dan memanjakan para ibu khususnya bumil, nih.. hehe. Keren deh SGM :)

    ReplyDelete
  18. Acara sgm ini ternyata ga hanya di jakarta juga ya mom.. Ternyata ada dibandung juga.. Seru

    ReplyDelete
  19. Wah wah wah, kapan ya SGM ngadain serangkaian acara kerenn seperti jni di Aceh. Bermanfaat banget untuk ibu2

    ReplyDelete
  20. Wah asiknyaa para bumil dapat tambahan info penting nih seputar kesehatan ibu hamil dan janin. Dulu waktu ku hamil juga suka minum susu hamil.

    ReplyDelete
  21. keren banget ya mak acaranya. bermanfaat banget untuk emak2 untuk mengetahui tentang nutrisi keluarga. di aceh kapan ya ada acara beginian

    ReplyDelete
  22. Senang ya sekarang banyak road show begini, biar pinternya ibu2 merata seluruh Indonesia
    Karena Ibu adalah salah satu penentu utama tumbuh kembang calon pemimpin masa depan

    ReplyDelete