Vitamin dan Nutrisi dalam Kehamilan - Afifah Haq
News Update
Loading...

Monday, 17 June 2019

Vitamin dan Nutrisi dalam Kehamilan




Vitamin adalah suatu zat kompleks yang diperlukan untuk membantu proses kegiatan tubuh dan juga sebagai pengatur. Tubuh memerlukan vitamin untuk keberlangsungan hidup. Kekurangan vitamin akan menyebabkan kita rentan terhadap berbagai macam penyakit.

Sejatinya, cara terbaik untuk mendapatkan vitamin dan mineral adalah dari makanan yang kita makan, tetapi ketika kita hamil, kita akan perlu mengkonsumsi beberapa suplemen juga. Ibu hamil membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk memastikan tumbuh kembang janin sesuai. Terkadang, beberapa vitamin dan suplemen untuk melengkapi nutrisi ibu dan janin sulit didapatkan dari makanan.

Zaman sekarang, kita bisa mendapatkan multivitaminibu hamil paling lengkap dengan mudah baik secara online di goaptik.com, apotek terdekat, supermarket, atau datang langsung ke dokter. Dokter mungkin bisa meresepkannya untuk kita, sesuai dengan kebutuhan.

Berikut terdapat beberapa vitamin dan nutrisi yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil :

Zinc

Zinc adalah komponen dari berbagai enzim yang membantu menjaga integritas struktural protein dan membantu mengatur ekspresi gen. Mendapatkan zinc yang cukup adalah hal yang sangat penting untuk pertumbuhan sel yang cepat yang terjadi selama kehamilan. Kebutuhan rata-rata zinc selama kehamilan adalah 9mg / hari, tetapi beberapa wanita akan membutuhkan sebanyak 11mg / hari atau lebih.

Zinc pada ibu hamil berfungsi dalam pembentukan DNA, meningkatkan metabolisme tubuh, dan menghindari kelainan pada kehamilan.  Beberapa makanan yang mengandung zinc ada di daging tanpa lemak, sereal gandum, susu, makanan laut, kacang-kacangan dan kacang-kacangan.

Source: Pixabay
Vitamin D

Ibu hamil membutuhkan vitamin D untuk menjaga tulang kita sehat dan memberi bayi kita cukup vitamin D untuk beberapa bulan pertama kehidupannya. Vitamin D mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh, dan ini diperlukan untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Terlalu sedikit vitamin D dapat menyebabkan tulang anak-anak melunak dan dapat menyebabkan rakitis (penyakit yang mempengaruhi perkembangan tulang pada anak-anak).

Hanya sedikit makanan yang mengandung vitamin D, seperti ikan berminyak, dan beberapa sereal. Sumber vitamin D terbaik adalah radiasi UV dari sinar matahari. Jumlah waktu yang Kita butuhkan di bawah sinar matahari untuk membuat cukup vitamin D berbeda untuk setiap orang, dan tergantung pada hal-hal seperti jenis kulit, waktu hari dan waktu dalam setahun. 

Bagi kebanyakan wanita, sinar matahari setiap hari dikombinasikan dengan suplemen kehamilan yang mengandung 400 iu vitamin D akan cukup. Namun, jika kadar vitamin D Kita rendah, dokter Kita akan memberikan kita resep vitamin D lebih banyak.

Suplemen Multivitamin

Terlepas dari vitamin-vitamin diatas, yang terbaik adalah mendapatkan nutrisi dari diet yang sehat yang mengandung multivitamin ibu hamil dengan DHA tinggi. Multivitamin yang tidak dirancang untuk kehamilan harus dikonsumsi dengan hati-hati karena ada hal yang berbahaya yang terkait dengan dosis nutrisi yang berlebihan seperti Vitamin A, D dan B6.


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done